Ini Dia Lima Tips Gaya Hidup Sehat Sederhana yang Bisa Diterapkan Moms di Rumah

By Siska Dwyta - 02:11


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Jika ditanya berapa jam waktu yang dihabiskan oleh wanita yang memilih bekerja di rumah, full time bisa jadi jawabannya. Yap, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga memang memakan waktu nyaris dua puluh empat jam, mulai bangun tidur hingga tidur kembali. Bahkan terkadang saat tidur pun ibu rumah tangga masih harus bekerja, misal menyusui dan menidurkan anak. Bahkan ketika si anak lagi rewel atau demam tinggi, si ibu bisa tidak tidur sepanjang malam.

Belum ditambah dengan seabreg pekerjaan ibu rumah tangga yang seolah tak ada habis-habisnya, mulai dari mengurus suami dan anak-anak, menyiapkan semua kebutuhan mereka hingga berkutat dengan urusan domestik keluarga lainnya. Tentu melakukan semua itu bukanlah pekerjaan yang mudah.

Sayangnya, masih banyak orang yang memandang sebelah mata pekerjaan sebagai ibu rumah tangga. Padahal, bayangkan saja bila moms terhalang melakukan rutinitas pekerjaan sebagai IRT, misal karena kondisi kesehatan moms terganggu. Bisa dipastikan cucian piring dan pakaian menumpuk, meja makan kosong, anak-anak tak terurus, rumah kotor dan berantakan alhasil ayah yang kelimpungan.

Nah, karena kehadiran seorang ibu dalam rumah tangga sangat urgent sehingga penting pula bagi moms untuk menjalankan gaya hidup sehat. Toh, menjalankan gaya hidup sehat tetap bisa diterapkan sekalipun pekerjaan moms di rumah sangat padat. Berikut lima tips gaya hidup sehat sederhana yang bisa diterapkan moms di rumah.

Rajin Ibadah

Ibadah itu menyehatkan lho moms. Tidak percaya? sudah banyak penelitian kok yang membuktikan. Salah satunya penelitian yang dilakukan oleh Harold Koening, MD, Profesor obat dan psikiater dari Duke dilansir di WebMD.com. Menurut Koenig yang juga penulis Handbook of Religion and Health, orang-orang yang rajin ibadah dapat hidup lebih lama dan juga lebih sehat.

Ibadah ini bisa dijalankan di rumah sesuai dengan keyakinan moms masing-masing. Apalagi bagi moms yang beragama Islam, melakukan ibadah seperti shalat lima waktu sudah menjadi kewajiban dan lebih afdholnya memang dikerjakan di rumah. Nah, gerakan-gerakan dalam shalat ternyata juga banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh lho. Seperti gerakan takbiratul ikram dapat melancarkan peredaran darah, gerakan sujud dapat menghilangkan rasa nyeri, gerakan salam di akhir shalat pun dapat merelaksasi otot sekitar kepala dan leher.

Selengkapnya tentang manfaat gerakan-gerakan shalat untuk kesehatan bisa dibaca di Hallo Sehat

Well, selain menyehatkan dan merupakan kewajiban, sebagai hamba memang sudah seharusnya kita melakukan ibadah sebagai bentuk ungkapan syukur kita pada Allah yang telah memberi nikmat kesehatan. So, jangan malas-malas ibadah ya, moms😊

Ngemil Sehat

Siapa sih yang tidak suka ngemil atau menikmati makanan ringan pada saat santai? Kebiasaan ngemil ini memang sering dianggap tidak sehat apalagi bagi moms yang sedang menjalankan program diet, karena dapat menaikkan berat badan. Tapi kalau dari sononya moms sudah doyan ngemil, tidak perlu khawatir. Justru ngemil dapat menyehatkan asal ngemilnya cemilan yang sehat.

Beberapa cemilan sehat yang bisa jadi pilihan adalah buah-buahan segar seperti jeruk, pepaya, apel, mangga dan lain sebagainya yang bisa moms nikmati secara langsung atau bisa diolah pula jadi juice buah. Atau bila ada waktu luang moms bisa buat sendiri camilan sehat yang rendah kalori. Resep-resepnya bisa moms dapatkan dengan mudah di google. Jadi moms nggak perlu takut berat badan naik karena ngemil 😊

Rutin olahraga

Tips yang satu ini jelas tidak diragukan lagi. Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh ada banyak sekali, bahkan tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik tapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Terbukti, orang yang melakukan aktivitas olahraga secara rutin hidupnya jauh lebih sehat dan jarang terjangkit penyakit.

Ilustrasi olahraga yang bisa moms lakukan di rumah
Sumber gambar click here
Jadi sekalipun tugas moms di rumah sangat padat, tetap luangkan waktu untuk olahraga secara rutin ya. Banyak kok jenis olahraga yang tetap bisa moms lakukan di rumah. Bahkan moms bisa berolahraga bareng anak-anak atau menemani mereka main sambil mengurus pekerjaan rumah.

Me Time

Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga memang menguras banyak waktu dan tenaga. Tak heran bila depresi atau stres rentan dialami oleh ibu yang bekerja full time di rumah. So far, selain olahraga, me time juga dapat menghindarkan moms dari stress lho. Oleh sebab itu ibu rumah tangga butuh yang namanya me time.

Moms bisa pilih me time dengan beristirahat, nonton film kesukaan, buka medsos atau melakukan aktivitas apa pun yang moms suka. Nah, bagi moms blogger pasti lebih pilih me time dengan ngeblog kan, hehe. Tapi kalau lagi asyik blogging tetap jangan lupa istirahat ya moms.

Bahagia

Last but not least, jalani peran moms sebagai ibu rumah tangga dengan bahagia. Yup, karena menjalani gaya hidup sehat bukan hanya perkara fisik tetapi juga menyangkut pikiran dan hati. Bahkan boleh dikata kebahagiaan merupakan kunci untuk sehat.  

Jika moms hendak melahirkan secara gentle dengan minim trauma dan rasa sakit maka salah satu syaratnya adalah menghadapi proses persalinan dengan bahagia. Jika ingin sukses menyusui dan melancarkan ASI pun ibu dituntut harus bahagia. Kenapa? Karena tubuh memproduksi hormon yang menguatkan imun tubuh ketika moms sedang merasa bahagia. Contohnya saja hormon oksitosin dan prolaktin. Tentunya, moms yang sudah mengalami masa kehamilan dan menyusui tahu dong fungsi kedua hormon tersebut. 

Nah, karena perasaan bahagia mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh maka tips yang satu ini tak kalah penting bagi moms yang ingin menjalankan gaya hidup sehat. So, jangan lupa bahagia moms :)

Demikian lima tips gaya hidup sederhana yang bisa diterapkan moms di rumah. Postingan ini sekaligus saya jadikan reminder bagi diri pribadi. Nah, kalau tips gaya hidup sehat kalian seperti apa, share yuk di kolom komentar.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Ngemilnya nih, kalo ngga junk food kok kaya ngga afdhol. Hehe. Bismillah deh banyakin ngemil buah aja

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa menginspirasi.