7 Cara Alami dan Ampuh Menghilangkan Ketombe

By Siska Dwyta - Sunday, May 12, 2019

Bismillaahirrahmaabirrahiim

7 Cara Alami dan Ampuh Menghilangkan Ketombe - Sudah menggunakan berbagai macam produk shampo anti ketombe tapi kok hasilnya tidak sesuai harapan ya. Bukannya ampuh mengusir ketombe malah kotoran-kotoran putih yang menempel di kulit kepala makin menjamur. Hayoo, siapa yang pernah mengalami kejadian kayak gini nih?

Duh, saya jadi ingat, kebiasaan saya dulu suka sekali gonta-ganti shampo demi menemukan produk yang cocok dengan permasalahan rambut saya yang mudah rontok. Namun hasil dari kebiasaan tersebut  justru menimbulkan permasalahan baru. Kepala saya jadi gatal-gatal karena berketombe. Sudah rontok, berketombe pula. Hiks. Rasanya nggak nyaman sekali.

Ya, siapa sih yang senang kepalanya dipenuhi butiran-butiran salju eh maksud saya ketombe. Selain menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman, rambut berketombe juga bisa bikin kita jadi tidak percaya diri lho. Sekalipun bagi wanita berhijab, ketombenya tidak nampak karena tertutupi khimar, namun tetap saja rasa gatalnya tidak bisa ditutupi, kan?

Nah, jika berbagai macam produk shampo yang kita gunakan memang tidak mempan mengusir ketombe dari kulit kepala, kenapa tidak coba cara alami saja? Ada banyak kok bahan-bahan alami di sekitar kita yang juga memiliki manfaat ampuh dalam mengusir ketombe. Berikut 7 cara alami dan terbukti ampuh mengatasi ketombe yang membandel ;

Lidah Buaya


gambar : hallosehat.com

Lidah Buaya memang sudah terkenal sebagai tanaman yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Jadi manfaatnya selain mampu menghitamkan rambut, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah  juga dipercaya ampuh menghilangkan ketombe secara alami.

Untuk cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya ini mudah banget, kamu cukup haluskan  gel lidah buaya secukupnya. Kemudian oles ke permukaan kulit kepala secara merata sambil lakukan pijatan lembut agar gelnya lebih meresap. Lalu diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu, bilas rambut menggunakan air bersih.

Cuka


gambar : fimela.com

Selain lidah buaya, bahan yang biasa digunakan untuk bumbu masakan ini juga terkenal ampuh dalam menghilangkan ketombe. Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri ya. Namun pastikan kamu gunakan cuka secukupnya saja ya. Jangan terlalu berlebihan karena dapat merusak rambut.

Cara menggunakannya pun tidak sulit, kamu tinggal oleskan cuka secara merata pada kulit kepala. Lalu biarkan beberapa saat sekira 10-15 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, terapkan cara ini dua kali dalam sepekan.

Garam


gambar : hallodoc.com

Satu lagi bumbu pada masakan yang bisa menghilangkan ketombe secara alami. Sebagaimana kita ketahui ketombe muncul akibat pengelupasan kulit mati di kepala. Nah, sifat scrub pada garam mampu mengangkat kulit mati tersebut.

Kamu bisa menggunakan garam dengan cara melarutkannya ke dalam air hangat. Kemudian gosokkan larutan garam tersebut ke kulit kepala secara merata sembari dipijat secara lembut. Selanjutnya dimkan sejenak lalu bilas dengan air hingga bersih.

Jeruk Nipis


gambar : pixbay.com

Jeruk nipis juga terbukti efektif menghilangkan ketombe. Jenis tanaman ini memang terkenal kaya akan vitamin C. Selain itujeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula.

Tak heran bila jeruk nipis biasa digunakan untuk mengatasi permasalahan rambut secara alami, terutama untuk menebalkan rambut. Vitamin C pada jeruk nipis memang mendorong pertumbuhan akar rambut. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

Cara menggunakannya simple saja. Peras buah air nipis. Campurkan dengan air putih secukupnya. Lalu oleskan pada kulit kepala secara merata. Tunggu beberapa saat agar campuran larutan air jeruk dan air putih tersebut meresap baik di kepala. Langkah terakhir, bilas dengan air bersih.

Bawang Merah


gambar : okeline.com

Bawang merah juga bisa lho digunakan untuk membasmi ketombe. Yah, siapa sangka ternyata bawang merah punya banyak khasiat untuk mengatasi permasalahan rambut seperti mencegah kerontokan rambut, menebalkan rambut, memperbaiki struktur rambut, dan memperbaiki beberapa permasalahan pada kulit kepala ataupun rambut yang disebabkan oleh jamur.


Cara menggunakannya juga mudah banget. Kamu tingga kupas kulit bawang merah lalu haluskan. Setelah itu oleskan pada kulit kepala secara merata. Tunggu beberapa saat kemudian bilas hingga bersih. Selesai.

Baking Soda


gambar : shutterstock.com

Cara yang satu ini cukup aneh
sih, tapi ampuh juga mengusir ketombe membandel di kulit kepala kita. Yap, kamu bisa memanfaatkan baking soda yang ada di rumahmu untuk mengusir ketombe. Namun ingat ya, penggunaannya tidak boleh berlebihan.

Jadi kamu cukup gunakan setengah sendok teh baking soda. Campurkan dengan sedikit air, aduk hingga mengental. Kemudian oleskan pada kepala secara menyeluruh, diamkan sekitar sepuluh menit. Terakhir, bilas kepala hingga bersih.

Minyak Kemiri


gambar : alodokter.com

Ternyata minyak kemiri yang dipercaya ampuh menyuburkan rambut juga ampuh
lho menghilangkan ketombe. Jika punya minyak kemiri di rumah, kamu bisa terapkan cara ini. Namun karena aromanya yang kurang sedap maka sebaiknya kamu melakukan cara ini sebelum keramas.

Oya caranya gampang saja, cukup dengan tiga langkah. Oleskan minyak kemiri secara merata di seluruh permukaan. Diamkan hingga tiga puluh menit. Langkah terakhir, bilas kepala kamu hingga bersih. Selesai. Mudah, banget kan?

Itulah 7 cara alami dan ampuh menghilangkan ketombe yang bisa kamu praktikkan di rumah. Tentunya selain bahan-bahannya murah dan mudah ditemukan, caranya juga gampang banget, kan? Jadi kalau berbagai macam produk shampo tidak berhasil mengatasi masalah rambut kamu yang berketombe, kamu bisa coba cara alami tersebut. Atau kamu punya cara lain untuk menghilangkan ketombe, boleh dong di-share di kolom komentar.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.