Berawal dari Blogwalking Bersama Estrilook, Jadi Tahu Begini Cara Copy Paste Teks di Facebook Tanpa Aplikasi

By Siska Dwyta - Monday, February 18, 2019



Saya sudah lama tidak menginstall aplikasi facebook di smartphone. Facebook lite yang merupakan versi ringan dari applikasi facebook utama pun tidak saya gunakan. Salah satu alasannya karena memang minat saya terhadap facebook sekarang ini tidak lagi seperti dulu.

Kalau dulu mah bisa dibilang saya tipe facebooker yang maniak. Sedikit-sedikit buka facebook. Tidak pagi, tidak siang, tidak malam, kerjaannya facebookan doang. Rajin update status. Doyan pantengin status teman-teman yang muncul di beranda. Hobi juga stalking profil orang di wall-nya. Ups!

Dulu itu, sehari tidak buka facebook saja rasanya ada yang kurang. Ibarat sayur tanpa garam. Hambar rasanya. Lha sekarang, biar sepekan bahkan sampai berbulan-bulan tidak buka facebook pun tak masalah. Eh tapi aktivitas yang saya geluti sebagai blogger saat ini tidak lepas dari media sosial jadi mau tidak mau ya saya harus tetap rajin buka facebook.

Selain minat yang menurun drastis, alasan utama saya memutuskan tidak lagi menggunakan applikasi facebook adalah karena kapasitas memori penyimpanan smartphone saya yang full alias tidak cukup. Sebenarnya saya bisa saja mengosongkan memori yang sudah full itu dengan memindahkan sebagian data di kartu memori ke notebook atau membeli kartu memori dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Sayangnya sampai detik ini saya belum sempat melakukan satu dari kedua opsi tersebut jadi ya sudahlah. Saya terpaksa harus meminimalkan penggunaan applikasi di smartpone. Hanya applikasi yang saya rasa penting dan butuh yang saya instal.

Facebook juga penting sih, tapi karena hanya pakai aplikasi ini sesekali (sesuai kebutuhan) so i think cukup bukanya lewat browser saja. Maka semenjak tidak install applikasinya, saya selalu buka facebook lewat web chrome.

Blogwalking Via Facebook

Kalau kamu blogger, pastinya kamu tahu dong kebutuhan saya buka  facebook buat apa? Yup, untuk membagi link postingan baik di wall sendiri maupun di wall grup komunitas blogger. Ada banyak grup komunitas blogger lho di facebook. Tinggal pilih saja mau join atau tidak. Kalau saya pribadi sih, suka join dengan banyak komunitas blogger karena manfaat yang saya dapatkan juga banyak.   

Honestly, blog saya nggak bakal seperti ini kalau saya nggak gabung di komunitas. Jadi kalau kamu juga pengen blog ramai, nggak jadi sarang laba-laba, banyak yang kunjungi, banyak yang ikuti, gabunglah dengan komunitas blogger. Kalau kamu pengen tahu saya bagian dari komunitas blogger apa saja, silakan intip di side bar, hehe.

Setiap komunitas blogger umumnya mempersilakan para member menyetor atau membagi link postingan langsung di wall grup atau dengan mengisi komentar di postingan khusus untuk setor link yang diupdate oleh admin. Tergantung peraturan masing-masing komunitas ya.

So, ini nih salah satu manfaat gabung dengan banyak komunitas. Kita bisa bagikan link postingan ke semua grup komunitas blogger yang dimasuki. Semakin banyak link postingan dibagikan tentu semakin membuka peluang orang'orang berkunjung ke blog kita which is dapat meningkatkan traffic blog. Namun hati-hati ya jangan sampai kebabalasan.

Masalahnya, aturan facebook sekarang lumayan ketat. Terlalu sering share link di facebook apalagi dengan caption yang sama bisa dianggap spam. Malah ada teman blogger saya yang link blognya sampai diblokir sama pihak facebook tanpa alasan yang jelas. Ya, mungkin saja alasannya karena itu dia, terlalu sering share link sampai dianggap spam.

Saya juga sudah beberapa kali dapat teguran dari pihak facebook. Postingan saya dianggap melanggar aturan komunitas. Duh, padahal saya cuma share link doang. Itu pun bukan link abal-abal, tidak mengandung konten hoax, pornografi ataupun isu SARA tapi tetap saja dianggap pelanggaran. Untungnya tidak sampai diblokir. Jadi sekarang ini saya lebih waspada saja sih kalau mau share link di facebook.

facebook,  postingan, spam, pelanggaran
Notif beberapa postingan saya di facebook doanggap spam
Ngomong-ngomong soal blogwalking via facebook (baca; blogwalking lewat link yang didapat dari facebook) apalagi nggak pake applikasi memang agak ribet. Makanya alasan ini juga yang bikin saya rada malas blogwalking via situs jejaring sosial yang satu ini. Lebih enak blogwalkingnya via Whatsapp saja. Eh tapi lebih enak lagi ikut setor link di komunitas yang punya peraturan khusus untuk blogwalking.

Jadi rata-rata komunitas blogger yang ada di facebook mempersilakan kita bebas setor link postingan di wall grup tapi tidak ada aturan khusus yang mewajibkan kita untuk blogwalking. Paling aturannya cuma mensyaratkan untuk setor link postingan harus sesuai dengan tema hari yang ditentukan atau dengan memakai hastag tertentu.

So far, kalau kita setor link ke grup yang aturannya bebas seperti ini paling sebatas menaikkan page views namun itu pun jumlahnya tidak seberapa. Kecuali kalau kamu tipe blogger yang rajin blogwalking atau konten yang kamu buat bisa nangkring di page one google. Tapi kalau kamu tipe blogger yang sudah nggak paham SEO dan cuma rajin setor link tapi malas blogwalking atau cuma rajin blogwalking tapi ogah meninggalkan jejak yah jangan harap traffic blogmu bisa meningkat secepat kilat. Di dunia blogger pun tidak ada yang instan, guys.

Nah, beda hal bila kamu rajin ikut setor link di grup yang punya peraturan wajib untuk blogwalking. Kalau aturan seperti ini mah jelas. Blog kamu pasti dikunjungi sama semua member yang ikut list blogwalking. Malah adanya aturan wajib blogwalking ini bukan cuma menambah page views namun juga menambah jumlah komentar di blog kamu. Sejauh ini sih saya baru kenal dua komunitas blogger yang punya aturan demikian.

Pertama, komunitas Blogger Energy. Yap, setahu saya komunitas yang berdiri sejak tanggal 9 Agustus 2012 ini merupakan komunitas pertama yang punya aturan khusus; mewajibkan blogwalking dengan meninggalkan komentar sesuai topik (No OOT) bagi setiap gyerz (baca ;  member) yang ikut promo atau setor link. Waktu itu (sekira tahun 2013-2014) saya rajin banget ikut promo di BE, that's why  blog ini pernah ramai dengan komentar para gyerz.

Sayangnya memasuki tahun 2015 saya mulai hiatus ngeblog so jangankan buat aktif di BE, blog saya saja nggak keurus. Sekalinya aktif kembali ngeblog eh malah BE-nya yang tidak lagi seeksis dulu. Meski demikian program promo blogwalking BE masih berjalan sampai saat ini kok. Cuma sudah pindah ke WAG BE. Jadi bagi kamu yang berminat pengen ikutan blogwalking bareng gyerz BE boleh banget tapi pastikan kamu gabung dulu ya di BE dengan join di grup facebooknya. Setelah itu baru deh kamu bisa join di WAG BE dan ikut promo wall bersama kami.

Komunitas kedua yang memiliki aturan blogwalking kurang lebih sama dengan BE adalah Estrilook Community. Komunitas yang mayoritas membernya adalah perempuan ini masih terbilang baru. Umurnya bahkan belum genap setahun tapi sudah produktif banget. Apalagi dengan program andalannya yang satu ini; blogwalking!

Blogwalking Bersama Estrilook Community

Program blogwalking bersama Estrilook dibuka setiap hari Senin dan Kamis pagi oleh admin sekaligus foundernya sendiri, mbak Muyass. Program ini sudah berjalan beberapa bulan (saya kurang tahu berapa bulan persisnya) namun saya baru mengikutinya dua bulan terakhir ini. Itu pun tidak setiap kali jadwalnya dibuka karena saya pernah telat ikut list pernah pula telat menyelesaikan blogwalking tepat waktu.

Kalau telat list ya otomatis saya nggak bisa ikutan drop link karena sudah full kuota. Member yang boleh ikutan list blogwalking bersama Estrilook dibatasi jumlahnya. Waktu baru gabung sih Estrilook cuma menerima 15 kuota tapi sekarang tepatnya semenjak dimulai SETIP anggota komunitas ini semakin bertambah banyak sehingga kuota yang boleh ikut list blogwalking pun ditambah 5 menjadi 20 kuota. Malah masih dibuka batch 2 untuk peserta yang ketinggalan ikutan list blogwalking di batch 1.

Baca juga Pengen Konsisten Ngeblog? Yuk, Ikutan SETIP Bareng Estrilook

Kenapa kuotanya dibatasi? Ya kali, jika tidak dibatasi bisa-bisa member yang ikut drop link membludak. Misal nih yang ikut drop link sekira 100-an. Apa kamu sanggup blogwalking ke link postingan sebanyak itu dalam jangka waktu kurang dari 2x24 jam? Baru blogwalking ke 20 link saja saya sudah ngos-ngosan apalagi lebih dari itu.

Peraturan Blogwalking bersama Estrilook
(tampilan mode data)
Sementara kalau telat blogwalking ada sanksinya. Kita tidak diperkenankan ikut satu kali blogwalking. Misal nih kita ikut jadwal BW hari Senin tapi sampai hari Kamis kewajiban BW kita belum done ya kita nggak bisa ikut BW pada hari itu. Kita harus segera menuntaskan kunjungan baru bisa ikut BW pada hari Senin berikutnya. Untuk lebih jelasnya mengenai peraturan blogwalking bersama Estrilook kamu bisa perhatikan gambar di atas.

Nah, karena ikut blogwalking bersama Estrilook inilah akhirnya saya tahu cara copy paste teks di facebook tanpa aplikasi alias mengunakan web chrome android.

Begini Cara Copy Paste Teks di Facebook Tanpa Applikasi

Tentu mudah melakukan copy paste teks di facebook dengan menggunakan aplikasi utama atau lewat browser via dekstop. Karena penasaran apakah bisa copy paste teks via facebook lite saya akhirnya donwload aplikasinya (saat masih otw menyelesaikan postingan ini) namun setelah coba ternyata tidak bisa.

Untung saja saya sudah menemukan cara copy paste teks di Facebook lewat web android. Itu juga karena ikut blogwalking bersama Estrilook (baca peraturan no. 7 dan 8). Yup! Jadi aturan blogwalkingnya itu pake list, otomatis kalau mau ikut drop link kudu copy paste dulu list sebelumnya.

Nah, saya sempat galau dan pusing nih dengan aturan yang seperti ini pasalnya waktu itu saya belum tahu bagaimana caranya copas via web android. Jadi beberapa kali ikut blogwalking bersama Estrilook saya cuma minta tolong saja sama teman-teman yang lain buat copasin link postingan punya saya. Syukur banyak yang mau nolongin eh tapi saya nggak enak juga sih, masa' tiap kali mau ikut BW musti minta tolong mulu. Alhasil pernah sekali saya coba copas listnya lewat web notbuk. Well, copasnya berhasil namun setelah itu saya malah ditegur karena hasil copasan saya bikin semua link yang ada di list BW jadi error. Alamaak.

So, bagi kamu yang pengen ikutan blogwalking bersama Estrilook atau pengen copas teks apapun di facebook namun kondisinya sama dengan saya (tidak pake applikasi atau pake applikasi facebook lite) kamu bisa lakukan cara ini ;

Masuk ke Akun Facebook via web browser android

Silakan log ini ke akun facebook kamu via web browser android. Bisa pake chrome, internet explorer, dsb. Kalau saya lebih suka pake chrome saja.

Alihkan ke Mode Gratis

Peraturan Blogwalking bersama Estrilook
(tampilan mode gratis)
Setelah log ini, pastikan tampilan facebook kamu berada pada menu gratis. Jika tampilannya masih mode data berarti kamu harus alihkan dulu ke mode gratis.

Silakan Copy Teks yang Kamu Inginkan

Copy teks dengan tampilan facebook berada pada menu gratis
Kenapa tampilannya harus mode gratis? Ya, karena ternyata copy teks di facebook lewat web hanya bisa dilakukan saat tampilan facebook kita berada pada mode gratis.

Kembali ke Mode Data

Setelah berhasil copy, kamu bisa langsung paste sih. Cuma kalau teks yang dicopy dalam bentuk list sebaikny kembali dulu ke mode data karena hasil paste pada mode gratis tidak teratur.

Paste Teks yang Telah Kamu Copy Sebelumnya

Berhasil copy paste list blogwalking bersama Estrilook
Setelah kembali ke mode data silakan paste teks yang kamu copy sebelumnya dan hasilnya ta ra ra. Akhirnya saya berhasil copy paste sendiri link yang saya setor saat ikut blogwalking bersama Estrilook.

Bagaimana, sederhana banget caranya, kan? Jadi nggak usah galau ya, meski buka facebook tanpa aplikasi kamu tetap bisa copy paste teksnya kok. Tapi ingat jangan gunakan cara ini untuk copy paste tulisan orang lain di facebook tanpa menyertakan sumber ya. Daripada copy paste tulisan orang lain, mending ikutan list blogwalking bersama Estrilook, yuk. Bikin tulisan kamu di blog trus drop link kamu setiap hari Senin dan Kamis di Grup FB Estrilook Community.

Semoga postingan ini mencerahkan. Happy Blogwalking.

Salam,

@siskadwyta





  • Share:

You Might Also Like

55 comments

  1. Okeoke cukup bermanfaat, tapi aku udah bukan user FB lagi sih haha. Btw Estrilook itu grup bloggee apa ya?

    ReplyDelete
  2. Ketika menjadi bloger udah gak sesederhana dulu... Sekarang udah mesti banyak BW biar blog rame dan DA/PA naik. Tapi koq saya baca postingan ini, rasanya ribet banget yaa, hehe...

    ReplyDelete
  3. kok sama yah? saya juga sudah jarang buka facebook. saat ini lebih memanfaatkan facebook page untuk membagikan tautan postingan blog.

    ReplyDelete
  4. Intinya ngasih tahu cara copy paste tapi bisa sepanjang itu ya postingannyaaa hihii.. saya sudah jarang share link di Facebook, dulu sering tp blm pernah dpt notif spam. Skrg Facebook mulai ketat yaa

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu komunitas Blogger Energy dan Estrilook ini. Sepertinya anggotanya, dari nama-nama di atas baru 1 - 2 yang saya pernah berinteraksi di FB. Memang ya, kalau mau makin berkembang blognya perlu untuk sama-sama saling blog walking begini.

    ReplyDelete
  6. Wah, baru tau nih caranya..langsung saya coba setelah baca tulisan ini.

    Saya juga sering bagikan link ke facebook dan blogwalking..Sambil belajar SEO juga..share link, BW dan Seo..ketiga-ketiganya saya jalakan untuk naik DA blog.

    ReplyDelete
  7. Saya salut sama pemilik Estrilook ini, Mbak Muyassaroh. Orangnya juga humble dan sederhana tapi semangat menulisnya luar biasa. Saya sering komunikasi sama beliau dan sudah gabung di grup estrilook fb, tapi belum pernah ikut program-programnya. Ku tak sanggup bw banyak-banyak hehehe..

    ReplyDelete
  8. Blogging sudah tidak sesimpel dulu hahaha. Tapi ya memang sih, apalagi orientasi ngeblog juga beda-beda mi. Tapi berkat grup WA AM saya jadi datang ke blog ini deh. Ya kan? Haha

    ReplyDelete
  9. Baru tau mb
    Jadi harus ke mode gretogan dulu yak
    Oke noted
    Makasihh
    Trua makasih juga info blogger energi
    Saya langaung cuz join hehe
    Informatif bgts
    Sukses terus mba

    ReplyDelete
  10. Jiaahhh.., harusnya saya baca ini dulu baru setor link.. Hahaa..
    Hari ini ceritanta ikutan BW pertama kali. Daan, fb saya pakai FB lite. Nggak bisa dong di copas. Sudah coba buka lewat browser tetap nggak bisa. Akhirnya uninstall fb lite, kembali pakai fb biasa. Hehee..
    Terima kasih mbak, akan sy coba..

    ReplyDelete
  11. Ternyata saya nggak sendirian, yang nggak instal aplikasi FB di hape 😃

    Tapi ya juga sih, saya baru tau nih cara copas teks seperti ini. Tar bisa dicoba.

    Ya walaupun nggak ikutan setor link sih ✌

    ReplyDelete
  12. Ooohh, pantesan saya mau copas gak bisa mbak, kudu pakai lepi. ternyata begini, hihi. Makasih infonya mbaakk...

    ReplyDelete
  13. Bisa dicoba nih, saya juga pake fblite, klo pake FB yg biasa kuotanya besar banget, TFS ya mba :)

    ReplyDelete
  14. keuntungan mengikuti BW itu emang banyak ya mbak, selain meningkatkan kunjungan, kita pun juga dapat inspirasi. semangat selalu mbak

    ReplyDelete
  15. Wah, baru tau saya mbak ternyata harus pake mode gratis dulu ya

    Selama ini saya lumayan rempong ikutan bw untuk copy paste ini jadi harus ganti ke mode desktop dulu, lama prosesnya

    Dengan begini kayaknya lebih mudah ya mbak, terimakasih banyak informasinya

    ReplyDelete
  16. Iya bener mba, saya tadi baru hapus aplikasi fb karena hp full, memori fb besar banget. Terus sisa memori aku pakai buat update aplikasi IG.

    Btw, cara mengubah fb via browser ke mode gratis gimana ya? Kok di aku yg pakai provider Three nggak muncul?

    ReplyDelete
  17. Dengan ikut Blogwalking serasa mengenal teman-teman blogger, walau hanya lewat tulisan. 😊

    ReplyDelete
  18. Dulu awal2 punya fb suka banget bolak balik update status dan foto. Tapi kini jadi bosan update atatus dan foto di fb. FB lebih banyak saya manfaatkan untuk kebutuhan blogging. Share link blog, share foto blogger gathering... Itu saja. Dan manfaat gabung komunitas blogger itu banyak banget ya mbak. Termasuk dapat informasi seputar ngeblog salah satunya jadi tau cara copas teks di fb. TFS ya mbak.

    ReplyDelete
  19. Aku masih lumayan sering buka FB, tapi cuma baca2 aja sih, jarang update status hehe. Ikut group blogwalking selain untuk menaikkan view postingan juga bermanfaat menambah teman ya, jadi makin banyak kenal teman blogger lain.
    Happy blogwalking!

    ReplyDelete
  20. Blogger Energy dan Estrilook wah ini bagus banget mba apalagi menaikkan DA yang turun hari ini. Btw caranya mudah juga, aku mau ikutan mbak. Thanks ya infonya mbak siska.

    ReplyDelete
  21. Baru tau ada grup BW juga di FB, biasanya kan cuma setor link di FP Komunitas atau Grup aja, habis pasrah di BW atau engga hahaa. ASik nih kalau sudah grup khusus BW juga :)

    ReplyDelete
  22. Masalahnya mode gratis cm pas pake m3. Seringnya data saya pakai tri jd gak bs mode gratis. Gak bisa copas. Alhasil minta bantuan ajah. Hehe

    ReplyDelete
  23. Wah saya baru tahu ttg komunitas ini.. ohiya sih, saya sdg lama gak aktif di FB..hehe.. TFS ya..kpn2 mo cobain juga..

    ReplyDelete
  24. kalo saya kayaknya belum bisa mencopot aplikasi facebook dari smartphone deh soalnya belum sanggup rasanya dalam sehari gak buka FB, hehehe. Walau jarang update status, tapi saya lumayan aktif komen-komen di status yang dibagikan teman :)

    ReplyDelete
  25. Ternyata lumayan mudah yaa cara copy link-nya. Saya belum merambah ke grup blogwalking di FB nih, untuk sementara ikutan grup blogwalking di WA saja :)

    ReplyDelete
  26. tos dong mbak.
    aku pun udah lama banget nggak liat facebook.
    buka facebook kalau lagi inget aja, paling 1x dalam 2 minggu, hehehe.


    boleh nih ikutan grup Estrilook Community, makasih infonya ya mbak... :D

    ReplyDelete
  27. oh harus pakai mode gratis ya baru bisa copas :D saya baru tau. Tapi gak berlaku kalau pakai wifi mungkin ya :D gak ada pilihan mode gratisnya hehe

    ReplyDelete
  28. Aku malah jarang buka fb skr, cuam sesekali share link aja di wall fb tapi gak semua postingan aku share ke sana.
    Wah list paling atas ada Grandys:)

    ReplyDelete
  29. Estrilook di Facebook ya . Mpo jadi lihat deh di Facebook . Ternyata Mpo sudah gabung. Alhamdulillah

    Akan tetapi Mpo belum ikutan BLogwalking.

    ReplyDelete
  30. Wah makasih kak, info nya bermanfaat banget nih. Biasanya emang banyak tulisan yang bagus-bagus di FB dan pingin banget si copy dan di share tapi gak bisa :(

    ReplyDelete
  31. wah baru tahu nih mbak tipsnya BTW mbk grup Estrilook grup apa mbk hehhe kepo

    ReplyDelete
  32. Wah, ada juga cara copas tanpa buka link FB ya. Sekarang sih, aku masih lumayan aktif di FB jadi bisa banget nih dipraktekin pas dibutuhkan

    ReplyDelete
  33. Minat saya menjelajahi facebook juga tidak seperti dulu. Sekarang males buka facebook gara-gara situasi seperti sekarang ini.
    Meskipun jarang dibuka atau jarang dilihat tapi saya belum sempat uninstall aplikasinya hihihi

    ReplyDelete
  34. Sekarang makin banyak yaa group untuk BW. Jadi seruuu plus tambah teman baruuu nih..

    ReplyDelete
  35. Jadi semangat ngeblog lagi, setelah baca artikelnya. Karena ndak ada alasan untuk stop ngrblog yaaa. Karena salah satu penyemangat buat saya tep ngoblog adalah adanya komunitas yang mengadakan list link artikel. Dan sayapun udah uninstall fb dan gak pnh mampir fb juga pas di laptop. Padahal dr komunitas blogger ada banyak link blog yg bs di BW in y

    ReplyDelete
  36. Begitu ya.. Baru tau aku ternyata ada trik tersendiri untuk copy paste via facebook web smartphone android.

    ReplyDelete
  37. Baru denger tentang Estrilook. Bagus juga ya, Mba. Tapi sekarang saya masih nyaman sih pake aplikasi FB,jadi masih bisa copas postingan di sana, hehe. Btw, makasih sharingnya lho,Mba :)

    ReplyDelete
  38. Wah bagus nih mbak tutorialnya. Aku termasuk jarang buka FB kecuali irusan job. Seringnya buka IG.

    ReplyDelete
  39. Saya baru tau ada komunitas Blogger Energy lho.. Duh, kuper banget ya saya..

    Tapi memang blog walking itu menambah pengetahuan ya, Mbak.. 😊 Itu yang saya suka dari BW. Meski kalau harus BW ke 50 blog juga nyerah sih. Hahaha..

    ReplyDelete
  40. Jadi blogger makin berwarna ya dengan aktivitas blogwalking. Kadang saya malah menemukan informasi baru berkat artikel yang ditulis teman-teman loh. Coba kalau enggak blogwalking, bisa out of date nih pengetahuan. ;)

    ReplyDelete
  41. Owalah ternyata begini to. Pantesan pake mode data aku ga bisa copy. Wkwkw. Makasih ilmunya ini sangat bermanfaat banget buat aku

    ReplyDelete
  42. Untuk BW sih saya masih mengandalkan Bw di wag soale tinggal bintangin aja hehe tapi boleh juga tuh ya bw di FB.

    ReplyDelete
  43. Belum pernah ikutan BW di Estrilook sih mba masih andalkan BW di group WAG hehehe...jadi tahu juga nih copas begini :)

    ReplyDelete
  44. aku sering buka fb tapi jarang nyetatus palingan share blog aja, btw aku baru tau ada 2 komunitas ini. Emang sih, lumayan kalau ikut bw-bw an gini, blog jadi rameee

    ReplyDelete
  45. Aku jarang blogwalking via FB nih. Banyakan via whatsapp aja. Soalnya cukup rempong emang kalo via fb ya tapi sekarang ada estrilook.

    ReplyDelete
  46. walau saya bukan anggota komunitas yang di facebook tapi saya butuh bgt info ini karena mau copy resep di facebook kadang susah banget. secara saya gak install facebook. terimakasih mbak siska

    ReplyDelete
  47. Rajin sekali ya mba ikut grup2 BW, salut deh. Saya cuma berani ikut 1 grup aja takut keteteran hehe

    ReplyDelete
  48. Sama mbak, saya juga skrg jarang banget BW lewat sosmed, sebab itu, kuatir ditandai sama om Mark hihi

    ReplyDelete
  49. saya juga sekarang manfaatin FB itu cuma untuk sebar link postingan aja di komunitas, salah satunya Estrilook ini, tapi seringnya telat iih, cepat banget kuotanya habis, hehehh.
    praktis ya Mbak cara copasnya, ternyata mode gratis salah satu gunanya ini toh yaaa. noted, TFS Mbak :)

    ReplyDelete
  50. makin banyak ya komunitas yang buat saling BW. Seru lho tiap BW dapat ilmu seperti ini atau baca cerita para blogger lain.

    ReplyDelete
  51. Blogwalking sudah gak simpel seperti dulu, terkadang kangen sama suasana per-blogging-an jaman baheula. Tapi tetap kan harus ikut cara sekarang juga.

    ReplyDelete
  52. Aku belumm pernah nyoba ni Mba dan baru tahu juga ini
    Seru ya mba, aku jadi pengen praktik langsung eheheh
    apakah sukses copas juga. Sneeng pokoknya blogwalking itu heheh

    ReplyDelete
  53. Saya tiap hari buka FB, kalau sempat update status, meskipun kadang agak mikir, soalnya belum balas komen orang, kan ga enak aja gitu rasanya ada yang komen dikacangin hahaha.

    Btw, saya rasa mengapa mba kena teguran FB, soalnya jarang berinteraksi kali mba.
    Saya dulu, setiap hari (SETIAP HARI LOH) kwkwkkwkw.. share link di 8 grup blogger.
    Alhamdulillah gak pernah ditegur.

    Caranya, emang kudu ada kata2 yang beda antara share di grup 1 dengan lainnya, tapi saya gak beda banyak sih, paling depannya doang.

    Kan kayak KEB kudu ada hashtag #KEBCantik #KEBParenting dll, terus ditambah 'hai mak'

    dan lanjutkan dengan kata-kata pendukung lainnya sebelum copas link.

    Nah kata2 itu saya copas untuk posting ke grup lain, cuman diubah atasnya doang.
    Misal di momblogger, saya ubah hashtag dan sapaannya jadi
    #UpdateMBC
    "hai mom"

    Mungkin karena itu saya gak pernah ditegur meski shareeee mulu.
    Selain itu saya juga sering update status sih, sering like komen.
    Jadi saya share link blog di wall gak ditegur tuh.

    Selain itu sering update status itu buat branding juga :D

    Saya juga gabung di estrilook, tapi belum sama sekali ikut BW, lagi lelah rasanya, gak ada waktu, bahkan BW natural kayak gini aja, saya belain begadang, nasib emak2 berbayi dan beranak SD wkwkwk

    ReplyDelete
  54. Saya juga sering tuh di anggap spam oleh pihak Facebook. Yah memang sih, agak berbau spam. Tapi beda banget dengan dulu. Sekarang lebih ketat. Tapi ada untungnya juga sih. Setau saya, share link juga ada jangka waktunya~

    ReplyDelete
  55. Nice info nih, bisa jadi alternatif kalau ruang penyimpanan HP saya penuh lagi, hihi. Untuk sementara masih cukup setelah saya un-instal aplikasi ojek online, hehe...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)