Asam Manis Cinta Blogger Energy

By Siska Dwyta - 07:59


Judul : Asam Manis Cinta
Penulis : Blogger Energy
Tebal Hal. : 162 Halaman
Penerbit : Grasindo
Harga : Rp 40.000,-

Setiap orang pasti pernah ngerasain gimana rasanya jatuh cinta. Mulai dari cinta yang datang karena terbiasa, sampai cinta yang datang dengan terpaksa karena emang gak ada yang lain. Banyak kisah yang bisa diceritakan kalau udah ngomongin cinta. Seperti kisah cinta dari anak-anak Blogger Energy. Komunitas blogger personal yang anggotanya lebih sering ngabisin tisu toilet daripada sabun di kamar mandi gara-gara sering kepedesan berhadapan dengan yang namanya cinta. Nah loh, cinta ngeri juga ya ternyata. Semua itu karena cinta banyak rasa

Selaras dengan sinopsis yang tertuang di sampul belakang buku Asam Manis Cinta, setiap orang emang pasti pernah ngerasain yang namanya jatuh cinta (termasuk saya #ehm). Dan so pastinya lagi setiap orang juga memiliki kisah cintanya sendiri, ada yang manis kayak gula, ada yang pahit kayak daun paria, ada yang asin kayak garam, ada yang asam kayak cuka, dan ada yang pedes kayak cabai. Pokoknya cinta punya banyak rasa.

Ketika membaca dengan perlahan dan penuh penghayatan buku perdana BE saya seolah meneguk es jeruk yang rasanya merupakan kolaborasi antara asam dan manis, sehingga di lidah saya berasa banget sensasinya. Unik. Ah, bagaimana tidak unik, bila dalam satu buku terdapat 12 penulis yang menuangkan kisah cinta sesuai dengan ciri khasnya masing-masing. Ada yang pake gue, saya dan aku. Ada yang kisahnya kepanjangan tanpa jeda (saya bacanya sampai ngos-ngosan), ada kisah yang sedang-sedang saja, ada kisah yang sedikit dan itu bikin saya bener-bener gak puas neguknya, berasa masih haus. Ada pula kisah yang bikin saya gemes, adem-ayem, dan ngakak heboh. Hahaha

Meskipun sepahit dan sepedes apapun kisah yang di alami kesebelas penulis Asam Manis Cinta, (sengaja salah satu penulis-nya gak saya itung), saya tetap bisa enjoy menikmatinya tanpa perlu menguras air mata. Padahal semua kisah yang tertuang di Asam Manis Cinta berakhir tragis alias sad ending lho. No happy ending, semuaaa nyeseeekkk.sek.sekk bangeet tapi saat ngebacanya saya malah senyum-senyum sendiri, ketawa ngakak sampai mata saya berair.

Buku Asam Manis Cinta menayangkan 12 cerita cinta unyu yang dialami oleh keduabelas blogger personal keren, yang merupakan bagian dari komunitas Blogger Energy. Sebagai blogger personal, tentu mereka telah terbiasa curhat di blog masing-masing, baik menyangkut masalah publik hingga hal-hal privacy, seperti "masalah hati". Semua mereka tumpahkan di blog yang katanya sudah dianggap sebagai diary online.

Sedikit, kalau kita tengok ke belakang... dulu diary adalah sebuah buku yang sifatnya serba rahasia. Saking rahasianya, pada bagian luar diary disematkan gembok plus kunci biar aman. Tapi sekarang, menurut saya sih udah gak jaman kalee main rahasia-rahasiaan segala. Apa salahnya mengumbar perasaan? Setidaknya bila tidak ada orang lain yang mau memasang telinga sekedar mendengarkan curhat kita, maka menulis di blog adalah solusi terbaik untuk curhat sepuas-puasnya.

Berawal dari keseringan nulis di blog, siapa sangka tulisan yang isinya curhat-curhatan pun bisa menjelma ke dalam sebuah buku cantik. Saya salut sama keduabelas penulis AMC yang telah bersusah payah "melukai hati" dengan mengenang kembali kisah-kisah cinta mereka dimasa lampau. Lebih salutnya lagi kisah-kisah yang sebenarnya nyeseek banget itu mampu mereka curahkan dengan gaya bahasa yang kocak, gokil, dramatis sekaligus humoris. Yang seharusnya mewek jadi mewek unyu, yang tadinya pengen ikutan sedih jadi terpingkal. Yang mau nangis malah terbahak-bahak.

Asam Manis Cinta disuguhkan dengan cara yang berbeda, pantas saja ketika membacanya saya hanya menemukan rasa asam dan manis, sebab pahit, pedes, asin dan rasa lainnya sudah lebur bersama ke-absurd-an buku tersebut. Yeah! Namanya juga kisah cinta absurd. Anda akan menemukan kata-kata penuh absurd didalamnya, bahkan mungkin akan muncul pertanyaan di benak anda "ini kisahnya asli apa palsu?" Hmm... Begitulah keunikan dari Asam Manis Cinta.

Yuuuukk, saya ajakin kalian intipin sedikit isi Asam Manis Cinta

***

"Iya, gue nampar lo sebagai pelajaran pertama, cinta itu sakit dan perih jadi dari awal lo harus terbiasa, biar lo tangguh dan gak cengeng kedepannya. Gue pikir lo udah ngerti maksud gue itu, ternyata otak lo belum nyampe"

Kebayang gak, saat cowok teriak bilang sayang sama cewek gebetannya, eh jawaban si cewek bukannya ngangguk-ngangguk atau geleng-geleng kepala malah ngasih tamparan pedes. Aneh, kan. Dan lebih anehnya lagi.. tamparan itu ternyata pertanda si cewek telah menerima perasaan cowok tersebut.

Nah, kisah yang satu ini dialami oleh si pemilik blog Sandal Pedot dengan "Sepaket Cinta dari Linn". Saya benar-benar terkesima dan tercengang dengan penuturan Pedot tentang Linn yang telah mengajarinya cinta dengan cara yang unik. Setelah jadian pun, bukannya manggil beibh, atau sayang.. Linn malah manggil Pedot dengan panggilan kampret. Linn yang hadir tidak hanya sebagai pacar, tapi teman, saudara juga keluarga. Linn yang pandai mempertahankan hubungan mereka kala titik jenuh mulai menyerang dan Linn.. Linn yang menghadiahkan kado ter-supprise di hari ulang tahun Pedot. PUTUS.

Lho kok bisa?

"Tapi satu hal yang kurang dalam paket cinta dari Linn, dia lupa mengajari gue pelajaran terakhir yang sampai sekarang gak bisa gue pahami. Bagaimana caranya cinta memaafkan?"
Empat kali di tembak dengan orang yang sama, empat kali pula menolak, ujung-ujungnya malah jadian sama cowok yang rupanya teman dari cowok yang sudah empat kali ia tolak. Begitulah kisah yang dialami @meifariwis dengan "Cintaku di Ujung Angka 13"

Adalah Bintang cowok beruntung yang dipamerkan Mei sebagai pacar pada teman-temannya. Bintang yang baik tapi kadang nyebelin. Nyebelinnya karena sering ngomentarin tampilan fisik Mei. Saya juga kalau dikomentarin gitu pasti merasakan hal yang sama. Sebel. So sweetnya meski nyebelin ternyata komentar Bintang itu adalah salah satu bentuk perhatiannya pada Mei.

Asli saya ngakak pas baca bagian ini

... "sekarang akupun menyesal kenapa tidak dari dulu aku merawat wajahku sehingga tidak jerawatan seperti sekarang ini"... hahaha lucu *peace

Empat tahun Mei dan Bintang pacaran namun ujung-ujungnya hubungan mereka harus berbenturan dengan angka 13.

"Sesungguhnya jodoh hanya di tangan Tuhan, bukan ditentukan oleh angka 13"
Waaahh... Ada apa dengan angka 13? (Saya udah gak penasaran dengan angka 13, tapi saya penasaran dengan Bintang? Apakah Bintang itu lelaki yang kini sudah hidup bersama dengan kak Mei?)

Di PHP-in itu emang nyesek. Nyeseeekkk banget. Padahal si cowok udah nyatakan cinta, udah diterima pula ama ceweknya. Eh, keesokkan harinya si cewek malah ngebatalin jadiannya. Hahah. Duhhh kasiaan bangeeet tuh si cowok. (Tssst... kayaknya saya pernah ngelakuin hal yang sama). Konyolnya lagi (mungkin) alasan si cewek urung jadian ama si cowok ada hubungannya dengan insiden pulsa dua puluh lima ribu.

"Mungkin gue di mainin sama cewek, tapi entah kenapa rasanya gak nyesek-nyesek amat"
begitu sepenggal kata @Edotzherjunotz dalam "Kisah Kasih Kasihan"-nya sambik mewek unyu :-D

Lalu bagaimana ceritanya "Ketika Santri Gaul Jatuh Cinta"? Santri yang katanye selama mondok tidak pernah melihat makhluk bernama perempuan. Nah, kisah yang satu ini tentang @fauzhiee, si santri yang ngakunya sudah jomblo sejak lahir dan punya hobi aneh.. suka intipin orang pacaran. Maklum, namanya juga jomblo. Si santri juga ngakunya gak berani ngomong lama dengan cewek, apalagi kalau ketemuan pasti udah keringatan luar dalam. Dikiranya cewek monster kali yaaa, hahaha. Maka tak heran bila si santri tersebut lebih doyan pedekate lewat maya atau udara.

Berawal dari pertemuan santri(wan) dengan cewek yang juga santri(wati), bernama Nisa di facebook kemudian berlanjut telpon-telponan. Mulanya semua berjalan lancaarr-lancar saja, bahkan setelah santri menyatakan perasaannya pada Nisa sekalipun dia tahu si Nisa suka sama cowok yang tak lain adalah temannya, semua masih terkendali.

Sampai akhirnya si Santri ngajak ketemuan dengan Nisa. Hampir saja mereka ketemu, hampir lho... hampir.. kalau saja si Santri gak ngelakuin hal tolol kayak gini :-D

"Dengan pedenya gue bilang ke Nisa kalo suara dia jelek banget mirip kayak tapir kejepir pintu, tentu dengan bahasa jerman"
Cewek bernama Indri hadir tepat di moment-moment cowok berakun @terlahir_cupu bertengkar dengan pacarnya, dan PUTUS. Gimana rasanya? Yah.. pasti nyesek.. tapi di "Pe-Ha-Pe" juga gak kalah nyesek lho. Coba lebih nyesek mana? Setelah putus, si Cupu semakin dekat dengan Indri, bahkan mereka sudah saling nemuin kecocokan. Rasa nyesek yang dialami si Cupu pun cepat memudar sebab ada Indri yang telah mewarnai hari-harinya. Tapi... justru tepat di saat Cupu berhasil ngatain cinta datang si Rony yang di perkenalkan Indri sebagai pacarnya. Duuuhhh... itu rasanya nyesek.. nyeseeekk gimana gitu.

Bohong itu menyakitkan. Iya, menyakitkan sekali. Saya bisa sedikit merasakan yang dialami @yooghaS dalam kisah "Cinta Benar Salah"-nya. Hubungan yang mulai terasa menjenuhkan membuat Yoga dan Vani sepakat untuk BREAK alias putus baik-baik. Setelah putus Yoga tak terlalu galau karena dia yakin Vani masih sayang sama dia, dan suatu saat mereka akan balikan setelah keadaan sudah membaik. Waktu justru menguak fakta yang sebaliknya.

"Andai gue lebih memilih mengerjakan tugas daripada ketemu dia di minimarket, mungkin gue gak bakal jadian sama diam Andai dulu sewaktu gue pulang sekolah gue langsung tidur bukannya malah buka internet, mungkin gue nggak bakal pernah ngeliat akun Vani di Facebook. Dan andai waktu bisa di ulang, gue lebih memilih untuk tidak pernah mengenal Vani"
Diantara semua kisah yang ada, menurut saya kisah ini yang paling nyesekinnn tapi syukurnya gak sampai bikin saya mewek di atas genteng.

Eniwei, saya sebenarnya pengen kupas habis semua kisah yang ada di Asam Manis Cinta. Apa daya, jempol saya udah pegel-pegel nih minta segera di emut. So, enam kisah diatas sepertinya udah lebih dari cukup deh bikin kalian ketagihan dan tanpa pikir panjang untuk segera memilikinya. Itupun saya belum singgung kisah dari pemilik blog Ayam Sakit yang tulisannya lain dari pada yang lain. Kalau kesebelas blogger pada nulis kisah cinta mereka masing-masing eh si Ayam Sakit ini malah nulis "Hal Sepele Apa Aja Sih yang Bikin Orang Pacaran Berantem (P-U-T-U-S)". Ada pula kisah "My Pinky Boy" dari @eva_dino yang jadian sama cowok pecinta pink, juniornya di sekolah. Sekedar info saja, saya juga suka sama pinky boy lho tapi gak suka sama bronis a.k.a brondong manis. Ada pula kisah cinta @amii_potaboga dengan "Ten Minutes"-nya dibawah guyuran hujan bersama cowok tak dikenal yang tiba-tiba datang dan memayunginya dengan almamater. Argghhh so sweeetnya. Tidak ketinggalan "Penembakan Kelabu" seorang @nurulprayoga yang suka curhat tentang cewek gebetannya diblog. Terakhir ada "Dia" milik @efnumu yang punya kelebihan bisa melihat makhluk gaib. Hahaha... aslii cerita ini berhasil bikin saya terkekeh-kekeh.

Overall, keseluruhan kisah "Asam Manis Cinta", sungguh sangat menghibur saya, sekalipun hampir semua kisahnya berakhir nyesekk tapi itu sama sekali tidak menularkan efek galau. Apalagi kisah "Cuplis Bikin Miris". Nah, itu dia... kisah paling favorit saya di Asam Manis Cinta ... bukan kebetulan kisah itu saya baca pas tengah malam ditengah suanana yang begitu hening. Bayangin aja, saya ngakak sendiri sampai berlinang air mata. Perut saya benar-benar serasa di kocok. Huaahahahaha, pokoknya supeerrrrr lucu.cu.cu.

Beidewei, mengenai cover Asam Manis Cinta, saya gak akan berkomentar panjang lebar karena sejak awal saya udah jatuh cinta dengan tampilannya yang unyu-unyu cantik. Begitu menggoda. So, bagi yang belum punya bukunya. Buruaann yuukkk berburu di Gramedia atau Toko Buku terdekat Anda. Di jamin gak bakal nyesel^_^

Terakhir, Asam Manis Cinta merupakan buku special sekaligus menjadi buku pertama yang saya review di my blog tercinta ini. Kenapa special? Iya dong, pasalnya keduabelas penulis Asam Manis Cinta tersebut adalah saudara-saudara saya di komunitas Blogger Energy. Yup, saya termasuk salah satu gyerz dari BE dan saya begitu bangga akhirnya BE meluncurkan buku perdananya meskipun tidak ada nama saya disana. Dengan terwujudnya mimpi besar BE menerbitkan buku, saya merasa mimpi saya untuk memiliki buku solo pun semakin dekat. Insya Allah. Setidaknya, karena saya berteman dengan penulis tentu percikannya juga akan mengena pada saya. Semoga. Aamiin.



Sekian,
Salam Exchange Energy^_^

Galesong,
Di malam yang Sepi
posted from Bloggeroid

  • Share:

You Might Also Like

13 comments

  1. hai zhie, yang di bold cukup quotesnya ya..itu kenapa yang dibawah jadi tebel semua tulisannya..jadi susah dibaca....hahahaha

    iya, keren banget...aku juga udah beli dan bkin review...
    btw, long time no see ya zhie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohhh ia kak.. maunya juga gitu... quotesnya aja yang mau saya bold-in eh pas uptade malah banyak yg ikut ter-bold.. mklum cuma posting lewat hape... agak ribet ngaturnya... jd saya sengaja biarin gt nanti klu ol lewat notbuk br deh sy edit

      Delete
  2. haha sibuk di Instagram kali...wkwkw

    Haha ia gue juga udah ngebaca semua kisah cinta kedua belas teman BE ini... ia sama gue termasuk org yg beruntung bisa bergabung di BE sebelum BE nerbitin buku..
    Bangga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha palli tau aja saya sering nongol di IG wkwkwkw... iyaa.. kita sama sama beruntung *tosss dulu dong hehe

      Delete
  3. bermula dari curhat di blog, lama2 jadi nerbitin buku,
    memang bener kalo sukses memang diawali dari hal2 kecil dulu :D

    tapi kok sampai skrg aku blm ketemu sama nih buku -__-

    ReplyDelete
  4. Super lengkap Zhie ulasannya, aku juga jadi ngakak pas baca part-nya aku, hahahhaa seandainya yaaa wajahku gak jerawatan karena aku rajin merawatnya? hhaha akh sudahlah

    apakah Bintang tersebut suamiku? ayeeeee rahasia dong xixixixii

    tapi cerita teman-teman yang lain tak kalah menariknya kan ya Zhie, ayoo yg belum punya ASAM MANIS CINTA buruan beliii

    ReplyDelete
  5. lengkap banget nih ulasannya.

    pokoknya besok, dengan niat dan tekad yang bulat, besok aku harus dapet buku ini. aku udah capek di PHP-in mbak-mbak penjaga toko gara-gara stock kosong mulu T_T

    ReplyDelete
  6. wahh gue juga suka Pinky Boy loh *eh salah salah, Cut Cut :3

    keren mbak :3 gue enggak sabar mau beli bukunya
    -_- sayangnya di tempat gue jauh dari Gramed bahkan ga ada toko buku -_-
    gue mesti ke kota dulu biar bisa beli buku AMC T.T

    ReplyDelete
  7. Reviewnya bagus dan lengkap. Jadi bikin tambah penasaran untuk baca. Semoga aku ada rezeki berlebih lagi untuk borong buku. Dari nulis resensi. Aamiin.
    Sekadar masukan, coba perhatikan panduan dasar menulis berupa penguasaan EYD. Masih banyak kelemahan mendasar di sini. Penggunaan kata depan dan imbuhan yang tertukar.
    Semoga kian semangat menulis dan belajar. Ditunggu karya ciamik lainnya. Salam kenal dari sesama BE. Baru gabung akunya. :)

    ReplyDelete
  8. keren.... lengkap review nya, apa gak pegel nulis sebanyak itu :D


    besok beli kalau ada uang :D

    ReplyDelete
  9. Aduh, kapan ya aku punya bukunya :( Rencananya awal bulan ini tuh mau beli buku ituuu, tapi uangnya malah kepake buat yg lain. Haah~ Penasaran banget padahal X(

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa menginspirasi.