Mohawk, Gaya Rambut yang Terlarang dalam Islam

By Siska Dwyta - Saturday, May 18, 2019

gaya rambut yang dilarang dalam islam

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Berbicara tentang gaya rambut, saya jadi ingat sekira 3-4 tahun lalu saat masih berprofesi sebagai guru, saya sering ketemu murid laki-laki baik di SMP maupun SMA dengan gaya rambut yang bikin saya gemees banget liatnya. Ah, bukan cuma anak SMP-SMA saja sih, anak cowok yang usianya masih di bawah lima tahun dengan gaya rambut seperti itu juga banyak. Really, saya bener-bener gemes liatnya. Gemesnya bukan karena apa-apa tapi karena saya tahu itu merupakan gaya rambut yang dilarang dalam Islam.

Dalam Islam gaya rambut dengan menggundul sebagian rambut kepala lalu menyisakan sebagian rambut yang lain namanya Qaza'. Gaya rambut seperti itulah yang lagi ngetrend di kalangan murid-murid saya kala itu, bahkan mungkin masih jadi trend  sampai sekarang kali ya. Saat saya nasihati agar jangan mencukur rambut dengan model demikian, mereka malah protes. Katanya, itu merupakan gaya rambut gaul dan kekinian, sudah gitu keren pula, masa nggak dibolehin cukur rambut dengan model seperti itu.

Belakangan baru saya tahu gaya rambut yang dianggap gaul dan kekinian oleh murid-murid saya itu namanya mohawk. Dilansir dari situs penatarambut.com gaya rambut mohawk merupakan salah satu gaya rambut abadi yang dahulu pernah menjadi trend dan masih menjadi trend dikalangan anak muda saat ini. Gaya rambut mohawk sebenarnya merupakan cerminan dari jiwa pemberontak bagi orang dewasa yang mengenakannya. Namun hal tersebut agaknya berbeda jika gaya rambut mohawk ini dipakai oleh anak-anak. Dengan gaya rambut mohawk anak akan terlihat manis dan terkesan bad boy.

Berikut ini beberapa contoh gaya rambut mohawk yang diterapkan pada anak-anak;

Mohwak Hair Raising Style



Gaya rambut ini mencukur sebagian rambut di sisi kiri dan kanan lalu menyisakan rambut di tengah yang kemudian diberi gaya rambut mohawk untuk dibuat berdiri (spiky)

Mohawk Zig Zag Desin



Gaya rambut mohawk yang satu ini hampir sama dengan gaya rambut sebelumnya hanya saja dicukur dengan pola zig zag.

Mohawk Point Cut Feather



Gaya rambut ini menyerupai garis bergerigi dari elang. Dengan mendorong rambut yang sedikit agak panjang ke arah depan.

Mohawk Party Pick



Ini merupakan gaya rambut mohawk tanpa membuatnya berdiri atau Spike. Rambut bagian tengah dibiarkan untuk terurai ke bawah tanpa menggunakan gel atau styling rambut lainnya

Mohawk Little Charmer



Gaya rambut mohawk ini merupakan gaya rambut mohawk yang berbeda dengan gaya rambut mohawk biasanya. Jika gaya rambut mohawk biasanya kaku dan keras, gaya rambut mohawk ini terkesan tidak kaku dan halus


Itulah beberapa gaya rambut mohawk yang diterapkan pada anak-anak. Sebenarnya masih banyak lagi gaya rambut mohawk yang lain, kamu bisa googling sendiri. Kesannya memang terlihat lucu, imut dan keren. Tapi seperti yang sudah saya singgung di atas, gaya rambut seperti ini terlarang dalan Islam. Dalil yang melarang gaya rambuh mohawk atau qaza' ini jelas ya.

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang qaza’.” (HR. Bukhari)

Dalam riwayat Muslim disebutkan bahwa Ibnu ‘Umar mengatakan,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang qaza’.” Aku (Umar bin Nafi’) berkata pada Nafi’, “Apa itu qaza’?” Nafi’ menjawab, “Qaza’ adalah menggundul sebagian kepala anak kecil dan meninggalkan sebagian lainnya.” (HR. Muslim)

Sebelum lanjut kita perlu pahami dulu apa itu qaza'. Saya ulang kembali pengertiannya ya, qaza’ adalah menggundul sebagian rambut kepala dan membiarkan rambut yang lain. Gaya rambut ini sama persis dengan gaya rambut ‘mohawk’ seperti gambar-gambar yang sudah saya lampirkan di atas

Beberapa model rambut yang termasuk qaza' adalah :
  • Mencukur habis secara berurutan, yaitu mencukur bagian samping kanan, lalu bagian samping kiri, bagian depan kepala dan tengkuknya
  • Mencukur habis bagian tengah dan membiarkan bagian sampingnya
  • Mencukur bagian sampingnya lalu membiarkan bagian tengahnya

Nah, mengenai hukum qaza' sendiri sebagaimana seperti penjelasannya dari situs rumaysho.com adalah makruh dan bisa jadi haram.

Hukum qaza’ adalah makruh apabila kita sendiri yang sengaja memotong rambut dengan model tersebut. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat seseorang dalam keadaan rambutnya sebagian gundul, sebagian lainnya dibiarkan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun melarangnya. Beliau bersabda pada orang yang model rambutnya seperti itu, “Cukurlah seluruhnya. Atau biarkanlah seluruhnya.”

Hukum qaza' menjadi haram apabila niat memotong rambut dengan model tersebut karena ikut-ikutan model rambut mohawk yang notabene bukan berasal dari Islam. Sementara kita tahu bahwa perilaku tasyabbuh (mengikuti gaya) orang kafir adalah haram. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka.”

Oleh karena itu jika kita melihat ada orang yang model rambutnya adalah qaza’ maka sebaiknya kita sarankan agar ia menggundul seluruh rambut di kepalanya lalu menasihatinya bila ingin mencukur rambut lagi, hendaklah mencukur seluruhnya atau membiarkan seluruhnya seperti yang disunnahkan Nabi. Yah, kecuali dalam kondisi tertentu seperti sakit atau kecelakaan yang menyebabkan orang tersebut harus menggunduli sebagian rambutnya untuk dijahit atau dioperasi misalkan.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang hukum qaza’ atau gaya rambut mohawk. Semoga setelah membaca postingan ini, kita bisa paham dan tidak membiarkan orang terdekat kita, baik saudara laki-laki, kerabat terutama anak sendiri memilih gaya rambut yang jelas-jelas dilarang dalam Islam.

Salam,
@siskadwyta

Gambar : penatarambut.com

  • Share:

You Might Also Like

12 comments

  1. Palung belum pernah potong rambut model hini meski pernah bilang soal model rambut aneh ini, hi hi. Paling kalau ke tukang cukur mah model standar yang tetap bikin dirinya ganteng.
    Tulisan ini bantu saya untuk referensi karena tidak tahu. Biar Palung pun paham apa yang boleh dan tidak. Mamah sudah diedukasi, makasih.

    ReplyDelete
  2. Banyak banget jenis potongan mohawk ternyata ya, Mbak. Sebagian besar orang belum paham kalau gaya rambut seperti ini dilarang dalam agama kita. Terima kasih pencerahannya..sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. wah namany Qaza’ y mb. belakangan beken jg dikalangan wanita model ini. terima kasih atas tulisannya mb ^^

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah paksuami gak suka anak laki2 saya potong beginian, hehe, ternyata makruh ya mba..bahkan bisa jadi haram dan baru tau ternyata qaza' istilahnya..nice info..

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu soal Qaza ini. Kebanyakan mungkin hanya ikut trend saja anak-anak zaman now. Trims sharingnya, Mbak Siska

    ReplyDelete
  6. ternyata mohawk ada macem2 juga, ya. yang terakhir kayaknya sering tuh dipakai anak zaman now.

    ReplyDelete
  7. Ini catetan banget kalau nanti punya anak cowok. Kalau bapaknya sih alhamdulillah bukan tipe cowok yang aneh-aneh gitu model rambutnya. Tiap kali potong udah mirip tentara aja. Inget banget waktu mau urus berkas nikah, dia kirim aneka macem berkas plus foto dengan rambut super pendek. Kata ortu saya, "mau nikah apa daftar tentara mas?" 😂😂😂

    ReplyDelete
  8. makasih mbak sharingnya, jadi tahu kalo antar cukur rambut anak ke barber shop. Biasanya anak lanang minta potong kayak upin-ipin, kmrn berubah pengen gak gundul plonthos

    ReplyDelete
  9. Terima kasih infonya mba Siska :)

    ReplyDelete
  10. aku baru tau nih kalo mohawk dilarang dalam Islam, nice info mbak.

    ReplyDelete
  11. Iya sekarang banyak yang didesain-desain apa gitu ya. Lihatnya aja kayak gimana gitu ribet. Apalagi kalau model kayak punk rock jadi aneh aja buat anak kecil. Yang bikin ganteng itu model standart aja

    ReplyDelete
  12. Astagfirullah, ternyata model mowhak itu termasuk qaza' dan dilarang oleh Rasulullah ya. Baik Mbak, makasih ya udah diingatkan.
    Secara ini punya anak 3 cowok semua, yaakalii besok2 mau model rambut mowhak udah bisa kularang duluan, hohohoh

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.