ads

Tips Sukses SBMPTN yang Menyenangkan

By Siska Dwyta - Saturday, May 25, 2019

Tips Sukses SBMPTN yang Menyenangkan - Dalam persiapan Ujian Nasional atau UN, latihan soal adalah hal yang paling sangat dibutuhkan. Karena dengan latihan soal, anak mampu mengidentifikasi sejauh mana penguasaan materi yang mereka miliki dan bagaimana tipe-tipe soal dalam Ujian Nasional tersebut. Terkadang beberapa anak melupakan bagian ini, mereka lebih mementingkan membaca dan menghafal materi dan melupakan latihan-latihan soal ini. Padahal jika mereka menguasai materi tersebut tapi mereka tidak terbiasa dengan jenis soalnya, maka mereka akan tetap merasa kesulitan.

Terlalu banyak latihan soal juga akan membuat siswa merasa bosan. Nah, kali ini saya ingin berbagi tips agar tidak mudah bosan dalam persiapan menghadapi ujian masuk universitas negeri. Saya jadi ingat dengan pengalaman saya waktu baru lulus sekolah. Yah, mempersiapkan Ujian Nasional sungguh tidak ada apa-apanya dibandingkan ketika saya mempersiapkan ujian SBMPTN untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Mengingat soal yang dibahas dan dikeluarkan pada SBMPTN jauh lebih rumit dibandingkan soal Ujian Nasional. Saat itu mungkin kita akan merasa jenuh belajar atau bahkan ingin menyerah saja. Terlebih lagi bila sebagian teman kita sudah diterima di perguruan tinggi dengan jalur SNMPTN Undangan. Tekanan psikis pun semakin menambah beban dalam belajar untuk menghadapi ujian tersebut.

Tak dimungkiri, hal yang paling berat untuk dilawan saat akan menghadapi ujian adalah rasa bosan, jenuh dan malas untuk belajar. Untuk itu kita butuh suasana belajar yang menyenangkan. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena sekarang ini untuk mencari suasana belajar yang menyenangkan plus nyaman bukanlah hal yang sulit. Apalagi teknologi zaman sekarang sudah semakih canggih, sehinga belajar secara online pun bisa dilakukan.

Well, beberapa watu lalu Film Dilan 1990 dengan aktor tampannya Iqbal sempat booming. Tidak lama setelah itu Iqbal tampil dalam iklan sebuah aplikasi Ruangguru namanya. Setelah lihat iklannya dan mencari lebih jauh ternyata ini adalah sebuah aplikasi bimbingan belajar online.


Nah, jika kamu ingin mencari suasana belajar yang baru dan sudah pasti tidak membosankan, aplikasi ini bisa jadi solusi yang tepat buat kamu. Pastinya kamu akan tertarik karena tampilan aplikasinya yang sangat menarik. Selain itu dengan memanfaatkan aplikasi ini untuk belajar, kamu tidak perlu lagi merasa bosan karena terlalu sering menghabiskan banyak waktu bersama kertas putih berlembar-lembar dengan tulisan yang sangat penuh yaitu buku.

FYI, salah satu fitur yang diminati pada aplikasi ini adalah  digitalbootcamp. Fitur ini adalah sebuah grup chat dengan tutor yang selalu standby. Menurut saya, ini adalah salah satu tips sukes menjalani SBMPTN. Jadi kalau kamu ingin sukses menjalani SBMPTN, sering-seringlah menggunakan fitur ini, karena di dalamnya terdapat berbagai keunggulan, diantaranya:

Tutor StandBye

Dalam fitur ini terdapat 1 grup untuk 1 mata pelajaran dan di setiap grup belajar akan dipandu dan dibimbing oleh tutor yang berpengalaman. Tutor akan membantu kita dalam menjawab soal, memahami materi atau dalam pembahasan soal yang rinci.

Materi dalam bentuk video

Selama ini sudah jenuh dengan modul cetak, maka fitur ini sangat membantu dan memberikan solusi. Selain videonya yang beranimasi dengan konsep yang menarik, durasi video ini juga hanya 10-15 menit. Jadi dijamin  kamu tidak akan bosan. Menghindari bosan kan salah satu tips sukses SBMPTN yang penting untuk dilakukan.

Materi belajar sangat lengkap

Dalam aplikasi ini tidak hanya terdapat video materi saja melainkan ada modul materi yang dibuat semenarik mungkin, latihan soal serta Try out. Semua disajikan menyesuaikan kurikulum kita di sekolah.


Wah, aplikasi yang keren banget, kan? Apalagi jika dilihat dari manfaatnya. Aplikasi Ruangguru ini dapat membantu kamu terlepas dari rasa bosan dan jenuh dalam belajar, bahkan bisa memberikan hasil yang memuaskan. Jadi saya juga pengen merekomendasikan tips sukses SBMPTN dengan Ruangguru juga pada kamu.

Yuk, buat kamu yang akan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Segera donwload aplikasinya dan dapatkan manfaatnya. Selamat Belajar!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.