Adakah Momen Ramadan Terbaik Tahun Ini?

By Siska Dwyta - Wednesday, June 05, 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Hiks rasanya pengen nangis deh jika ditanya apa yang menjadi momen terbaik di Ramadan ini karena yang ada saya merasa justru ini adalah momen Ramadan terburuk dalam hidupku. Ramadan dimana ibadahku merosot drastis dari Ramadan di tahun-tahun sebelumnya.

Setidaknya tahun lalu saya masih bisa puasa full, masih bisa ke masjid untuk ikut tarawih, masih bisa mengkhatamkan Alquran lebih dari sekali dan berbagai amalan ibadah lainnya. Tapi tahun ini astaghfirullaah.

Benarlah yang dikatakan anak adalah ujian, ah bukan anak saja keluarga, teman, termasuk gadget yang bisa melalaikan kita dari ibadah kepada Allah juga termasuk ujian.

Ya, tahun ini saya hanya sempat sekali datang ke mesjid dengan niat ingin ikut tarawih namun gagal karena si Kecil mendadak rewel. Memang sih perempuan tidak ada kewajiban untuk shalat di masjid, bahkan malah dianjurkan untuk shalat di rumahnya karena itu adalah lebih baik baginya. Namun tetap saja beda ya nuansa shalat tarawih berjamaan di masjid dan di rumah.

Tahun ini memang tahun pertama saya Ramadan dengan status baru sebagai seorang ibu. Bukan itu saja, saya juga memasuki bulan Ramadan ini dalam kondisi hamil dan tetap menyusui si (calon) kakak. Dengan kondisi double seperti itu saya terpaksa harus rela untuk tidak ikut puasa selama dua pekan lamanya. Ini juga yang bikin saya sedih sebab tahun lalu meski dalam keadaan hamil saya masih kuat menjalankan ibadah puasa.

Lha Ramadan tahun ini? Sebenarnya juga saya merasa masih sanggup dan kuat untuk tetap berpuasa, tapi belum tentu dengan Bunay dan si dedek yang masih dalam kandungan. Jadinya saya merasa seperti menzhalimi mereka bila memaksakan diri untuk berpuasa secara full. Ya, akhirnya saya cuma bisa berpuasa di beberapa hari di awal Ramadan dan beberapa hari di akhir Ramadan.

Dan masih banyak lagi ibadah saya yang lainnya yang keteran jadi sekali lagi kalau ditanya momen terbaik saya di Ramadan ini apa? Ya rasanya saya pengen nangis saja, apalagi Ramadan tidak lama lagi akan segera meninggalkan saya. Tapi apalah arti penyesalan itu.

Hiks, semoga Allah masih memberi saya kesempatan untuk menciptakan momen terbaik di Ramadan-Ramadan selanjutnya.

Salam,

@siskadwyta

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Saya juga sama, momen ramadhan kali ini terlalu banyak dihabiskan untuk main game doank. Apalagi kalau bukan game mobile legends. Bener-bener parah :(

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.