Ketika Menjadi Superwoman

By Siska Dwyta - 21:09

Bismillaahirrahmaanirrahiim

"Sebaik-baik manusia di antaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain." (HR. Bukhari dan Muslim)

Sengaja saya awali postingan kali ini dengan mengutip tutur Rasulullah shalllallaahu 'alaihi wassalam di atas. Kalimat yang pernah beliau ucapkan empatbelas abad silam namun tetap abadi hingga detik ini dan insya Allah selamanya. Kalimat yang menguak tabir kebaikan seseorang, tidak dipandang dari segi materi, harta, jabatan, keturunan dan embel-embel lainnya. Tidak diukur dengan seberapa kaya, seberapa hebat, atau seberapa cerdasnya seseorang. Kebaikan bukan melulu tentang sikap atau sifat yang melekat pada diri seseorang. Senada dengan pernyataan Rasulullah, manusia yang paling baik adalah ketika ia banyak menebar ion-ion positif di sekeliling, bagai pelita yang menerangi gelapnya malam tanpa cahaya. Kepergiannya dirindukan dan kehadirannya dinantikan. Yuppy, kebaikan membutuhkan action. 

Oh ya, pasti kalian udah gak asing dong ama tiga superhero terkenal di dunia, superman, batman dan spiderman? Nah, di layar kaca ketiganya termasuk kategori sosok yang dinanti dan dirindukan oleh para idolanya. Meski mereka adalah tokoh fiktif fantastis, tapi kita bisa lho belajar dari kisah mereka sebagai "pahlawan" dengan kekuatan masing-masing berhasil menumpas kejahatan di muka bumi.

Bahwa kebaikan itu selalu menang, dan kejahatan akan selalu kalah. Bahwa menolong dan menjadikan diri bermanfaat bagi orang lain merupakan kebaikan yang mendatangkan rasa bahagia sebab diantara orang-orang yang pernah kita tolong, orang-orang yang pernah mencipipi kebaikan kita, akan ada yang menganggap kita lebih dari sekadar penolong semata. Mungkin ada yang mensyukurinya dengan dengan memintal doa, ada yang senantiasa mengingat kita di sela-sela waktunya, ada pula yang ingin menjalin persaudaraan baik di maya maupun nyata. Kalaupun tak ada, wahai diri tetaplah berusaha untuk menjadi sebaik-baik manusia itu, karena sesungguhnya Allah Maha Melihat kebaikan-kebaikan yang telah kita lakukan. 

Eniwei, andai kalian diberi pilihan memilih pahlawan superhero dunia fiktif, pertama superman, kedua batman dan ketiga spiderman, kira-kira kalian bakal pilih yang mana Kalau saya mah lebih memilih jadi pasangannya superman, a.k.a superwoman sekalipun lebih gagah batman dan lebih keren spiderman, hihi.

Apa yang akan saya lakukan ketika menjadi Superwoman?

#Pertama, saya abaikan kekuatan yang dimiliki superman, kemudian membuat kekuatan superwoman  versi saya sendiri. Kekuatan yang dimiliki superwoman adalah serba bisa, bisa terbang, bisa melayang, bisa menari di atas awan, bisa menghilang dalam sekejap, bisa mengerjakan semua pekerjaan dalam waktu singkat, bisa menghancurkan para monster jadian. Hmmm, namanya juga wanita super, apa sih yang nggak bisa hehe

#Kedua, membuat kostum khusus superwoman. Desain kostum yang saya buat tentu masih sepadan warnanya dengan kostum milik superman. Bedanya, kalau kostum superman emang khas pria, maka kostum milik superwoman khas wanita. Terusan panjang dengan paduan biru merah, nggak ketat, nggak transparan, menutup aurat,  lengkap dengan jilbab syar'i dan sayap belakangnya. (kayak desain baju pengantin aja, mhuahaha). Aksesoris yang dipake superwoman berupa topeng paduan merah biru menyala. Pokoknya desain model kostum superwoman cantik bingit *dalem khayal*

#Ketiga, sosok superwoman akan muncul secara misterius. Sengaja identitasnya saya sembunyikan, saya tidak mau ada seorang pun, termasuk keluarga yang tahu aksi yang hendak saya lakukan ketika menyalurkan kekuatan superwoman untuk menolong banyak orang.

#Keempat, orientasi saya sebagai superwoman, semata-mata untuk bermanfaat bagi orang lain. Jadi kekuatan yang saya miliki sepenuhnya akan saya abdikan untuk menolong sesama, terlebih bagi kaum hawa. Fakta yang saya temui di lapangan, sekarang ini marak berita tentang pelecehan seksual yang dialami oleh perempuan atau masih kerapkali terjadi kasus penganiayaan yang dilakukan oleh beberapa pihak tak bertanggungbjawab. Untuk itu sebagai seorang superwoman, saya akan terjun langsung  mengusut tuntas kasus serupa hingga ke akar-akarnya. Komitmen saya sebagai superwoman harus benar-benar menegakkan keadilan dan hukum tak boleh dilecehkan. Kekuatan yang saya miliki pun akan saya fungsikan untuk memberantas para perampas hak-hak rakyat. Selain itu, di setiap bencana yang melanda negeri ini, superwoman akan selalu ada, membantu mengulurkan tangannya, membantu menyebarkan energinya, dan membantu memberi kedamaian.

#Kelima, sisi lain dari seorang superwoman adalah wonder women untuk suami dan anak-anak serta semua orang terdekat saya:)

Oke, Sekian khayalan menjadi seorang superwoma, mudah-mudahan dalam kehidupan nyata saya beneran bisa jadi superwomen, yang meski nggak memiliki kekuatan khusus, nggak punya kostum khusus namun mampu menjadi wanita super yang mampu berbagi selaksa kebaikan untuk banyak orang.

Yuk muslimah, semangat fastabiqulkhayrat  (berlomba-lomba dalam kebaikan) kitaa




  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. iya lho, jarang ada superwomen berhijab. logonya pakai logo BE, tangan mengepal pegang petir. hahahaha
    kalau jadi superwomen di Indonesia bakalan repot banget, karena banyak kejahatan yang akan menunggu untuk di tumpas.
    yang terakhir penting tu, menjadi superwomen untuk keluarga.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa menginspirasi.