Kenangan yang Tersisa dari BPN 30 Day Blog Challenge 2018

by - Wednesday, February 20, 2019

Di penghujung tahun 2018 kemarin saya memberanikan diri untuk ikut tantangan menulis selama 30 hari yang diadakan oleh komunitas Blogger Perempuan Network (BPN). Awalnya, saya tertarik ikut tantangan tersebut karena iming-imingan dapat meningkatkan traffic blog. Apalagi postingan saya di blog waktu itu baru belasan jumlahnya.

Maklum,  selama menjalani masa-masa kehamilan di tahun 2018 kemarin saya kehilangan mood ngeblog, karena efek hormon hamil kali ya *ngeles dan baru semangat melakukan aktivitas blogging setelah melahirkan.

Baca juga : Beginikah Rasanya Hamil

So, lumayanlah kalau saya berhasil menyelesaikan tantangan dari BPN, bisa nambah 30 postingan baru di Kamar Kenangan ini. Walau sebenarnya sempat ragu juga sih, kira-kira bisa nggak ya ngeblog selama 30 hari dengan kondisi saya yang masih new mom. Oh ya waktu itu usia Bunay baru menginjak 3 bulan.


Syukurnya aturan challenge dari BPN nggak ketat-ketat amat. Walau konsepnya sama seperti ODOP (one day one post) yang pernah saya ikuti which is setiap peserta harus mengupdate satu postingan tiap hari selama sebulan.

Sebelumnya saya pernah ikut challenge ODOP yang diadakan oleh komunitas Blogger Muslimah selama bulan November 2017 lalu, tapi aturannya berbeda dengan 30 day blog challenge dari BPN ini. Kalau aturan ODOP versi BM waktu itu memang agak ketat karena tiap hari peserta wajib setor tulisan mesti tetap ada keringanannya juga sih. 

Nah, kalau ODOP (baca : 30 day blog challenge) versi BPN ini peserta tidak diwajibkan setor link postingan setiap hari. Kalau aturannya seperti itu pasti saya sudah tereliminasi dari awal, hihi. Sedangkan waktu ikut ODOP Blogger Muslimah saja, saya nyaris tereliminasi, meski sudah diberi keringanan bisa ambil libur 4 hari. Padahal status saya waktu itu masih jadi Istri Rumah Tangga lho belum jadi Ibu Rumah Tangga. Jadi bisa kebayang dong, menaklukkan tantangan seperti ODOP bukan hal yang mudah.

Baca juga Tantangan Ikut ODOP Blogger Muslimah

Sekilas Mengenai BPN 30 Day Blog Challenge



Aturan dari BPN 30 Day Blog ini membolekan peserta terlambat setor link selama challenge berlangsung. Asal tanggal postingannya di blog disesuaikan dengan tema day yang telah ditentukan. (istilahnya pake sistem back date gitu). Jadi peserta yang tertinggal masih bisa mengejar ketertinggalannya. 

Saya juga merasa sangat terbantu dengan tema yang ditentukan oleh tim BPN. Well. sebagai lifestyle blogger saya memang kadang-kadang masih suka dibingungkan dengan masalah pemilihan tema, saking banyaknya tema yang pengen ditulis, wkwk

Tema BPN 30 Day Blog Challenge

Sekilas tema BPN 30 day blog Challenge pada gambar di atas kelihatan mudah banget ya. Apalagi syaratnya cukup dengan menulis minimal 300 kata per postingan. Tidak perlu panjang-panjang. Namun pada kenyataannya ikut challenge ini memang penuh tantangan, hehe.

Mungkin kalau saya asal menulis atau sekadar mengejar kuantitas postingan di blog saja, gampang! Namun ada kualitas konten yang tidak boleh saya abaikan. Gimana caranya meramu ide sesuai tema, mengumpulkan data, menyusun kata-kata yang menarik, mencari atau mengedit gambar yang mendukung visual postingan, dsb. Tentu, hal-hal yang demikian juga harus saya pikirkan.

Belum lagi ditambah dengan kendala dari luar seperti masalah kondisi, waktu dan hal-hal lain yang tak terduga. Makanya, boleh dibilang ikut ajang menulis seperti BPN 30 day blog Challenge ini gampang-gampang susah. Gampang di awal, susah di prosesnya.

Kendala yang Saya Hadapi saat Ikut BPN 30 Day Blog Challenge

Jujur saja, selama ikut BPN 30 Day Blog Challenge ini saya sering tertinggal 2-3 hari tema jadi lumayan ngos-ngosan juga sih ngejar ketertinggalan tapi alhamdulillaah bisa tiba di garis finish bersama 169 peserta lainnya.

Ya, seperti yang sudah saya katakan ikut challenge menulis  di blog selama 30 hari ini gampang-gampang susah. Gampangnya di awal saja. Pertengahan saya mulai tertinggal satu postingan. Yang tadinya cuma tertinggal satu hari jadi dua hari malah sampai tiga hari. Peserta lain sudah sampai di day 17 eh saya baru mau nulis postingan day 14.

Sempat kelabakan juga sih liat postingan peserta lain sudah jauh dan saya masih di sini-sini saja, huhu tapi yah saya berusaha sebisa mungkin untuk santai. Tidak papa deh telat yang penting saya yakin bisa mengejar ketertingalan.

Setiap peserta pasti juga punya kendala masing-masing saat mengikuti BPN 30 day blog challenge kemarin. Ada yang terkendala karena kesibukan mendadak, mengurus anak, masalah jaringan dan lain sebagainya. Saya pun mengalami kendala serupa that's why saya langganan telat submit link postingan di web BPN. Bahkan karena terlanjur telat jadi kadang saya rapel submit 5-7 link postingan saja sekaligus.

Nah, ada tiga kendala yang paling sering saya hadapi saat mengikut tantangan ngeblog selama 30 hari ini (sampai sekarang malah), yakni ;

Smartphone

Selama ini saya ngeblog hanya menggunakan smartphone. Mulai dari proses menulis, edit, update postingan hingga kegiatan blogwalking, semua-muanya saya lakukan sebatas mengandalkan samsung J5 saya ini. Yah, kecuali kalau harus berurusan dengan edit HTML baru saya terpaksa buka blog via desktop.

Well, sebenarnya ngeblog via smartphone ini bukan kendala buat saya. Malah saya lebih enjoy ngeblog via smartphone ketimbang pake dekstop. Mau menulis pun begitu. Lebih nyaman menggunakan smartphohe daripada desktop. Entah kenapa pula kalau nulis di layar desktop tarian jemari saya nggak selincah saat menulis di layar smartphone. Otak saya juga serasa buntu, haha. Mungkin karena sudah terbiasa nulis dan ngeblog via smartphone kali ya, haha.

Sayangnya, performa samsung J5 yang saya beli dari empat tahun lalu ini sudah menurun. Cepat lowbet, cepat panas, mana chargenya juga sudah rusak. Jadi kebayang nggak gimana saya bisa menyelesaikan tantangan per harinya tepat waktu kalau kondisi smartphone saya saja sudah memungkinkan kayak gini.

Alhasil, waktu itu saya terpaksa selang-selingi menulis di smartphone lanjut di desktop, pindah ke smartphone ulang, lanjut lagi di desktop dan ujung-ujungnya kembali lagi ke smartphone, ckckck. Syukurnya, kendala yang satu ini berhasil saya lewati. Penuh perjuangan memang, hihi.

Lelet

Okelah, saya akui saya termasuk blogger yang nggak bisa menulis cepat. Untuk buat satu postingan saja, kalau bukan karena terpaksa selesainya bisa sampai berhari-hari, berpekan-pekan bahkan bisa sampai setahunan tulisan saya itu mendekam di draft.

Gimana caranya sih bisa menulis cepat? Itu pertanyaan yang sering muncul di benak saya. Yang jawabannya pun sebenarnya sudah saya dapatkan saat ikut kelas menulis. Tulis saja dulu semua ide yang terlintas di otak. Urusan editnya belakangan. Tapi dasar karena saya sendiri bandel, nggak mau ikut saran tersebut, yowes!

Selain itu, saya juga orangnya suka nggak fokus saat menulis. Orang kalau menulis itu mustinya fokus ya biar tulisannya bisa segera kelar eh saya sementara menulis, sambil buka WA, buka FB, buka IG juga. Masih sempat pula blogwalking. Jadi bagaimana tulisan yang saya buat bisa segera tuntas. Syukur pula, kendala lelet ini bisa saya atasi waktu itu. 

FYI, salah satu motif saya ikut challenge tersebut memang karena saya ingin membuktikan sama diri sendiri kalau saya bisa menulis cepat. Minimal satu hari bisa menyelesaikan satu postingan. Malah di hari-hari terakhir itu saya ngebut hingga bisa menyelesaikan 3 postingan dalam sehari. 

Bunay

Waduh, sebenarnya saya tidak ingin mengkambinghitamkan Bunay dengan menjadikan dia sebagai salah satu kendala terbesar yang saya hadapi saat ngeblog. Tapi yah memang begitu kenyataannya. 

Hidup yang saya jalaini setelah kehadiran Bunay tidak sama lagi dengan hidup saya sebelum-sebelumnya. Saat masih lajang mah bebas, waktu luang buat ngeblog masih banyak. Waktu masih berdua dengan suami, sudah nggak terlalu bebas tapi setidaknya masih banyak waktu yang bisa saya gunakan buat ngeblog. Nah setelah punya anak?

Duh, tahu sendiri kan mengurus bayi itu nggak mudah? Penuh drama, hehe. Apalagi selama 24 jam si Bunay nempel terus sama bundanya. Tulisan belum kelar eh dia sudah keburu bangun. Giliran mau kasih bobo' dia, eh saya malah ikut ketiduran. Batal deh nulisnya Jadi yah memang sejak punya baby saya harus pintar mencuri-curi waktu buat bisa me time dengan ngeblog. 

Jadi seperti itulah kendala yang saya hadapi saat ikut BPN 30 day blog challenge kemarin.  Syukur semua kendala itu bisa saya lewati hingga berhasil menjadi salah satu peserta yang lolos menyelesaikan ajang BPN 30 day Blog Challenge.

Kenangan yang Tersisa dari BPN 30 Day Blog Challenge 2018

Ternyata yang saya dapatkan setelah berhasil ikut BPN 30 day Blog Challenge bukan cuma traffic blog yang meningkat. Lebih dari itu. Jadi selain meningkatkan traffic blog banyak hal yang saya dapatkan setelah mengikuti challenge kemarin.

Dan inilah kenangan yang tersisa dari BPN 30 Day Blog Challenge 2018

✔ Jumlah postingan di blog bertambah
✔ Followers IG bertambah
✔ Teman blogger perempuan bertambah
✔ Ilmu blogging ikut bertambah
✔ DA/PA pun bertambah
✔ Dapet penghasilan juga *eh

And speechlessnya tim BPN juga memberikan apresiasi berupa sertifikat dan mercandise yang cakep bingit😍

Merchandise Blogger Perempuan


Merchandise dari BPN

Certificate of Achievement


Certificate dari BPN

Hadiah e-money card dari BPN

Oh ya, ternyata masih ada kejutan lagi dari BPN. Ini juga saya nggak nyangka banget tiba-tiba dapet kiriman lagi dari BPN lewat si Cepat. Dan paketnya berupa amplop


Saya tebak isinya uang dan ternyata benar saya dapat uang dari BPN. Eh maksud saya e-money card. 


Maa syaa Allaah. Blog saya ada yang kunjungi saja saya sudah bahagia banget. Apalagi jika ada yang bersedia membaca tulisan-tulisan dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan ini. Itu sudah lebih dari cukup bagi saya.

Tapi untuk mendapatkan apresiasi yang seperti ini sungguh di luar sangkaan saya.
Terima kasih @bloggerperempuan. Sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari komunitas yang telah memiliki anggota lebih dari 4000 blogger perempuan ini.

#HappyBlogging
#HappyBlogwalking
#SemangatBerbagidanMengisnpirasi





You May Also Like

68 comments

  1. Wah ada e-moneynya juga ya? PUnyaku belum sampai berarti ya #positifthinking. Kemarin gantungannya malah baru aja dipakai sebentar, hpku dijatuhin sama anakku dan gantungan hpnya malah protol. Huhuhu. Duh sedih aku. Tapi aku bahagia bisa ikut ODOP BPN juga, nambah banyak temen dan postinganku jadi beragam. Seperti Mbak Siska juga, aku merasa jadi nambah ide buat nulis di blog aku. Hahahhaa.

    ReplyDelete
  2. Wah aku ikut Mba, tinggal beberapa hari lagi selesai eh aku lahiran jadi gagal menyelesaikan 30 hari kalau ga salah cuma sampai 22 hari gitu hehehe. Memang gabung sama BPN banyak untungnya ya Mba.

    ReplyDelete
  3. Kerennya tawwa menulis blog dapat juga hadiah emoney.

    Btw tujuan ngeblog paling utama adalah membiasakan menulis ide atau pikiran ke sesuatu yg "abadi". Ini penting agar hidup kita bisa terawat dalam catatan.

    Makasih sharingnya yaa

    ReplyDelete
  4. Wah ampun saya kalo 30 hari nulis non stop. saya pernah coba tapi hanya bertahan sampai 10 hari. Salut semangatnya dan salut sama konsistensinya.

    ReplyDelete
  5. Sayang saya gak bisa selesai ikut challenge ini....hiks.... Memang banyak yg didapat dr ikut BPN challenge ya mbak. Bahkan hadiahnya juga keren.... Semoga next aku bisa ikutan lg.

    ReplyDelete
  6. luar biasa bisa menyelesaikan satu postingan setiap selama 30 hari. saya pernah menantang diri sendiri untuk melakukannya dan hanya sanggup sampai pada hari ke 15.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah, selamat ya. Tidak mudah menjaga konsistensi selama 30 hari.
    In syaa Allah akan lebih mudah sekarang menjadikan ngeblog sebagai rutinitas.

    ReplyDelete
  8. Berkembang sekali ini blog. Mantap kk.

    ReplyDelete
  9. Salut sama yang berhasil taklukkan challenge ini, saya minta ampun da ah.
    Menantang diri sendiri saja untuk menulis sekali seminggu na susahnya luar biasa, apalagi setiap hari.Ampun dije...

    Selamat ya sudah bisa menaklukkan challenge dapat hadiah pula.

    ReplyDelete
  10. Selamat ya mbak berhasil menyelesaikan tantangan ngeblog selama 30 hari. Aku gak ikutan waktu itu lagi repot hihihi alasan. Untungnya rulesnya berbeda ya gak mewajibkan share tulisan tiap hari. Untuk menyelesaikan ODOP dipelrukan managemen waktu & niat ya mbak.
    Allhamdulillah dapat merchandisen dari BPN ya, kalau emoneynya aku juga punya mbak waktu itu dikasih pas hadir acara dari BPN juga.

    ReplyDelete
  11. Saya tak ikut tabtabgabbta karena masuk di pertengahan. Ikut juga yang resolusi namun tiada tahu gimana kabarnya, saya saa yang jarang buka situsnya, mana bulan kemarin terlalu sibuk dengan SHST alias ODOP jadio jarang promo, sibuknya jelajah blog dan lakukan kunjungan balik dulu.
    Apakah sudah ada pengumuman siapa pemenang #BPN2018YearinReview jika memang ada?
    Semoga tahun ini saya bisa ikutan tantangan selama 20 hari menulis secara maraton. Duh, saya belum menulis SHST untuk hari ini, sibuk jelajah blog untuk grup, hi hi.
    Sepekan kemarin tak isi blog karena sakit pangkal paha, sekarang sudah membaik dan tak boleh ngheles menunda menulis meski ngantuk dan ada efek obat yang bikin saya pengen bobo saja. Sulit untuk komit itu. Mana sedang bingung mau pilih topik apa dalam keadaan mebnulis malam dan mengantuk, yang ringankah agar tak perlu mikir berat? Baiklah. Rigat deulu jelajah blognya, mau menulis untuk hari ini. Masa bulan ini baru 3 padahal sudah tanggal 20, bolong 17 hari, hu hu.
    Oh ya, Mbak, mug dan gantungan kuncinya cantik. Pun sertifikat dan e-money-nya bikin mupeng. Pengen banget sebagai bahan untuk portofolio. Selamat, ya. Kerja keras Mbak Siska tak sia-sia. Ngeblog itu asyik dan berfaedah.

    ReplyDelete
  12. Wow..tantangannya lumayan berat yah..

    Pengen banget ada juga gerakan blogger cowok terutama di Kota Makassar dalam gerakan menulis seperti ini..

    Diluar dari hadiah, minimal bisa tingkatkan traffic blog dan kenalan dengan bloger cowok yang ada di KOta Makassar.

    ReplyDelete
  13. Keren banget kartu e-money nya ya. Emang didesain khusus untuk blogger.
    Sukses ngeblog terus, Siska!

    ReplyDelete
  14. aku nyesel ga ikutan, tapi emang sadar diri juga sih, takut engga ada waktu buat nulis hehe. wong, tiap pulang kerja langsung tepar, mbak

    ReplyDelete
  15. Hiks jadi sedih nggak tuntas 30 challengenya. Gara2nya berhenti di hari ke sekian dan mau nulis udh numpuk2 tugasnya. Semoga bisa ikutan lagi kl ada.

    ReplyDelete
  16. Kece kak, bisa menyelesaikan tantangan menulis rutin dalam waktu 30 hari, klo diriku masih blum bisa rutin menulis hehe...

    ReplyDelete
  17. Wah jadi pengen ikutan. Seru sepertinya. Selamat ya mba. Memang tidak mudah men-challenge diri sendiri. Semangat terus menebar kebaikan lewat tulisan (n_n)

    ReplyDelete
  18. Wahhh kemarin saya gak sempat ikutaN BPN 30 DAY BLOG CHALLENGE ini :(. Sekarang nyesel deh, mudah-mudahan saat BP bikin challenge lagi saya bisa ikutan

    ReplyDelete
  19. tema-tema tulisannya keren-keren, sayangnya saat itu saya lagi dilanda penyakit malas ngeblog, jadinya gak bisa ikutan deh :(

    Btw, mugnya cantik :)

    ReplyDelete
  20. Kok saya jadi pengen join komunitas blogger peremmpuanya mbak? wkwkwkwkkw

    Komunitas blogger saya udah hiatus/vakum udah 1-2 tahun belakangan ini..

    Enak juga ya mbak, 30 postingnya udah ditentukan temanya.. Yang susah dari nulis itu kan nyari tema ya wkkwkwk kalau saya sih begituuu

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah memang penuh tantangan mba ikut challenge ini. Wah asyik ya dapat emoney. Apa emoney aku belum nyampe ya? Hihihi

    ReplyDelete
  22. Saya juga ikutan nih ODOP BPN, dan Alhamdulillah bisa posting tiap hari tanpa jeda.
    Karena emang waktu itu saya terbiasa ODOP, jadi saya bahkan udah nyelesaikan banyak tulisan yang tayang di beberapa hari ke depan.
    Jadinya ga pernah telat tayang.

    Iya sih, beberapa ODOP Challenge lebih ketat, harus setor tiap hari.
    BPN kemaren yang penting selama sebulan ada 30 postingan gitu aja.

    Namun demikian, saya jadi kenal banyak blogger gara2 ODOP BPN kemarin itu :)

    ReplyDelete
  23. ikutan challenge kayak gitu memang bikin semangat buat nulis ya mbak
    aku sampe skrg kayaknya belum minat ikutan karena gak bisa nulis dalam waktu sebentar. hehe

    ReplyDelete
  24. Wih, saya belum dapat sertifikat sama e-moneynya kak. Caranya gimana ya kak? Duh ketinggalan ini πŸ˜‚ kalau mug sama gantuangan hpnya sudah sampai πŸ˜‚

    ReplyDelete
  25. Gak nyangka yaa ada hadiah tanbahan. Kirain dikirimi surat apaan. Ternyata emoney. Tapi belum saya pakai, soalnya gak tau makainya buat apa. Haha. Saya jg jarang keluar rumah. Hiks

    ReplyDelete
  26. Gak nyangka yaa ada hadiah tanbahan. Kirain dikirimi surat apaan. Ternyata emoney. Tapi belum saya pakai, soalnya gak tau makainya buat apa. Haha. Saya jg jarang keluar rumah. Hiks

    ReplyDelete
  27. Waah mba siska hebat bisa menyelesaikan challenge BPN, saya malah gagal nggak selesai, kendalanya hampir sama sih karena saya juga ngeblog pakai hape, lalu ada dua bocah juga yang selalu ngerecokin tiap emaknya pegang hape, dan kalau malam sudah capek banget, hahaha halesaan banget ya

    ReplyDelete
  28. Saya juga ikutan mbaa.. waktu akhirnya sampai di hari terakhir rasanya plong luar biasa yaa, kaya berhasil menang apa gitu hahaha.. yang jelas kedisiplinan dalam menulis jadi meningkat, jadi nggak suka nunda-nunda ngeblog lagi :)

    ReplyDelete
  29. Pasti bikin tambah semangat ngeblog y mba aku masih kurang semangat nih one day one post msih bnyk alasan,

    ReplyDelete
  30. Keren banget sih kak bisa selesai ikut tantangan ODOP huhu aku belum kuat sih soale banyak urusan dan kesibukan juga. Btw mupeng sama mugnya hihi.

    ReplyDelete
  31. Salut banget deh bisa konsisten ikutan sebulan full.. dan ngeblognya pakai handphone.. wow banget mba.. aku belum bisa ngeblog pakai handphone hiks manja banget deh.. dan banyak keuntungan ya mba dari ikutan challange dari BPN semoga tahun depan aku bisa ikutan.. aamiin

    ReplyDelete
  32. MasyaAllah berkah ya Mba Sis, aku juga dapet gelasnya dan gantungan henponnya
    tapi aku gagl ikutan yang dapetin emoney ini karena ketinggalan inponya Semoga kita selalu ssemangat ngeblog

    ReplyDelete
  33. MasyaAllah keren banget tuntas dapat hadiah lg. aku gak tunntas huhu sedih. tp gak mau bikin alasan krn cuma kurang konsisten aja aku nya

    ReplyDelete
  34. wihh ... two thumb up deh buat mbak Siska. saya berhenti diawal mbak, karena beberapa waktu saya ke luar kota dan ada DL yang harus saya kerjakan dalam waktu bersamaan. ya itu tadi ya, kadang anak deh jadi kambing hitam hehhee

    sekali lagi, salut dan turut bahagia dengan pencapaian mbak saat ikut 30 day challenge. moga akhir tahun, saya beneran bisa ikutan lagi dan gak mogok di tengah jalan.

    ReplyDelete
  35. Tuh kan bener. Tidak ada kerja keras yag sia sia. Meski awalnya sempet mengjadapi beberapa masalah tapi akhirnya bahagia jmugka kaaannn

    ReplyDelete
  36. Saliim....
    **biar ketularan keren kaya kak Siska

    Punya beibi tapi masih bisa konsisten nulis.
    Barakallahu fiik.

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah tuntas ya tantangan 30 days challenge dari BP. Saya di minggu awal udah keok hihiii... kurang konsisten nih ngeblognya.

    ReplyDelete
  38. Aku pun bahagia waktu bisa menyelesaikan tantangan BPN kemarin. Bangga juga aih bisa mengalahkan rasa malas, hihii

    ReplyDelete
  39. kalau ada lagi pengen juga ikut ahh..

    ReplyDelete
  40. Ngeblog dari HP keren banget mbak. Kok aku ga bisa yah, ga nyaman dan leluasa. Enaknya pake laptop aja, kendalanya selama ini mood dan rasa malas wkwkw padahal kalo niat itu 1 tulisan 2jam juga selesai *kalo lagi rajin ato deadline

    ReplyDelete
  41. dari smartphone ?
    Makkk

    You cool !

    keren abis

    aku yang ikut dan nulis dari laptop akhirnya stuck di hari k 8 kalau nggak salah

    Keep writing ^^ salam kenal yaa

    ReplyDelete
  42. Hebattt bisa ngeblog dari hape, Saya ga bisa, bawaannya mau buka aplikasi lain terus hahahaha btw, bagaimana dengan trafik blog Setelah ikutan ODOP ini, Ada penambahan, melonjak atau b aja?

    ReplyDelete
  43. Akutuh ngerasa salut banget sama yg ikut ini. Keren banget sih bisa nulis tiap hari. Aku susah banegt soalnya

    ReplyDelete
  44. Selamat ya, Mba. Saya mah keok di pekan pertama. Maklum, saat itu lagi di kampung dan sering ada urusan yang bikin acara menulis menjadi terganggu. Mudah-mudahan di challenge berikutnya, saya juga bisa ikutan.

    ReplyDelete
  45. mba salut banget bisa sukses ikut challenge nya. aku udah mandek di hari keberapa gitu hahaha you deserve the gifts! :D

    ReplyDelete
  46. Waaah selamat ya mba pastinya pengalaman yang seru dan tak terlupakan y. Salah satunya pengalaman menantang diri sendiri untuk bisa mencapat target yang ada. Keren

    ReplyDelete
  47. aku ndak sanggup kemarin nulis smape 30 hari, cuma sehari saj haha.salut mbaknya konsisten wuwuwuw

    ReplyDelete
  48. Kereeenn deh Mbak, bisa menaklukkan tantangan ODOP BP kemarin, apalagi sambil ngurus bayi gitu pasti tantangannya jadi luar biassaaa. :)
    Dan saya jadi ngiri lihat teman2 yg ikutan itu, seandainya kemarin saya jg bs membunuh rasa malas dan mau untuk bangkit ikut mengambil tantangan ini pasti ada rasa puas tersendiri bisa jadi bagian dari challenge ini. Hikss, sudahlah, moga tahun ini ada challenge seperti ini lagi dari BP :)

    ReplyDelete
  49. wah..ikutan juga ya mbak. Aku ikutan juga mbak dan memang banyak keuntungannya yaitu tulisan di blog makin meningkat hehehehe..btw, aku belum dapat e-money nya euy heheheh

    ReplyDelete
  50. Waa mba Siska ikutan juga ya hihihi .. BPN 30 day challenge juga merupakan titik balik ku buat ngeblog lagi mba, setelah ada challenge itu entah kenapa aku jadi semangat nulis

    ReplyDelete
  51. Aku gagal kurang 3 artikel, mb. Sakit karena kecapekan pasca melahirkan nekat ikut hehe, plus pas dikasih rejeki DL. Selamat ya mb sudah goal 30 hari menulis

    ReplyDelete
  52. waaaaa kita sesama alumni BPN 30 Days Challenge nih mbaaaa, emang membiasakan menulis tiap hari itu gak gampanggg, tapi begitu bisa menuntaskan itu berasa keren, xixiiii

    ReplyDelete
  53. Hai Siska. Keren ih kamu bisa melakukan BPN challenge sampai selesai. Aku ikut tapi berhenti ditengah jalan hahaha. Semangat terus ya.. semakin keren km ngeblognya

    ReplyDelete
  54. bagi blogger dengan niche personal memang sangat menantang challenge ini, selamat ya mba bisa menyelesaikan full 30 post, keren

    ReplyDelete
  55. masyaAllah, hebat mbak bisa konsisten nulis blog untuk challenge bpn 30 days ini.. aku juga ikutan mbak, tapi fail di minggu pertama, haha.. selamat ya mbak ^^

    ReplyDelete
  56. aduuuhhh saya malah pas terakhir itu ndak isi nama lagi untuk daftar kalau sudah lengkap. taunya hdiahnya banyak tau,nyesal deh

    ReplyDelete
  57. Seru ya, Mbak bisa ikutan BPN challenge dan jadi salah satu pemenangnya. Selamat, baarakallah :) Saya ikutan juga tapi ga bisa nyelesaikan. Hiks...

    Btw, ada yang sama nih dg saya yaitu ngeblognya via hape plus tugas utama sekarang sih ngemong si baby :)

    ReplyDelete
  58. Challenge yang membawa berkah ya mbak😊😊. Hehe.. selamat bisa berhasil lolos. Semoga semakin sukses

    ReplyDelete
  59. Alhamdulillah akhirnya sukses Juga ya Siska walau pun banyak kendala tapi tetap istiqomah. Semoga makin semangatttt yaaa

    ReplyDelete
  60. Wahhh yang 30 hari menulis itu yaa, ada yang di blog ada yang di Instagram, rame bngettt, kapan ya diadakan lagi

    ReplyDelete
  61. Hihi aq cuma separo mb. Btw sukses yaa ODOP nya...mupeng mug nya bisa bikin kopi buat melekan...��

    ReplyDelete
  62. Aku ikut juga...tp ga lolos...huhu..syedih...

    ReplyDelete
  63. Cie... selamat ya mbak udah berhasil nyelesaiin challenge BPN. Turut seneng deh. Aku sendiri awalnya pengen ikut eh ternyata buat BPN, jadinya terpaksa tidak bisa ikut deh, haha. Tapi kalau aku sendiri lebih enak lewat laptop deh, tiap orang tapi memang punya cara masing-masing. Kalau lewat hp menurutku agak lama gitu mbak, rasanya kayak susah gitu mau nulis cepat. Edit juga rada susah karena kecil, hehe

    ReplyDelete
  64. Wah keren deh mbak bisa nulis selama 30 hari , sukses terus ya mbak

    ReplyDelete
  65. Wah keren sekali sebagai mama muda berhasil menyelesaikan 30 days challenge dari BPN.
    Tetap konsisten dalam ngeblog ya Kakak.
    Aku masih newbie dan berharap bisa kayak kakak. :)
    Hehe...

    ReplyDelete
  66. Senang ya mb..bisa sukses ikut tantangan 30 days challenge,,,SElamatttt ....
    saya juga nyamannya pake smartphone nih mbak.

    ReplyDelete
  67. Inovasinya bagus, patut dicoba nih. Apalagi temanya juga bagus-bagus. Salut juga sih, cerita ngeblog di Smartphone. Saya jadi malu. Yang banyak alasan pas laptop rusak ngga bisa ngeblog~

    ReplyDelete
  68. Saya juga bikin challenge sendiri mbak. Pake promptlist tentang ArtBlog. Hahaha.. Meski ngos-ngosan harus tetap semangaat 🀭🀭🀭🀭

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.