Pengen Belajar Parenting? Blogwalking Aja, 10 List Blog Ini Recommended Lho

By Siska Dwyta - Wednesday, December 05, 2018


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Kalau kamu lagi suntuk, pengen jalan-jalan tapi malas keluar rumah, mending jalan-jalannya ke Kamar Kenangan saya saja di www.siskadwyta.com ini, hehe. Jalan-jalan ke blog atau istilah kerennya blogwalking merupakan aktivitasnya para blogger. Tapi kalau kamu bukan blogger, no problem. Kamu tetap bisa melakukan blogwalking seperti yang sering dilakukan para blogger.

Tentunya blogwalking bukan aktivitas jalan-jalan biasa yang tidak membuahkan manfaat. Justru sebaliknya, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan blogwalking. Pengen tahu apa saja?

Ini dia manfaat blogwalking bagi kamu yang tidak memiliki blog atau bukan blogger


Dapet belajar blogging secara otodidak

Jadi blogger itu keren lho, tidak percaya? Silakan blogwalking. Barangkali setelah sering blogwalking kamu jadi tertarik pengen jadi blogger juga, hehe atau kamu memang sudah punya niat pengen punya blog tapi bingung, tidak tahu harus memulai darimana. Tenang saja, dengan rajin blogwalking dijamin kamu bisa belajar ngeblog secara otodidak. Well,  saya juga waktu pertama kali bikin blog, belajarnya sendiri. Otodidak. Dari hasil menimba ilmu dengan blogwalking ke blog yang mengulas banyak hal tentang dunia blogging.

Dapat ulasan review berbagai macam produk, buku, tempat dan lain sebagainya yang bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu

Atau kamu pengen beli suatu produk tertentu, pengen cari tahu hotel atau restoran mana yang recommended di kotamu, atau bahkan pengen dapat referensi tempat-tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi, silakan blogwalking. Ada banyak blogger dengan berbagai niche yang menuliskan banyak ulasan review di blognya masing-masing secara jujur berdasarkan produk yang sudah mereka pakai, buku yang sudah mereka baca atau tempat yang sudah pernah mereka datangi. Postingan-postingan review mereka pastinya bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu sebelum memutuskan untuk membeli produk maupun buku atau mengunjungi  tempat tersebut

Dapet banyak pengalaman (ilmu)

Jangan heran kalau kamu blogwalking ke blog personal dan sering menemukan postingan yang berbau ‘curcol’. Yup, rata-rata blogger personal memang doyan menulis postingan seputar kehidupan dan kesehariannya. Tapi jangan salah kira lho! Banyak tulisan-tulisan ‘curcol’ para blogger justru menginspirasi pembacanya. Padahal ide tulisan tersebut hanya berangkat dari pengalaman si empunya blog. Tak salah bila ada ungkapan yang berbunyi “pengalaman adalah guru terbaik”, karena kenyataannya memang demikian. Honestly, saya waktu hamil hingga menjelang HPL kemarin juga suka blogwalking dan baca tulisan-tulisan dari emak-emak atau moms blogger yang hobi mengabadikan momen kehamilan dan persalinan mereka di blog. Dan yah, saya dapat ilmu pregnancy and birth juga dari membaca pengalaman-pengalaman mereka itu. So, banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dengan blogwalking

Well, manfaat blogwalking untuk blogger tentu lebih banyak lagi, tidak perlu saya jelaskan ya, diantaranya adalah;
  • Jadi ajang silaturhami antar blogger
  • Meningkatkan traffik blog (termasuk DA/PA dan pageviews)
  • Promosi blog dan menanam backlink di blog yang kita kunjungi dengan meninggalkan komentar, ini penting banget lho (sayangnya sekarang ini saya masih termasuk tipe blogger yang suka  blogwalking tapi silent reader)
  • Dapat ide dan inspirasi ngeblog
  • Pengusir badmood, jadi kalau lagi badmood menulis ya blogwalking saja. Beneran deh, ini ampuh banget di sayanya
  • Menambah semangat ngeblog
  • Memperluas koneksi
  • Dan lain sebagainya
Setidaknya dengan tahu manfaatnya bisa bikin kamu rajin melakukan aktivitas blogwalking. Lagian ngeblog tanpa blogwalking itu ibaratnya hidup seorang diri di hutan belantara. Jadi nggak ada alasan dong untuk males blogwalking. 

Nah, Selanjutnya pengen tahu saya biasa blogwalking ke blog mana-mana saja nih? Sebenarnya blog yang sering jadi tujuan blogwalking saya buanyaaak sekali. Tapi sekarang ini saya lebih sering blogwalkingnya ke blog yang ber-niche parenting atau lifestyle blog yang ada kategori atau label parenting-nya. Maklum mamah baru yang lagi haus-hausnya dengan ilmu parenting.

So, inilah 10 daftar blog parenting yang saya recommended untuk blogwalking;

  1. Rumah Ketjilku
  2. Bunda Biya
  3. Parenting Bunda Erhysa
  4. Dunia Lingga
  5. Annisast
  6. Celoteh Bunda
  7. Dewi Nur Aisyah
  8. Dokter Apin
  9. Dunia Eni
  10. Natalia Punya Cerita
Dan masih banyak lagi sebenarnya. 

Of course, kamu bisa belajar parenting dengan blogwalking ke 10 list blog di atas yang recommended banget menurut saya. Kalau kamu juga punya list blog parenting yang recommended untuk blogwalking, apa saja nih? Share yuk di kolom komentar.





  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.