Lima Blog Ini yang Menginspirasi Saya di Awal Ngeblog

By Siska Dwyta - 17:28

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Hallo haa, ada yang punya kebiasaan  diam-diam suka mengunjunggi blog tetangga jauh tanpa meninggalkan jejak tak terlihat maksudnya tanpa sepengetahun si empunya blog, kalau saya sering, malah tak jarang jadi terinspirasi, termotivasi dan belajar banyak dari blog mereka . Blog mereka? Yup, di postingan kali ini saya bakal share lima blog yang udah menginsipirasi saya di awal merintis blog.

Pandora World


Jejak tak terlihat pertama datangnya dari blog milik Fitria R. Yudokusumo, senior saya semasa SMA yang telah menyelesaikan studynya di Politeknik Telkom Bandung. Kalau ada sebagian besar blogger anak muda terinsipirasi bikin blog setelah nama Raditya Dika melejit, saya malah terinspirasi bikin blog setelah tersesat di blognya kak Fitri. Lebih tepatnya mungkin karena saya orangnya dulu paling suka kepo-in hal baru. Saya nggak mau ketinggalan. Orang-orang pada main friendster, saya juga ikutan,  ngelihat orang-orang pada move on ke facebook, saya tetap  bertahan di friendster hehe sampai akhirnya saya ikutan ngungsi dan menemukan media sosial selain friendster dan facebook, yang tampilannya mirip friendster bisa didesain seindah mungkin, didandani atau dipercantik. 

Nah, ketertarikan saya pengen bikin blog awalnya karena melihat tampilan blog kak Fitri yang cantik dan keren begitu menggoda hati ini *halah. Apalagi setelah melihat postingan-postingannya di blog, saya jadi tahu bahwa blog merupakan media yang paling tepat bagi para calon penulis buku dan penulis untuk menampung karya tulisnya di sana.

Eniwei, saya memang diam-diam terinspirasi bikin blog karena melihat blognya kak Fitri, sebatas itu sih, selebihnya saya belajar ngeblog secara otodidakdan ternyata bikin blog itu gampang yaa mendadaninnya itu yang agak ribet, Lebih-lebih mengurusnya, hehe. 


Oh ya, ada yang penasaran dengan kak Fitri silahkan berkunjung ke http://pipits-story.blogspot.com/. Di sana kalian bakal menemukan hasil karya kak Fitri, bukan tulisan-tulisan doang, tapi juga gambar-gambar hasil goresan tangannya. Yup, selain jago nulis, kak Fitri jago bikin art work lho. 



Jejak tak terlihat kedua datang dari blog milik Dian Wahyuni, teman saya dari kecil yang kini tengah melanjutkan studynya di Universitas Cendrawasih Jayapura. Lovdian's Dream termasuk blog yang saya anggap berjasa di awal saya merintis blog saya yang dulunya sepi kayak kuburan kini menjadi ramai kayak di pasar kecil, hehe, sebab dari blognya untuk pertama kali saya mengenal bahwa ternyata di luaran maya sana ada komunitas blogger, dan salah satunya adalah komunitas Blogger Energy. Ah, kalau saya tidak menemukan artikel yang  ia tuliskan dan di tujukan untuk Blogger Energy, mungkin saat ini saya masih asyik mendandani blog saya sedemikian rupa, yang semakin saya dandani semakin membuat saya tidak pernah puas, mungkin setahun ini saya gak sampai mengupdate lebih dari 100 postingan. Sama seperti kak Fitri yang tidak tahu kalau saya terinspirasi bikin blog karena blognya, Dian pun gak tahu kalau saya gabung di blogger Energy karena blognya. Saya emang orangnya selain suka kepo, suka diam-diam dan mencari tahu sendiri *nyengir

Nah, bagi kalian yang pengen kenal sama Dian, silahkan berkunjung di http://lovdian.blogspot.com/. Pasti kalian akan menemukan curahan hati alias puisi-puisi indah yang ia tuturkan mengalir lewat jari-jarinya. Dian dari dulu emangjago bikin  puisi lho. 


Jejak tak terlihat ketiga datang dari sebuah blog yang merupakan nama dari sebuah komunitas blogger personal. Seperti yang sempat saya singgung di atas, saya tahu komunitas ini dari Lovdian's Dream, langsung deh saya kepoin. Untuk bisa bergabung dengan Blogger Energy (singkat : BE), prosesnya lumayan ribet tapi gampang banget kok, asalkan blog kalian memenuhi syarat, hehe.

Sejak bergabung di Blogger Energy, energy ngeblog saya meluap-luap dann semangat menulis saya membara. Oke, mungkin ini agak lebay, tapi kalian bisa bandingkan jumah entries yang saya hasilkan tiap bulan sebelum saya gabung di BE dan sesudah saya gabung di BE bulan Mei lalu.

Di BE saya menemukan keluarga baru, ada pak fouder yang sementara ini masih betah menghilang, ada ranger merah, biru dan hijau yang memiliki energy hebat melawan para monster, serta gyers yang pada kece-kece dan semuanya merupakan blogger-blogger keren plus creative, sebab isi-isi blog mereka bukan hasil jiplakan atau copas sana – sini, sebaliknya merupakan buah pikiran mereka sendiri. Intinya, Blogger Energy paling berjasa dalam perjalanan saya sebagai blogger beneran.  Blog saya yang Enam bulan lalu belum punya followers, sekarang alhamudlillah bisa di liat sendiri, blog saya yang hampir tidak pernah menerima pengunjung sekarang hampir mencapai 20.000 visitors. Tulisan-tulisan saya yang sebelumnya tidak pernah menerima komentar-komentar sekarang sering bahkan saya udah punya pembaca setia, sekaligus yang setia jadi silent readers juga banyak kok *ngarang. So, bagi kalian yang mau mengenal lebih jauh tentang blogger Energy silahkan berkunjung ke www.bloggerenergy.com


Jejak tak terlihat keempat datang dari teman masa kecil saya juga, Indriyani Eka Sari,  biasa di panggil Indri atau Indi yang melanjutkan studynya di Semarang. Indilicious termasuk blog yang suka saya kepoin kadang-kadang, mungkin sama seperti blognya Dian, kemarin-kemarin saya suka berperan sebagai silent reader tulisan-tulisan teman saya sendiri :oopst: sorry, tanpa berani menunjukkan kalau saya pernah dan sedang berkunjung ke blog mereka serta membaca tulisan-tulisan mereka. 

Selain ketiga blog yang udah saya sebutkan, Indilicious termasuk blog yang cukup berjasa  terutama dalam pembuatan header blog saya. Yup, gegara ngelihat tampilan blog Indi yang keren apalagi headernya, saya pun tak segan-segan meminta Indi agar membuatkan saya header blog.  

penampakan Header pertama saya karya Indi

So, header pertama yang saya pasang di blog ini adalah header buatan Indi. Selanjutnya karena rasa penasaran saya yang begitu tinggi, memaksa saya untuk mencari tahu bagaimana sih caranya bisa buat header kayak gitu? Dan tarara header yang saya pakai  sekarang adalah hasil dari rasa penasaran saya *ehm. Meskipun masih sederhana sih, tapi saya cukup bangga udah bisa buat header sendiri.

Bagi yang penasaran dengan blognya Indi, silahkan berkunjung ke http://indytatiana.blogspot.com. Di sana kalian akan temukan tulisan-tulisan random Indyiyang disajikan dengan gaya tulisan sederhana dan ringan di baca. Indy juga jago bikin cerita cinta yang dikemas dengan huruf-huruf yang indah lho, sampai-sampai cerita cintanya menang dalam lomba #MyLoveMyLive yang diadakan oleh Diva press.



Jejak tak terlihat kelima datang dari blog milik mak Winda Krisnadefa yang baru saja mengadakan lomba blog dalam rangka hari ulang blognya yang kelima dengan peserta mencapai ratusan bloggers. Saya baru kenal Emak Gaoel bulan ini saat blogwalking dan membaca postingan Smart menurut si Kiting yang diikutkan lomba. Seperti biasa, kalau saya lihat ada giveaway atau lomba blog gitu, pasti deh muncul niat pengen ikut, jadi gak jadi ikutnya persoalan belakangan.

Nah, kenapa Emak Gaoel masuk dalam list blog favorit saya, padahal kenalnya baru beberapa hari lalu? Jawabannya sederhana aja sih, waktu berkunjung di sana saya seolah menemukan apa yang selama ini saya cari. Oke, mungkin masih ada bloggers yang ikutin gaya tulisan Raditya Dika pake gue-gue (tanpa bermaksud nyinyir siapapun), saya sendiri pertama kali ngeblog pake kata aku, kadang pake gue, dan belakangan ini lebih suka pake “saya”. Trus apa hubungannya? Itu dia, saya suka dengan gaya tulisan emak Gaoel yang yang hampir di setiap postingannya menggunakan kata ganti pertama “saya”. Sekilas kata saya itu sebenarnya lebih terkesan formal, namun di postingan Emak Gaoel kata ‘saya'nya justru terkesan gaul banget. Apalagi dengan gaya tulisan mak Winda yang ringan dan gak terlalu serius. Asli saya emang gak suka dengan tulisan yang berat-berat dan ternyata seperti nama blognya, tulisan-tulisan yang ada di dalam Emak Gaoel emang gaul. 

Saya jadi terinspirasi deh. Bukan berarti terinspirasi disini maksudnya mau ikut-ikutan gaya tulisan Emak Gaoel. *Jahh. Dalam menulis saya gak mau jadi orang lain, saya punya warna tulisan sendiri, dan sesederhana apapun itu beginilah tulisan saya. Saya cuma mau belajar dari blog Emak Gaoel bagaimana caranya membuat tulisan yang ngalir, ringan dan gak berat sehingga pembaca senang membacanya sampai ending.


Bagi kalian yang mau mengenal mak Winda silahkan berkunjung di http://emakgaoel.blogspot.com.  Di sana kalian akan menemukan postingan #10daysforAsean. Waahhh, ternyata mak Winda adalah pemenang pertama lomba blog yang diselenggarakan oleh Asean Blogger. Keren yuaaa:)


Nah, sekian jejak blog mereka yang menginspirasi saya di awal-awal ngeblog. Kalau blog yang menginpirasi kalian di awal ngeblog siapa-siapa saja nihm? Boleh dong share di kolom komentar :)

  • Share:

You Might Also Like

7 comments

  1. kak zhie niat bgt bikin aku kepo hih..

    ReplyDelete
  2. aku suka dengan tulisan emak gaol itu..

    ReplyDelete
  3. Kok aku cuma tau 2 sih dari itu semua.. oia, di bloggerenergy.com aku termasuk salah satu penulisnya lohh. hahaha #PamerDikit
    aku juga pernah nih nulis post tentang 5 blogger yang menginspirasi..

    ReplyDelete
  4. hahaha ngakak bayangin kakzii dibikinin puisi sampe klepek2 sama pacar, tapi ternyata puisi itu bikinan kak dian nyahahahaha... aku juga kadang sama sih nasibnya sama kak dian, disuruh bikin puisi sama temen cowok untuk pacaranya. hihhh.. malah curhat -_____-v

    ReplyDelete
  5. wah postingan ini dibikin utk sebuah event tantangan ya :)
    gudlak ya.
    postingan kamu banyak dan gaya bahasanya menarik.
    keep writing! ^^

    ReplyDelete
  6. baca dan aku langsung ke TKP, pengen kepo juga dari beberapa yang bisa membuat kamu jadi terinspirasi.
    kalau aku pribadi dari dulu paling suka baca blognya Radit.

    ReplyDelete
  7. blognya fitria kok ga bisa dibuka ya Zhie? hmmmmm okelah semoga tantangannya berhasil, kamu emang jagonya GA dan tantangan hahahhaa
    kalo aku dlu suka kepoin mantannya suamiku hahahaha LOL

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa menginspirasi.