Mewujudkan Resolusi 2014

By Siska Dwyta - 07:21

Tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya saya tidak pernah menuliskan resolusi di akhir maupun awal tahun. Saya membiarkan semua mengalir begitu saja tanpa menentukan target tertentu. Seiring waktu berlalu, ternyata banyak kejutan-kejutan menghampiri hidup saya. Bahkan sesuatu yang tidak saya sangka-sangka. Semisal, niatan yang sempat terbersit di benak saya di tahun 2012, "Suatu hari nanti saya ingin beli smartphone dengan uang tabungan saya". Niatan yang tidak saya tuliskan itu, alhamdulillah berhasil terwujud sebagai hadiah milad ke - 21 from me to me Juni 2013 lalu. Padahal semenjak muncul niat tersebut saya belum berpikiran akan menabung untuk beli smartphone, karena saat itu si syambian E-63 dan adiknya N. 101 masih setia menemani. Cuma kebiasaan saya emang dari dulu suka menyisihkan sedikit demi sedikit uang bulanan maupun honor mengajar saya sebagai tentor private tiap bulannya. Sehingga, ketika akhirnya si E-63 yang biasa saya gunakan menjelajahi dunia maya divonis koma dan tak bisa di selamatkan lagi, barulah saya menyusun rencana di kepala untuk membeli hape yang lebih canggih daripada hape symbian dari hasil nabung.


Begitu halnya dengan target mencapai minimal 100 postingan blog dalam setahun yang baru terlintas menjelang akhir 2013. Padahal sejak mulai eksis ngeblog bulan Mei tahun lalu, saya tidak bermimpi akan membuat postingan sebanyak itu. Saya hanya ingin menulis minimal update satu postingan tiap bulan. Itu saja. Duh, senang tak terkira rasanya, mendapati diri akhirnya mampu melalui 2013 dengan 126 postingan. Jumlah 126 posts memang masih sedikit, tapi bagi seorang yang baru aktif ngeblog kayak saya itu adalah hal baru dan sesuatu yang tak biasa saya lakukan.

2014, saya berharap hidup saya mengalami peningkatan kualitas diri.Harus menjadi lebih baik. Olehnya untuk kali pertama di awal tahun ini saya tergerak menuliskan daftar resolusi 2014 yang ingin saya capai. Mengenai penting gak pentingnya menuliskan resolusi, tergantung pribadi masing-masing sih. Bagi saya menuliskan resolusi sama halnya dengan membuat komitmen. Jadi, ketika saya menuliskan resolusi berarti saya sedang membuat komitmen dengan diri saya.

Tahun ini saya tidak sekedar pengen berkomitmen with my self. Lebih dari itu. Saya pengen keluar dari zona nyaman dan mendisiplinkan diri saya, salah satunya dengan mewujudkan daftar resolusi 2014 yang sebenarnya udah terpikirkan dari akhir tahun kemarin namun baru sempat saya tuliskan di pekan pertama tahun ini.



Tentu saja saya tidak asal menuliskan resolusi di atas. Sebelum menuliskannya, saya sudah mempertimbangkan lebih dahulu. Kira - kira resolusi ini mampu gak terealisasikan?

Insya Allah, saya optimis mewujudkan 7 point resolusi saya tahun ini. Bagaimana caranya? Nah, itu yang akan saya bahas selanjutnya.

#Ngaji Every Day



Mungkin salah satu mewujudkan resolusi saya yang satu ini adalah dengan bergabung dalam program #ODOJ (One Day One Juz) yang sekarang lagi fenomenal di media sosial. Sebuah program positif yang bertujuan untuk memfasilitasi kita dalam tilawah Al-Qur'an dengan target 1 juz sehari. Lalu kenapa saya gak ikutan? Bukannya tidak mau bergabung. Tahun ini saya hanya tidak ingin menargetkan bacaan Al-Qur'an saya. Belajar dari pengalaman tahun - tahun dimana saya berulang kali memasang target (tidak tertulis) khatam Al-Qur`an tiap bulan. Nyatanya semangat saya sering membara di awal saja, pertengahan mulai tersendat-sendat. Akhirnya eh ngaji saya malah terputus. Aihhhh saya gak pengen kayak gitu lagi, makanya saya harus komit sama diri saya dulu. Intinya, konsisten. Agar saya bisa konsisten ngaji, saya akan memulainya dengan hal kecil. Tiap hari setidaknya ada ayat Al-Qur'an yang saya baca entah seayat, seratus ayat atau selembar, dua lembar. Target utama saya bukan lagi khatam tiap bulan, tapi yang penting tiada hari tanpa ngaji dan meresapi maknanya #tsaaah.

Gimana caranya? Yah abis shalat lima waktu, ngaji, kalau keluar kos Al-Qur'an kudu stand bye dalam tas, ada waktu luang, ngaji, sebelum tidur, ngaji. Itulah yang saya terapin untuk mewujudkan point pertama dari resolusi saya tahun ini.

#Keep Blogging

Saya berharap tahun ini jumlah postingan saya meningkat. Target perbulannya masih sama dengan tahun lalu. Minimal setiap bulan saya kudu update satu postingan baru, maksimal sebanyak-banyaknya. Untuk target pertahun saya naikkan, tahun ini minimal 150 postingan, Insya Allah. Di bulan pertama ini alhamdulillah udah saya terapin target perbulannya (bisa di liat di Zhie' Archives).

Oh ya, cara saya untuk tetap eksis ngeblog sekalipun saat ini sedang dilanda kesibukan mengurus skripsi saya yang masih butuh nutrisi tinggi adalah dengan mencuri-curi waktu dan kesempatan buat nulis, cari energy dari ngebaca tulisan-tulisan blogger lain, ikutan challenge, giveaway, ataupun lomba blog dan yang paling penting tanpa notbuk, ngeblog pake hape pun jadi. Tapi kalau ntar saya pergi KKN, saya gak ngejamin bisa rajin nongol di blog seperti ini? Huhuhu. Mohon doanya aja yah semoga di tempat KKN saya mendukung buat ngeblog.

#Kutu Buku



Salah satu cara saya untuk mewujudkan target di point ketiga ini dengan mengikuti challenge Receh Untuk Buku 2014, biar saya bisa beli buku dengan uang receh yang akan saya kumpulkan selama setahun, keren nggak? Selain itu setiap bulan saya nargetin menyisihkan uang untuk beli minimal satu buku. Semua itu saya lakukan untuk membangkitkan kembali gairah membaca saya yang sekarang masih sekarat. Seperti Al-Qur'an, kemana-mana tas saya juga harus berisikan buku. Jika tahun lalu saya tidak pernah posting tentang buku, mulai tahun ini di blog saya tercinta saya akan menambahkan label review buku dan memuat postingan terkait buku-buku yang udah saya khatamkan. Betewe bulan ini baru dua buku yang saya baca. Buku Kata Mitos dan Hasil Coretan Manusia Bodoh. Belum sempat di review. Mengenai buku bacaan saya selama sebulan belum bisa saya targetin, yang jelas seperti yang udah saya singgung. Saya akan konsisten dan merangkak dari hal kecil.

#Belajar Nulis Buku

Iya, saya sementara sedang belajar nulis buku. Dan satu-satunya cara yang bisa mewujudkan target saya yang satu ini yahh dengan MENULIS. Kalau saya tidak pernah memulai menulis, gimana bisa terwujud? Selain itu, faktor lain yang mendukung saya tuk belajar nulis buku, yaitu saya harus banyak-banyak membaca. Selain banyak membaca, saya juga hendak mengumpulkan kosa kata - kosa kata
baru dan yang tidak saya mengerti. Saya pun yang dulunya sekedar membaca kini tertarik memperhatikan gaya tulisan seseorang, tiap diksinya serta teknik menggambar dengan tulisan.

#Plisss, Jangan Lelet

Point resolusi yang kelima ini, emang agak ribet. Pasalnya udah dari sono-nya saya kayak gini. Gerakan saya terlalu lamban. Tidak gesit dan lincah. Uhft. Pokoknya tahun ini saya bertekad melawan keleletan saya dengan cara memaksa. Memaksa diri saya untuk mengerjakan segala sesuatu tepat pada waktunya. Memaksa diri saya untuk tidak menunda-nunda pekerjaan. Memaksa diri saya untuk membiasakan on time. Memaksa diri saya untuk tidak bermalas-malasan. Memaksa diri saya untuk mengenyahkan kebiasaan jelek dan membiasakan sesuatu yang baik-baik. "Oke, Zhie. Kamu pasti bisa, semangat"

#Sarjana With Predikat Camlaude

Di kampus saya tergolong mahasiswa menengah, dengan transkip nilai sementara masih di titik aman. semoga di akhir masa jabatan saya sebagai mahasisiwi, IPK saya sesuai dengan saya tuliskan di resolusi tahun ini *ngarep. Optimis, Hoo iya dong. Cara yang saya tempuh tuk mewujudkan point ke-enam ini, tentu dengan kerja keras. Apalagi saya sementara sedang bergelut dengan yang namanya skripsi, saya gak boleh malas-malasan ketemu dosbing. Yeah! Tahun ini saya akan berjuang menggelora, meski dengan itu saya musti tertatih-tatih kesana kemari, di oper sana-sini. Tidak masalah. Saya akan menikmati setiap proses yang akan menghatar saya ke gerbang pernikahan sarjana.

#Naikkan BB

Dari dulu postur badan saya gak pernah mencapai ideal. Kelebihan tinggi dan kekurangan berat alias kurus *ups. Bayangkan saja, BB saya dari jamannye masih es em a sampai semester tua ini selalu berkutat disekitaran angka 40. Boro-boro mencapai 50 kg, 45 kg aja kagak. Tahun ini saya bertekad ingin menambahkan BB. Caranya, saya harus makan teratur dan kuat makan-makanan bergizi, kalau tahun kemarin saya langganan makan tempe-tahu maka tahun ini saya harus sering-sering makan lauk ikan. Tiap pagi saya akan sarapan dan minum susu (susun-ya udah ada, tinggal dibikin dan diminum). Hasilnya kita liat aja nanti. Semoga BB saya naik^^

Terakhir saya ingin mengutip kata-kata bang Bens Bara:)

"Membuat resolusi bukanlah hal yang betul-betul berguna. Tentu saja kita perlu untuk berencana,
namun yang paling penting adalah MENGERJAKAN"


Sekian,

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy"
posted from Bloggeroid

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. semoga resolusinya tercapai semua ya Zhie amin
    kalau aku jarang bgt bikin resolusi gitu hehee
    aiiih kamu kurus banget ya ternyata?? sini ku lempar lemak, BBku nambah nih alias kegemukan haha
    smg lulus cumloud ya n smg kita sama2 bisa nelurin buku :) amin

    ReplyDelete
  2. Semoga tercapai ya zhie. jujur saya malu membaca resolusi mu yang "Ngaji Every Day". Sangat pengen mencontoh kamu zhie aku.

    ReplyDelete
  3. Resolusinya cuman 7 tapi berbobot semua ya.. kalau aku sampe 15 hahaha. mudah mudahan semuanya tercapai ya.. asal konsisten pasti tercapai semua kok :D

    ReplyDelete
  4. sumpah kak, dari dulu itu aku pengen banget naikin berat badan. Tapi gagal mulu. sebanyak apapun makananku, tetep aja segitu - gitu u,u
    semangat yah mewujudkan resolusinya ^^9

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa menginspirasi.