60 Tahun Perjalanan Astra Menebar Inspirasi untuk Indonesia

By Siska Dwyta - 04:59

Perjalanan 60 tahun bukan perjalanan yang singkat. Suka-duka, jatuh-bangun, lika-liku telah mewarnai perjalanan Astra. Perusahaan yang berawal dari sebuah perdagangan umum yang didirikan oleh kakak beradik William Soerdjadjaya dan Tjia Kian Tie pada tahun 1957 dengan nama PT Astra International Inc, yang kemudian berganti nama menjadi PT Astra International Tbk pada tahun 1990 ini telah menjelma menjadi raksasa bisnis dan termasuk salah satu  kelompok usaha terbesar di Indonesia. Astra yang semula hanya sebuah perusahaan dagang dengan sedikit karyawan yang beroperasi di sebuah kantor kecil  di Jakarta kini telah telah berkembang pesat dengan mengendalikan 202 anak perusahaan, ventura bersama dan entitas asosiasi dengan didukung oleh lebih dari 218.773 karyawan dan berhasil meraih net profit menyentuh angka 15,6 trilyun pada tahun 2016 lalu.

Per Aspera ad Astra
“Berjuang dan menembus segala tantangan untuk mencapai bintang”
(Moto Astra)

Perjalanan Astra mencapai bintang memang bukan perjalanan yang mudah dan lurus, banyak kelokan, kerikil tajam, dan aral yang melintang. Butuh perjuangan yang keras dan pantang menyerah untuk menembus segala tantangan tersebut. Namun bukan hal yang mustahil mewujudkannya. Astra berani bertindak nyata sesuai motonya. Dilandasi oleh filososfi Catur Dharma dengan cita-cita hidup sejahterah bersama bangsa, Astra telah berusaha menginspirasi Indonesia lewat produk dan layanan yang berkualitas, sumber daya manusia yang unggul serta konstribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara selama enam dekade ini. Bahkan sejak tahun 2011, Astra telah menerapkan tujuan jangka panjang, goal 2020 yaitu Pride of the Nation, menjadi identitas yang membanggakan negeri.

Demi mencapai tujuan tersebut, Astra fokus bergerak di tiga bidang, yakni produk dan layanan, Sumber Daya Manusia dan Kontribusi Sosial dengan menjalankan Strategic Triple-P Roadmap yang mencakup Portofolio Roadmap, People Roadmap dan Public Contribution Roadmap. Ketiganya dijalankan dengan harapan agar PT Astra Internasional, Tbk senantiasa tumbuh berimbang untuk memberi manfaat yang menginspirasi negeri.
  
             PRODUK DAN LAYANAN

Jika berbicara tentang Astra sebagian besar masyarakat awam mungkin lebih mengenal perusahaan tersebut dengan produk dan layanan tertentu. Terutama sebagai perusahan yang bergerak di bidang otomotif. Mengingat nama Astra memang telah melekat pada kendaraan sepeda motor Honda maupun mobil seperti Toyota dan Daihatsu yang telah didistribusinya sejak lama, sehingga wajar bila masyarakat mengidentikkan Astra dengan produk dan layanan tersebut. Padahal yang sebenarnya Astra adalah perusahaan besar yang di usianya yang ke 60 tahun ini telah memiliki lebih dari 200 anak perusahaan dan mempekerjakan lebih dari 200.000 karyawan. 

Selain motor dan mobil, sadar atau tanpa disadari, masyarakat Indonesia selama ini telah menggunakan jalanan tol, printer, hingga layanan pembiayaan, perbankan  dan asuransi yang ternyata berasal dari perusahaan Astra. Pelaku bisnis yang bermitra dengan Astra pun sering memanfaatkan berbagai kendaraan komersial, alat berat, layanan logistik, sistem teknologi informasi dan jasa pertambangan dari perusahaan tersebut. Bahkan produk yang dihasilkan Astra, seperti minyak sawit, batu bara dan kendaraan bermotor juga terus diekspor sebagai bentuk konstribusi Astra dalam menyumbangkan devisa bagi negara.

Sepanjang perjalanannya, Astra memang senantiasa melakukan inovasi yang bermutu dan mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis berbasis sinergi dan terdiversikasi pada tujuh segmen usaha, yaitu :

Dalam menginspirasi masyarakat lewat produk dan layanan, Astra berpedoman pada filosofi Catur Dharma butir kedua, yakni memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Bagi Astra, pelanggan adalah pemangku kepentingan utama. Konsumenlah yang berada dibalik eksistensinya. Oleh sebab itu, memberikan produk dan layanan yang terbaik adalah salah satu fokus Astra dalam menjalankan bisnisnya. 

Salah satu pelayanan terbaik yang diberikan Astra adalah dengan menjalin komunikasi yang transparan dengan pelanggan. Astra membuka jalur komunikasi seluas-luasnya bagi para pelanggan melalui layanan customer service di gerai-gerai Grup Astra, telepon hotline service dan email di situs perusahaan. Alhasil, di penghujung tahun 2016, seluruh keluhan yang diterima Astra telah ditangani dan diselesaikan dengan baik dalam waktu yang bervariasi, paling cepat dalam jangka waktu sehari dan selambat-lambatnya satu pekan setelah keluhan pelanggan diterima. Pelayanan Astra di tahun 2017 ini  tentunya harus bisa lebih meningkat dari tahun sebelumnya.


Selain itu, untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tidak terlepas dari integrasi para pemasok yang menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan. Sebab pemasok merupakan bagian dari rantai bisnis yang ikut berperan dalam keberlanjutan bisnis yang dijalankan Astra. Maka, dalam kebijakan pembelian barang dan jasa, Astra mengelola pemasok dengan baik melalui proses seleksi dan evaluasi pemasok. Tujuannya, sebagaimana yang tertera dalam Laporan Keberlanjutan tahun 2016 adalah untuk melindungi kepentingan bisnis Astra dan hak-hak mitra kerja dengan menjunjung prinsip  equal treatment  dan  transparansi sehingga hasil seleksi dapat  dipertanggungjawabkan serta mitra kerja yang terpilih mempunyai reputasi dan rekam jejak  yang baik selaras dengan etika bisnis Astra.

INSAN ASTRA

“Human resources supports Astra’s strategy as a whole and creates a harmony within Astra families in a long-term period of time”

Astra menyadari bahwa  Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama yang memegang peran penting bagi pencapaian kinerja yang baik secara berkelanjutan. Tujuan Pride The Nation Astra di tahun 2020 tidak mungkin tercapai tanpa dukungan SDM yang unggul. Oleh sebab itu, Astra memprioritaskan pola pengelolaan dan pengembangan SDM sebagai bagian dari strategi bisnisnya melalui pilar People Roadmap dengan maksud agar SDM dapat mendukung strategi Astra secara menyeluruh dan menciptakan keharmonisan dalam keluarga Astra dalam jangka panjang.

Pola pengelolaan Astra terhadap SDM yang unggul dimulai dengan merekrut karyawan terbaik sesuai standar korporasi dengan kriteria 2C yakni, competence (kompetensi) dan character (karakter) yang sejalan dengan filosofi Catur Dharma. Selain merekrut karyawan terbaik, Astra juga merekrut calon-calon pemimpin masa depan yang diikutsertakan dalam program persiapan dan pengembangan khusus seperti Astra General Management Trainee, Human Capital Trainee, Legal Trainee, Internal Audit Trainee, Corporate Communication Trainee dan program-program fungsional lainnya. Termasuk dalam peningkatan engengament.

Salah satu strategi utama Astra yang berkaitan dengan pengelolaan karyawan atau engengament adalah meningkatkan keterikatan karyawan. Dengan memiliki karyawan dengan keterikatan yang tinggi, baik Astra maupun karyawan akan mampu mencapai tujuan bersama. Agar terciptanya iklim kerja yang nyaman bagi seluruh karyawan yang tentunya akan berpengaruh dalam menghasilkan karya terbaik untuk perusahaan sehingga Astra turut menyelenggarakan program khusus mengenai keterikatan karyawan. Program tersebut antara lain Employe Value Proposition Project, Astra Mencari Bakat dan Partnership Expedition.

Komitmen Astra untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM juga diapplikasikan melalui pelaksanaan program pengembangan kompetensi. Astra memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan untuk mengembangkan kompetensi dan karir mereka dalam rangka membangun bisnis yang berkesinambungan. Program tersebut antara lain ;
  • Astra Leadership Development Program ini terdiri atas Astra Basic Management Program (ABMP), Astra First-line Management Program (AFMP), Astra Middle Management Program (AMMP), Astra Senior Management Program (ASrMP), Astra General Management Program (AGMP), Astra Executive Program (AEP) dan Astra Advanced Executive Program.
  • Expert Management and Development 
  • Industrial Relation Update
  • Pelatihan Kompetensi Fungsional yang meliputi, Human Resource, Human Resources Officer Development, HC Technical, Pelatihan di bidang LK3 dan CSR yang terdiri atas pelatihan untuk pelaksana fungsi LK3 dan CSR seperti: Ahli K3 Umum, Astra Green Company, Astra Friendly Company, Proper, Incident Investigator, Perencanaan dan Pelaksanaan CSR, dan lain-lain. 
Selain program-program yang disebutkan di atas, masih banyak program lainnya yang dilaksanakan Astra secara berkesinambungan dalam rangka menghadirkan insan-insan Astra yang unggul dan terdepan, termasuk program yang berkaitan dengan hubungan industri, kesempatan kesetaraan dan kesejahteraan karyawan pun tidak luput dari perhatian Astra.  Tak ketinggalan, Astra juga menyelenggarakan program InnovAstra yang merupakan ajang tahunan dalam menampilkan dan menghargai kemampuan seluruh insan astra di negeri ini.

Dalam mengelola dan mengembangkan SDM, Astra senantiasa berusaha mencapai yang terbaik. Hal ini sesuai dengan filosofi Catur Dharma butir keempat. Untuk mencapai segala yang terbaik, tentunya Astra harus senantiasa melakukan inovasi-inovasi dalam menjalankan bisnisnya. 

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dalam Ajang InnovAstra bulan Maret lalu mengatakan ;

Tidak ada bisnis yang mampu bertahan lama tanpa melakukan Inovasi. Inovasi menjadi kunci utama agar bisnis dapat terus berkembang secara berkelanjutan dan mendapatkan pangsa pasar baru. Tanpa inovasi yang baik sebuah perusahaan tidak akan selamanya berada di atas. Inovasi adalah harga mati yang tidak bisa ditawar. Jika tidak melakukannya, perusahaan akan hilang dan hanya tinggal nama. Oleh sebab itu sejak tahun 1980 hingga saat ini. Astra telah melaksanakan sebuah kompetisi InnovAstra yang merupakan wujud apresiasi bagi para inovator di Grup Astra.
  
Pada tahun 2017 ini, InnovAstra mengangkat tema “Building Up Our Natural Capabilities” yang turut dimeriahkan pula dengan adanya seminar InnovNation. Seminar tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar Astra dapat berbagi pengetahuan dan best practice yang telah dilakukan perusahaannya kepada masyarakat secara luas, seperti akademisi, pelaku bisnis dan komunitas tentang bagaimana cara mengembangkan kompetensi untuk menjadikan perusahaan unggul serta memiliki kualitas kelas dunia.

Ada lima kategori yang dilombakan dalam ajang InnovAstra setiap tahunnya, yaitu Suggestion System (SS), Quality Control Circle (QCC), Quality Control Project (QCP), Business Performance Improvement (BPI), dan Value Chain Innovation (VCI). Hingga tahun 2016, t
otal proyek yang dihasilkan dari lima kategori di atas mencapai 698.756 proyek. Sementara itu, jumlah total proyek dari seluruh kategori sejak awal pelaksanaan, yaitu dari 1980 hingga 2017 adalah 7.390.385 proyek.


Sebuah ajang inovasi yang sungguh mengagumkan dan tentunya sangat menginspirasi negeri ini. Tak heran bila Astra berhasil meraih predikat The Best Company di tahun 2016, sebuah penghargan yang diberikan hanya kepada satu perusahaan dari setiap negara oleh Majalah Finance Asia.



KONSTRIBUSI SOSIAL 


Perjalanan Astra dalam menginspirasi negeri tidak hanya dengan menghasilkan produk dan layanan yang berkualitas serta mencetak SDM yang unggul, lebih dari itu, Astra tampil sebagai perusahaan yang tidak berorientasi pada profit semata. Sejalan dengan filosofi Catur Dharma, butir pertama, Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi bangsa dan Negara, Astra senantiasa berupaya menyeimbangkan antara kepentingan bisnis dengan sosial dan lingkungan.


Astra melaksanakan tanggung jawab sosial ini kepada dua subyek yakni stekholder internal perusahaan melalui pengelolaan LK3 (Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dan stekholder eksternal yang diterapkan kepada masyarakat Indonesia pada umumnya melalui 4 pilar Corporate Social responsibility (CSR) Astra, yaitu Astra untuk Indonesia Sehat, Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Hijau dan Astra untuk Indonesia Kreatif yang dirangkum dalam Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia).


Dalam bidang LK3, Astra berupaya mencegah terjadinya kecelakaan dan meminimalkan dampak lingkungan. Langkah strategis yang dilakukan Astra kemudian adalah dengan mengadakan Astra Green Energy Award untuk pertama kalinya pada tahun 2016 sebagai bentuk upaya Astra untuk efisiensi energi dan menurunkan emisi Gas Rumah Kaca. Hasilnya, ada 5 perusahaan Astra yang berhasil meraih grade A, yang artinya kelima perusahaan tersebut telah memiliki sistem manajemen energi yang terintegrasi dan berkelanjutan.


Sedangkan dalam bidang CSR, terdapat 4 pilar utama kegiatan yang meliputi, kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan. Keempat pilar telah dikembangkan Astra dengan membentuk komunitas melalui Kampung Berseri Astra yang disingkat KBA. Nah, melalui KBA ini masyarakat bersama perusahaan Astra bahu membahu dalam mewujudkan kampung yang Sehat, Bersih, Cerdas dan Produktif.

PROGRAM YANG DILAKUKAN DI KBA, APA SAJA? 

  • Di bidang kesehatan, terdapat program pembinaan posyandu, sanitasi, dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
  • Di bidang pendididikan, terdapat program Adiwiyata, PAUD dan beasisiwa
  • Di bidang lingkungan, terdapat program penghijauan lingkungan, pusat pembudidayaan tanaman, pengolahan sampah terpadu dan pembuatan kompas masyarakat
  • Di bidang wirausaha, masyarakat KBA diberdayakan dengan memiliki bisnis UMKM atau program kewirausahaan lainnya
Selain KBA, tentu saja Astra punya program tertentu di masing-masing bidang seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Ada Astra untuk Indonesia Sehat, Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Hijau dan Astra untuk Indonesia Kreatif. 


Astra untuk Indonesia Sehat

Sebagai perusahaan yang becita-cita sejahterah bersama bangsa, Astra menyadari bahwa kesehatan merupakan aspek penting dalam meningkat kesejahteraan masyarakat.  Sehingga untuk mewujudkan cita-citanya itu, Astra turut andil dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di negeri ini melalui generAKSISEHATIndonesia (GSI) yang telah dimulai sejak tahun 2014. Pada tahun 2016, melalui GSI ini, Astra menyerahkan bantuan kacamata sebanyak 6.000 buah untuk anak-anak di daerah terluar Indonesia, sehingga jumlah total donasi selama dua tahun itu telah mencapai 15.048

Selain generAKSISEHATIndonesia, Astra untuk Indonesia Sehat ini juga diterapkan melalui Mokestra (Mobil Kesehatan Astra), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan berbagai rangkaian kegiatan aksi donor darah.


Astra Untuk Indonesia Cerdas

Pendidikan merupakan aspek yang tak kalah penting dalam memajukan dan mensejahterakan suatu bangsa. Kepeduliaan Astra dalam bidang ini terwujud dengan CSR-nya yang hingga tahun 2016 telah menyentuh para peserta didik dan guru di berbagai wilayah di Indonesia melalui beberapa program yang menunjang pendidikan di Indonesia, di antaranya :
  • Senyum Sahabat PAUD Astra, melalui program ini Astra aktif berpartisipasi dalam mengembangkan pendidikan anak usia dini
  • SMK Bisa, melalui program ini Astra turut melatih jiwa inovasi guru dan siswa SMK binaan sehingga diharapkan SMK tersebut menghasilkan produk-produk yang inovatif.
  • Karya Inovasi Guru, melalui program ini Astra turut membangkitkan guru-guru binaannya untuk melakukan inovasi dan terobosan baru dalam dunia pendidikan
  • Beasiswa Astra, melalui program ini Astra turut mendukung pendidikan mulai dari pelajar tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi termasuk tenaga pengajar yang menempuh pendidikan master dan doktoral serta bantuan biaya penelitian
  • Rumah Pintar Astra , melalui program ini Astra membangun wahana tempat belajar bagi ibu dan anak  melalui berbagai sumber pembelajaran.
Selain kelima program tersebut, pada tahun 2016,  Astra mengajak masyrakat Indonesia untuk turut serta dalam GenerAKSICERDASIndonesia  dengan menyebarkan kisah inspiratif guru, pelatih dan sosok pengajar lainnya melalui cerita inspiratif yang diunggah ke web Satu Indonesia. Di akhir periode terkumpul 7.081 cerita inspiratif yang kemudian dikonversi Astra dengan memberikan bantuan 6.000 pasang sepatu dan 1.081 tas untuk anak-anak di daerah Pra Sejahterah. Di tahun 2016, paket tersebut disebarkan di Kabupaten Nias (Sumatera Utara), Kabupaten Biak Numfor (Papua) dan di Kabupaten Sumba Barat (Nusa Tenggara Timur).

Astra Untuk Indonesia Hijau

Astra meyakini bahwa pertumbuhan bisnis tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan lingkungan dan alam di sekitarnya. Oleh sebab itu, Astra sangat peduli dan turut dalam melestarikan lingkungan dan alam sekitarnya. Sebagai bentuk konstribusi dan kepeduliannya terhadap lingkungan dan alam sekitar, Astra telah melakukan berbagai kegiatan penghijauan, di antaranya, Astra menghijaukan Taman Nasional Gunung Halimun yang terletak di Sukabumi dengan 55.000 pohon, di Bali tepatnya di lokasi Hutan Puakan,  Astra sukses menggelar aksi 1.000 penanaman pohon untuk melestarikan hutan tersebut, bahkan melalui Astra Forest, Astra bersama  Perum Perhutani membangun Haroto Pusako yang merupakan kawasan hutan konservasi keanekaragaman hayati. Di kawasan tersebut, Astra telah menanan 3.925 pohon buah langka yang terdiri dari 23 jenis buah langka. Astra juga tidak luput aktif kampanye dalam rangka mempromosikan kegiatan ramah lingkungan yang melibatkan masyarakat melalui Astra life green lifestyle yang kegiatannya meliputi pembuatan biopori, uji emisi, dan green run. Kegiatan Astra Green Lifestyle hingga tahun 2016 telah dilaksanakan di 24 kegiatan di 11 wilayah di Indonesia serta diikuti oleh lebih dari 25.000 peserta.

Setidaknya yang tercatat hingga tahun 2016, Astra telah berkonstribusi melakukan penghijauan dengan menanam 4.444.947 pohon, 1.103.943 untuk pohon mangrove, membuka 27.349 ruang terbuka hijau dan turut menghadirkan 17 bank sampah.

Astra untuk Indonesia Kreatif

Astra dengan CSR-nya juga turut berperan dalam mendorong terciptanya lapangan kerja dan kemandirian masyarakat yang merupakan bagian dari bidang kewirausahaan.  Melalui program Astra Start-up Challenge (ASC) program yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Astra membantu generasi muda yang berusia sekitar 18-35 tahun untuk meningkatkan motivasi dan inovasi dalam berwirausaha secara kreatif. Program ini mendukung start-up untuk berkembang menjadi institusi bisnis yang siap tumbuh dan menghadapi persaingan. Selanjutnya ada Pembinaan “AKU BISA” yang merupakan akronim dari Asosiasi Kelompok Usaha Binaan Astra. Program  ini merupakan kumpulan wirausaha binaan yang dikembangkan menjadi sentra, antara lain dengan pemusatan kegiatan bank sampah, konveksi, kain majun, penyewaan lapangan futsal, katering makanan, kerajinan tangan dan lele.

Selain program yang dikembangkan oleh korporat Astra, tiap instalasi anak perusahaan Astra juga turut serta memiliki daerah binaan sebagai upaya menumbuhkan usaha-usaha produktif bagi masyarakat di dekat perusahaan. Salah satunya adalah Bank Sampah. Astra membina Bank Sampah sebagai bentuk inisiatif dalam mengubah sampah menjadi bernilai ekonomis dengan mengajarkan kepada masyarakat untuk memilah dan mendayagunakan sampah. Astra juga mendukung dan memberdayakan penyandang disabilitas Indonesia melalui Astra Disability Connection Program. Hingga tahun 2016 Astra telah berpartisipasi  dalam membina dan menyandang 200 penyandang disabilitas melalui berbagai kegiatan

Selanjutnya, Astra masih punya segudang inovasi program lainnya yang juga merupakan bagian dari CSR Astra. Sebut saja IAABL yang merupakan singkatan dari Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas. Program ini merupakan wujud komitmen Astra untuk terus mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara di jalan raya. Atau Program Kampung Safety yang terletak di Kelurahan Pandear Lamper, Kecamatan Gayamsari, Semarang Jawa Tengah. Melalui program ini Astra melakukan pembinaan keselamatan berlalu lintas bagi 4.372 keluarga dan 14.969 warga. Astra juga punya Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Inddonesia) Award.

Sebagai upaya Astra dalam memberikan konstribusi sosial ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat sehingga Astra menyelenggarakan ajang Inspirasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia yang dikenal dengan SATU Indonesia Award. Ajang ini sudah diselenggarakan Astra sejak tahun 2010 hingga saat ini yang pesertanya berasal dari Banda Aceh hingga Jayapura dan jumlah pesertanya hingga saat ini telah mencapai lebih dari 10.000 peserta.

Tidak ketinggalan, sembilan yayasan Astra di bawah ini juga ikut berperan aktif dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dijalankan Astra.



Berbicara tentang perjalanan Astra memang tidak ada ujungnya. Dedikasi Astra untuk Indonesia sungguh tak diragukan lagi. Selama enam dekade perjalanan, Astra sangat menginspirasi semua pihak mulai dari kalangan bawah hingga atas, baik melalui produk dan layanannya yang berkualitas, sumber dayanya yang unggul dan konstribusi sosialnya yang terus berkelanjutan. Astra senantiasa memegang teguh filosofi Catur Dharma yakni "Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa". Intinya dimana pun Astra berada, Astra selalu memberi manfaat dan menebar inspirasi kepada siapa saja. Terutama inspirasi Astra kepada Indonesia yang sudah tak berbilang jumlahnya. 

Bagi manusia, usia 60 tahun adalah usia yang telah melewati masa produktif. Tinggal menunggu ajal dan hidup akan berakhir. Namun bagi perusahan seperti Astra, usia 60 tahun telah memasuki usia yang sangat produktif dan berada di puncak dimana peran Astra dalam memberi konstribusi dan menginpirasi negeri ini, termasuk dalam ikut mensejahterahkan bangsa yang sesuai cita-citanya belum mengenal kata akhir. 

Dengan demikian, perjalanan Astra yang telah memasuk enam dekade bukanlah perjalanan yang akan segera berakhir. Perjalanan Astra tentu masih sangat panjang, bangsa belum sepenuhnya sejahterah dan Indonesia masih berkembang. Pride the Nation yang merupakan goal 2020 Astra pun tinggal tiga tahun lagi. Perjalanan Astra masih berlanjut dan tentu tidak akan berhenti di 2020 saja.

Harapan agar Astra dapat menjadi perusahaan yang membanggakan bangsa mudah-mudahan terwujud di tahun 2020. 60 tahun Astra, Semangat menginspirasi. Tetaplah menjadi perusahaan yang selalu menebar inspirasi untuk Indonesia. 




Referensi :

Annual Report, 2016
http://www.astra.co.id
http://www.astra.satu-indonesia.com
http://ekonomi.kompas.com/read/2017/03/15/200720126/innovastra.hasilkan.jutaan.proyek.inovatif

  • Share:

You Might Also Like

19 comments

  1. Astra sehat, cerdas, hijau & kreatif... like it :)

    ReplyDelete
  2. Wih ini sekedar cerita apa ikutan giveaway mbak?
    Kalo giveaway aatau kompetisi, semoga sukses ya :)

    Tapi emang astra terbaik sih, dari yang motor setau aku dulu sampai pas kuliah aku tau ternyata ada astra agro juga yang bergerak di pertanian.
    Semoga Astra terus berjaya :)

    ReplyDelete
  3. Astra memang salah satu atau mungkin nomer satu grup perusahaan terbesar di Indonesia indonesia,dengan begitu banyak anak perusahaanya, kayaknya bakal keren deh kalo bisa kerja disana, minta doanya ya supaya aku bisa kerja di astra nanti, terutama di anak perusahaanya yng tntang chemical hehe

    ReplyDelete
  4. Aku temasuk salah satu pengguna produk dari astra. Selain bagus, awet juga barangnya, wajar saja sudah 60 tahun, jadi teruji juga pengalamannya. Emang top astra ini..

    ReplyDelete
  5. Wah speechless aku dengan sepak terjang Astra. Tetap semangat ya!

    ReplyDelete
  6. haii Siska, ASTRA makin hari memang makin tangguh dan kuat ya..tapi memang harus begitu untuk bersaing dengan merk yang lain yang juga terus berinovasi.

    Semoga menang dan sukses ya Siska! :)

    ReplyDelete
  7. Saya sampe sekarang memang pake produk astra dan honda

    ReplyDelete
  8. baru kali ini saya tahu secara mendetail tentang astra , kirain cuma penyedia sukucadang honda saja

    ReplyDelete
  9. Astra emang luar biasa yaa pantes bisa bertahan sampe 60 tahun

    ReplyDelete
  10. Astra ini perusahaan incaran tetangga2 ku, mba. Ada pabriknya dekat rumah.

    Sukses lombanya ya, mba

    ReplyDelete
  11. satu kata: Keren!
    Astra 60 tahun berkarya dengan berbagai kontribusi untuk Indonesia! Semoga makin jaya Astra :)

    ReplyDelete
  12. Wuih banyak juga ya peran serta Astra dalam membangun masyarakat Indonesia. Apalagi kiprahnya sudah mencapai 60 tahun lebih. Sukses buat Astra dan mba Siska juga yaa...

    ReplyDelete
  13. Astra udah keren dari duluuuu

    ReplyDelete
  14. Produk Astra berkualitas dan jadi idola masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
  15. Astra selalu terdepan dan semoga selalu menginspirasi. Dan good luck Mba untuk lombanya 😊

    ReplyDelete
  16. Wah, jadi tahu banyak tentang Astra nih Mba.

    ReplyDelete
  17. Tidak ada bisnis yang mampu bertahan lama tanpa melakukan Inovasi.👈 keren, Mbak! Pelajaran buat para pemuda yang mau jadi pengusaha...semacam kalimat : berubahlah atau mati!😉

    ReplyDelete
  18. Pabriknya dekat rumah nih. Salah satu Swasta yang oke banget dan menguasai banyak bidang.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa menginspirasi.