Lima Alasan Mengapa Kamu Perlu Beli Kamera Mirrorless Ketimbang Kamera DSLR, Nomor 5 Paling Greget

By Siska Dwyta - Sunday, December 23, 2018



بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Di era digital ini, kamera sudah menjadi kebutuhan hampir setiap orang. Apalagi kalau berbicara tentang kamera berbodi mungil dengan output yang tak kalah dengan DSLR, siapa sih yang tidak tergiur? Jangankan anak muda yang hobinya jalan-jalan dan eksis di youtube sebagai vlogger serta di instagram meski bukan selebgram, mamah-mamah muda kayak saya pun pengen punya kamera dengan model seperti itu. Yup, kamera yang lagi hits dan jadi tren di kalangan generasi millenilal saat ini adalah kamera mirrorless.

Mungkin, masih ada pembaca kamar kenangan ini yang belum tahu, apa itu kamera mirrorless? Mirrorless sendiri diambil dari kata mirror dan less yang berarti tanpa cermin jadi sederhananya kamera mirrorless ini merupakan kamera tanpa cermin. Lha, emangnya kamera punya cermin ya? Kok saya baru tahu. Iya, jadi ternyata cermin ini ada di dalam body kamera (pantesan nggak kelihatan) dimana fungsinya adalah untuk memantulkan objek ke viewfinder. Keberadaan komponen mirrorbox inilah yang bikin DSLR menjadi begitu gemuk dan berat. Pada kamera mirrorless, komponen mirrorbox dihilangkan sehingga ukuran kamera jenis ini rata-rata lebih ramping dan hampir seukuran dengan kamera pocket, poin&shoot atau compact.

thephoblographer.com via IDN Times
Nah, bagi kamu yang berminat pengen beli kamera dan masih bingung memilih antara keduanya, lima hal ini barangkali bisa jadi alasan kenapa kamu harus lebih memilih kamera mirrorless daripada kamera DSLR.

Ukuran lebih ringkas

Kalau dalam hal kepraktisan, mirrorless ini memang jauh lebih unggul daripada DSLR, karena ukurannya yang tidak gemuk dan tentu lebih ringan. Cocok banget buat kamu yang suka travelling dan tak mau rempong dengan bawaan kamera yang berat. Kamera tanpa mirror ini juga recommended buat kamu yang masih pemula atau ingin serius belajar fotografer. Jadi mau cari objek foto ke mana pun, kamu tidak perlu repot membawa tas berukuran besar. Cukup mirrorless-nya dimasukin ke tas kecil. Simple, kan?

Tersedia berbagai pilihan lensa

Seperti halnya kamera DSLR, mirrorless juga punya kemampuan fleksibilitas lensa yang bisa diganti-ganti, lho. Jadi kamu tidak perlu ragu membeli kamera kekinian ini, karena selain lensa kit (lensa bawaan), masih banyak pilihan lensa dengan berbagai macam merk dan kualitas yang tersedia.

Tapi sebelum memutuskan membeli kamera mirrorless ini kamu sepertinya perlu mempertimbangkan pilihan lensa terlebih dahulu. Kalau merasa cukup dengan lensa kit saja kamu bisa langsung memilih paket body + kit (badan kamera plus lensa bawaan). Sebaliknya, bila kamu tidak tertarik dengan lensa kit dan sudah mengincar lensa merk tertentu ya mending kamu pilih paket body. Paket penjualan ini hanya menyediakan badan kamera, lensanya dibeli terpisah. Harga lensa ini macam-macam ya, ada yang lumayan murah ada pula yang mahal bingit jadi sesuaikan saja dengan budget yang kamu punya.

Hasil gambar tidak beda jauh dengan DSLR

Sudah pasti kualitas mirrorless ini jauh di atas kamera smartphone maupun kamera pocket, kalau mau diadu dengan kualitas DSLR juga boleh. Yup, boleh dibilang kamera mirrorless ini sebelas duabelas lah dengan kamera DSLR. Karena sekarang sudah banyak produsen kameran yang merilis kamera mirrorless dengan kemampuan mumpuni. Salah satunya ya itu dia, dapat menghasilkan jepretan yang tidak kalah dengan hasil jepretan kamera DSLR. Kerennya lagi, dengan kamera mirrorless ini hasil jepretan kamu bisa langsung dikirim ke smartphone lewat fitur WiFi. Praktis sekali, kan?

Kualitas Rekam Video Oke Banget

Selain menghasilkan gambar yang tak beda jauh dengan DSLR, kualitas rekam video mirrorless juga tidak diragukan lho. Terutama bagi kamu yang suka vlogging, kamera mirrorrless ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk menunjang aktivitasmu itu. Tapi pastikan kamu beli kamera mirrorless yang dibekali dengan layar yang bisa diputar 180 derajat.

Harga Lebih Bersahabat

Nah, ini yang paling greget, meski kualitas tak kalah dengan DSLR, harga kamera mirrorless juga bersahabat lho, guys. Coba bandingkan saja dengan harga kamera DSLR. Tidak semua harga bersahabat sih, ada juga kamera mirrorless yang harganya setara dengan DSLR. Tapi bagi kamu yang masih pemula atau baru mau belajar motret, tidak perlu beli kamera mirrorless yang harganya selangit, cukup yang murah dan terjangkau saja. Toh, dengan budget lima jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan kamera mirrorles dengan kualitas yang terjamin. Kalau kamu pengen kepo harga-harga kamera mirrorless yang murah cuss langsung saja ke blibli.com.

Itulah lima alasan mengapa kamu yang masih pemula atau hobi foto-foto perlu beli kamera mirrorless ketimbang kamera SLDR. So bagaimana, apakah kamu sudah menentukan pilihan?😊


  • Share:

You Might Also Like

16 comments

  1. Bener banget, Mbak. Kalau solo traveling juga mending bawa mirrorless, karena semua barang bawaan ditanggung sendiri. Kalai pakai mirrorless bisa agak ringan sedikit.

    ReplyDelete
  2. Kebetulan lagi galau nentuin kamera nih mba. Dan ada nya artikel ini jd membantu banget

    ReplyDelete
  3. Saya masih mengandalkan kamera ponsel aja kemana2. Semoga segera ada rejekinya buat jajan mirrorless.

    ReplyDelete
  4. saya juga masih mengandalkan kamera ponsel dan editor foto di playstore. Terimakasih infonya mb.

    ReplyDelete
  5. Wah menarik infonya. Baru tau ada kamera mirroles
    ..jadi kepengen deh

    ReplyDelete
  6. Pingin beli kamera mirrorless dari dulu. Tapi memang harus nabung dulu. Sambil nabung belajar pake Mobile Camera dulu aja wes. Hahhaa.. ❤️❤️❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  7. Kamera mirrorless? Bisa dikepoin lebih lanjut nih. Trims Infonya, Mba.

    ReplyDelete
  8. Bener mbaa
    Aku beli 2014
    Sampai skrg masih bagus pdhl slalu dibawa ke mana2 hehe

    ReplyDelete
  9. Wah makasih infonya, saya awam banget soal kamera

    ReplyDelete
  10. Fitur kamera di ponsel yang sekarang aja gak pernah dimaksimalin karena gaptek ... Semoga ke depannya ada rezeki buat beli si mirroless ini

    ReplyDelete
  11. wah jadi tertarik nih buat beli kamera mirorless, soalnya kamera pocket udah kalah sama kamera smartphone ya mbak. Mudah-mudahan bisa kesampaian...

    ReplyDelete
  12. Saya sering dengar orang menyebut kamera mirrorless, baru kali ini tau apa yang dimaksud. Lebih kecil dan ramping, enak dibawa-bawa, apalagi hasil jepretannya juga oke. Mudah-mudahan besok-besok bisa kebeli.....

    ReplyDelete
  13. Kudet banget saya. Dlu sempat bingung beda mirrorless dengan kamera pocket digital 😂 Sekarang jadi paham. Makasih infonya, mbak..

    ReplyDelete
  14. Saya juga baru tahu bedanya kamera mirrorless dan DLSR. Selama ini ke mana aja? Hehe 😅

    ReplyDelete
  15. Wish list banget nih kamera mirrorless, lebih ringkas, lebih praktis, dan pokoknya lebih bikin mupene hahaa

    ReplyDelete
  16. Mirrorless lebih ringan dan praktis. Gampang dibawa kemana-mana. Kudu nabung buat kamera mirrorless.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)