Kartu Prabayar Hangus, Bisa Aktif Kembali?


Pixabay
                
Baru tanggal 18 November lalu saya menyadari kartu telkomsel yang telah saya gunakan semenjak tahun 2011 hingga tahun 2017 (baca : kartu pribadi) ini sudah tidak bisa diisi pulsa. Cek pulsa pun juga tidak bisa. 


Kok bisa ya padahal kalau sesuai dengan sms notif dari telkomsel yang dikirim enam hari sebelumnya, masa aktif kartu saya baru akan berakhir di tanggal 19 November.

Alamaak. Pas saya cek kembali, sms notif tersebut ternyata ditujukan untuk kartu telkomsel khusus internetan (baca : kartu internet) yang saya masukkan di simcard 2, bukan ditujukan untuk kartu pribadi saya yang ada di simcard 1.

Begitulah efeknya kalau punya banyak kartu.

Eh tapi wajar sih, orang zaman sekarang punya banyak kartu, wong hapenya saja ada yang lebih dari satu. Atau cuma punya satu hape tapi hapenya pintar, bisa digunakan untuk dua kartu. Umumnya fasilitas yang disediakan smartphone kan gitu. Duo sim card, bahkan ada yang lebih.

Nah, karena smartphone saya memiliki fasilitas duo sim card, jadilah saya gunakan dua kartu yang saya bedakan menjadi dua kategori, kartu pribadi dan kartu internet. 

Kartu pribadi inilah yang tidak pernah saya ganti selama enam tahun terakhir. Nomornya sudah tersebar ke keluarga, teman, kerabat, kenalan, dll. Nomor itu pula yang saya sematkan setiap mengisi formulir atau menginput data yang menyediakan kolom untuk mengisi info kontak. 

Setiap belanja online pun saya selalu menyertakan nomor pribadi saya di sana. Bahkan akun aplikasi chatting seperti whatsapp, telegram and line pun terhubung dengan nomor tersebut. 

Sebaliknya, kartu internet yang saya gunakan tidak saya sebarkan kemana-mana karena memang nomor itu saya khususkan hanya untuk mengakses internet saja dalan jangka waktu perbulan atau per duabulan sesuai masa aktifnya. 

Yah, saya lebih sering membeli kartu internet  alias kartu prabayar yang langsung tersedia dengan paket data dengan kapasitas besar dan harga yang berkali lipat lebih murah ketimbang beli paket data di *363# atau pulsa data di penjual pulsa. 

Setelah paket datanya habis, saya akan berganti lagi dengan kartu internet yang lain, begitu seterusnya.

Namun tentu saja kebiasaan gonta ganti kartu internet ini tidak bisa lagi saya lakukan mulai akhir Februari mendatang disebabkan adanya  peraturan dari KOMINFO yang mewajibkan setiap pelanggan jasa telekomunikasi untuk melakukan registrasi ulang dengan identitas yang bisa dipertanggungjawabkan, yakni registrasi dengan menggunakan nomor KK dan NIK. 

Jumlah nomor yang bisa di-registrasi oleh pelanggan yang bersangkutan pun maksimal hanya tiga nomor untuk setiap NIK. Kalau memiliki lebih dari tiga nomor maka nomor ke empat, lima dan seterusnya harus diregistrasi melalui gerai penyedia jasa telekomunikasi. Hmm, agak ribet kan?

Artinya, ke depannya, saya harus setia dengan satu atau dua nomor kartu prabayar saja. Tadinya saya memang sudah berencana mendaftarkan dua nomor kartu prabayar, satu nomor pribadi, satunya lagi nomor khusus internet setelah Kartu Keluarga (KK saya dan suami) selesai diurus. 

Sayangnya, kartu KK kami belum sempat diurus eh nomor pribadi saya keburu hangus duluan.

Kenapa nomor kartu prabayar bisa hangus?

Dulu, waktu masih menggunakan smartphone dengan satu sim, saya tidak punya kartu khusus internet, kartu pribadilah yang saya gunakan juga sebagai kartu internetan. 

Alhasil, tiap bulan saya tidak lupa dong untuk isi pulsa. Apalagi semenjak ketagihan buka medsks, saya rajin isi pulsa untuk beli paket data di *363# bahkan bisa sampai lebih dari satu kali tiap bulannya. 

Bila menengok lebih jauh lagi, ke zaman sms dan telpon masih menjadi andalan komunikasi jarak jauh, pulsa di kartu prabayar saya nyaris tidak pernah menunjukkan angka 0 Rp.

But now? Sudah banyak aplikasi media sosial yang sangat menunjang komunikasi jarak jauh. Sebut saja, WhatsApp (WA), bisa digunakan untuk berkirim pesan tanpa batasan karakter, mau kirim gambar atau suara pun jadi. 

Bahkan lewat WA kita bisa melakukan panggilan suara (telepon) mau pun video call dengan tidak terlalu memakan banyak biaya. Belum ditambah dengan media sosial lainnya dengan fitur dan keunggulan masing-masing. 

Intinya, sangat mudah menjalin komunikasi jarak jauh di era medsos ini. Sehingga tanpa sms atau telepon via udara pun kita bisa tetap terhubung dan berkomunikasi dengan siapa saja selagi punya telpon yang dapat mengakses internet dan ada paket data.

Nah, ini masalahnya. Satu-satunya jawaban kenapa kartu prabayar bisa hangus adalah karena tidak diisi nutrisi. Nutrisinya kartu adalah pulsa. Dan ya harus saya akui, saya lalai, saya teledor, saya gegabah di sini. Kartu pribadi saya hangus karena kesalahan saya sendiri yang abai terhadap nutrisinya.

Saya lupa kapan terakhir kali kartu pribadi saya itu diisikan pulsa. Kalau pun saya isi hanya dengan nominal pulsa lima ribu saja karena saya memang jarang  bahkan beberapa bulan terakhir ini nyaris tidak pernah mengirim sms atau melakukan panggilan. Seringnya sih saya yang menerima panggilan masuk atau kalau menelpon, saya biasanya pinjam hape suami. 

Teman-teman saya kalau ada keperluan juga lebih suka mengirim pesan via WA atau media sosial lainnya begitu pun dengan saya.

Oh ya, setahu saya, semakin banyak nominal pulsa yang diisi, masa aktifnya juga akan semakin panjang. Ini untuk provider telkomsel entahlah provider lain. Otomatis karena saya isi pulsanya dengan nominal yang sedikit masa aktif kartu pribadi saya juga pendek.

Sebelumnya sudah beberapa kali  kartu saya itu memasuki masa tenggang namun masih bisa selamat dari hangus karena saya segera mengisikan pulsa namun baru kali ini saya benar-benar luput. :'( 

Biasanya sih kalau sudah memasuki masa tenggang gitu ada pemberitahuan, tetapi baru kali ini juga saya nggak 'lihat' ada sms pengingat dari telkomsel di kotak pesan masuk saya.

Saya nggak mungkin sepanik dan sesedih ini bila yang hangus itu kartu internet saya. Toh, saya sudah sering gonta-ganti kartu cadangan.

Masalahnya yang hangus ini adalah nomor kartu pribadi saya. Kartu kesayangan yang sangat berkesan dan menyimpan banyak kenangan. Nilai historinya itu lho yang bikin saya berat banget merelakan kartu tersebut hangus begitu saja. 

Apalagi nomor AS saya yang hangus itu tergolong  cantik dan gampang dihapal. Saya bahkan lebih dulu menghapal nomornya sebelum membeli kartunya. 

Meski bukan termasuk nomor cantik yang kerap dijual dengan harga mahal karena saat membelinya saya hanya menukar dengan uang lima ribu rupiah. 

Saya pun sungguh tidak berniat menggantinya dengan nomor lain, mengingat keluarga, teman, kerabat, kenalan, dll yang telah menyimpan nomor itu di kontak smartphonenya masing-masing dapat dengan mudah terhubung dengan saya di aplikasi unik terutama WA.

Apa yang bisa dilakukan agar kartu yang hangus bisa aktif kembali?

Reaktivasi. Itu jawaban yang saya dapatkan setelah googling. Beberapa orang yang mengalami nasib kartu sama dengan saya berinisiatif untuk segera menghubungi customer service. 

Oleh teman yang pernah bekerja di grapari telkomsel juga menyarankan saya untuk menghubungi customer service di 188, tapi karena pulsa saya lagi nihil sementara untuk menghubungi si cs minimal saya harus punya saldo pulsa 300 rupiah, so saya memutuskan akan mendatangi grapari agar kartu saya yang hangus bisa langsung ditangani.

Walau kartu saya itu sudah hangus alias tidak bisa diisikan pulsa begitu pun dengan melakukan cek pulsa, namun jaringannya masih kuat, masih bisa menerima panggilan, melakukan call me di *808# dan cek layanan lain (kecuali cek pulsa) jadi saya optimis dan penuh harap kartu pribadi saya dapat diaktifkan kembali. Semoga saja.

Senin, 27 November 2017. Saya baru sempat mengunjungi grapari telkomsel Makassar yang terletak di jalan A. Pettarani. Ditemani suami, saya masuk ke gedung grapari tersebut dengan membawa harapan yang menjulang. .

Namun setelah bertemu dengan mbak customer service-nya hati saya seketika menciut, harapan saya musnah sudah mendengar penjelasan singkat dari mbaknya yang mengatakan bahwa nomor saya sudah tidak bisa diapa-apakan lagi. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan menggantinya dengan nomor baru. Begitu saran si mbak cs yang saya tanggapi dengan senyum datar.

Langkah saya gontai keluar dari gedung grapari tidak sesemangat saat memasukinya. Suami yang berjalan di samping saya berusaha menghibur.

"In syaa Allah, kalau ada rejeki nanti saya belikan ki nomor yang cantik, nah" ujar suami dengan logat Makassar. Saya menggeleng dan memaksakan diri untuk tersenyum. Pahit.
Duh, gimana menjelaskannya ya, ini bukan persoalan nomor cantik, ini tentang nomor yang banyak angka sembilannya ditambah dua angka terakhirnya menunjukkan tahun kelahiran saya, nomor yang telah membersamai saya bertahun-tahun. Saya hanya merasa masih berat melepaskannya.

Well, untuk mengalihkan perhatian saya dari kartu kesayangan yang hangus, beranjak dari grapari suami ngajak saya jalan-jalan dulu, hehe. 

Pertama, kami singgah sejenak menyeruput es kelapa muda di pinggir jalan pettarani tak jauh dari grapari telkomsel, kemudian ke Mall Panakukang buat cuci mata nonton di bioskop 21-nya. 

Film Justice League yang kami tonton lumayan seru dan cukup menghibur. Selanjutnya, kami singgah makan siang di rumah makan yang tak jauh dari bioskop. Lalu sebelum pulang kami menyempatkan diri ke gramedia. 

Cerita detailnya saya skip saja ya, satu hal yang pasti, hati saya bertambah klepek-klepek dengan cara suami menghibur saya, perlakuannya itu lhomaa syaa Allah aya jadih lupa dengan kartu saya yang tidak bisa di-reaktivasi, hihi.

Sayangnya sesampai di kosan kami, harapan agar kartu saya bisa aktif kembali muncul lagi. Kalau GraPARI tidak bisa membantu, barangkali eyang google bisa membantu menemukan solusi  lain. Begitu bersitan yang sekonyong-konyong muncul di benak saya.

Ternyata benar, saat googling  saya ketemu dengan link yang membawa saya ke akun telkomsel di Twitter, namun sebelumnya saya sempat terdampar di dua blog ini. 

Menurut pemilik blog yang ini, berdasarkan pengalamannya, kartu sim yang non aktif nggak perlu buru-buru dibuang, karena masih bisa dilakukan reaktivasi. 

Dan yah, nomor si pemilik blog yang hangus itu bisa di-reaktivasi dan akhirnya berhasil aktif kembali (dengan ketentuan tertentu) namun nomor yang dimaksud khusus untuk XL. 

Nomor saya kan telkomsel, bukan XL jadi nggak berlaku dong. Sementara menurut pemilik blog yang satu ini, kartu sim yang hangus ternyata bisa aktif kembali setelah memenuhi syarat tertentu. 

Kasusnya mirip dengan saya sih, simcardnya yang hangus juga telkomse, tetapi penjelasan yang dia dapat dari cs telkomsel agak berbeda dengan penjelasan yang saya dapatkan dari cs grapari yang saya kunjungi. 

Penjelasan yang saya terima, singkat, padat dan jelas. Intinya kartu telkomsel yang sudah melewati masa tenggang bahkan masa reaktivasi sudah tidak dapat diaktifkan kembali sementara penjelasan tambahan yang dia terima, kartu yang telah melewati masa tenggang masih bisa diaktifkan asalkan dilapor ke petugas sebelum lewat 30 hari dari masa tenggang atau beralih ke kartu telkomsel pascabayar yakni kartu HALO namun layanan yang satu ini hanya berlaku untuk kartu simPATI

Masalahnya kartu telkomsel saya yang dinyatakan hangus bukan simPATI dan saya juga nggak tahu persis lamanya waktu yang telah dilewati oleh kartu tersebut dari masa tenggang. 

Yoweslah, agar lebih meyakinkan, karena jawaban si mbak cs di GraPARI belum memuaskan sehingga saya mengambil inisiatif sendiri untuk menceritakan (kembali) kondisi naas kartu saya  ke admin telkomsel via akun twitter dan ini dia tanggapannya

Jawaban telkomsel terkait kartu hangus

FYI, tanggapan dari pihak telkomsel lewat akun twitter ini sangat cepat. Saya tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan balasannya.



Dan jawaban saya terima kali ini membuat saya lebih lega dan lebih bisa melapangkan dada menerima kenyataan pahit bahwa nomor pribadi saya 085399090*** sudah tidak terdaftar dalam sistem dan tidak bisa diaktifkan kembali😢 Saya malah disarankan untuk berlangganan kartu telkomsel yang baru. Aih, bagaimana  bisa saya berpaling dengan cepat ke nomor yang lain?

Namun apa boleh buat. Inilah risiko yang harus saya terima akibat dari keteledoran sendiri. Semoga di lain waktu, saya tidak melakukan keteledoran yang sama lagi.

Yuk, jangan lupa isi pulsa sebelum nomor kamu hangus. Agar lebih praktis dan kekinian, kamu bisa cek masa aktif secara berkala lewat layanan Tanya Veronika Asisten Virtual.

#Update terbaru

Ternyata kartu prabayar saya yang sudah hangus ini, aktif kembali lho, Gaes.

Silakan baca ulasannya pada link di bawah.

Ternyata Kartu Prabayar yang yang Terlanjur Hangus Bisa Aktif Kembali Lho, Gaes



25 komentar untuk "Kartu Prabayar Hangus, Bisa Aktif Kembali?"

Comment Author Avatar
Yah, berarti nomer saya senasib dong sama mbak siska?
aku juga AS dan udah lama banget kartunya sepertinya mati huhu :(
Yah, berarti keputusannya bener banget harus ganti ke nomor baru :(
Comment Author Avatar
Iya Kak mau gak mau harus ganti nomor.
Comment Author Avatar
Kalo hangus masih bisa nerima sms gak kak?
Comment Author Avatar
Gak bisa karna gak ada sinyal
Comment Author Avatar
Iya kalau terlanjur hangus gak bisa lagi terima telpon kecuali kalau masih dalam masa tenggang.
Comment Author Avatar
Saya juga mengalami pada pagi ini dan saya cari tau sana sini mengenai pengaftifan lagi kartu yg hangus. Tapi no saya Axis dan alhamdulillah dapet balesan dr CS axis di twitter bisa diaktfin lagi di XL center. Tapi sebelmnya saya juga menemukan yg telkomsel dan bisa diaktifin lagi no nya dengan syarat pindah ke kartu halo tapi dengan no yg sama bukan bikin no yg baru lagi.
Comment Author Avatar
Wah saya baru tahu nih bisa diaktifkan lagi tapi harus pindah ke kartu halo gitu.
Comment Author Avatar
Saya mengalami nasib yg sama, kartu As saya baru hangus sehari kenapa tidak bisa migrasi ke kartu hallo dengan Nomor yg sama? Katanya bisa tapi CS Grapari TELKOMSEL bilang sudah tidak bisa,saya cukup sedih dan sempat nangis,
Comment Author Avatar
Mungkin gak bisanya karena nomor yang sama dan terlanjur hangus itu udah diaktifkan kembali. Jadi pelajaran ya kak, harus ingat untuk isi pulsa untuk memperpanjang masa aktif nomor yang kita gunakan.
Comment Author Avatar
Saya mengalami nasib yg sama, kartu As saya baru hangus sehari kenapa tidak bisa migrasi ke kartu hallo dengan Nomor yg sama? Katanya bisa tapi CS Grapari TELKOMSEL bilang sudah tidak bisa,saya cukup sedih dan sempat nangis,
Comment Author Avatar
Anonim 20:54
Maaf mau tanya, Kalo terlanjur hangus nik nya ikut hangus ga si??? Atau tetep terdaftar dikartu itu niknya? Terimakasih
Comment Author Avatar
Duh nasibku juga sama Oktober 2018, Nomer cantikku 08xx 8171 7676 lupa ngisi pulsa begitu ngisi pulsa mau tilpun jawabnya "MASA BERLAKU TELAH HABIS" . setelah baca ulasan di atas , mau ke kantor grapari pusat , jadi mikir2 lagi......
Kira2 apa masih bisa diselematkan yaaahh...> kalo harus ganti No. perdana ??? Nyesexx! soalnya sudah hak patent untuk bisnis online ( nasibnya punya lebih dari 1 nomor hp )
Comment Author Avatar
Duh nasibku juga sama Oktober 2018, Nomer cantikku 08xx 8171 7676 lupa ngisi pulsa begitu ngisi pulsa mau tilpun jawabnya "MASA BERLAKU TELAH HABIS" . setelah baca ulasan di atas , mau ke kantor grapari pusat , jadi mikir2 lagi......
Kira2 apa masih bisa diselematkan yaaahh...> kalo harus ganti No. perdana ??? Nyesexx! soalnya sudah hak patent untuk bisnis online ( nasibnya punya lebih dari 1 nomor hp ) https://batik76online.blogspot.com
Comment Author Avatar
Anonim 01:57
Saya juga ngalamin Hal sama, hanya saja saya pakai im3,,saya datang ke gerai indosat terus saya ceritain masalahnya Dan hasilnya kartu saya Sudah benar benar tidak aktif per awal Okt ini. Satu satunya Cara harus Di buat jadi pascabayar Dan setelah minimal 6 Bulan bisa Di usulkan menjadi prabayar lagi begitu info Dari CSnya..
Comment Author Avatar
Beneran bisa aktif lagi mas? Tadi saya ke GraPARI untuk mengurus SIM card saya kok tidak bisa ya mas? Padahal hanya lewat 2hari dari masa tenggang. Jika bisa pun harus diganti menjadi kartu pascabayar (kartu halo)
Comment Author Avatar
Yah nasib mesti ganti kartu halo inimah. Per hari ini kartu simpatiku hangus hiks hiks
Comment Author Avatar
wah jadi inget kartu indosat saya kak, udah mati kartu nya karena masa tenggang sudah berakhir gara gara nggak diisi pulsa, akhir nya saya biarin dah, padahal sangat disayangkan juga karena nomor tersebut sudah saya pakai selama kurang lebih 10 tahun, :D
sekarang saya pakai telkomsel :D
Comment Author Avatar
Berdasarkan pengalaman saya, kartu yang terlanjur hangus tidak bisa diaktifkan kembali. Tapi tidak menutup kemungkinan ke depannya telkomsel akan mengeluarkan kartu baru dengan nomor yang sudah hangus/kadaluwarsa itu, seperti yang saya sudah saya alami.
Comment Author Avatar
Mksdnya kartu mbak yg hangus itu aktif kembali d pakai mbak sendiri atau d terbitkan lg dan pakai org lain?
Comment Author Avatar
Diterbitkan lagi dan dipakai orang lain
Comment Author Avatar
Iya mba saya juga pernah mengalami hal yang sama. Dan memang sulit kasus waktu itu kartu warna merah
asri
Comment Author Avatar
Kmarin aku sulit aktif kembali klo kartu yang terlanjur hangus tidak bisa diaktifkan kembali
Comment Author Avatar
Kartu sayanmiirp sekali cerita ini tolong saya kaka bgaimna caranya untuk mengembalikannya
Comment Author Avatar
Kartu saya jug bngi kkk tolong
Comment Author Avatar
silahkan kunjungi situs yang akan memandu kalian untuk mengetahui cara bermain live game yang baik dan benar, anda juga akan mendapatkan panduan bermain dengan benar. disini kalian akan diajarkan cara bermain permainan Roulette, Sicbo, 24D Spin, Baccarat, 3D SHIO, Dragon Tiger dan live game lainnya. semua panduan cara bermain bisa kalian pelajari di Cara Bermain Live Game IDN LIVE

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.