Rekomendasi 10 Akun Instagram Buat Calon Ibu

Ada 10 akun instagram yang saya recommendasikan untuk para calon ibu. Mulai dari akun IG @bidankita hingga @dokterapin. Simak selengkapnya di sini. 


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Instagram termasuk platform media favorit yang paling sering saya buka saat ini. Well, dalam sehari saja nggak main Instagram rasanya seperti ada yang kurang. Memangnya apa yang menarik di Instagram? Buanyaak, eh tapi tergantung sih, tergantung akun-akun apa saja yang kita follow. 

Kalau pengen kepoin kehidupan para artis ya silakan follow akun mereka, tapi kalau sekadar pengen ngepoin kehidupan emak rumah tangga yang doyan ngeblog ini, langsung saja gih follow akun IG @siskadwyta 😅

Ngomong-ngomong tentang following, selain akun-akun dakwah, saya pernah demen banget follow akun-akun olshop yang jualan gamis set syar'i. Tak heran kalau following saya didominasi dengan akun-akun bernuansa olshop pakaian akhwat. 

Secara dulu, waktu awal-awal berhijrah saya sempat kena penyakit muslimah kekinian, yang namanya obesistuff (begitu istilahnya mbak Rahma). Suka mengoleksi barang-barang yang biasa dipake akhwat, mulai dari gamisnya yang gembrong, jilbab yang panjangnya melewati bokong hingga kain penutup wajah dengan berbagai model. 

Di instagramlah tempat saya memuaskan hasrat obesistuff itu. Waktu itu saya memang belum tertarik belanja online di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dll. Boleh dibilang, saban hari kerjaan saya dulu cuma pantengin produk-produk gamis set terbaru dari bejibunnya akun olshop yang saya follow sembari memilah milih gamis set mana lagi yang jadi target belanjaan saya saat terima gaji nanti. Padahal berlembar-lembar gamis set yang masih baru alias belum pernah kepake masih numpuk di lemari dan saya sudah berencana belanja online lagi gamis set yang baru.


Oke, kalau menuruti lapernya mata memang nggak ada habis-habisnya. Syukurnya, sekarang ini saya sudah "tobat" dari belanja gamis set online. Bahkan nyaris setahun ini nggak pernah belanja gamis dan jilbab lagi baik secara online maupun offline. Nggak pernah juga minta dibeliin suami gamis set yang baru karena gamis set yang sudah saya beli sebelum menikah dan masih nampak baru karena jarang kepake bahkan ada yang belum pernah saya pake sama sekali masih numpuk di lemari. 

Nah, tantangan hari ke-lima belas ini adalah tentang 10 akun Instagram favorit jadi kita skip saja soal banyaknya akun olshop yang pernah menggoda saya itu, karena sekarang saya lebih tertarik dengan akun-akun di Instagram yang bertema parenting. Jadi, di postingan kali ini saya bakal rekomendasi 10 akun Instagram favorit saya yang recommended banget buat di-follow para calon Ibu.  Lho kok calon ibu?

Rekomendasi 10 Akun Instagram Favorit Buat Calon Ibu

Yap, karena seorang ibu pun butuh ilmu yang sangat banyak, dan untuk mempersiapkan semua itu perlu waktu yang tidak sebentar. Semakin dini kamu belajar  mom to be justru semakin baik lho. Jangan kayak saya yang ketika masuk fasenya baru belajar, ibaratnya seperti kata pepatah tiba masa tiba akal. Duh, jangan! 

Well, harus saya akui, saya menjalani fase mom to be mulai dari hamil, melahirkan, hingga menyusui dengan ilmu yang sangat-sangat minim. Alhasil, meskipun semua fase tersebut berhasil saya lalui dengan lancar namun tidak terlepas dari drama bahkan nyaris trauma. 

Jadi, berdasar pengalaman kemarin, saya tidak ingin para calon ibu di luar sana mengalami hal yang serupa dengan saya. Oh ya, calon ibu yang saya maksud di sini bukan cuma perempuan yang tengah mengandung anak pertamanya, tapi semua perempuan. Baik perempuan yang sudah menikah namun belum dikaruniai momongan, maupun para singlelillah yang tengah berusaha menjemput jodohnya. Karena sejatinya setiap perempuan terlahir sebagai calon ibu, kan?


Lagipula cari ilmu mom to be di era digital ini tidak sulit kok. Terutama bagi kalian yang doyannya main di Instagram. Ternyata selain akun-akun olshop, di Instagram banyak pula akun-akun yang berbagi ilmu parenting secara gratiss lho! Ini juga saya telat tahunya. 

Nah, berikut 10 daftar akun Instagram favorit saya yang  recomended banget buat calon ibu.

@bidankita


Bidan Kita merupakan akun instagram yang dikelola oleh bidan Yessie Aprilia, seorang pakar gentle birth di Indonesia ini. Beliau memang sangat aktif berbagi informasi terkait gentle birth di akunnya ini. 

So, bagi kamu yang masih beranggapan melahirkan itu sakit, yang pernah mengalami trauma pasca melahirkan, yang pengen melahirkan dengan aman, nyaman dan minim trauma, yang pengen melahirkan secara pervaginam setelah sebelumnya sectio atau bahkan yang pengen melahirkan dengan perenium utuh atau yang belum menikah sekali pun, wajib banget follow @bidankita. 

Tapi jangan kaget ya kalau menemukan postingan yang vulgar tanpa sensor di akun ini😅

@parentnesia


Akun ini baru saya follow setelah menyandang status bunda.Telat banget yaak, tapi nggak papa. 

Tidak ada kata telat bagi yang ingin belajar. Nah, ilmu seputar parenting dan tumbuh kembang anak dapat kalian pelajari di akun dengan narasumber para dokter yang bergabung di Parenting Indonesia ini.

@parentalk.id


Selain parentnesia, ada pula parentalk dengan postingan yang lucu-lucu dan imut-imut, hehe. Akun ini juga secara aktif berbagi informasi terkait parenting dengan materi singkat yang dikemas dalam bentuk infografis yang sangat menarik. 

Jadi kalau berkunjung ke akun parentalk ini, kamu bakal disuguhkan dengan postingan-postingan yang begitu memanjakan mata.

@ibupedia_id


Akun selanjutnya ada ibupedia. Akun milik web www.ibupedia.com ini secara aktif berbagi tips yang sangat informatif terkait parenting dan seputar kehidupan rumah tangga. Pastinya dengan follow ibupedia, bekal kamu untuk jadi seorang ibu makin bertambah.

@aimi_asi


Akun ini merupakan akun dari AIMI pusat. Sudah pada kenal kan dengan AIMI? atau jangan-jangan kamu sama dengan saya, pasca lahiran dan setelah mengalami drama menyusui yang menyakitkan, bahkan nyaris berujung pada trauma baru mengetahui kalau di Indonesia ada organisasi yang anggotanya merupakan kumpulan dari ibu-ibu menyusui.

Percaya deh, menyusui itu bukan perkara yang mudah semudah menempelkan mulut bayi ke payudara ibunya. Sudah rasakan sendiri sih jadi bisa bilang kayak gini. Makanya tak heran kalau ada istilah pejuang ASI karena mengASIhi memang butuh perjuangan. 

Nah, kehadiran organisasi seperti AIMI ini dijamin dapat membantu mewujudkan keinginan calon ibu yang ingin memberikan 'makanan terbaik' pada bayinya secara ekslusif. Bagaimana caranya? Silakan follow dan gabung saja di grup FB AIMI.

@id_ayahasi


Ayah Asi Indonesia ini merupakan akun dari sekumpulan bapak-bapak yang mendukung ASI dan mencintai kemasannya😅Mengapa calon ibu perlu juga follow akun Ayah ASI? Yup, karena sukses tidaknya seorang ibu memberi ASI secara ekslusif pada anaknya juga tergantung dari peran seorang ayah, lho.

Nah, untuk tahu bagaimana caranya agar suami atau calon ayah dari anak-anak kamu nanti bisa jadi ayah ASI, bisa kepo langsung di akun ini atau beli buku yang telah mereka luncurkan berjudul ; catatan Ayah ASI. Hmm saya juga penasaran deh dengan bukunya.

@ummikiky


Pemilik dari akun ummikiky ini adalah Rizky Kurniati. Hmm sebenarnya saya agak penasaran mengapa nama akun mbak Rizky ini adalah ummikiky sedangkan nama anaknya adalah Hanami. Ada yang tahu? Hehe

Tapi terlepas dari rasa penasaran itu, saya suka dengan semua tulisan yang ada di akun ummikiky ini. Temanya tidak jauh-jauh dari seputar pernikahan, keluarga dan parenting. Padahal menurut ummi Hanami seperti yang tertuang di bionya, beliau suka nulis yang baper-baper seputar kehidupan ibu, tapi siapa sangka tulisan-tulisan bapernya itu menjelma postingan yang begitu menginspiratif di akun instagramnya. Tak heran bila followers dari founder akun @dialogbunda.id ini telah lebih dari 36k. 

@bukaan.moment


Pengen tahu bagaimana momen di balik melahirkan atau membaca kisah-kisah inspiratif dibalik perjuangan seorang ibu ketika melahirkan buah hatinya? Kepoin deh akun ini. 

For me, bukaan momen yang dikelola oleh mbak Puput, seorang birth fotografer ini bukan sebatas akun yang membuka jasa birth documentary. Lebih dari itu, akun ini penuh dengan momen melahirkan yang begitu indah dan bermakna. 

@dewi.n.aisyah


Kamu juga bisa belajar ilmu parenting dari mom Phd yang satu ini. Lewat akun Instagramnya, penulis dari buku Awe Inspiring ME & Shalihah Mom's Diary ini sering berbagi ilmu sederhana terkait mendidik buah hatinya Najwa (yang kini telah memiliki adik) dengan agama dan cinta lewat cerita-cerita ringan yang menginspirasi.

@dokterapin


Ada lho dokter yang ketika dikunjungi pasiennya bukannya ngasih resep obat, malah ngasih resep berupa pesan seperti pada gambar di atas, "tidak perlu obat apa-apa" bahkan pasiennya disuruh di rumah saja, nggak usah kemana-mana.

Dokter Apin namanya. Sebenarnya saya baru follow akun dokter Apin baru-baru ini setelah tahu kalau ternyata beliau juga adalah seorang blogger. Sekalinya berkunjung ke blog beliau, wah saya langsung terpikat dengan tulisan-tulisan dokter specialis anak yang satu ini. Edukatif banget buat para calon orang tua maupun yang baru menyandang status ortu seperti saya ini.

Demikian 10 daftar akun instagram favorit versi saya yang recommended banget di-follow calon ibu, kalau akun instagram favorit kalian apa-apa saja nih. Share yuk di kolom komentar.

Salam,

9 komentar untuk "Rekomendasi 10 Akun Instagram Buat Calon Ibu"

Comment Author Avatar
Unch ini banget yang aku tunggu, sebagai calon ibu sangat penting belajar jadi ibu sejak dini yah mba, thanks banget nih, bakal follow akunnya 😍
Comment Author Avatar
Tak satu pun dari akun di atas yang saya follow. Mungkin suatu saat akan merekomendasikan akun-akun ini pada seseorang. Thanks.
Comment Author Avatar
Ini bisa jadi rekomendasi untuk ibu-ibu baru, utamanya yang memang mau belajar parenting hihi.

Dan oh iya, saya baru tahu istilah obesistuff hahaha. Saya pernah juga jadi pengidap "penyakit" itu.
Comment Author Avatar
Huaa ... dokter Apin? Apa nama blognya?
Bagus ya macam-macam mi informasi di Instagram bisa kita dapatkan sekarang. Ibu-ibu di Indonesia bisa makin cerdas.
Comment Author Avatar
Kalo buat calon bapak ada gak yah, hehee jd bingung balas apa nih hahaha
Comment Author Avatar
Mantap juga nih semua instagram di atas..Cocok buat emak-emak..Antara 10 IG di atas , semuanya baru saya tau lewat tulisan ini..ntar semua juga bakal saya butuhkan klw sdh berkeluarga nanti.. Link postingan udah saya save di note..Insya Allah 1 hari nanti bakalan bermanfaat..
Comment Author Avatar
informasinya sangat bermanfaat khususnya buat para moms di luar sana hehe. Oh iyya mungkin kak siska juga berminat untuk follow akun ummxabdullah . Seorang ibu yang juga tinggal di London bersama suami, postingan bukan hanya soal parenting tapi banyak juga tentang kajian2 Islam. hehe

oh yah, kok blognya kak siska susah terbuka yah.
Comment Author Avatar
Banyak ya ternyata..dari semua akun di atas, yang saya follow sepertinya baru @parentalk.id , yang lain baru mau saya kepoin nih~

Terima kasih infonya kak :)
Comment Author Avatar
Bagus itu dewi.n.aisyah, memberikan pelajaran dan pengalaman terkait pendidikan anak sejak dini. Itu kan? Haha, sebagai orang tua apalagi Ibu memang seharusnya saling berbagi kisah dalam hal membimbing anak untuk bisa menjadi orang yang hebat nntinya

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.