5 Destinasi Wisata di Kepulauan Yapen

Keindahan Yapen Islands juga tak kalah dengan Raja Ampat lho. Ini 5 Destinasi Wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Kepulauan Yapen.

5 tempat wisata menarik di kepulauan yapen

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Siapa yang tidak tahu Raja Ampat Islands, daerah kepulauan di Papua Barat yang mendapat julukan surga dunia di Ujung Timur Indonesia karena pesona alamnya yang sangat indah nan memukau. Tak heran bila banyak orang menjadikan Raja Ampat sebagai tempat wisata impian. Tapi kalau ditanya tempat wisata impian saya dimana? Saya akan menjawab Yapen Islands. Berwisata ke Raja Ampat juga merupakan salah satu impian saya tapi untuk saat ini saya lebih tertarik mengunjungi Yapen Island.

Kenapa?

Karena Yapen Islands memiliki pesona alam yang tidak kalah indah dengan keelokan Raja Ampat dan saya hanya sedang dilanda rindu. Rindu dengan tanah kelahiran saya itu. 

Padahal baru setahun lebih saya hijrah ikut suami, meninggalkan Serui dan kini rasa rinduku seolah tak tertahankan. Terlebih saat melihat spot-spot wisata baru di Yapen Island lewat gambar-gambar dan videonya yang akhir-akhir ini kerap muncul di beranda facebook dan home Instagram saya. Begitu menggoda, bagaimana saya tertarik?

Berhubung tema hari ke-tigabelas ini adalah tentang kota/negara/tempat wisata impian jadi sekaligus saja untuk mengobati rasa rindu pada kampung kelahiran saya di Ujung Timur Indonesia itu, saya pengen bahas tentang Serui, kota Impian saya yang terletak di Yapen Islands aka Kabupaten Kepulauan Yapen. 

Mengapa saya sebut Serui sebagai kota Impian? Well, karena di Serui-lah saya lahir dan dibesarkan. Lebih dari delapanbelas tahun (sejak lahir hingga lulus SMA ditambah dua tahun pasca wisuda) hidup saya diwarnai di kota yang terkenal dengan slogan ACIS-nya. 

Jadi, Serui sungguh memiliki kenangan tak terhingga dalam hati saya. Lalu, kenyataannya saat ini saya sudah tidak lagi tinggal di kota ACIS dan entah kapan bisa menginjakkan kaki kembali ke bumi Cendrawasih. Sedihnya, karena masih banyak destinasi wisata di Yapen Island yang belum sempat saya jamah, padahal saya telah tinggal berbelas-belas tahun di sana.

Destinasi Wisata Menarik di Kepulauan Yapen

Mungkin masih banyak pembaca Kamar Kenangan ini yang belum familiar dengan Serui apalagi Yapen Islands. So far, kita kenalan dulu yuk😉


Yapen Islands atau Kepulauan Yapen merupakan salah satu kabupaten di provinsi Papua which is Serui adalah ibukotanya. So, beda provinsi ya dengan Raja Ampat yang letaknya di Papua Barat. Kalau sama Jayapura baru yes karena ibukotanya Papua adalah Jayapura. Oh ya, kalau provinsi Jawa Barat punya Bandung sebagai kota kembang karena mojang-mojangnya yang cantik, Papua juga punya kota Kembang lho. 

Coba deh googling, hehe. Yap, Serui dijuluki sebagai kota Kembang karena terkenal dengan wanita-wanita Papuanya yang cantik. Bahkan bukan cuma wanita-wanitanya saja, pemandangan-pemandangan alam terutama pulau-pulaunya yang terbentang di Yapen Islands pun tak kalah cantik mempesona.

Berikut beberapa destinasi wisata alam yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Yapen Islands :

Mariadei Beach

dok.pribadi
This is Mariadei beach. Pantai wisata favorit keluarga karena letaknya yang paling dekat dengan jantung kota Serui. Kalau naik kendaraan roda dua dari rumah ortu ke pantai ini cuma makan waktu lebih kurang lebih sepuluh menit. Dekat banget, kan? Selain dekat, pemandangannya juga tak kalah menakjubkan. 

See. Paduan warna biru langit dan biru laut dengan hamparan gunung yang terbentang di sisi kiri dan kanannya begitu memanjakan mata. Sewaktu kecil saya suka mandi-mandi di pantai ini, hampir tiap weekend malah. 

Hanya saja setelah dewasa, saya sudah tidak terlalu doyan mandi-mandi di pantai, takutgosong. Jadi kalau datang ke pantai yang letaknya di kampung Mariadei ini, sukanya foto-foto saja.

Nah, foto di atas merupakan salah satu dokumentasi saat saya ikut rihlah bersama keluarga Yayasan Bina Insani. Coba tebak apakah status saya masih single or married di foto tersebut😅 Apa? Masih single? Yes, salah banget, karena foto itu diambil waktu saya lagi LDM dengan suami, padahal belum genap sebulan nikahnya. Boleh dibilang foto tersebut merupakan kenangan terakhir saya sebelum hijrah meninggalkan kota Serui.

Menggap Beach


dok.pribadi
Rasanya tak ada kata yang bisa mewakili perasaan saya saat menatap kebesaran Allah kala itu. Sebelum-sebelumnya kalau lihat foto-foto awan yang berbentuk lafazh Allah tersebar di media sosial tanggapan saya biasa saja, karena yang terbersit dalam benak saya; paling foto-foto tersebut cuma hoax atau hasil manipulasi orang-orang yang pengen postingannya viral.

Tapi setelah melihat dengan mata kepala sendiri. Maa syaa Allah. Bahkan awan-awan pun tunduk memuji asma-Nya. Nah, foto bergambar lafazh Allah di atas merupakan dokumentasi saat rihlah bersama remaja muslim/ah se-kota Serui. Lokasinya di Menggap Beach yang terletak di Kampung Serui Laut.

Dibanding pantai Mariadei, destinasi wisata pantai yang satu ini lebih menggoda di mata saya. Jarak menuju pantai Menggap juga lumayan dekat dari kota Serui, tidak sampai dua puluh menit. 

Hanya saja akses untuk sampai ke pantai yang terkenal dengan pasir putihnya yang lembut ini cukup menantang sih karena terletak dibalik bukit. 
Jadi setelah naik kendaraan roda dua atau empat, wisatawan masih harus berjalan kaki menanjaki bukit dan menyusyri hutan sekitar sepuluh menit. Namun tak perlu khawatir rasa lelah berjalan kaki akan segera terbayar setelah menemukan surga yang tersembunyi di balik bukit Serui Laut ini.

Puncak Serui Laut


Selain tiga destinasi wisata pantai di atas, masih banyak objek wisata lain yang jarang atau bahkan belum pernah saya kunjungi sama sekali selama tinggal di Serui. Nah, tiga destinasi wisata di bawah ini termasuk tempat wisata impian saya kelak bila berkunjung kembali ke Yapend Islands. Selanjutnya biarlah video-video ini yang mendeskripsikan pesona keindahan laut yang terbentang di Yapen Islands.

Destinasi yang satu ini adalah favorit saya banget. Berulang-ulang datang ke puncak Serui Laut pun nggak bakal bikin saya bosen. Selain karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari rumah, tempatnya pun sungguh memukau. Bagi para pemburu sunset dan sunrise, kalau datang ke Yapen Islands, kalian wajib ke sini dan rasakan sendiri sensasinya. Dari puncak Serui Laut kalian juga bisa menikmati pemandangan kampung Serui Laut yang begitu alami dan berfoto-foto ria dengan gunung-gunung dan laut sebagai latarnya.

Telaga Sarawandori


Mandena Island


Aiwai Island


Demikian tempat wisata impian yang ingin saya kunjungi pasca nikah. Sebenarnya kalau bahas tempat wisata buanyaaak sekali tempat-tempat wisata di dunia ini yang ingin saya kunjungi karena impian terbesar saya memang pengen keliling dunia. 

Namun impian saya dalam waktu ini tak perlu yang muluk-muluk dulu, bisa pulang kampung ke Yapen Islands bersama suami dan Bunay saja sudah lebih dari cukup.

Kalau tempat wisata yang ingin kalian kunjungi dimana saja? Share yuk di kolom komentar 

10 komentar untuk "5 Destinasi Wisata di Kepulauan Yapen"

Comment Author Avatar
Keren banget Yapend Island, semoga suatu saat saya juga bisa ke sini ya, Mbak.
Comment Author Avatar
Tuhaaan de pu pantai cantik apaaan..
Sa su dengar banyak tentang Serui, tapi belum pernah ke sana. Sudah ada rencana mo ke Serui deng Biak, mudah-mudahan tahun ini bisa terwujud.

Dan saya setuju kalau gadis Serui memang manis-manis hahaha.
Comment Author Avatar
Indahnyaaaa, masya Allah. Ternyata nun jauh di sana ada surga dunia yang menggoda untuk dikunjungi.
Comment Author Avatar
Masya Allah .. cantiknya pantai dan lautnya. Belum pa pernah ke Serui. Belum terpikir. Rupanya indah sekali ya di sana.
Comment Author Avatar
Papua, penuh pesona yang tak ada habis2nya. Sy baru tw kalau kk asli Serui, dr kmrn2 nanya asli mana sebenarnya. Boleh yah Kpn2 nanti ke kampungnya kak ��
Comment Author Avatar
Subhanallah..foto awan dengan kata lafadz Allah..Di sini baru tau juga..sebelumnya saya pikir , foto seperti ini cuma editan saja supaya viral fotonya, padahal ini nyata yah..
Comment Author Avatar
Masya Allah cantiknya.. Sa baru tahu ini ada pantai secantik ini di Serui. seringnya dengar kalau cewek Serui tuh manis-manis.
Comment Author Avatar
Kerenn, benar2 tak kalah hebat wisata alamnya. Saya sendiri termasuk orang yang suka menikmati keindahan alam. Recommended place nih bagi para traveler
Comment Author Avatar
wihhhh bagus sekali(╥_╥)

dari awal kuliah sampai sekarang mau sekali mengabdi di Papua sana karena mau merasakan bagaimana kehidupan ditengah2 keelokan nusantara yang indah. Dan baruka tau ternyata ada Serui yang tak kalah cantiknya dengan Raja Ampat.

Terimakasih infonya kak
Comment Author Avatar
charlin worumi 23:47
Sa tinggal di serui su lama tapi belum pernah ke Pulau Aiwai ale.Lihat video di instagra, jadi ingin skali ke sana

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.