Resep Menu Sehat dan Praktis, Udang Goreng Skippy

By Siska Dwyta - Wednesday, May 08, 2019


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillaah sudah masuk hari ketiga puasa. Tadinya saya sempat ragu bisa ikut puasa tahun ini nggak ya dengan kondisi saya yang lagi double. Tapi syukurlah hingga hari ini saya masih kuat menjalankan ibadah puasa. Yah, semoga saja puasa saya tahun ini bisa lancar jaya kayak tahun lalu, nggak ada bolongngya, hehe.

Tentunya untuk menjaga kondisi ibu hamil dan menyusui seperti saya agar tetap fit selama menjalankan ibadah puasa, saya harus banyak minum agar tidak dehidrasi, istirahat yang cukup dan tetap rajin mengonsumsi makanan bergizi

Nah, ngomong-ngomong soal makanan bergizi, kali ini saya pengen share resep menu sehat dan praktis dengan menggunakan Skippy Peanut Butter atau sebut saja Skippy. Sudah pada kenal kan dengan Skippy?  Yes, Skippy is selai kacang.

Beidewei, dari dulu saya paling suka banget makan yang namanya kacang. Makanya salah satu makanan favorit saya adalah pecel. Bumbu pecel kan terbuat dari kacang? Eh tapi bukan resep menu pecel yang ingin saya bagikan di sini ya. Mungkin kamu juga heran dan bertanya-tanya kenapa saya singgung pecel dan apa hubungannya dengan Skippy?

Jelas ada dong. Selai Skippy memang paling sering dinikmati dengan roti tawar karena caranya  sangat praktis, tinggal dioleskan. Nah, tadinya saya berencana ingin berkreasi membuat menu buka puasa dengan menggunakan Skippy sebagai isian roti bakar lalu diberi topping keju coklat. Tapi nggak jadi ding, karena nggak ada bahannya di rumah. Meski bahan yang akan digunakan sedikit sih tapi yah pengennya saya pake bahan yang sudah ada saja di rumah.

Setelah googling baru deh saya tahu, ternyata ada banyak cara menikmati Skippy. Bukan sebagai olesan atau isian roti tawar saja. Kita bahkan bisa mengubah selai kacang menjadi bumbu pecel lho. Terbetiklah niatan untuk buat pecel dengan skippy eh tapi bahan-bahan sayuran untuk pecel juga nggak ada di kulkas. Yah, gimana dong?.

Ahaaa, saya ingat masih ada persediaan udang di freezer. Yowes, mari kita berkreasi dengan Skippy. Kira-kira dengan menu utama udang dan selai kacang saya bakal bikin apa ya? Hayoo ada yang bisa tebak?

Udang Goreng Skippy

Nah, ini dia hasilnya, Udang Goreng Skippy. Menu ini bisa disajikan saat sahur maupun setelah berbuka. Bahan-bahan yang digunakan sangat simple, cara membuatnya juga praktis banget. Yuuk, yang mau coba bikin Udang Goreng Skippy, ini dia resepnya

Resep Udang Goreng Skippy


Bahan
Udang
Bawang putih 2 buah
Merica secukupnya
Jeruk nipis
Garam kasar secukupnya
Tepung bumbu serbaguna secukupnya
Selai kacang Skippy (2 sdm)
Air secukupnya
Minyak goreng
Bawang goreng (sesuai selera)

Cara Membuat
  • Buang kepala udang, lepas kulitnya setengah dan sisakan ekornya lalu bersihkan
  • Campurkan udang dengan air jeruk nipis agar amisnya berkurang
  • Haluskan garam, lada dan bawang putih
  • Baluri udang dengan lada, garam dan bawang putih yanh sudah halus
  • Masukkan juga tepung bumbu serbaguna dan tuang air secukupnya hingga membentuk adonan basah lalu aduk hingga rata
  • Di wadah berbeda, siapkan tepung bumbu serbaguna sebagai adonan kering
  • Celupkan satu per satu udang dalam adonan basah ke adonan kering
  • Panaskan minyak lalu goreng udangnya hingga berwarna kuning kecoklatan
  • Siapkan 2 sdm skippy ke dalam wadah berbeda lalu campurkan air secukupnya hingga tekstur skippy berubah agak cair
  • Tambahkan sedikit jeruk ke dalam bumbu skippy, boleh juga tambahkan gula, garam, merica sesuai selera.
  • Tuangkan sedikit demi sedikit bumbu skippy dengan sendok makan ke piring udang yang sudah digoreng secara merata
  • Taburkan bawang merah secukupnya, ini juga sesuai selera ya
And violaah jadi deh Udang Goreng Skippy ala @siskadwyta. Siap disantap saat makan malam (setelah berbuka) atau di waktu sahur. Sudah praktis, simple menyehatkan pula.

Yup, jadi ternyata selai kacang ini punya banyak manfaat lho. Tidak percaya? Silakan googling sendiri. That's why, mengonsumsi selai kacang seperti Skippy ini baik untuk kesehatan tubuh kita. Kerennya lagi, skippy bisa diolah sesuai kreasi kita. Oke itulah resep hasil kreasi saya dengan Skippy. Selamat Mencoba.

Salam,
@siskadwyta

  • Share:

You Might Also Like

28 comments

  1. Nanti aku mau coba versi ayam krispi nya ah soalnya alergi udang, kayaknya kriuK2 gurih gimana gitu ya 😁

    ReplyDelete
  2. Kalau kata suami saya, makanan yang ada udangnya biasanya enak-enak karena rasa udang aja udah enak. Apalagi kalau dikasih Skippy, ya

    ReplyDelete
  3. Hhhmmm, pastinya renyah danbgirih udang goreng skippy ini. Membuatnyapun gak ribet, bumbu2nya sederhana, tapiiii rasanya yummmyyy...

    ReplyDelete
  4. Wah kebayang rasa udang yang gurih dengan saus skippy, pasti rasanya makin istimewa, kudapan yang enak dan sehat

    ReplyDelete
  5. Wah udang kesukaan saya nih. Tapi mengolahnya dg skippy blm pernah terpikir..hehe.. TFS mba, pengen coba juga kapan2..

    ReplyDelete
  6. Nambah lagi resep saya pakai skippy yaitu udang goreng. Biasanya cuma oleh di roti bakar atau sejenisnya mbak. Kalau udang goreng ini akan dieksekusi, semoga saya berhasil hehe.

    ReplyDelete
  7. Wah kreatif banget resepnya mbak, ternyata selai skippy bisa dimasak dengan udang juga yah. Selama ini aku mikirnya selai kacang cuma bisa pake roti aja hehe

    ReplyDelete
  8. Udang dan skippy juga bisa jadi kombinasi yang menyenangkan, ya. Kreatif, Mbak.

    ReplyDelete
  9. Wah, belom pernah nyoba nih masak udang seperti ini. Aku biasanya udang dimasak balado aja. Nanti-nanti aku cobain aaaah...

    ReplyDelete
  10. Dulu aku mikir kalau selai kacang itu cuma bisa dinikmati untuk makanan manis dan camilan ternyata bisa dibuat untuk masakan juga ya :) jadi saus atau bumbu paling cocok nih Skippy

    ReplyDelete
  11. Wah boleh dicoba nih mbak resepnya. Kadang ga kepikiran memyatukan udang dan kacang dalam satu menu

    ReplyDelete
  12. Pasti yummy banget nih udang goreng saus skippy-nya.... Kayaknya bisa juga nih buat anak-anak... Saya juga suka dengan saus kacang skippy karena teksturnya yang lembut mbak. Rasanya pas dan cocok banget dijadikan saos.

    ReplyDelete
  13. Jd kayak selai buat udang ya Mba, si Skippy nya. Hmm.. Pnasaran sama rasanya jadinya

    ReplyDelete
  14. Enak banget nih kayaknya udah skippy, kebetulan anak-anak juga suka banget sama udang, makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  15. Duh beneran deh aku penasaran dengan rasa Udang Goreng Skippy ini. Tepungnya tetap crunchy gak, Mbak? Selama ini taunya Skippy cuma untuk olesan roti dan campuran bahan kue kering kacang

    ReplyDelete
  16. Wah skippy tanpa diapa apain jg sdh enak apalagi dimodif eh dikreasi pasti tambah enak ya..hehe..

    ReplyDelete
  17. Saya juga suka banget udang di goreng tepung, tapi belum pernah dikasih selai skippy, ntar ah mau dicoba resepnya. Pas masih ada selai butternut skippy

    ReplyDelete
  18. Pas banget..
    Aku punya udang hari ini.
    Bisa langsung eksekusi niih..

    ReplyDelete
  19. Wah aku gak pernah kepikiran bikin udnag goreng dengan skippy, bisa nih dicoba resepnya.,kyknya simple :D
    Thx

    ReplyDelete
  20. Wahh udang goreng, favoritku banget iniiii. Apalagi ditambah skippy yaa, pasti lebih lezat lagi nih rasanya :)

    ReplyDelete
  21. jiahahah kebetulan ada udang nih trus aku bingung mau masak apa. oh bisa ya pakai selai kacang skippy sebagai pengganti saus kacangnya. coba ahh

    ReplyDelete
  22. Endesnya ini Mba Sis, aku pengen coba ah kapan-kapan
    Minta resepnya ya hahaha simple gampang dipraktekan
    SOalnya masku juga suka udang, kalo diolah dengan skippy pasti beda rasa ini

    ReplyDelete
  23. Penasaran dengan rasanya,Mbak kalau jadi masakan gini. Soalnya selama ini ya cuma dipakai untuk olesan roti atau bahan kue kacang hehehe. Hebat ih kreatif banget

    ReplyDelete
  24. Setelah dicampur skippy rasanya jadi berbeda dan spesial ya mba. Aku belum pernah cobain mba

    ReplyDelete
  25. Hmmmm, aku ngebayanginnya ditambahin cabe rawit gitu spicy spicy gutih gimana gitu Mbak.... Ngences sendiri deh sayanya....

    ReplyDelete
  26. Bertebaran resep skippy dimana-mana. hehehe. Udang salah satu favorit di rumah, resepnya bisa dipake nih nanti untuk variasi makasi yo mbak

    ReplyDelete
  27. Kyaaa skippy ini meracuniku buat masak lagi... Mumpung bnyak yg share resep skippy. Tapi tapi, aq anaknya mager buat masak.

    ReplyDelete
  28. selalu beli ini skippi kalao anak2 beli roti, andalan juga nih
    tapi kalao aku belum pernah kreasiin sih dengan menu lain
    baru tau deh bisa ya hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)