Ingin Melahirkan Secara Normal? Berikut Tips yang Perlu Bunda Ketahui

Tips melahirkan secara normal, tips melahirkan normal


Ingin Melahirkan Secara Normal? Berikut Tips yang Perlu Bunda Ketahui. Pastinya setiap wanita hamil di dunia ini ingin melahirkan bayinya secara normal. Yakni melahirkan secara pervaginam tanpa harus dibedah (caesar). Lalu bagaimana cara untuk bisa melahirkan secara normal itu? Yang pastinya Bunda harus pertimbangkan dengan baik sebelum mengambil keputusan untuk melahirkan normal.

Pertimbangan Sebelum Melahirkan Normal

Sebenarnya cara melahirkan normal maupun caesar, memiliki kelebihan serta kekuranganya masing-masing. Namun, jika Bunda ingin melahirkan secara pervaginam, maka Bunda harus siapkan diri baik fisik maupun mental dan buat perencanaan yang matang terlebih dahulu. Nah, untuk mendukung hal ini, ada beberapa faktor yang harus Bunda perhatikan.

Pertama, Pastikan Kehamilan Bunda Tidak Mengalami Kelainan. 

Dalam hal ini, kondisi kesehatan Bunda serta janin harus menjadi pertimbangan utama saat memilih untuk melahirkan secara normal. Oleh karena itu, pastikan kehamilan Bunda tidak mengalami kelainan-kelainan yang bisa membahayakan diri Bunda maupun si jabang bayi. Untuk mengetahui hal tersebut, Bunda sebaiknya selalu memeriksakan kehamilan Bunda ke dokter secara rutin. Hal ini dilakukan untuk memonitor kesehatan serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya komplikasi.

Kedua, Melahirkan Secara Normal itu Membutuhkan Motivasi yang Kuat. 

Melahirkan secara normal juga butuh motivasi yang kuat lho. Maka dari itu, buatlah diri Bunda tetap termotivasi dengan cara terus mengingat bahwa banyak kelebihan dari melahirkan secara normal. Dan memang terbukti melahirkan secara normal ini memiliki banyak kelebihan, seperti Bunda akan lebih cepat pulih pasca persalinan, terhindar dari stres serta resiko komplikasi akibat dari efek pembedahan dan pengaruh obat-obatan. Bukan hanya itu, dengan melahirkan secara normal juga akan lebih menghemat biaya, karena memang biaya melahirkan secara normal jauh lebih murah dibandingkan caesar. Selain itu, melahirkan secara normal juga memungkinkan dan lebih memudahkan Bunda untuk bisa langsung IMD dan menyusui pasca melahirkan.

Ketiga, Ketahui Adanya Risiko Komplikasi pada Persalinan Normal

Walau memiliki banyak kelebihan tapi Bunda tetap perlu ketahui bahwa risiko mengalami komplikasi pada persalinan yang dilakukan secara normal tetap ada. Komplikasi ini bisa terjadi disebabkan oleh berbagai faktor, seperti posisi janin sungsang, ibu yang tidak didampingi oleh tenaga ahli, dan persiapan peralatan medis yang tidak memadai sebagai perlengkapan untuk jaga-jaga jika terjadi keadaan yang genting. Risiko dari komplikasi ini misalnya persalinan memanjang (tidak maju), bayi terilit tali pusat, dan tali pusat menumbung. Setidaknya dengan mengetahui risiko tersebut, Bunda tidak akan kecewa berlebihan jika pada akhirnya Bunda harus melahirkan di meja operasi setelah sebelumnya berjuang untuk melahirkan secara normal.

Menentukan Tempat Persalinan

Selanjutnya, setelah memutuskan untuk memilih melahirkan secara normal, pertimbangan lain yang perlu Bunda perhatikan adalah saat memilih tempat persalinan. Ini juga penting banget ya, Bund. Kalau pengalaman saya , sempat berencana untuk melahirkan secara caesar karena kondisi mata saya yang mines, tapi qadarullaah ketemu dengan tempat persalinan dan juga dokter yang pro normal, akhirnya saya bisa melahirkan secara normal. Ya, bukan tidak mungkin keputusan Bunda untuk melahirkan secara normal terhalang hanya karena memilih tempat persalinan yang kurang mendukung persalinan normal, jadi jangan abaikan poin penting ini.
Nah, berikut hal-hal yang harus Bunda perhatikan dalam memilih tempat persalinan termasuk lokasinya ;
  • Sebelum memilih tempat persalinan, sebaiknya Bunda pelajari dahulu klinik atau rumah sakit bersalin tersebut. Dalam hal ini, pastikan tempat persalinan tersebut memiliki tenaga medis yang mumpuni serta peralatan medis yang lengkap. Selain itu, pilihlah tempat persalinan yang bisa mendukung Bunda dalam melahirkan secara normal
  • Cari informasi tempat persalinan yang dekat dengan rumah. Jika ada tempat persalinan yang jaraknya dekat dengan rumah Bunda dengan fasilitas yang memadai, maka sebaiknya pilihlah tempat persalinan tersebut. Karena klinik bersalin yang lebih dekat dengan rumah tentunya akan lebih memudahkan Bunda jika sewaktu-waktu tiba saatnya untuk melahirkan.
Itulah beberapa tips melahirkan secara normal yang perlu Bunda ketahui. Namun bila kondisi tak memungkinkan Bunda untuk menjalani persalinan normal, tak perlu berkecil hati, karena pada dasarnya baik melahirkan secara pervaginam maupun caesar sama-sama berat perjuangannya. Intinya sih yang penting ibu dan si bayi bisa selamat. Oke, semoga persalinan yang Bunda harapkan berjalan lancar ya.

Salam,

@siskadwyta

43 komentar untuk "Ingin Melahirkan Secara Normal? Berikut Tips yang Perlu Bunda Ketahui"

Comment Author Avatar
aku dulu pengen banget bisa lahiran normal mbak, qadarullah kedua anak aku bayi mahal semua alias bayi lahiran caesar. Pembukaan tidak berlangsung dengan baik. Lahiran anak pertama hanya sampai bukaan 6, lahiran anak kedua malah hanya sampai pembukaan 1. tetap bersyukur mereka kini tumbuh dengan sehat :)
Comment Author Avatar
Memang mata minus memengaruhi persalinan normal ya mba? Aku minus 4 dan alhamdulillah persalina normal tanpa hambatan bahkam dokter yang rutin aku kunjungi tidak mempermasalahkan soal mata minusku.
Comment Author Avatar
yang pasti melahirkan secara normal itu lebih cepat "sembuh" dari melahirkan lewat SC hehhee
Comment Author Avatar
Meskipun masih belum nampak hilal jodoh, saya jadi nambah ilmu dari postingan ini. Terima kasih mbak.
Comment Author Avatar
Makasi sharingnya mbak. Saya juga pingin lahiran normal. Tapi apa kata nanti aja deh. Sudah pasrah bangte sih saya
Comment Author Avatar
Kalau didesa saya, Kebonagung,Demak,Jawa Tengah..
Tips agar melahirkan normal musti minum minyak klentik sebelum lahiran mbak. Tradisi, dan terbukti rata2 berhasil.hihi

Terimakasih informasinya yaa mbak, sangat bermanfaat :)
Comment Author Avatar
Salah satu motivasi yang penting juga dari spog nya mbak.. Kalau dikit2 udah ditakutin g bisa normal.. Mental kita juga bakalan jatuh.. Hiks. Dulu pernah pengalaman dapat begini.. Hamil baru beberapa minggu udah diwanti2..kalau mau lahiran normal bayinya jangan gede2 yaa.. Lha mules duluan kan :D
Comment Author Avatar
Riwayat persalinan saya dua kali operasi sesar. Jadi kakau ditanya, misalnya Allah kasih hamil ketiga kalinya nanti, pilih melahirkan apa ? Bingung wkwkkw... Selalu ada keinginan utk melahirkan normal, tp ibaratnya, udah kadung perut yang pernah diobras dah sekalian aja lah (biar nggak atas bawah obrasan) wkwkwk... Tp selama tdk ada faktor kalainan, pengeeen banget punya pengalaman melahirkan normal
Comment Author Avatar
Setuju Mbak. Memang kita perlu melakukan pengamatan terhadap diri kita untuk memutuskan melahirkan normal atau tidak.
Comment Author Avatar
Wah detil nih ulasannya tentang tips melahirkan secara mormal. Thx y mba.
Comment Author Avatar
Mayoritas bunda2 pasti pengennya lahiran normal..
Rencana lahiran normal ternyata harus didukung dengan persiapan juga ya, kecuali pd bisa lahiran normal :D
Comment Author Avatar
Tips ini perlu dibawa oleh para bumil dan yg rencana mau hamil/ melahirkan ya Mak.
Mantaaab!
--bukanbocahbiasa(dot)com--
Comment Author Avatar
Ilmu baru lagi nih buat Ujame yang belum buk ibuuuk, seneng deh baca kaya gini. Jadi tau hehehe
TFS bund ❤❤
Comment Author Avatar
MEmang sih ya sebaiknya mengusahakan melahirkan normal dulu. Kalau memang benar-benar secara medis ndak bisa mi, barulah terpaksa operasi. Sehat-sehat ki' selalu. Oya, kapan HPLnya?
Comment Author Avatar
Salah satu referensi nih kak buat yang mau lahiran atau lagi hamil atau lagi program hamil. Paling tidak sudah ada gambaran tuk persiapan lahiran secara normal 😊
Comment Author Avatar
Melahirkan normal memang dambaan setiap ibu. Memang sih dari segi harga murahan normal di bandingkan cesar. Tapi kalau ada resiko , aman cesar lah. Jadi tergantung kalau pendapat mpo
Comment Author Avatar
Semoga nanti aku bisa lahiran normal jadi nggak masuk ruang operasi lagi aamiin
Comment Author Avatar
Setuju banget mba sama pemaparan di atas, dan motivasi ini yang harus ada untuk bisa melahirkan normal. Semoga nantinya saat hamil lagi bisa lebih strong motivasinya, aamiin.
Comment Author Avatar
Cerita tentang melahirkan tuh agak agak buat takut yah kak buat yang belum menikah kaya aku, tapi ku yakin itu adalah proses yang mulia dan menyentuh hati. Aku simpen deh artikel ini buat bekal di kemudian hari. Thanks kak
Comment Author Avatar
Keinginan pasti Ada melahirkan normal dan ini menjadi dambaan setiap ibu. Biaya Cesar Mahal bu
Comment Author Avatar
Saya anak pertama caesar, pengen juga lahiran secara normal suatu saat nanti tapi butuh waktu dan psikis yg baik buat lahiran normal :)
Comment Author Avatar
Bener banget. Persalinan normal butuh motivasi kuat. Pokoknya yakin sejak awal. Tapi tentu, kondisi ibu dan bayi harus baik dan selalu dalam pantauan.
Comment Author Avatar
Mendekati waktu persalinan ini bikin dag-dig-dur memang yaa..
Seberapa banyak pun melahirkan, tetap jadi pengalaman tak terlupakan.
Dan masing-masing anak memiliki kisahnya sendiri.
Comment Author Avatar
Aku juga Alhamdulillaaaah 2 anakku semua lahir normal. Persiapannya ngga ribet dan enak bisa langsung sehat lagi
Comment Author Avatar
Jadi inget waktu lahir normal itu anak pertama dan itu cepet banget keluarnya tapi pas anak ke dua itu SC huhu soale ketuban dah pecah dan pembukaan ga nambah2.
Comment Author Avatar
AKu juga niatnya mau normal dulu, tapi saat hari H ada sedikit masalah gak jadi deh normalnya demi kebaikan semuanya.
Apapun cara melahirkannya yang penting sehat dan lancar ya
Comment Author Avatar
Aku 2 kali melahirkan secara normal, motivasinya memang kuat sekali mba. Takut harus bayar ongkos caesar soalnya hihihiii...

Alhamdulillah ya, bagi yg kehamilannya tidak ada masalah ya gampang saja melahirkan normal. Semoga yg terpaksa harus SC juga diberi semangat ya ketika proses persalinan.
Comment Author Avatar
Saat melahirkan Yasmin 18 tahun lalu, seluruhnya aku pasrahkan ke dokter kandungan.

... karena ini adalah pengalaman pertama dan kebetulan spesialis kandungan yang menangani termasuk yang paling senior di kota kami, Balikpapan.

Jadi,
Menurutku, sebaiknya kalau urusan melahirkan, sebaiknya diserahkan pada yang berkompeten.

Namun, sah-sah saja kalau kita mau menambah literasi, untuk memnambah wawasan ya, mba

Comment Author Avatar
Setuju di oaragraf akhir. Waktu melahirkan anak pertama, saya udah siap banget untuk lahiran normal. Udah sampai bukaan 10 juga. Tetapi, memang dokter menyarankan SC mengingat kondisi saat itu. Ya udah saya ikut aja saran terbaik
Comment Author Avatar
Menurutku, memang kalau lahiran normal juga butuh ketenangan mba. Siap. Dan semoga segala proses lahiran berjalan lancar bagi yang memutuskan normal ataupun caesar
Comment Author Avatar
Ya Allah kalau membaca artikel terkait hamil dan melahirkan kok serasa jadi baper gini ya ...

Mohon doanya ya semoga Allah SWT masih memberi kesempatan kepada saya untuk bisa hamil dan melahirkan dengan normal. Amin.
Comment Author Avatar
Baca ini jd bersyukur banget melahirkan anak 5 dimudahkan Allah nih ga pke sesar2... alhamdulillah..
Comment Author Avatar
Iya menentukan tempat persalinan plus dokternya yang pro normal sejak awal sangat penting ya mbak. Itu juga hal yang saya pertimbangkan tiap saya hamil dulu :D
Comment Author Avatar
Bismillah ya mba, kadang proses melahirkan itu setiap wanita berbeda beda dan setiap wanita pasti menginginkan bisa melahirkan secara normal.. aamiin semoga anakku yang ketiga nanti bisa lahir secara normal seperti kakak kakaknya.. aamiin
Comment Author Avatar
Alhamdulillah, aku dua kali melahirkan, dan dua-duanya secara normal. Tapi buatku, mau normal atau cesar, yang terpenting ibu dan bayi sehat dan selamat..
Comment Author Avatar
Aku dua kali melahirkan normal dan sekali menahirkan caesar. Enakan melahirkan normal
Comment Author Avatar
Makasih bund infonya sangat membantu
Comment Author Avatar
Noted! Akan aku aplikasi kan InsyaAllah di anak pertama ya Sis karena kan yg pertama Qadarullah melalui caesar Ian.. Jadi harus lebih berjuang ini buat bisa VBAC. Bismillah..
Comment Author Avatar
Lahiran anak pertama, harusnya caesar karena aku udah kehabisan napas. Trus bayiku juga terlilit tali pusat, bahaya kalo nggak buruan dilahirkan. Tapi aku nggak mau dan kekeuh aja lahiran normal. Alhamdulillah setelah didorong dan aku tambah oksigen bisa juga lahiran normal sesuai keinginan
Comment Author Avatar
Dulu motivasiku kuat bersalin normal tapi dipatahkan saat bidan bilang kalau bayiku ga bisa masuk jalan lahir.
Sedih aku tuh...
Comment Author Avatar
Baca ini jadi inget perjuangan melahirkan normal di anak pertama. Sampai induksi tuh haha trus akhirnya SC. Tapi ya gapapaa namanya juga perjuangan ibu yaaa :D
Comment Author Avatar
Pengen banget bisa lahiran normal setelah yang pertama lahir secara caesar. Terimakasih tipsnya mbak. Kayaknya motivasi yang kuat penting banget ya, soalnya saya tanya teman yang anak pertama caesar, anak kedua normal, kuncinya cuma teguh pendirian pengen normal.
Comment Author Avatar
Usia juga jadi pertimbangan ya mbak, jika berkeinginan lahiran normal. Berbahaya di tekanan darah dan elastisitas rahim pastinya.

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.