ads

Tips Memilih Nama Anak Perempuan Islami

By Siska Dwyta - Saturday, June 15, 2019


Tips Memilih Nama Anak Perempuan Islami.
Tentu sudah menjadi kewajiban setiap orang tua untuk memberi nama yang baik untuk anaknya yang baru lahir. Bagi kamu yang ingin tahu lebih mendalam mengenai tips jitu memberi nama islami untuk anak perempuan, kamu bisa langsung simak ulasan nama bayi perempuan islami di bawah ini. Banyak orang tentu yang ingin tahu jelas mengenai cara simple menentukan nama islami untuk anak bayi perempuan. Terutama bagi mereka yang ingin memberi nama islami yang paling terbaik untuk sang buah hati, pastinya harus tahu panduan tepat memberi nama anak perempuan dengan nama islami.
Ada salah satu tips jitu memberi nama islami untuk anak perempuan yaitu dengan tahu batasan pemberian nama anak islami. Tentunya ada beberapa batasan yang harus kamu ketahui pada saat memberi nama islami untuk buah hatimu. Kamu harus tahu bahwa makruh hukumnya jika kita memberi nama anak arab islami dengan memakai nama-nama yang memiliki arti menjadikan orang lainnya menjauh. Hal tersebut bisa berarti bahwa nama anak arab islami tersebut memiliki makna yang buruk. Selain itu, bisa saja nama anak arab islami tersebut memiliki potensi menjadi bahan ejekan atau olokan.
Selain itu, tentunya juga pemberian nama anak arab islami seperti ini juga menyimpang atas petunjuk Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam yang memerintahkan pemberian nama dengan memakai nama-nama baik. Kamu lebih baik menghindari nama anak arab islami yang kurang baik seperti Harb yang berarti perang, lalu nama Rasysyasy yang mempunyai arti percikan darah, nama Hiyam yang merupakan nama salah satu penyakit onta, serta berbagai nama lainnya yang memiliki arti buruk atau tidak baik.

gambar : bayiimut.com
Ada lagi hal makruh lainnya pada saat pemberian nama anak arab islami yaitu makruh hukumnya kalau kamu memberi nama anak arab islami dengan memakai nama-nama yang bisa saja mengundang syahwat. Untuk konsep pemberian nama anak arab islami yang satu ini lebih sering ditemui untuk penamaan bagi anak perempuan.
Jadi kamu harus menghindari memberi nama anak arab islami yang memiliki sifat seksual serta mampu mengundang syahwat. Memang selain dari yang di atas, masih ada beberapa lagi cara simple menentukan nama islami untuk anak bayi perempuan lain yang bisa kamu ketahui kalau ingin memberi nama islami yang paling terbaik untuk sang buah hati.
Kamu juga lebih baik menghindari memberikan nama anak dengan nama-nama dari dari orang-orang yang fasik. Tetapi kalau dari nama-nama mereka memang mengandung makna atau arti yang baik, nama tersebut dibolehkan saja karena makna baik tersebut.
Tetapi bukan berarti harus menyerupai mereka ataupun mengikuti jejak mereka. Dengan mengetahui panduan tepat memberi nama anak perempuan dengan nama islami di atas, maka tentunya kamu bisa dimudahkan lagi kalau ingin memberi nama islami yang paling terbaik untuk sang buah hati. Demikian saja bahasan tentang tips jitu memberi nama islami untuk anak perempuan.
Nah, bagi kamu yang ingin memberi nama islami yang paling terbaik untuk sang buah hati, maka kamu harus tahu dulu info di atas. Semoga kamu bisa lebih terbantu dengan info cara simple menentukan nama islami untuk anak bayi perempuan kali ini. Nama yang indah dan bermakna tentunya akan membuat senang si anak di kemudian harinya.

  • Share:

You Might Also Like

23 comments

  1. Pingin sebenarnya memilih nma anak yg baik Islami, karena nama adalah Doa!
    Tapi kendalanya:

    Bagaimna memilih nama anak, Nikah aja blum hehe

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah,anak kedua saya pakai nama yang islami yang jauh arti buruk atau arti fisik. Insha Allah semoga menjadi doa untuk sepanjang hidupnya.

    ReplyDelete
  3. Nama anak adalah doa dalam menemani langkah kecilnya. Kalau nama anak dalam Islam memang harus hati2 ya mbak jangan sampai maknanya juga seperti yang dijabarkan di atas perang dan sebagainya ya mbak..

    ReplyDelete
  4. aku sih udah milih nama anak perempuan dulu tapi lahirnya laki-laki :) Tipsnya berguna juga , bagaimana pun juga kita sebagai orangtua maunay kasih nama terbaik buat anak kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kebalikan kak Lia...
      Pilah-pilih nama anak laki, lahirnya perempuan.
      Hihii...

      Dan kami dulu ingat sekali...saat memilih nama bayi dimulai dari menggabungkan nama kedua orangtuanya, dirasa kurang oke, akhirnya kami memutuskan untuk memulai nama anak pertama dengan inisial A.

      Delete
  5. Milih nama anak itu emang gampang-gampang susah yah kak, jadi harus bener-bener selektif hihii
    Makasih ya rekomendasi dan infonya kak :3

    ReplyDelete
  6. Nama adalah do'a. Makanya memberi nama memang gak boleh sembarangan. Gak sekadar asal keren.

    ReplyDelete
  7. anakku yang perempuan waktu itu gabungan pemikiran sama suami sementara anak lelakiku pilihannya dari aku semua..intinya nama yang kuberikan mengandung doa dan harapan yang baik untuk anak-anakku mba.

    ReplyDelete
  8. Makanya kadang urusan nama aja bisa bikin pusiing ya Mbak. Saya anak kedua aja satu bulan lebih baru nemu kesepakatan dengan senua. Itu pun setelah nama dicetak dalam tulisan ada yang saya kurang sreg.

    ReplyDelete
  9. Memang pilih nama itu seru bangeet.. aku dan suami lumayan lama bahas dan riset soal nama dan artinya.

    ReplyDelete
  10. Aku lho dari dulu udah nyiapin nama anak baik cowok atau cewek. Tapi sekarang jadi mikir karena anak kan ada bapaknya juga. Kudu minta pendapatlah. Yang penting, ngasih nama itu yang baik dan jangan bikin malu anak dikemudian hari

    ReplyDelete
  11. Nama anakku Qonita diambil dari Al Quran surat At Taubah hehe dulu sebelum punya anak pernah mikir pengen kasi nama anak yang unik dan kebarat baratan tapi Alhamdulillah punya suami bawa hidayah, akhirnya nama anak kami diambil dari Al Quran hehe

    ReplyDelete
  12. MashaAllah mba.. aku belum punya anak perempuan nih.. bisa jadi panduan aku banget nanti saat memilih nama untuk anak perempuan.. aamiin dulu ya.. walaupun belum tau kapan punya anak lagi.. semoga bisa diberi amanah punya anak perempuan.. aamiin

    ReplyDelete
  13. waktu hamil anak ketiga kemarin, yg dicari nama cewek, ngarep gitu yg ketiga bisa cewek, udah nyimpan namanya karena di kehamilan ketiga kemarin agak beda, ada mual dikit, jadi dikirain cewek. Eits, tapi Alhamdulillah dapatnya cowok lagi.
    Bener, kalau ngasih nama tu hindari yg artinya kurang baik, jangan asal kasih nama aja karena unik tapi ternyata artinya gak baik, nama kan doa.
    Moga lancar kehamilan keduanya ya Mbak, Aamiin.
    Semoga cewek ya, biar pas nih dgn artikel ini :)

    ReplyDelete
  14. Kenapa pilih nama yang baik dan mengandung arti,, karena nama adalah doa , makanya kalau bikin nama anak jangan asal ya.

    ReplyDelete
  15. Dalam nama yang dipilih ada doa yang terselip dari orangtua. Jadi pilih nama anak bermakna bagus. Begitu nasihat mamaku waktu aku bingung memilih nama anak. Dan aku rasa ini benar. Makanya saat milih nama anak mesti hati-hati sekali

    ReplyDelete
  16. Yup betul, nama adalah doa dan harapan orangtua buat anak2nya. Sebisa mungkin riset dulu, jangan sampe ngasih nama anak yang tampak bagus ternyata adalah nama orang2 fasik atau munafiq di masa lalu.

    ReplyDelete
  17. Kedua anakku pake nama Islami semua mba, sampe konsultasi ke ahli bahasa segala lho. Jadi, nggak hanya sekedar pilih kata dengan arti yang bagus kemudian disambung-sambung, dilihat juga dalam bahasa aslinya sono secara tata bahasa nyambung apa enggak :) Ribet yaaa...
    Gapapa deh, ribetnya kan sesekali doang. Setelah itu doa yang tersemat di nama anak kita akan menjadi harapan dan penuntun baginya seumur hidup.

    ReplyDelete
  18. karena naman adalah doa, memang sebaiknya memilih nama anak perempuan juga harus benar-benar dicari dengan baik ya Mbak, maksih banyak sharingnya, pasti bermafaat sekali untuk orang tua yang sedang mencari nama untuk anak perempuannya

    ReplyDelete
  19. Kalau nama Islami better cari betul2 yang kita pahami artinya, krn salah sedikit cara nulis beda arti hehe :D
    Makanya kmrn pakai nama Islami yg umum aja, sisanya pakai bahasa biasa aja atau gabungan nama ortu :D

    ReplyDelete
  20. Aku kalo urusan nama anak ngambilnya dari shabat nabi jadi semua nama anakku laki dan perempuan referensinya ngambil dari kitab sirah nabi hehehehe

    ReplyDelete
  21. masyaAllah bayinya imut banget ituuu~~ aku juga selalu bingung menentukan nama anak xD soalnya nama ini kan akan dipakai seumur hidup anak dan mengandung doa/ harapan orang tua, jadi mesti benar2 matang memberi namanya ^^

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.