7 Jenis Kue Khas Lebaran Favorit Keluarga

by - Saturday, June 01, 2019


Kue khas lebaran
Gambar : tokopedia.com

Bismillaahirrahamaanirrahiim 

Tak terasa lebaran tinggal hitungan hari. Biasanya menjelang lebaran seperti ini orang-orang sudah pada sibuk mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangannya. Mulai dari sibuk belanja baju lebaran hingga sibuk mencari kue khas lebaran. 

Yup, selain identik dengan belanja baju baru untuk dipakai di hari raya, lebaran juga identik dengan kue khas lebaran yang akan dihidangkan untuk menyambut para tamu, keluarga, atau sahabat yang berkunjung kerumah. 

Ngomong-ngomong soal kue lebaran, saya jadi kangen dengan kue yang biasa dibuat mama di hari lebaran. Apalagi sudah nyaris tiga tahun berturut-berturut ini saya tidak mencicipi kue buatan beliau karena belum ada kesempatan untuk mudik. 

Memang bagi orang Indonesia tak lengkap jika menyambut lebaran tanpa kue kering. Makanya, selain menghidangkan ketupat atau buras, opor ayam, rendang dan lain sebagainya, jajanan atau cemilan berupa kue kering juga selalu dihidangkan untuk tamu di hari lebaran. 

Nah, kebanyakan orang kemudian memilih membeli kue lebaran. Namun tak sedikit pula yang kemudian membuatnya sendiri. Mama saya termasuk tim yang lebih suka membuat kue sendiri daripada membeli. Alasannya tentu saja, selain karena soal rasa yang bisa dibuat sesuai selera, kualitas dan kebersihan kue juga lebih terjamin. Ditambah lagi kegiatan membuat kue ini bisa jadi aktivitas keluarga menghabiskan waktu bersama. 

Saya sendiri waktu masih tinggal bersama mama, selalu bantu beliau buat camilan berupa kue kering maupun basah namun eh tapi meski sudah sering membantu sampai saat ini saya belum jago buat kue sendiri. Ups! Selain itu, sampai sekarang saya juga belum menemukan camilan yang rasanya menyamai kue buatan beliau. Ya, pokoknya kue-kue buatan mama tak ada duanya deh. 

Pengen tahu kue apa saja yang sering atau pernah dibuat mama dan menjadi hidangan favorit kami di hari lebarab? Yuk, intipin ulasannya di bawah ini ; 

Kacang Bawang

Kue khas lebaran
gambar : fimela.com

Di urutan pertama ada kacang bawang, camilan lebaran yang paling mudah dibuat. Bahan yang digunakan pun cukup simple. Tak heran bila setiap menjelang lebaran mama selalu membuat camilan kacang bawang. Ya, boleh dibilang cemilan yang bahan dasarnya terdiri dari kacang tanah dan bawang ini sudah menjadi cemilan wajib di hari lebaran dalam keluarga kami. 

Nastar (Kue Tomat)

Kue khas lebaran
Gambar : bp-guide.id
Selain kacang bawang, cemilan berupa kue kering yang sering dibuat mama di hari lebaran adalah nastar atau kami biasa menyebutnya kue tomat. Tugas saya biasanya membantu menaburi cengkeh di bagian atas kue yang berbentuk seperti tomat dan berisikan selai nanas ini. 

Kastengel (Kue Keju)

Kue khas lebaran
Gambar : bp-guide.id

Selanjutnya ada kastengel, eh kami biasa biasa menyebutnya kue keju. Kue ini memiliki adonan yang mirip dengan nastar, namun ditambah dengan taburan keju di bagian atasnya. 

FYI, saya baru tahu nih ternyata kastengel merupakan kue yang berasal dari Belanda, dimana di negara asalnya kue ini biasanya juga dapat disantap bersama sup atau salad. Wah, gimana rasanya ya?


Putri Salju

Kue khas lebaran
Gambar : bp-guide.id
Berikutnya ada si putri salju, kue kering bertabur gula halus ini juga kerap dihidangkan mama di hari lebaran. Rasanya tentu saja gurih dan manis, 

Oya, salah satu rahasia untuk membuat putri salju yang enak adalah kita harus memilih gula halus berkualitas bagus agar gulanya tak bergumpal dan tampilannya juga cantik ketika ditaruh di toples plastik atau kaca. 

Batang Coklat

Kue khas lebaran
Gambar : lensa.news
Kue berbentuk batang yang kedua sisi ujungnya diberi coklat ini juga termasuk kue andalan yang sering dibuat mama di hari lebaran plus termasuk kue yang paling difavoritin oleh keluarga kami. Paduan rasa gurih dan manisnya sungguh menggoda lidah. 

Pilus Keju (Kue Sisir)

Kue khas lebaran
Gambar : credit
Entahlah. Saya nggak tahu juga gimana awalnya sampai saya bisa menyebut pilus keju dengan kue sisir. Mengingat bentuknya tak sama dengan sisir. Eh tapi ada lho yang buat kue pilus keju ini dengan bantuan sisir, mungkin karena itu kali ya sehingga saya ikut-ikutan menyebutnya kue sisir. 

Sama seperti kue batang coklat, pilus keju juga termasuk cemilan lebaran yang paling cepat laku di keluarga kami karena banyak yang favoritin. 


Pastel Kering Abon

Kue khas lebaran
Gambar : bp-guide.id
Cemilan pastel yang berisi abon ini termasuk kue favorit saya banget. Sayangnya mama jarang buat cemilan ini karena proses pembuatannya yang menurut beliau agak ribet. 

Jadi biasanya saya baru bisa mencicipi cemilan ini saat bertamu di rumah salah satu teman masa kecil saya yang saya tahu persis mamanya selalu menghidangkan pastel di hari lebaran. 

Itulah beberapa kue khas lebaran yang biasa dibuat mama dan jadi favorit keluarga kami. Kalau kue atau cemilan favorit kamu di hari lebaran apa saja nih? Share yuk di kolom komentar

Salam,

You May Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.