Tips Melatih Anak Puasa Sejak Dini

by - Sunday, May 26, 2019

Melatih anak puasa sejak dini
Gambar : dokter.id

Bismillaahirrahmaanirrahiim 

Ibadah puasa di bulan Ramadan memang hanya diwajibkan bagi kita yang telah akil baligh. Namun tidak ada salahnya juga kita sebagai orang tua mulai melatih anak puasa sejak dini. Tentu, bila anak sudah terbiasa dilatih berpuasa sedari kecil, saat telah masuk usia akil baligh nanti, ia akan lebih siap menjalankan ibadah puasa dibanding anak yang tidak pernah dilatih berpuasa sebelumnya. 

Saya sendiri sudah mulai diajarkan berpuasa oleh mama di usia masih sekira 5-6 tahun, saya lupa kapan persisnya. Yang pasti saat duduk di bangku kelas 1 SD saya sudah mampu menahan lapar dan dahaga hingga waktu berbuka tiba. Alhasil menjalankan ibadah bukan lagi hal yang asing bagi saya setelah menjadi mukallaf. 

Saya pun berencana akan mulai mengajarkan anak-anak saya kelak untuk berpuasa sejak dini seperti yang mama ajarkan pada saya dan ketiga saudari saya dulu. Bagaimana caranya? 

Baiklah, berdasarkan ingatan terkait cara mama mengajarkan saya berpuasa waktu kecil, juga dari beberapa referensi yang saya baca, ini dia tips melatih si kecil berpuasa sedari kecil.

Ajarkan anak puasa secara bertahap

Tentu saja tidak mudah bila si kecil tiba-tiba harus menjalani puasa selama seharian penuh. Jadi jangan langsung memaksa anak berpuasa seperti orang dewasa. Untuk melatih anak yang baru pertama kali menahan lapar dan haus kita bisa lakukan secara bertahap, yakni dengan membiarkan ia berpuasa setengah hari. Cara ini juga yang mama terapkan ketika mengajari saya berpuasa dulu.

Biarkan si kecil berpuasa mulai dari waktu fajar hingga masuk waktu dhuhur. Cara ini bisa dilakukan selama beberapa hari dan bila si kecil sudah siap, kita bisa secara bertahap menambahkan durasi puasanya.

Pahamkan anak makna puasa

Sembari mengajarkan puasa, anak juga harus tahu makna ibadah yang ia kerjakan di bulan Ramadan ini. Dan sudah menjadi tugas kita sebagai orang tua untuk menjelaskan kepadanya secara perlahan bahwa puasa adalah perintah Allah maka menjalankannya adalah bentuk ketaatan kita kepada Allah. Jelaskan pula manfaat dari puasa, kebaikan-kebaikan yang ada pada bulan Ramadan dan berbagai hal lainnya dengan bahasa yang mudah ia pahami.

Siapkan menu sahur dan buka favorit anak

Sebagai bentuk motivasi dan penghargaan karena anak sudah mau belajar berpuasa, kita bisa menyiapkan menu favoritnya baik pada saat sahur maupun berbuka.

Si kecil pasti akan sangat senang bila dihidangkan makanan kesukaannya. Bahkan bila perlu, kita bisa melibatkan si kecil dalam memilih menu buka puasa yang ia inginkan. Ajak juga ia ikut membantu di dapur dan memasak bersama. Tentu itu akan menjdi aktivitas menyenangkan bagi si kecil. 

Ajak anak ngabuburit atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya 

Satu lagi cara agar si kecil mampu belajar puasa dengan lebih baik yakni dengan mengalihkan perhatiannya dari makanan dan minuman selama belajar berpuasa. Selain mengajak si kecil ikut membantu di dapur, kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya bersama mulai dari permainan, hingga jalan-jalan untuk membuat si kecil tidak begitu memikirkan soal puasa yang tengah ia jalani. 

Jadi ingat, waktu kecil papa hampir tiap sore ajak saya dan Aya ngabuburit ke taman atau sekadar jalan-jalan dan itu berhasil mengalihkan kami dari rasa lemas karena puasa.



Jadilah contoh dan teladan yang baik untuk anak

Anak-anak adalah peniru ulung. Ia biasa akan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Jadi untuk melatih puasa anak puasa, tentu kita harus bisa memberikan contoh dan teladan yang baik.

Nah, karena anak-anak suka meniru apa yang dilihatnya maka ia pasti akan penasaran ketika melihat orang tuanya tidak makan dan minum seharian atau kenapa tiba-tiba jadi lebih sabar dan tidak mudah emosi seperti biasanya, hehe. 

Ketika mereka bertanya, kita bisa beri jawaban yang mudah dicerna mengenai apa itu puasa, sekaligus mengajak mereka untuk ikut berpuasa. Selain itu kita juga harus selalu mendampingi si kecil dan memberikan dukungan agar ia mampu menyelesaikan ibadah puasanya.

Memberikan apresiasi pada anak bila ia berhasil menjalankan puasanya 

Jangan lupa, berikan apresiasi atau penghargaan pada si kecil setiap ia kali ia sukses menyelesaikan ibadah puasanya. Apresiasi atau penghargaan yang kita berikan tidak harus dengan hadiah, bisa juga dalam bentuk pujian atau pelukan. 

Namun tidak ada salahnya juga lho bila sekali-kali kita memberikan si kecil hadiah atau kejutan atas keberhasilannya menuntaskan ibadah puasa. Dengan begitu, ia akan merasa senang dan semakin semangat berpuasa.

Itulah beberapa tips melatih anak puasa sejak dini. Ah, saya jadi nggak sabar ingin melatih Zhaf berpuasa. Saat ini sih umur Zhaf baru jalan 10 bulan jadi belum waktunya diajarkan puasa eh tapi dia selama ramadan ini juga sudah sering ikut buka puasa dan bangun tiap sahur lho.

Nah, karena mengajarkan anak berpuasa sejak dini itu penting so yuk, ayah bunda mari kita mulai ajarkan si kecil menjalankan ibadah yang merupakan rukun islam ketiga ini. Dengan begitu, setelah masuk usia akil baligh ia tidak akan merasa kesulitan menjalankan ibadah puasa.

Salam,

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.