Ingin Panen Pahala di Bulan Ramadan? Ini Lima Amalan Sunnah yang Bisa Kamu Amalkan Saat Ngabuburit

By Siska Dwyta - Monday, May 06, 2019



Bismillaahirrahmaanirrahiim

Marhaban yaa Ramadan. Alhamdulillaah masih diberi kesempatan berjumpa dengan bulan yang penuh berkah ini. Tentunya salah satu momen spesial yang selalu ditunggu-tunggu di sepanjang bulan Ramadan adalah momen berbuka puasa. Yeay, siapa sih yang tidak bahagia menunggu waktu berbuka.

Tentu saja, bagi orang-orang yang berpuasa, berbuka adalah kenikmatan yang  luar biasa. Bahkan kenikmatan tersebut disandingkan dengan kenikmatan bertemu dengan Allah. Maa syaa Allaah, Allaah taala sendiri yang berfirman dalam hadis Qudsi berikut.


gambar : wahdah.or.id
Ya, orang yang berpuasa bahagia saat berbuka karena telah menjalankan perintah-Nya sekaligus kebahagiaan terlepas dari rasa haus dan lapar. Pun dengan amal puasanya itu pula yang semakin mendekatkan ia dengan Tuhan-nya. Bukankah Allah telah menyediakan pintu Ar-Rayyan khusus bagi orang-orang yang berpuasa dan bukankah tidak ada kenikmatan yang lebih tinggi selain kenikmatan menatap wajah Allah, bertemu dengan Rabb yang menciptapkan kita. Maa syaa Allaah.

Namun dua kebahagiaan yang dimaksud dalam hadis tersebut hanya bisa dirasakan oleh mereka yang puasanya tidak sia-sia. Sebab betapa banyak orang yang berpuasa namun ia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya itu selain rasa lapar dan dahaga.

Bagaimana tidak? Jika puasanya hanya untuk menahan nafsu makan dan minum saja sementara nafsu lainnya tidak mampu ia kendalikan.  Puasa tapi masih suka menggunjing sana-sini, puasa tapi masih tidak kuat menahan emosi, puasa tapi meninggalkan kewajiban shalat, puasa tapi tidak pernah baca Alquran, puasa tapi malas sedekah, dll. Nah, mau dapat apa jika puasanya seperti itu? Apalagi puasa yang niatnya bukan karena Allah, melainkan karena terpaksa, karena ingin disanjung,dll. Astaghfirullaah.

Boleh dibilang salah satu kebiasaan di bulan Ramadan yang bisa bikin puasa kita jadi sia-sia juga adalah ngabuburit. Lho kok bisa?

Ya bisa saja, tapi sebelum itu ada baiknya kamu pahami dulu pengertian ngabuburit. Istilah ngabuburit tentu tidak asing lagi di pendengaran kita. Bahkan istilah yang berasal dari bahasa Sunda ini sudah lekat banget dengan bulan Ramadan.

Kamu pun pasti sudah sering dapat ajakan ngabuburit, kan?

Jadi Istilah ini sebenarnya berasal dari bahasa Sunda, 'burit' yang berarti sore, senja atau jelang Maghrib. Sedangkan 'ngabuburit' bisa diartikan kegiatan menunggu waktu buka puasa. Sampai di sini sudah jelas kan bahwa ngabuburit merupakan kegiatan yang dilakukan sembari menanti waktu berbuka.

Namun kalau mendengar kata ajakan untuk ngabuburit apa yang paling pertama terlintas di benak kamu? jalan-jalan, hunting tempat berbuka, atau kumpul-kumpul, dsb. Ya, apapun kegiatan yang dilakukan sembari menunggu waktu berbuka itulah yang dinamakan ngabuburit. Sayangnya, banyak yang memanfaatkan ngabuburit ini dengan kegiatan unfaedah.

Yup!  Kalau sekadar jalan-jalan, hunting tempat atau bikin acara buka puasa tapi ujung-ujungnya malah telat berbuka, telat shalat magrib, berbuka pun kebabalasan hingga isya dan tarawih di masjid ketingalan, apa manfaatnya?

Padahal ada banyak keutamaan menjelang berbuka yang tidak hanya bermanfaat melainkan juga membuahkan pahala. Nah, agar waktu ngabuburit kita tidak sia-sia mending panen pahala yuk dengan mengamalkan lima sunnah rasul berikut ini;

Memperbanyak Doa

bincangsyariah.com

Pastinya kamu sudah tahu dong, di bulan Ramadan ini pintu magfirah dibuka selebar-lebarnya dan ada banyak doa yang diperkenankan oleh Allah. Itulah sebabnya kita dianjurkan memperbanyak doa di bulan Ramadan, terutama di waktu-waktu yang msutajab. Nah, salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah baik saat berpuasa maupun saat berbuka.


“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16: 396. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)


Jadi dari mulai kita berpuasa sampai berbuka termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa. Maka itulah waktu yang sangat tepat untuk memperbanyak doa. Waktu dimana setiap doa-doa yang kita panjatkan tidak akan tertolak. So, sayang sekali jika kegiatan ngabuburit yang masih masuk dalam rentang waktu mustajab kita lewatkan begitu saja tanpa bermunajat pada-Nya.

Membaca Alquran


foto : islami.co
Selain memperbanyak doa, membaca Alquran termasuk amalan yang memiliki banyak sekali keutamaan. Salah satunya hanya dengan membaca 1 huruf Alquran saja kita akan diganjar 10 kebaikan. Itu ganjaran yang diberikan jika kita membacanya di luar Ramadan. Nah, kira-kira berapa banyak kebaikan yang bisa kita dapatkan dari membaca satu huruf Alquran di bulan suci dimana semua amalan dilipatgandakan ini? Apalagi jika kita bisa mengkhatamkan minimal satu juz selama bulan Ramadan. Maa syaa Allah.

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Pastinya di bulan ini kamu juga sudah punya target khatam Alquran, kan? Kalau belum yuk segera targetkan dan bikin komitmen untuk bisa mencapai target tersebut. Yang jelas untuk bisa segera mencapai target khatam minimal sekali dalam Ramadan kamu harus menyediakan waktu luang untuk membaca alquan bukan tunggu ada waktu luang dulu baru mau baca alquran. Nah, waktu ngabuburit juga bisa kamu pergunakan untuk baca alquran, tentunya aktivitas yang satu ini bisa bikin ngabuburit kamu makin berkah.

Senantiasa Berdzikir



foto : idntimes.com

“Ya Rasulullah, amalan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Engkau berpisah dari dunia dalam keadaan lisanmu basah dengan berdzikir pada Allah.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani mengatakan hadits ini shahih. Lihat Misykatul Mashobih)


Ada banyak dzikir yang bisa kita amalkan di bulan Ramadan ini. Salah satunya dzikir petang. Dzikir ini bisa kita baca antara waktu selepas ashar hingga sebelum terbenam matahari. Tentu ngabuburit kita juga akan lebih bermakna dengan senantiasa berdzikir mengingat Allah.

Memberi Makan Orang yang Berpuasa 



foto : rumah.com

"Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Sungguh mulia bulan nan penuh berkah ini. Sampai-sampai disabdakan Rasul, pahala yang kita dapatkan jika memberi makan orang berpuasa sama dengan pahala yang didapatkan orang berpuasa tersebut, tanpa dikurangi sedikitpun. Maa syaa Allah. Benar-benar di bulan Ramada ini kita bisa panen pahala sebanyak-banyaknya.

So far, kita bisa manfaatkan juga nih waktu ngabuburit di dapur, untuk mempersiapkan makanan berbuka bagi keluarga atau bisa juga kita buat makanan lalu membawanya ke masjid untuk dibagikan ke para jamaah. Atau ada diantara kamu yang bergabung di suatu komunitas dan sudah punya agenda ngabuburit sambil bagi-bagi takjil secara gratis?

Menyegerakan Berbuka Puasa



foto : islamkaffah.com

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih).

Ini termasuk sunnah yang kecil tapi biasanya diabaikan. Malah tidak sedikit orang yang dengan sengaja menunda-nunda waktu berbukanya. Apalagi biasanya saat ngabuburit dengan teman-teman kita keasyikan ngobrol sehingga ketika azan tiba tidak langsung bergegas. Padahal kita sangat dianjurkan untuk segera menyegerakan berbuka puasa.

Kesempatan untuk memanen pahala berlipatganda hanya bisa kita dapatkan di bulan Ramadan. Oleh sebab itu, sayang sekali bila kita melewatkan waktu Ramadan termasuk saat ngabuburit dengan kegiatan yang sia-sia. Yah, jangan sampai yang kita dapatkan hanya lapar dan dahaga saja. So, yukk kita berlomba-lomba meraih pahala di bulan Ramadan sebanyak-banyaknya.

Semangat menjalankan ibadah puasa😊

Salam,
@siskadwyta










  • Share:

You Might Also Like

35 comments

  1. Masya Allah, selamat menyambut ramadhan kaak.. Tahun ini alhamdulillah dipertemukan lagi sama bulan ramadhan. Semoga kita semua bisa beribadah lebih khusyuk lagi, amiiin.

    ReplyDelete
  2. Tips ini cocok sekali buat temen2 yang menjalankan ibadah puasa, supaya dapat menggunakan waktu ngabuburit dengan sebaik mungkin ya :)

    ReplyDelete
  3. Iya banget, Mbak. Mending melakukan hal-hal berfaedah yang berpotensi mendatangkan banyak pahala, ya. Makasih udah diingatkan.

    ReplyDelete
  4. Bismillah, semoga tahun ini bisa khatam Qur'an minimal sekali ya, Mbak.. Aamiin YRA.. Sayang soalnya kalau waktu istimewa seperti ini nggak dimanfaatkan dengan baik. Karena belum tentu tahun depan kita bisa bertemu dengan bulan penuh keberkahan ini lagi.

    ReplyDelete
  5. Makasih banyak Mbak Siska. Sayapun kalau ditanya, lebih suka buka di rumah atau buka mencari tempat buka di luar yang belum tahu aksesnya macet atau tidak, antre atau tidak, ada mushola atau tidak, rasanya mendingan buka puasa sederhana di rumah tapi dpat semuanya yaaaa. kalaupun buka di luar ya, tempatnya jangan terlalu jauh gitu, deket deket saja,

    ReplyDelete
  6. setuju banget...bulan puasa harus memperbanyak ibadah biar makin afdol puasanya. tapi aku masih suka telat buka puasa euy...apalagi kalau lagi dijalan n macet

    ReplyDelete
  7. Selamat menunaikan ibadah puasa ya, Mbak. Semoga berkah

    ReplyDelete
  8. Banyak berdoa merupakan langkah awal yang baik di Bulan Ramadhan ini ya mbak. Semoga dimudahkan dalam menjalankan puasa ya mbak.

    ReplyDelete
  9. MashaAllah~
    Barakallahu fiik, kak diingatkan indahnya menanti waktu berbuka bersama.

    Jadi,
    Target bulan puasa ini, harus bisa menambah amalan sunnah dan konsisten.
    Termasuk berdzikir.
    Agar gak kepikiran ngomongin kejelekan orang lain, padahal kejelekan diri sendiri begitu banyak, dan hanya karena Allah perkenankan, maka orang lain tidak tahu.

    ReplyDelete
  10. Ngabuburitnya sambil bagi-bagi takjil boleh ya, kan bermanfaat juga, daripada cuma jalan-jalan aja bener banget mbak.
    Aku sih kalau jalan2 gak pernah paling ke luar rumah beli takjil kalau pas gak bikin trus pulang nyiapian makanan buat anak2

    ReplyDelete
  11. ASyiknya kalau ngabuburitnya bisa sembari mendapatkan semua manfaat dari amalan-amalan di atas, ya. Oya, terima kasih ya sudah mengingatkan :)

    ReplyDelete
  12. Itu lah makanya, saya selalu pilih-pilih kalo ada ajakan bukber yang sama dengan ngabuburit. KArena biasanya sampe rumah udah telat kalo mau tarawih di masjid. Pilihannya kalo sampai ikut ngabuburit, saya bawa mukena untuk ikut tarawih di masjid terdekat dengan lokasi ngabuburit

    ReplyDelete
  13. Kalau di kampungku ada buka puasa keliling. Jadi tahlilan, tausiyah, ngumpul bareng orang2 gitu. Lumayan lah ngabisin waktu nunggu buka

    ReplyDelete
  14. Iya mba, waktu menjelang magrib itu waktu mustajab doa ya Mba, bnyak jg ujiannya dsana. Sibuk dengan duniawi

    ReplyDelete
  15. semoga bulan penuh berkah ini bisa konsisten beribadah kak sampai nanti setelah bulan ramadan tetap terjaga konsistensinya ibadahta semua, aamiin

    ReplyDelete
  16. Wah, menyegeakan berbuka juga masuk ke dalam amalan yang dapat pahala ya. Untuk beberapa hari ke belakang, aku baru sampai di ngasih makan orang berpuasa aja. Dan baru hari ini bepuasa. Semoga bisa mengamalkan amalan-amalan yang disebut di atas.

    ReplyDelete
  17. Bulan Ramadhan harus bener2 diisi dengan amalan-amalan agar puasa kita bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja....setuju sekali mbak. Justru bulan Ramadhan ini kesempatan kita mendapatkan pahala sebesar-besarnya ya mbak, agar kita makin dekat dengan Allah SWT dan iman kita semakin kuat untuk terus beribadah kepadaNya

    ReplyDelete
  18. MashaAllah.. seneng banget bisa nemuin tulisan ini.. kadang banyak hal hal yang ngga bermanfaat saat ngabuburit, dengan amalan amalan seperti yang ditulis mba siska saya jadi termotivasi untuk mengisi saat ngabuburit dengan kegiatan yang penuh dengan amalan sunnah

    ReplyDelete
  19. Pas masih kecil ngabuburit diisi dengan jalan ngabring keliling kampung, sekarang mah udah ibukibuk ngabuburit ya masak diterusin tilawah Al Quran

    ReplyDelete
  20. Iya nih saat berbuka paling pas tuh n dikbanyak doa ya..katanya doanya bullan..insya Allah..

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah tahun ini masih diberikan umur yang panjang untuk berpuasa dengan keluarga, dan mudah2an mendapat berkahnya juga 😊

    ReplyDelete
  22. Info yg sangat bermanfaat kak 😍 semoga bulan ramadhan ini penuh berkah untuk kita semua

    ReplyDelete
  23. Panen pahala di bulan Ramadan banyak cara ya mbk semoga kita menjadi golongan yang hamba yang baik ya mbk selamat berpuasa

    ReplyDelete
  24. Aku lagi punya rencana juga inih mba, buat bagi takjil
    memberi makan orang yang berpuasa intinya sama temen-temen
    Setiap tahun kami berusaha untuk melakukannya, bismillah semoga kita dipermudah melakukan amal baikk

    ReplyDelete
  25. Aku ngabuburit di kantor mba :))) Masih jam kerja banget. Tau2 udah adzan maghrib. Sedih

    ReplyDelete
  26. Banyak hal-hal "ringan" yang bisa dilakukan di bulan ramadhan ini untuk mendapatkan pahala yaa, Mba, karena sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan bakalan diganjar olehNya :)

    ReplyDelete
  27. Trima kasih sharingnya mbak. Itu hal2 yang bikin ngabuburit berfaedah drpd gosip2 gak jelas yaaa :D
    Memperbanyak doa jg bisa kita lakukan mumpung bulannya mustajab :D

    ReplyDelete
  28. Makasih tipznya Mak. Saya belum bisa berpuasa nie. Masih nifas.

    ReplyDelete
  29. Masyaa Allah ya mbak tambahan diskon pahala dari Allah, MAHA BAIK. rugi banget kl kita menyia2kan ya, smg kit amenjadi pemenangnya nanti, aamin

    ReplyDelete
  30. Semoga puasa dan ibadah kita lancar selama bulan puasa ini yah kak. Soal ngabuburit? Hehehehe rasanya paling asyik kalau nongkrong di halaman rumah sambil baca buku.

    ReplyDelete
  31. Masya Allah..saat ngabuburit saja ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk mendulang pahala ya kak. Benar-benar yaa..ramadan ini bulan penuh berkah.

    ReplyDelete
  32. Poin ke 3 paling aman, bsa dmana saja dan kapan saja. Bsa dilakukan sambil jalan jg . Insyaallah

    ReplyDelete
  33. Aku juga yang sering ngabuburit bareng teman2 sambil ngobrol2, emang kalo gitu waktu buka puasa udah ga berasa. Tapi kalau adzan udah berkumandang pastinya langsung cuss buka puasa dulu dong, ngobrolnya di autostop hehehe

    ReplyDelete
  34. Bumil banyak berzikir soalnya kadang perut mual hiks. Memang kudu banyak mohon ampun aku sm Allah. Thanks infonya

    ReplyDelete
  35. MasyaAllah tulisan yang sangat bermanfaat mba untuk semua orang, semoga jadi pemberat di hari akhir juga ya mba tulisan ini *aamiin*

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.