Ngeblog Berjuta Rasanya

By Siska Dwyta - 23:46

Bismillaahirrahmaanirrahiimm

Ibarat hidup, selalu ada kisah yang diwarnai kata suka dan duka. Di dunia maya pun begitu walau tidak sedramatis kisah di dunia nyata, namun terkadang kisah yang tertuang di sana memberi warna tersendiri, entah keceriaan atau kepedihan. Keceriaan dan kepedihan itulah yang ingin aku bagi kisahnya di blog ini. Jika di nyata setiap orang memiliki 'rumah' yang ia huni bersama keluarga tercintanya maka blog adalah rumahku di maya bersama komunitas blogger yang sudah kuanggap sebagai keluarga. Setiap anggota blogger memiliki kamar mereka masing-masing.  Notes The Eventide Girl adalah kamarku di  blog yang bebas didandani, dihiasi dan dipercantik

Blog memberi ruang dimana aku bebas berekspresi, berkreasi dan  berteriak sekencang-kencangnya tanpa seorangpun mendengarkan. Tidak akan ada yang merasa terganggu dengan ocehanku, cuap-cuapku, keluh-kesahku sebab aku enggan menuangkan suara di telinga mereka yang acuh, biar jejariku saja yang menari riang merangkai kata demi kata tanpa harus berucap sepatah kata. Toh, jika aku berbicara hanya segelintir saja yang mau memasang telinganya untukku dan dari segelintir itu hanya secuil yang bersedia menatap 'peduli' ke arahku.

Gimana rasanya jika kita berbicara lantas orang diajak  bicara lebih asyik mandangin 'tukang ojek' daripada gerakan mulut kita, gimana rasanya saat jiwa kita sedang menggebu-gebu bercerita panjang lebar sementara orang yang ditemani bicara cuma ngangguk-ngangguk dan bergumam Oh, Oh, dan Oh doang. Aku memang tak pandai bicara, tak ada yang ingin mendengarku, jadi lebih baik aku ngomong sama kembaranku di cermin atau bercengkrama puas di atas kertas putih lewat tarian tinta hitam. Tak masalah jika mereka tak mau mendengar mulutku bersuara namun aku berharap suatu hari nanti ada yang bersedia mendengar apa yang aku torehkan tanpa suara.

Sejak kecil aku senang banget menulis, bagiku 'semangat' menulis bagai cahaya tak pernah padam yang bersemayam di relung jiwa ini. Cahaya itu terus menyala, terkadang membara dan berkobar-kobar namun sering pula meredup. Walau sampai detik ini belum ada tulisan yang bisa aku persembahkan untuk dunia, aku tak pernah kehilangan 'cahaya' untuk terus menulis, menulis, dan menulis. Kadang aku letih, kadang aku bosan, kadang aku muak tapi aku tak pernah memilih untuk berhenti menulis.

Apalah artinya tulisan tanpa pembaca. Serupa orang yang berbicara pasti ingin didengarkan maka ketika aku menulis aku pun ingin ada yang bersedia membaca tulisanku. Betapa girangnya aku menemukan blog di suatu hari saat menjelajahi dunia maya. Aku lupa kapan awal  mengenal blog, yang jelasnya pertemuan pertamaku dengan blog terjadi beberapa tahun silam. Antara akhir tahun 2008 atau awal tahun 2009. Artinya sekitar 5 tahun sudah berlalu semenjak aku mengenal blog. Seharusnya sudah tercipta sekian ratus atau ribuan cerita di blogku, seharusnya pula ada banyak kenangan terukir selama aku mengenal blog dan seharusnya aku punya kesan mendalam tentang suka dukaku bergelut sebagai seorang blogger. Namun yang tersisa hanya sepenggal kenangan.

Sekarang ini aku kembali terlahir sebagai newbie dengan blog baru bernama Notes The Eventide Girl sebenarnya namanya sama sih dengan blog lamaku yang tak terjamah lagi dikarenakan paswordnya tercecer entah kemana. Ceritanya sebelum mengenal blog aku hoby menulis di catatan facebook. Nah, setelah memiliki blog buatan sendiri aku berniat memindahkan semua catatan-catatanku di facebook ke blog yang kemudian aku beri nama Catatan Zhie Gadiez Zenja diambil dari nama facebookku Zhie Gadiez Zenja dan setelah ditranslate melalui terjemahan oleh eyang google jadilah nama  blogku  Notes The Eventide Girl. Dari sini lah suka dukaku bermula.

SUKA-DUKA NGEBLOG

Awal memilikil blog membuat hari-hariku merona. Aku asyik dengan aktivitas baru di dunia maya yang sekejap mampu mengalihkan perhatianku dari dunia nyata. Seperti yang sudah kukatakan, jarang ada yang mau mendengar aku bercerita jadi mending aku menulis banyak hal dan menuangkan isi otak dan hatiku di blog. Aku merasa blog menawarkan hal yang memungkinkan banyak orang untuk membaca tulisanku. Baik mereka orang yang aku kenal maupun tak kukenal. Yang jelas aku berharap akan ada orang-orang yang 'tersesat' dan membaca tulisan-tulisan di blogku.

Meski harus aku akui awal ngeblog  tidak terlalu banyak kesan suka mengenai tulisan-tulisanku yang dikomentari maupun jalan-jalannya aku ke blog lain. Maklum masih awam, bagai orang yang diberi kamar baru yang masih kosong melompong, gak ada lemari, kasur, tirai dan segalanya kemudian nyasar ke kamar lain yang isinya Wow, so beautiful, keren, unik, anggun lantas menyeret diriku yang sebenarnya niat utama ngeblog untuk menampung tulisan-tulisanku eh malah tergiur untuk menjadi desainer blog daripada penulis blog. Sehingga selama sekian tahun setiap kali online bukannya disibukkan dengan menulis aku malah asyik mendandani blog. Sibuk cari template-template cantik nan anggun kesana-kemari, gonta-ganti template, nambah widget dkk. Menurutku kegiatan mendesain blog adalah kegiatan yang begitu memikat ketika itu makanya di awal memiliki blog aku lebih mementingkan penampilan blog daripada kontennnya. Aku selalu merasa senang tiap kali berhasil mengganti template baru pada blog dari hasil bertanyaku pada eyang google.

Dulu  pernah aku bertanya sama salah seorang seniorku di sekolah, seorang blogger juga. Blognya keren dan cantik. "Mbak, blognya digimanain yah sampai cantik gitu? aku juga mau punya blog yang tampilannya keren kayak gitu, gimana cara buatnya yah mbak?" Apa jawaban si mbak "Oh itu, kamu cari tahu aja di google"

Si mbak memberi aku jawaban cukup mengecewakan, padahal aku berharap ia bisa membantu mempercantik blogku, ia cuma nyaranin agar aku nanya sama eyang google. Sempat sebel tapi sekarang udah nggak justru aku harus berterima kasih karena atas saran simple dari si mbak aku yang pada mulanya 'gaptek' tidak tahu sama sekali tentang blog kini bisa mengenal  blog luar dalem walau gak semahir blogger ahli tapi alhamdulillah gak nyangka ternyata perjuangan aku selama ini jatuh bangun mendesain blog gak sia-sia, ternyata aku pun bisa belajar blog secara otodidak, tanpa bantuan orang lain. Yah, seperti kata pepatah selama ada kemauan pasti ada jalan.

Namun senang yang aku rasakan tidak menghilangkan duka kala sadar bahwa hanya aku yang menikmati hasil desain blogku, bahwa tidak ada seorang pun yang berkunjung ke rumahku di maya. Aku berusaha membuat blogku semenarik mungkin namun jika tidak ada yang bertamu, apa 'suka'nya menjadi penikmat sendiri? Apalagi ketika blogku mengalami error dan paswordnya tercecer padahal semua catatan aku di facebook belum sempat aku pindahkan ke Notes The Eventide Girl (blog pertamaku), sehingga di akhir tahun 2012 aku harus kembali membuat blog baru lagi dan bermaksud kembali ke tujuan awal aku ngeblog.

Tidak bisa dipungkiri aku telah keliru cukup lama. Memang yang paling penting dari sebuah blog bukan penampilannya melainkan konten, sebab gimana aku berharap mau datang pengunjung atau tamu jika blog yang sudah aku desain sedemikian rupa tak memiliki isi. Padahal fungsi blog sebenarnya adalah untuk memuat tulisan-tulisan sementara tampilan sekedar penunjang agar blog tampak lebih menarik dan 'sedap' dipandang mata, jadi apa yang bisa aku suguhkan kepada mereka jika blog aku sendiri tak memiliki isi yang menarik.

Duka lain, ketika aku mulai rutin mengupdate catatan tiap bulan namun jangankan komentar pengunjung yang bersedia menjadi teman di blogku saja gak ada. Setiap kali online aku selalu berharap ada yang memfollow my blog setidaknya satu oranglah, namun nyatanya sekian bulan berlalu sejak blog keduaku launching di permukaan maya tetap sepi dari para pengunjung serupa blog pertamaku. Namun hal tersebut tidak menyurutkan aku untuk tetap ngeblog, sebab datang tidaknya pengunjung, ada tidaknya pembaca baik sekedar mampir atau numpang lewat aku akan tetap menulis di blog.

Di bulan April 2013 barulah aku mengetahui ada komunitas blogger, sebuah kumpulan para blogger khususnya blogger bergenre personal. Ya ampuuun, selama ini aku kemana saja? lama punya blog dan baru saat itu aku tahu bahwa di luaran maya sana ternyata banyak orang-orang yang memiliki blog, mereka saling join, saling berbagi, saling sharing, saling berkunjung, saling menyapa, saling berkomentar, bahkan ada yang sampai bertatap muka alias kopdar Sedangkan aku, ngaku-ngaku sebagai blogger tapi 'blank' dengan perkembangan blogger.

Alhamdulillah, akhirnya aku bisa bergabung di beberapa komunitas blogger yang kemudian menambah banyak 'rasa; mengenal dunia blogging. Kalau sebalumnya aku jarang update catatan setelah bergabung dengan komunitas blogger, tak disangka semangatku untuk menulis berkobar-kobar lagi, aku jadi rajin nulis, sekalipun tidak tiap hari tapi postinganku dibanding bulan sebelumnya terus bertambah, serasa mendapat energi luar biasa, motivasi aku untuk menulis pun semakin meningkat tiap hari.

Rasa suka ini sulit aku bahasakan. Betapa tidak, semenjak bergabung dengan komunitas blogger, bukan lagi cuma seorang yang mau menjadi temanku di Notes The Eventide Girl, bukan hanya dua atau tiga orang yang bersedia berkunjung di blogku, lebih dari itu. Akhirnya aku memiliki teman sesama blogger, akhirnya ada yang bersedia memfollow blogku, akhirnya ada yang dengan senang hati mengomentari catatanku dan akhirnya ada yang sekedar bersay hallo di my c-box. Sungguh aku sangat berterima kasih kepada mereka-mereka yang pernah 'bertamu' dibblogku.

Oh ya, dari komunitas blogger barulah aku tahu bahwa di blog sering pula mengadakan ajang atau lomba menulis. Sebagai newbie aku begitu mengapresiasi ajang-ajang / lomba nulis seperti itu, apalagi aku yakin umumnya  bloggers adalah orang-orang yang tertarik menggeluti dunia menulis, atau sebagian besar setidaknya memiliki impian menjadi penulis. Menurutku hanya dengan memiliki  blog dan rutin menulis sudah menjadikan seorang blogger sebagai penulis di maya. Bahkan mungkin makin mendekatkan ia dengan impiannya menjadi penulis di dunia nyata. Termasuk dengan ikut ajang Giveaway ini tentu sangat membantu seorang yang bercita-cita menjadi penulis dalam mengembangkan bakat menulisnya.

Nah, bermula dari bergabungnya aku dengan komunitas blogger itu pula hingga menghantarku mengenal Azwar weBlog. Ada beberapa teman sesama anggota komunitas bloggerku yang mengikuti Give Away ini, ah aku jadi tertarik untuk mengikutinya. Jujur saja ini  untuk pertama kalinya aku ikut Give Away diluar komunitas blogger. Selain sekedar berbagi rasa suka sebagai seorang blogger juga  ingin  berpartisipasi untuk memeriahkan milad Azwar weBlog ke -8 tahun. Aku yakin kedepannya masih banyak rasa yang belum aku cicipi, tapi sejauh ini ngeblog memberi sejuta rasa yang menarik aku untuk tetap mencicipinya dengan smile:)

MY OPINION ABOT AZWAR WEBLOG



Waktu pertama kali berkunjung ke blog Azwar weBlog, kesan yang aku tangkap adalah kesederhanaan. Headernya saja tampak begitu sederhana. Yah blog mas Azwar terlalu sederhana. Selain sederhana juga terlalu biasa dengan konten yang luar biasa. Mengapa aku katakan kontennya luar biasa? Lihat saja pada berderet-deret labels blog ini menunjukkan ada beragam topik tulisan-tulisan yang dimuat. Aku pikir ini cukup menarik sebab dengan mengunjungi Azwar weBlog banyak informasi-informasi atau pengetahuan yang dapat diperoleh,  apalagi bagi para pecinta movies, blog milik mas Azwar Amril ini bisa jadi referensi untuk mengetahui informasi terkait film-film terbaru lho. Tidak hanya itu sesuai deskripsi singkat yang tertera pada headernya Azwar weBlog juga menyuguhkan tulisan-tulisan terkait review, macam-macam artikel, trailers, video dan berbagai macam info-info menarik lainnya.

8 tahun bukan waktu yang singkat tapi selama itu Azwar weBlog mampu memuat tulisan mencapai sekitar 700 entries. Wah bener-bener keren. Aku yang sudah 5 tahun memiliki blog belum sampai memuat tulisan sampai ratusan. Perhatikan saja pada blog archivenya, tiap tahun jumlah tulisan yang dimuat Azwar weBlog semakin bertambah, jadi ingin mengikuti jejak mas Azwar sebagai seorang blogger yang masih aktif berbagi informasi dan  memuat tulisan-tulisan terbaru hingga detik ini.


Mengenai salah satu judul postingan dari Azwar weBlog yang aku sukai. Apa yah?? karena aku baru beberapa kali berkunjung sehingga tidak terlalu mengenal Azwar weBlog terlalu dalam, hanya yang tampak-tampaknya saja, Namun ketika aku menyimak secara seksama pada labels blognya, mataku langsung tertuju pada The Raid.

Dari postingan pada label The Raid. itu yang aku sukai adalah  postingan terkait The Raid 2


Alasannya karena The Raid satu-satunya film action Indonesia yang 'menyihir' mataku hampir tak berkedip selama menontonnya. Pokoknya filmnya benar-benar seru apalagi pemeran utamanya Iko Uwais, ngelihat dia berperan begitu gagah dan berani di film tersebut langsung buat aku jadi ngefans banget. Hehehe. Dan karena The Raid merupakan film favoritku sehingga ketika menemukan postingan mas Azwar yang memberi info bahwa masih ada kelanjutan dari film The Raid maka secara serta merta aku menganggap postingan ini menjadi postingan yang aku suka. Oke aku tunggu info selanjutnya terkait film Indonesia yang menurutku paling keren ini.

Di akhir tulisan ini (maaf terlalu panjang tulisannya) tak lupa aku ucapkan HAPPY MILAD AZWAR WEBLOG. yang ke 8 tahun. Semoga kedepannya tetap menjadi blog y:ang terus aktif berbagi informasi-informasi bermanfaat di dunia maya.

  • Share:

You Might Also Like

22 comments

  1. Terima kasih udah bergabung di GA saya mba. Ikuti terus info dari blog saya terutama info tentang film The Raid 2: Barandal. So, stay tune :)

    ReplyDelete
  2. wihhhhh panjang banget. gue baca dari awal sampe abis kok kayaknya pelik gini yaaa...

    gue aja baru ngeblog. baru 1 tahun ini, yaa emng sering muncul rasa malas, tapi dibawa santai aja mba. gak harus menulis di blog kok untuk mencurahkan isi hati #tsahhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelikk apax yahhh? maklum aja yah ayam sakit tulisanku emang idebtik dg kepanjangan hehe

      emang sihhh tp rasax lbh seru mencurahkan isi hati dblog hoho

      Delete
  3. memang jadi blogger itu kadang kalo lagi semangat pengennya nulis terus, kalo lagi males ya males. memang sih awalnya aku juga mementingkan desain blog, tapi lama kelamaan aku juga berfikir kalo yang dibutuhkan publik itu isinya, bukan desainnya. hehehe <- #bocahsotoy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Deya, aku juga belakangan ini br mentingin isinya,, sebelum-sebelumnya desain blognya aj yang terus aku urusin tp sekarang udah sadar isi lebih penting drpd penampilan wu gak bs jg disepelekan penampilan hehe

      Delete
  4. kt punya ksamaan, awal mmbuat atau mngenal dunia blog di akhir thn 2008. tp aq lbih kacau lg, postingan ku bs di itung dgn jari2 anak balita....

    ttp smangat kawan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaahh wajar kalau awal blog postingannya ngacauu hehehe

      Delete
  5. waaah-wahhh...gue mungkin lantaran masih baru, jd masih semangat2nya ngeblog...gak tw deh kedepannnya...huehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kedepannya semoga kita sama-sama makin bersemangat^^

      Delete
  6. Nge-BLOG itu NANO_NANO... berasa super hero dan lebih rajin dr kutu-kutu yg bertengger di atas bangku kayu.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ya kurang lebih seperti yang Tia bilang

      Delete
  7. ngeblog itu emang beribu rasanya :D

    ini lagi kut GA ya?

    ReplyDelete
  8. perangi kemalasan dan mari ngeblog sampe jadi kakek nenek Zhie! bahahaha..aku juga ikutan looo..semoga kita menang GA nya yaaa :D

    Zhie, panjang gilak Zhie -_______-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Mey juga menang kok sudah keluar hasil pemenangnya so aku ucapkan selamat yah mbak:)

      Delete
  9. wah ternyata kita punya nasib yang sama ya qaqa :')
    Semangat terus ngeblognya yaaa

    ReplyDelete
  10. gue juga sebenernya, juga sama kayak gitu.... mending gue cerita'' ke blog, dari pada udeh cape'' cerita tanggepannya oh doang.
    semangat !!!

    ReplyDelete
  11. Wah, sama sih. Saya juga udah lama ngeblog. Tapi tulisannya dikit. INi sedang menyusun agenda biar konsisten nulis. Gi ikut give away ya? Moga menang ya:)

    ReplyDelete
  12. Wahhh, panjang. Menulis menurut gue menyenangkan. Apalagi kalo ada yang mau mnegomentari tulisan gue. Wah, walaupun pahit komentarnya, tapi gue pengen belajar terus lebih baik.

    ReplyDelete
  13. selamat.. ya.. udah jadi pemenang.. :)

    ReplyDelete
  14. Maasyaa Allah :) ini ya pemenangnya!

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa menginspirasi.