5 Aktivitas Bermanfaat yang Bisa Kamu Lalukan untuk Mengisi Waktu Selama Bulan Ramadan

By Siska Dwyta - Friday, May 31, 2019


Bismillaahirrahmaanirrahim

Bulan Ramadan adalah bulan yang selalu dinanti-nanti oleh umat muslim, bulan yang special, bulan yang penuh kemuliaan, oleh sebab itu semestinya kita juga melakukan aktivitas yang special jika berada di dalamnya. Apalagi di bulan Ramadan ini, begitu banyak keutamaan yang bisa kita raih, mulai dari amal-amal yang dilipatgandakan pahalanya, dosa-dosa yang akan diampuni hingga kesempatan menjemput malam lailatul qadr.

Sayangnya meski sudah mengetahui keutaman-keutamaan yang ada di bulan Ramadan, saya masih sering luput dan belum maksimal mengisi Ramadan dengan aktivitas yang menuai pahala. Padahal ada banyak sekali aktivitas di bulan Ramadan yang ketika dilakukan dapat menambah tabungan amal kita.

Nah, berikut beberapa aktivitas selama bulan ramadan yang bisa kamu lakukan.

Makan Sahur

Ada lho orang yang mengabaikan sahur atau  lebih memilih makan sahur lebih cepat yakni di malam sebelum tidur. Padahal sahur ini sunnah dan dapat mendatangkan keberkaha. Rasul pun mensunnahkan kita agar mengakhirkan makan sahur.

Nah, karena sahur merupakan sunnah nabi, maka ini merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh kita abaikan selama bulan Ramadan.  Ya, kalau terlambat bangun sahur itu lain lagi ceritanya.

Membaca Alquran
Aktivitas lain yang tidak boleh kita lewatkan selama bulan Ramadan adalah membaca Alquran atau tadarus. Selain memiliki banyak keutamaan, kita juga sangat dianjurkan untuk membaca Alquran dan punya target khatam. Minimal selama bulan Ramadan kita bisa khatam satu kali.

Bayangkan di luar Ramadan saja Allah menjanjikan 1 kebaikan untuk 1 huruf Alquran yang kita baca, apalagi di dalam Ramadan dan kita mampu mengkhatamnya sekali, bahkan hingga berkali-kali. Maa syaa Allaah, ganjarannya tentu saja pahala kebaikan dari Allah yang tak terhitung nilainya.

Tidur
Siapa bilang orang yang berpuasa tidak boleh tidur? Justru tidur dalam keadaan berpuasa itu juga termasuk pahala lho. Jadi jangan lewatkan aktivitas yang satu ini karena tubuh kita juga perlu istirahat. Tapi ingat ya, usahakan kita jangan tidur di waktu-waktu yang terlarang, seperti setelah shalat shubuh (duh, ini susas sekali sih), lepas ashar dan maghrib lebih-lebih tidur sepanjang hari. Kalau tidur sampai seharian gitu mah alih-alih dapat pahala, yang ada puasa kita jadi makruh

Menyiapkan Menu Berbuka
Selanjutnya aktivitas yang tak kalah penting di bulan Ramadan bahkan bisa membuat kita mendapat pahala yang sama dengan pahala orang yang berpuasa adalah menyiapkan menu berbuka.

So bagi perempuan terutama yang berhalangan puasa karena haid atau nifas, yuk rajin buatkan atau bagi-bagi takjil buat orang yang berpuasa, biar tak ketinggalan juga dapet pahala puasanya

Mendengarkan Ceramah atau Kajian
Termasuk aktivitas yang tak hanya mendatangkan pahala kebaikan namun juga menambah pemahaman agama yang baik adalah mendengarkan ceramah atau kajian.

Pada saat Ramadan kita bahkan bisa mendengarkan ceramah setiap malam saat pergi shalat tarawih di masjid. Selain itu mejelis-majelis ilmu juga gencar dilaksanakan di bulan mulia ini, jadi jangan lewatkan aktivitas bermanfaat yang satu ini karena manfaatnya juga besar. 

Itulah beberapa aktivitas bermanfaat yang juga mendatangkan pahala kebaikan berlipat untuk kita yang melaksanakannya. Yuk, jangan biarkan Ramadan berlalu sia-sia hanya karena kita lalai dan melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat. Ini juga jadi reminder buat saya pribadi.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)