Serba-Serbi Layanan Jasa Logistik yang Perlu Kamu Ketahui

Serba-Serbi Layanan Jasa Logistik yang Perlu Kamu Ketahui - Semakin banyaknya perusahaan logistik, membuat masyarakat semakin bingung dalam menentukan pilihan terbaik. Bagaimana tidak, jasa logistik sudah menjadi kebutuhan tersendiri yang tidak bisa dilepaskan dari bisnis atau hal lainnya. Beberapa jasa ada yang bahkan memberikan layanan terbaik untuk kepuasan pelanggannya lho.

Tak tanggung-tanggung, pelayanan itu pun mencakup sistem pengelolaan dan penyimpanan barang pelanggan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan supply chain produk kamu. Dengan begitu, proses supply pun lebih cepat dan mudah.


sumber : pixbay.com


Apa itu Sistem Pengelolaan dan Penyimpanan Barang Kiriman?

Jika dilihat dari penamaan, tentunya sudah jelas. Sistem pengelolaan ini berupa mekanisme pengelolaan barang yang akan kamu kirimkan. Pengelolaan ini pun banyak sekali jenisnya. Dari mulai proses pengecekan barang, packing barang, hingga kepastian bahwa barang sampai di tangan penerima dengan baik.

Pengelolaan ini mencakup proses pelacakan, pengiriman, hingga penerimaan dan penjemputan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Biasanya, sistem ini disebut dengan management system. Sementara untuk memudahkan proses pengelolaan, di era modern tentu sudah bisa mengandalkan internet. Yang mana semua proses dan informasi terkait bisa diakses dengan mudah di internet.

Selain sistem pengelolaan, ada juga sistem penyimpanan barang. Tentunya jika sebuah perusahan logistik mempunyai hal ini, sangat baik sekali dan bisa mempermudah proses distribusi. Tak hanya mempermudah, juga memastikan bahwa barang kamu aman dan dikelola dengan baik. Sehingga risiko barang yang tidak sampai ke penerima pun tidak akan  kamu rasakan.

Seberapa Pentingkan Sistem Layanan Tersebut?

Nah, jika kamu tidak memerhatikan perihal sistem pengelolaan suatu pihak jasa logistik, maka ketika kamu mengalami masalah dengan barang, kamu tidak punya hak untuk komplain. Pasalnya, bisa saja memang pihaknya tidak menyediakan layanan untuk pengelolaan. Melainkan hanya sekadar untuk distribusi pengiriman saja.

Dengan begitu, mengetahui ada atau tidaknya sistem pengelolaan barang di sebuah jasa, adalah sangat penting. Kamu bisa mengetahui status barangmu dengan baik dan akurat. Apalagi untuk bisnis atau produk jual beli, tentunya sebagai pelaku bisnis, Kamu ingin barang penjualanmu sampai dengan baik di tangan konsumen, kan?

Ketika kamu memilih pihak jasa yang memang terhubung serta punyai managemen system ini, tentu proses cek status akan lebih mudah. Apalagi jika pengecekan bisa kamu lakukan sendiri baik di internet, atau bahkan melalui aplikasi. Tentunya akan sangat praktis dalam memantau keadaan barangmu secara real time tanpa ribet.

Adanya Inbound dan Outbond Transportasi pun Jadi Nilai Lebih

Rupanya, selain memiliki sistem pengelolaan dan sistem penyimpanan barang, ada layanan lain yang bisa menjadi poin lebih dari sebuah jasa logistik. Hal ini berupa inbound dan juga outbond transportasi dari sebuah penyedia jasa logistik. Bahkan, ini bisa dijadikan sebagai nilai lebih suatu jasa dinilai sangat baik dan berkualitas tinggi pelayanannya.

Layanan inbound dan outbond ini menyangkut antara hubungan perusahaan dengan supplier serta bagaimana perusahaan mendapatkan produknya. Di mana kedua hal ini menggabungkan sebuah manajemen rantai pasokan barang untuk memaksimalkan efisiensi distribusi. Tak hanya itu, bahkan dengan hal ini pun bisa meminimalisir biaya transport dan penyimpanan.

Dengan adanya beberapa layanan tersebut, maka pihak perusahaan logistik dinilai kredibel dan sangat berkompeten di bidangnya dan patut kami pilih. Seperti SERA atau Serasi Auto Raya yang sudah memaksimalkan layanannya dengan WMS (Werehouse Management System) serta inbound dan outbound transportasi yang lengkap. Sehingga proses distribusi lebih terkelola secara maksimal.

35 komentar untuk "Serba-Serbi Layanan Jasa Logistik yang Perlu Kamu Ketahui"

Comment Author Avatar
Pengiriman barang dalam bentuk paket tidak hanya dicari karena kecepatannya. Kemurahannya. Tapi penjagaan badannya n_n kita kira seperti itu kah?
Sera?
Comment Author Avatar
Makin banyak pilihan logistik yg aman dan nyaman ya. Jd klo kirim2 paket penting gak khawatir lg telat nyampe or nyasar entah dmna.
Comment Author Avatar
Ini jenis layanan jasa baru yang inovatif? Simpan dan salurkan? Semacam gudang bagi kita yang tak punya ruang luas untuk menyalurkan barang yang diniagakan? Yah, saya mah baru tahu soal ini. Bagus juga ada layanan demikian kayak SERA. Sangat membantu para pebisnis marketplace yang usahanya sedang berkembang serta butuh tempat untuk menyimpan lalu disalurkan.
Comment Author Avatar
Wah belum pernah pakai SERA nih..jadi alternatif jasa logistik ni ya
Comment Author Avatar
Penting banget memang ya efisiensi sistem logistik. Selain memangkas biaya juga jadi cepat sampai.
Comment Author Avatar
Kabarnya kalo punya layanan jasa logistik dengan fasilitas inbound dan outbond, pelayanan yang ditawarkan pada konsumen bakal lebih terpercaya
Comment Author Avatar
Sistem ini bagus untuk proses pengiriman barang yang nilainya tinggi ya. Kita jadi lebih secure dan gak khawatir ada dimana barangnya.
Comment Author Avatar
Kalau mau pake SERA ini kita harus kemana mbak?
Comment Author Avatar
Sekarang memang banyak sekali perusahaan logistik. Kitanya yang harus pinter milih2 mana yang kira2 baik dan engga, kita sendiri yang harus filter. SERA sepertinya salah satu yang bisa dipercaya ya.
Comment Author Avatar
Saat ini sudah semakin banyak perusahaan logistik yang bisa kita pilih dalam mengirim barang atau paket yaa, Mba. Perusahaan logistik juga semakin memperbaiki sistim-nya agar pelanggannya semakin puas dengan pelayanan mereka :)
Comment Author Avatar
Mengurusi logistik memang tidak mudah yaaa mba. Plus dibutuhkan manajemen yang baik juga. Harus mumpuni yg handlenya
Comment Author Avatar
Saya baru mendengar untuk SERA ini, ini ada di seluruh kota ya mba? atau kota-kota tertentu saja :D
Comment Author Avatar
Sepupu saya punya usaha di online store. Dia cerita beberapa kali dikomplen pelanggan karena barangnya lama sampai. Padahal harusnya itu jadi masalah di perusahaan logistik. Sebagai penjual, sepupu sudah mengirim secepatnya dan memberikan bukti resi pengiriman. Tetapi, pembeli kan kadang-kadang gak mau tau. Memang sudah seharusnya perusahaan logistik semakin memperbaiki diri. Pengiriman tepat waktu, tracking yang mudah, dan barang sampai dengan aman
Comment Author Avatar
Jadi inget sama teman-teman kerja di bagian logistik, memang butuh manajemen yang baik agar penyimpanan barang lebih aman dan teorganisir, memang butuh perusahaan seperti SERA yang mampu menangani logistik dengan baik dan tentunya juga aman
Comment Author Avatar
Serasi Autoraya kembali terjun dengan pengiriman logistik dan barang aman. Semoga hadirnya Sera semakin memiliki kebermanfaatan untuk banyak orang.
Comment Author Avatar
Wah kalau distribusi lancar maka rezeki akan terjalin komunikasi yang tepat waktu sehingga konsumen tidak perlu waktu yang lama
Comment Author Avatar
Baru denger tentang SERA Mba. Jadi tambah banyak aja ya pilihan jasa logistik di Indonesia. Kalo bagi konsumen yang penting bagi mereka paket aman dan cepet, hehe
Comment Author Avatar
Aku seneng nih zaman sekarang pilihan pengiriman paket banyak pilihan. Harganya brrsaing. Alhamdulillah sih selama ini ga pernahengalami masalah sama espedisi
Comment Author Avatar
Zaman sekarang, penting banget untuk tahu hal-hal begini. Apa lagi jasa logistik makin beragam. Biar nggak asal pilih.
Comment Author Avatar
Bisa dipahami betapa berat perjuangan para perusahaan logistik ya. Mereka menerima kiriman berratus-ratus dalam berbagai bentuk dan berat. kemudian mereka harus mengantarkan kiriman tersebut ke tujuan. Usaha yang sangat besar untuk memebrikan layanan bagi para konsumennya. Masalah penyimpanan ini menjadi satu hal yang harus benar-benar dibenahi untuk daya saing antar perusahaan logistik ya. Saya juga bingung kalau diminta memilih, semuanya berusaha untuk tambil lebih baik.
Comment Author Avatar
Memang kalau memiliki layanan inbound dan outbound transportasi sendiri, jadi lebih mudah pengawasannya ya...
Comment Author Avatar
Yang penting utk logistik gini bisa dapwt pelayanan baik itu ymudah seneng banhet. Sera. Nlmirip nama orkes musik di jatim hehe
Comment Author Avatar
Iya mbak, penting banget mengetahui pengelolaan perusahaan jasa begini. Agar konsumen tidak dirugikan. Pernah teman saya mengirimkan barang dari Malaysia ke Indonesia. lewat kargo Indonesia mbak. Sampainya lama, barang dikarungin sebab kardusnya dah entah kemana. Barang elektronik rusak berat. Kesel banget, udah gitu ga mau bayar ganti rugi pula. Sedih kalau ada kasus begitu.
Comment Author Avatar
Nah sebagai penjual aku juga sering kali pilih logistik yang cepat
dan pelaayanann ramah mba hehehhe itu yang paling utama
Comment Author Avatar
Bagi para pengusaha maupun pedagang, mendapatkan penyedia jasa logistik yang handal bakalan amat membantu kelancaran rantai distribusi barang-barang yang dijual. Kalau sampai telat dan macet di jalan padahal orderan itu bersifat urgent, kan bisa berabe.
Comment Author Avatar
Wah, baru tahu dengan jasa logistik ini. Makin banyak aja ya penyedianya. Bikin kita bisa milih mana yang terbaik. Jadinya kalo kecewa dengan satu jasa, bisa beralih ke yang lain.
Comment Author Avatar
Iya ya, suka sedih deh kalau dapat kiriman barang pecah belah, ya pasti pecah. Padahal ada tulisannya kalau itu barang pecah belah dan sudah dikemas maksimal.
Comment Author Avatar
Wah baru denger nih. Terkait tentang logistik emang hal yg di zaman skrg menentukan banget ya. Semoga segera bisa mengcover area Jogja ya.
Comment Author Avatar
Sedang mencari pengiriman yang aman niih, kak...
Suka bete gak siih...kalo pas ada barang dateng, eeh...bentuknya uda ga karu-karuan.
Hiiks~
Comment Author Avatar
SERA ini kepunyaan Astra ya. Karena di dekat rumah ada lorong yang namanya Serasi Autoraya, daerahku kan binaan Astra, hehe.

Dengan adanya internet management system jadi lebih bersahabat buat pengguna ya. Kita jadi lebih mudah mengetahui status barang kita setiap harinya.
Comment Author Avatar
Dulu di kerjaan yang lama pernah berhubungan dengan Warehouse Management. Bagus seeh memang tapi untuk usaha kecil dengan volume yang tidak terlalu besar akan menjadi boros. Kalo untuk SERA apakah mendukung fasilitas,storage dan delivery kalau perlu packaing dalam satu waktu?
Comment Author Avatar
Saya baru dengar mengenai SERA ini. Sepertinya memang pilihan bagus. Dulu juga saya sempat kerja di bagian logistik. Kirain itu kerjaannya mudah. Tau2nya susah juga ternyata haha.
Comment Author Avatar
SERA, saya sendiri belum pernah coba layanan ini. Boleh nih dicoba nanti nanti hehe.
Comment Author Avatar
Baruka dengar ini SERA? Yang penting saya murah dan dijaga baik barangku itu terusmi jasa pengiriman saya pake.
Comment Author Avatar
saya baru dengar soal SERA ini. makin banyak pilihan jasa logistik akan makin bagus buat kita. bisa makin murah dan menjaga kualitas layanan.

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.