Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini Sebelum mengajukan Pinjaman Online

Pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman online

Pertimbangkan dulu 5 hal ini sebelum mengajukan pinjaman online. Jangan mentang-mentang karena sekarang sudah banyak FinTech yang memberikan tawaran pinjaman dengan mudah dan praktis kamu langsung tergiur begitu saja.

Kecuali kalau kamu memang benar-benar dalam kondisi yang sangat terdesak. Misal, tiba-tiba mengalami musibah atau kejadian tak terduga lainnya yang membutuhkan sejumlah uang tunai sementara kamu tak memiliki dana darurat.

Dalam kondisi genting tersebut tentunya pinjaman online bisa menjadi alternatif terakhir jika orang-orang terdekat kamu tak dapat membantu banyak.

Namun sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman kredit pastikan dulu kamu sudah mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Pertimbangan Melakukan Pinjaman Online

Ada beberapa hal yang memang harus kita perhatikan baik-baik sebelum mengambil keputusan untuk mengajukan kredit online.

Tujuan melakukan peminjaman

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah tujuan. Pastikan tujuan kamu mengambil kredit karena memang kamu dalam kondisi terdesak dan benar-benar membutuhkan uang pada saat itu.

Poin ini penting untuk kamu pikirkan dengan matang. Kalau memang kebutuhan kamu tidak begitu mendesak atau masih bisa dicarikan alternatif lain sebaiknya urungkan niat kamu untuk meminjam.

Pasalnya dengan mengajukan pinjaman otomatis pengeluaran kamu jelas akan bertambah. 

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tetapi kamu juga harus menyisihkan sekian rupiah dari penghasilan untuk membayar cicilan utang setiap bulannya hingga lunas.

Memiliki penghasilan tetap

Kehadiran fintech memang memudahkan kita yang mengalami masalah finansial, bahkan ada yang memberikan pinjaman tanpa jaminan dan syarat sekalipun. 

Cukup dengan bermodalkan identitas diri dan foto KTP saja kita sudah ambil bisa kredit.

Namun ingat, jangan coba-coba berurusan dengan pinjol kalau kamu belum punya penghasilan tetap. Mau bayar utang pakai apa? Yang ada malah bisa-bisa kamu terjerat dalam aktivitas gali lobang tutup lobang. 

Tingkat kesanggupan membayar utang

Meski sudah memiliki penghasilan tetap, kamu juga harus mempertimbangkan poin yang satu ini. Setidaknya kondisi keuangan kamu harus dalam keadaan stabil agar bisa melunasi utang.

Untuk itu pastikan besaran pinjaman yang kamu lakukan tidak lebih dari 30%-35% dari total gaji bulanan. Misal penghasilan bersih yang kamu terima sebesar 5,5 juta rupiah per bulan maka total cicilan yang kamu bayar tiap bulan jangan sampai lebih dari 1,5 juta rupiah.

Kenali Produk Pinjaman yang Akan Diambil

Setelah mempertimbangkan tiga hal di atas dan kamu tidak menemukan solusi lain maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu lebih dulu produk pinjaman seperti apa yang ingin kamu ambil. 

Pasalnya ada berbagai jenis produk kredit yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa pinjaman online. Kamu harus mengetahuinya agar mudah memilih produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan kamu.

Pilih FinTech yang terpercaya

Satu lagi pertimbangan yang tidak kalah penting. Ketika akhirnya kamu terpaksa mengajukan pinjaman pastikan kamu hanya memilih FinTech terpercaya yang sudah memiliki izin atau legalitas serta berada dalam pengawasan OJK.

Mengingat tidak semua jasa penyedia pinjaman lewat aplikasi memiliki legalitas. Jadi jangan sampai kamu tertipu pinjol illegal. Agar aman kamu bisa mempertimbangkan melakukan pinjaman online di Tunaiku.

Tunaiku merupakan teknologi finansial atau FinTech pertama di Indonesia yang bergerak menyediakan pinjam uang online tanpa agunan.

Produk FinTech milik Bank Amar ini telah berdiri sejak 2014 dan berada dalam pengawasan OJK. Didukung dengan teknologi dan data analytics canggih, Tunaiku mampu melayani dengan sangat cepat (24 jam) dan dengan persyaratan yang mudah.

Hanya dengan modal KTP kamu bisa mengajukan kredit tanpa jaminan dengan jumlah utang maksimal hingga 20 juta rupiah dan waktu pinjaman yang cukup lama yaitu 20 bulan.

Pinjaman di Tunaiku praktis karena bisa diajukan lewat aplikasi atau website dengan cukup mengisi formulir data diri yang tersedia. Pinjaman juga akan cair dengan cepat sesuai nominal yang kamu ajukan setelah tanda tangan kontrak. Menariknya lagi, jika bisa membayar cicilan lebih cepat kamu tidak akan dikenai bunga.

Itulah 5 hal yang penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman online. Tulisan ini sama sekali tidak bermaksud mengajak teman-teman untuk bermudah-mudahan dalam berhutang ya.

Biar bagaimana pun hidup kita pastinya akan lebih tenang bila tidak terbebani dengan adanya pinjaman. Namun namanya kebutuhan, bisa saja datang mendadak sementara kita saat itu kita mungkin belum memiliki cukup tabungan.

Bersyukur kalau ada keluarga atau orang terdekat kita yang bersedia membantu meminjamkan uang, jika tidak? Tentu, kehadiran aplikasi pinjaman online seperti Tunaiku bisa menjadi solusi asalkan kita bijak menggunakannya.

Sekian, semoga sharing saya kali ini bermanfaat.

Salam,

Posting Komentar untuk "Pertimbangkan Dulu 5 Hal Ini Sebelum mengajukan Pinjaman Online"