Plus Minus di Duaributigabelas

By Siska Dwyta - 22:09

Plus Minus Me on 2013? what`s the meaning? (Halah, sok english :-P). Ya ya ya, dua puluh satu hari sudah, 2013 berlalu meninggalkan saya dan segala kisah pahit getir, asam manis, senyum tangis, semuanya di sana. Kini tersisa hanya serpihan-serpihan kenangan yang ingin saya pungut satu per satu lalu merangkainya menjadi memoar utuh, agar saya tetap bisa mengenangnya sewaktu-waktu. Saya akan flashback dan mengajak pemirsa (my readers n my secret readers) untuk ikut melihat plus minus saya di tahun lalu. 

Yah! Catatan ini sekaligus semacam muhasabah a.k.a intstropeksi diri tanpa bermaksud riya apalagi mengumbar aib, maksud saya justru sebagai bahan evaluasi diri pribadi agar saya pun bisa lebih baik kedepannya. Insya Allah.

PLUS (baca : positif)

Plus Pertama : Menulis

Tahun 2013 adalah tahun pertama saya mulai mengembangkan bakat dan minat dalam dunia kepenulisan. Mulai dari membiasakan menulis, aktif ngeblog hingga pede mengikutkan tulisan-tulisan saya pada even-even semacam giveaway, lomba blog, dll. Selain mengikutkan tulisan saya untuk dinilai oleh orang lain, saya pun tergiur mengikutkan diri pada kegiatan-kegiatan plus berbau kepenulisan. Tujuannya jelas. Agar ilmu 'menulis' saya yang masih secuil setidaknya meningkat walau sedikit.

Nah di tahun 2013, kegiatan kepenulisan yang sempat saya ikuti antara lain; seperti yang tertera di gambar

Alhamdulillah, setelah mengikuti lima kegiatan di atas, efek yang saya rasakan antara lain selain dapet ilmu kepenulisan, saya bisa bertemu langsung dengan penulis best seller kayak mbak Afifah Afrah (Penulis novel Katrastofa Cinta) dan kak Gege Mappangewa (Penulis novel best seller Lontara Rindu), punya kenalan alias teman baru calon dan atau penulis yang karyanya udah dibukukan. Ketemu mereka-mereka di kegiatan tersebut benar-benar memberi efek luar biasa. Saya jadi termotivasi dan semakin mencintai dunia menulis.

#Plus Kedua : Tour with MeVix
Tahun 2013, saya bersama teman-teman sekelas saya yang terkenal dengan nama MeVix berhasil mewujudkan impian kami tour ke daerah-daerah asal anggota MeVix (hampir sebagaian besar udah kami datangi) yang ada di Sulawesi Selatan. Tahun 2013 sekaligus menjadi tahun pertama saya membelah jalan ratusan kilometer. Jalan yang biasanya saya lewati dengan duduk santai di atas jok mobil sambil dengar musik, kadang sampai ketiduran saking panjangnya perjalanan ternyata bisa saya tempuh dengan mengendarai motor. Speechless. Efek yang saya dapatkan dari tour tersebut, saya makin kompak dengan teman-teman MeViX, kekeluargaan kami pun makin berasa selebihnya ada ribuan kenangan tercipta di sana. Selama tour aktivitas yang sering kami lakukan adalah sedikit-sedikit foto, singgah di tempat ini foto, singgah di tempat yang itu juga foto, hingga tak berbilang jumlah foto yang berhasil terekam dalam kamera. Mungkin mencapai ribuan. Haha. Saking banyaknya, nggak saya posting di sini cukup kenangan fotonya jadi koleksi pribadi saja. Pokoknya seru banget. Jadi pengen tour lagi deh:-D

#Plus Ketiga : Menyala di PC IMM Gowa
Selain kedua plus di atas, di tahun 2013 waktu saya juga lumayan banyak tersita bersama keluarga saya di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Gowa. Mulai dari kegiatan pergi walimahan bareng, ke daerah (Sinjai) dalam rangka kegiatan Pekan Intelektual Kader IMM Se-Sulsel, adain pengkaderan Darul Arqam Dasar (DAD) dan Darul Arqam Madya (DAM), Ikut Rakerpim hingga MusDa DPD IMM Sulsel.

Foto di atas di ambil waktu kami ikut Rakerpim di Bantaeng. Gak usah nanya kenapa IMMawati (sapaan untuk kader IMM - perempuan ) cuma tiga, hihihi maklum di PC IMM Gowa banyakan IMMawan (sapaan untuk keder IMM - laki-laki).

Oh ya, efek yang saya dapat selama aktif di IMM khususnya di PC IMM Gowa, luar biasa. Nggak nyangka dengan ikut kegiatan tersebut saya mendapat kesempatan berada di tengah-tengah mahasiswa yang saling beradu argumen dengan bahasa-bahasa alay tingkat tinggi (ilmiah), asli saya cuma bisa melongo menyaksikan para kaum intelektual itu pandai beretorika elok. Pengalaman saya jadi bertambah deh. Efek paling penting adalah kebersamaan saya bareng kader di PC IMM Gowa. Selalu saja menorehkan kesan yang terlampau indah.

Plusnya cukup tiga aja yaa, sebenarnya masih banyak plus-plus yang lain tapi nggak perlu lah saya beberkan semua di sini.

Minus (Baca : Negatif)

#Minus pertama : Dosa

Dibandingkan dengan plus, di tahun 2013 kayaknya minus saya lebih mendominasi deh. Huhuhu Sebagai manusia tak sempurna saya sadari bahwa saya kerapkali khilaf dan berbuat dosa. Emosi-emosi negatif saya sering ngelunjak. Marah-marah nggak jelas, tuduh sana-sini apalagi dengan otak saya yang sulit diajak kompromi, meski sudah berulang kali ditepis selalu saja ada pikiran-pikiran buruk (su'udzhon) yang nyangkut. Beberapa penyakit hati pun masih betah bersarang. Astaghfirullah

#Minus kedua : Nge-galau

Yup, saya anggap ngegalau ini termasuk kegiatan minus. Pokoknya banyak banget hal yang mudah sekali bikin saya galau tapi gak perlu saya sebutin satu-satu karena menuliskannya di sini cuma bikin saya tambah gala, hahaha.

#Minus Ketiga : Lelet

Ini yang paling demen nyangkut di diri saya dari dulu sampai tahun 2013 kemarin. Plis dah, entah saya yang kurang lincah atau gerakan saya yang emang dari sononya lamban. Gegara suka lelet, saya paling langganan telat kesana-kemari, suka bikin teman-teman saya menunggu lama, ups!

#Minus Keempat: Suka Nunda
OmG, kebiasan nunda ini benar-benar paling memberi efek negatif dalam hidup saya. Ckckck. Mulai dari nunda nyupir (nyuci piring), nunda nyuba (nyuci baju) hingga nunda makan segala padahal perut udah keroncongan. Gegara suka nunda akhirnya saya sendiri yang sering kelimpungan dan panik. Waktu mepet baru kejar deadline, sementara pekerjaan lain numpuk. Oke, selamat yaa

#Minus kelima: Buang-buang waktu

365 hari, 12 bulan 48 pekan telah saya lalui di tahun 2013. Hmm, selama itu saya akui, waktu yang saya gunakan belum optimal. Terlalu banyak waktu saya terbuang percuma tanpa melakukan sesuatu yang berarti. Seperti terjebak dalam kemacetan, mengantri sesuatu yang tidak jelas, otak-atik hape, keliling dumay, dan begadang. Ckck. Sedih juga sih, kalau menoleh kebelakang, tahun kemarin telah pergi sangat jauh, jauuuhhhhhh sekaliii. Nggak kan kembali lagi. Sayang sama waktu yang telah saya buang sia-sia, hiks.

Well, sekian plus minus alias kegiatan atau hal-hal positif negatif saya di tahun 2013. Catatan ini saya tulis dengan harapan "plus" saya di tahun 2013 bertambah atau minimal di pertahankan. Sementara "minus" saya semoga segera berkurang maksimal dienyahkan dalam hidup. Besar harapan, semoga di tahun 2014, diri saya makin lebih baik. Aamiin.


  • Share:

You Might Also Like

14 comments

  1. wah keren nih kamu membuat ajang introspeksi diri di tahun 2013.
    aku mau komen yang positifnya ya:
    - asik ya tur ke daerah2 asal genk kamu. udah bajunya kompakan merah , artinya "berani", eh tapi untung gk ketemu banteng di jalan hehe. pasti seru ya prjalanan bareng kawan se genk.
    - aktif di workshop kepenulisan, hmmm brrti upaya mengembangkan minat menulis kuat nih ^ ^

    semoga 2014 lebih banyak lagi ya pencapaiannya. jgn galau mantan lagi. cari yang baru! #ups

    ReplyDelete
  2. banyakan minusnya -_- minus itu gue rasa dialamin oleh semua orang termasuk gue, soalnya itu udah umum sih zie..

    semoga di tahun 2014 ini nggak ada lagi deh minusnya, atau paling nggak berkurang

    ReplyDelete
  3. Keren euy, bikin daftar introspeksi gini.... ga kayak aku, cuma punya daftar cita2 tp ga ada daftar introspeksi.... :p
    Btw, masih sering galau kalau ketemu mantan di kampus, ayo makanya cepet dilulusin, temenku juga ada yg kyk gitu lo. Akhirnya setelah dia lulus jadi move on nya melesat jauh... Salam kenal zie :)

    ReplyDelete
  4. Wih..., Tournya tuh yang paling asik :D
    Gue juga di 2013 suka nunda-nunda dan buang-buang waktu.
    Tahun ini harus lebih baik lagi nih !

    ReplyDelete
  5. Kalo gue kayaknya kebanyakan minusnya deh :)

    Keren nih, sekaligus mengintrospeksi diri.

    ReplyDelete
  6. wah...keren-keren tuh plus-nya...
    kalo minusnya, kayaknya udah penyakit tahunan deh zhie..nggak mungkin bisa diilangin.,,cuman bisa dikurangi...ahahaha

    ReplyDelete
  7. kok yang diminus aku juga ngerasain kak .
    sebenernya sebel banget kalo aku nunda - nunda sesuatu, tapi apa boleh buat takdirnya akhirnya aku nunda - nunda pekerjaan u,u

    ReplyDelete
  8. ayoo kak jangan galau mulu, hilangin tuh rasa galau,. biarin dah tuh mantan cueknya kaya apa. kakak jalanin aja hidup kakak. kurangi minusnya tambah plusnya :)

    ReplyDelete
  9. sama, aku sama bagian suka nunda.. nggak tau kenapa rasanya kebayang "kalau masih bisa dikerjakan besok, ya besok aja" :|

    uddah day 26 aja ya, perasaan kemaren baru hari ke 14

    ReplyDelete
  10. Oohh pantesan tulisannya makin keren, sering ikut workshop menulis toh. Lanjutkan zhie. Mulai nulis aja buat bikin buku. Kereen tuh.. :p

    Semangat juga berorganisasi :)
    Haduuhh.. Jd keinget aku skrng udah jarang datang ke sekretariat HMI cab. Gorontalo :(

    Kalo untuk negatifnya, kita samaan. Hahaha :3

    ReplyDelete
  11. Mau memperbaiki diri, kasih jempol seribu dah. dan thanks buat post an nya. buat bahan referensi dirilah buat saya pribadi.

    ReplyDelete
  12. selamat yak, di tahun 2013 udah banyak hal positif yang bisa kamu capai. semoga makin sukses dan berkembang di tahun 2014 ini. dan semoga negatif-negatifnya semakin berkurang... amin..

    ReplyDelete
  13. wahh bisa banget nih diikutin, list positif-negatif diri sendiri, trus jd bahan buat introspeksi diri deh ..
    good job good job :D

    ReplyDelete
  14. banyak plus minus nya nih, hihihi ngegalau ketemu mantan? wkwkwk pukpukpuk
    itu lumayan dah banyak juga sertifikat nulisnya, bagus tuh, semoga lebih mantap lagi dalam menulisnya :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa menginspirasi.