Arti Bersyukur

Bersyukur itu seperti apa? Mengingat selama ini aku ingin selalu bersyukur di setiap helaan nafas dan detak-detak detik yang kian berlalu. Aku ingin terus bersyukur di sepanjang hidup. 

Ingin, tapi bagaimana caranya bila diri masih sering mengeluh. Mulut berkata syukur, terkadang hati yang justru mengingkari. Padahal nikmat Tuhan mana lagi yang belum kurasakan. Mulai dari membuka mata di pagi hari, hingga terlelap kembali di malam harinya. Sungguh, sudah terlalu banyak nikmat Tuhan yang ku abaikan begitu saja. 

Dan kini aku menemukan arti syukur yang berbeda, ketika mtulisan mbak Liannyhendrawati berjudul Mensyukuri Hidup. Di sana kutemukan cara bersyukur nan indah dan sederhana dari setiap tutur kalimat syukur yang diungkap mbak Lianny. Bersyukur itu seperti apa

Bersyukur itu adalah saat aku melihat kedua orang tuaku hidup dengan rukun dan saling mencintai di usia senja mereka. 

Bersyukur itu adalah saat aku masih bisa bertahan untuk tidak tidur dan tetap menemani anak-anakku begadang untuk ujian, meski tubuhku teramat lelah dan mata hampir tak bisa terbuka lagi. 

Bersyukur itu adalah saat aku masih bisa bersenandung sambil mencuci bertumpuk pakaian kotor dan piring kotor serta membereskan segunung pakaian bersih yang siap untuk disetrika. 

Tak perlu kujelaskan panjang lebar alasan menyukai catatan mbak Lianny yang satu ini. Coba lihat sepenggal kutipan rasa syukur yang di tuturkan mbak Lianny di atas, kalimat tiap barisnya menggores makna begitu dalam dan menyentuh. Sueeer, aku sampai sedih bacanya:( 

Ah, jadi terngiang dengan hari-hari dimana aku belum merantau jauh, masih tinggal bareng orang tua. Masih puas memandang wajah mama yang sering kelelahan sepulang dari kantor, harus lagi memasak untuk suami dan ketiga buah hatinya, namun tetap memamerkan senyum manis, seolah kelelahan itu sirna. 


Pun aku masih bisa mencicipi masakan beliau. Meski tidak jarang “ngambek" sampai pake acara mogok makan segala, hanya karena mama terlampau sering masak makanan yang sama hampir tiap minggu. Duh, lihat betapa tidak bersyukurnya aku sebagai anak. Akibatnya sekarang makanan yang paling aku kangenin justru masakan mama. Bahkan aku merasa makanan mama nan sederhana itu jauh lebih lezat ketimbang menu makanan yang di sajikan di restoran terkenal sekalipun. 
Sekarang aku mengerti, arti bersyukur itu tidak sekedar serupa ucapan terima kasih, lebih dari itu, ia mendatangkan kebahagiaan.


“Postingan ini diikutsertakan untuk memeriahkan GA Blog www.liannyhendrawati.com.” 

14 komentar untuk "Arti Bersyukur"

Comment Author Avatar
kebahagiaan akan ada karena kita bersukur
mengejar mimpi demi masa depan yang lebih baik tidak akan pernah berhasil karena tidak ada rasa sukur
Comment Author Avatar
setuju tuh, Ia kebahagiaan memang akan ada saat kita bersyukur. Jadi kalau ingin bahagia,, maka terlebih dahulu kita harus bersyukur atas apa yang kita miliki atau lewati termasuk mengejar mimpi^^
Comment Author Avatar
gue sering lupa bersyukur.

bersyukur ala mbak liany simple banget yak :D.
Comment Author Avatar
kalau lupa yuukkk sering-sering ingat bersyukur

yup, simple dan bermakna:)
Comment Author Avatar
wah kebetulan sekali akhir-akhir ini aku pun membahas tentang penerapan bersyukur.. walah mbak semoga dapat limpahan rezeki di GA nya y
Comment Author Avatar
bukan kebetulan kayaknya tapi memang begitu adanya #eh.. Aaamiinn tq Gea:)
Comment Author Avatar
Eh ternyata Zhie ikutan GA, moga sukses yaaa
semoga menang
yaaah arti bersyukur itu luas, kalo kita mau bersyukur pasti akan banyak limpahan nikmat yg akan diberikan ke kita
kadang aku masih suka lupa akan rejeki yg sudah Allah berikan padaku
mulai berkaca dan memperbaiki diri ayoooookk seuanya
Comment Author Avatar
Hmmm saya malah terkadang lupa atau di sengajain lupa buat bersyukur -_-
Comment Author Avatar
bersyukur itu mencukupkan *ngutip penta*

emang loh, bersyukur itu membuat hati nyaman dan tentram :D
Comment Author Avatar
loh, giveaway ini masih berlaku ya... kirain udah expired...hahaha
iya, yang jelas kebahagiaan itu adalah saat kita bisa mensyukuri apapun keadaan kita...
Comment Author Avatar
ah, bener banget...bersyukur itu...kita hari ini masih dibangunkan, masih diberi nafas, kaki masih bisa jalan aja udah alhamdulillah luar biasa...bersyukur itu...kunci kesehatan hati dan rohani :) I agree with you, Zhie! :)
Comment Author Avatar
Yukkk ... mari kita bersyukur. Bersyukur itu karena kamu mau ikutan GA ku hihi.. Makasih banyak sudah ikutan :)
Comment Author Avatar
aish suka banget. bersyukur masih bisa menemani anak2 belajar meski mata susah terbuka, bersyukur karena masih bisa bersenandung walaupun cucian kotor setumpuk. itulah setiap kita hendaknya selalu berpikiran positif. aseek!
Comment Author Avatar
bersyukur itu emang pada hakikatnya mudah diucapin, tapi pkalo dipraktekinnya itu yang susah. jadi.. syukuri apa yang ada, hidup adalah anugrah,, *lagu dmasiv*

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.