5 List Pekerjaan Rumah Tangga Favorit

By Siska Dwyta - Tuesday, December 11, 2018


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pekerjaan rumah tangga apa sih yang saya nggak suka? Buanyak. Hampir semuanya malah, karena aselinya saya cuma suka leyeh-leyeh saja di rumah. Haha dasar IRT malas🙊 Tapi kalau ditanya pekerjaan rumah tangga apa yang disukai, nah ini baru jawabannya sedikit. Setidaknya dari sekian banyak pekerjaan rumah tangga yang nggak saya sukai, seperti, menjemur pakaian, mengangkat pakaian yang sudah kering, menyetrika, melipat pakaian, merapikan tempat tidur, merapikan barang-barang yang berantakan, mengatur piring di rak piring, menghidangkan makanan di meja makan, mengepel lantai, dan lain sebagainya masih ada segelintir pekerjaan yang saya suka.


Menyusui

Siapa sangka, setelah mengalami masa-masa mengASIhi yang penuh drama dan menyakitkan, menyusui jadi pekerjaan favorit saya saat ini. Saya memang pernah  menderita bahkan nyaris mengalami depresi karena menyusui. Bersyukur, jauh-jauh hari sebelum melahirkan, sudah tertanam dalam pikiran saya, bunayya harus dapat ASI Ekslusif dari bundanya. Jadi selama lebih dari  sebulan pertama pasca melahirkan, saya berjuang keras untuk tetap menyusui meski puting saya lecet hingga berdarah-berdarah, meski rasa sakitnya bukan main melebih rasa sakit yang saya rasakan saat berjuang “ngeden” mengeluarkan bunay, meski orang-orang di sekitar saya selalu bilang ASI saya sedikit, ASI saya kurang, ASI saya nggak cukup, whatever.

Mengapa menyusui jadi pekerjaan favorit saya dibanding pekerjaan rumah tangga lainnya?

Yup, karena menyusui ternyata nikmat, lho. Ini baru saya sadari setelah paham ilmunya. Kalau pun saya sempat menganggap menyusui itu menyakitkan, itu karena ilmu saya yang masih sangat minim. Malah sebelumnya saya merasa nggak perlu belajar menyusui karena setahu saya menyusui itu gampang, segampang melekatkan mulut bayi pada payudara ibunya. Alhasil, payudara sampai bengkak dan sakit, puting pun lecet dan berdarah karena sejak awal saya tidak belajar bagaimana cara pelekatan yang benar dan posisi yang baik saat menyusui. Padahal kunci sukses menyusui tanpa rasa sakit terletak pelekatan dan posisi. Ini juga saya tahunya belakangan. So far, setelah memperbaiki posisi dan pelekatan baru deh saya bisa merasakan nikmatnya menyusui.

Nah, bagaimana pekerjaan yang satu ini nggak favorit coba, wong bisa saya kerjakan sambil baring sampai si bunay bobo’. Eh si bunay bobo’, saya malah ketiduran juga. Jadilah pekerjaan rumah nggak ada yang kelar-kelar, ups! Tapi meski kelihatan enak bukan berarti pekerjaan yang satu ini ringan lho.


Berbelanja

Buk ibuk siapa sih yang nggak doyan belanja? Apalagi tanggal 12 bulan 12 sudah di depan mata. Pasti buk ibuk nggak mau ketinggalan dong menyambut Harbolnas. Eh tapi belanja yang saya maksud di sini bukan belanja online di marketplace melainkan belanja kebutuhan dapur di pasar tradisional. Lagipula semenjak menikah, saya nggak terlalu doyan belanja online dan baru mulai tergiur lagi pasca melahirkan. Itu pun belanjanya bukan untuk memenuhi kebutuhan saya saya maupun suami tapi kebutuhan si bos kecil.

Tak heran sih kalau saya suka berbelanja kebutuhan dapur secara sejak masih gadis saya sudah sering menemani mama ke pasar. Sayangnya, empat bulan terakhir ini saya belum pernah injak pasar lagi, karena nggak bisa jauh-jauh dari si bunay bunay nggak bisa jauh-jauh dari nenennya.😅 Jadi untuk sementara urusan berbelanja saya serahkan dulu ke ayahnya.

Memasak

Pekerjaan favorit selanjutnya adalah memasak. Yeay, meski nggak pinter masak tapi saya suka pekerjaan yang satu ini. Rasanya asyik saja bereksperimen di dapur dengan menu-menu baru yang resepnya saya dapat dari mama dan media sosial😅

Sebenarnya saya baru mulai suka memasak setelah menikah, itupun karena suami. Yup, karena suami nggak suka jajan makanan di luar dan saya pun senang liat suami makan masakan istrinya ini yang entah enak atau tidak selalu disantap dengan lahap tanpa sisa sekali pun. So, istri mana gitu yang nggak bahagia liat suami makan masakannya dengan lahap? Apalagi sejak kehadiran si bunay dalam keluarga kecil kami. Makin bersemangatlah saya bereksperimen membuat macam-macam menu MPASI sehat untuk si bunay. Tapi tunggu si bunay lulus ASI Ekslusif dulu ya. In syaa Allaah dua bulan lagi😍


Menyapu

Dibandingkan beres-beres atau bersih-bersih rumah, saya lebih demen dengan pekerjaan di dapur dan kamar saja😅 Saya nggak suka ngepel, nggak suka lap kaca, lap debu-debu yang nempel di buku-buku atau perabotan rumah lainnya, nggak suka pula merapikan apa-apa. Duh, kentara banget yaak saya tipe IRT macam apa🙈 Malah kalau mau dibandingkan dengan suami, doi tuh jauh lebih rapi dan bersih dari istrinya ini. Alamaak.

Well, kalaupun ada pekerjan bersih-bersih yang saya suka ya cuma menyapu. Itu pun sukanya menyapu di dalam rumah saja, nggak suka menyapu di pekarangan, ckckck

Mencuci

Selain suka dengan pekerjaan di dapur dan kamar, saya juga suka dengan pekerjaan di tempat cucian. Entah pekerjaannya itu mencuci piring maupun mencuci pakaian. Tapi saya sukanya sebatas MENCUCI saja yah. Saya ulang nih, MENCUCI saja lho😅

Oke, saya suka mencuci piring tapi saya nggak suka meletakkan piring-piring yang sudah saya cuci ke raknya. Begitupula dengan mencuci pakaian. Saya suka pekerjaan yang satu ini cuma pada bagian menyikat dan membilas doang, tapi kalau menjemur, mengangkat, melipat lebih-lebih menyetrika, itu saya nggak suka pake banget. Aneh ya😮

FYI, saya sekarang mencuci pakaiannya nggak pake mesin, lebih suka mencuci pakai tangan saja. Pasalnya semenjak lewat dari 40 hari pasca melahirkan, mencuci pakaian sudah menjadi pekerjaan saya tiap hari. Nggak sama waktu masih berdua sama suami, saya masih suka numpuk-numpuk pakaian kotor. Kadang sepekan sekali atau duakali baru dicuci pake mesin.

Karena sekarang saya mencucinya tiap hari otomatis nggak banyak pakaian kotor yang menumpuk, jadi saya nggak butuh pake mesin cuci. Apalagi sehari-hari saya pakai daster di rumah dan you know lah daster itu kalau dicuci pake mesin gampang robek. Lebih bagusnya dicuci pakai tangan saja. Iya kan moms?

Nah, karena Ibu rumah tangga sudah jadi profesi saya saat ini jadi mau nggak mau, suka nggak suka, semua pekerjaan rumah tangga selain yang lima itu pastinya harus saya kerjakan dengan segenap hati, namanya juga IRT😄 Kalau pekerjaan rumah tangga yang kalian suka apa saja? Share yuk di kolom komentar.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)