ads

Mengenal Lebih Jauh Tentang KTA BNI Fleksi

By Siska Dwyta - Sunday, September 15, 2019


KTA BNI Fleksi merupakan salah satu solusi finansial yang diberikan Bank Negara Indonesia, untuk kamu yang memerlukan bantuan dana tunai. Semakin tahun kebutuhan semakin meningkat, apalagi kamu yang semula hidup sendiri dan kini sudah berkeluarga. Tentunya, pengeluaran bulanan sudah tidak seperti saat masih sendiri. Kini, ada kesejahteraan keluarga yang harus menjadi prioritas utama.
Biaya pendidikan, kesehatan, perawatan atau renovasi rumah, pembelian peralatan rumah tangga, merupakan sebagian biaya-biaya yang perlu penanganan cepat. Kamu perlu membayar biaya-biaya tersebut secepat mungkin sementara uang tunai tak selalu tersedia. Ketika kewajiban membayar biaya-biaya tersebut datang, mau tak mau kamu harus mencari pinjaman untuk menutupinya.
Meminjam ke penyedia jasa pinjaman perorangan atau lembaga yang memberikan bunga pinjaman tinggi dengan syarat agunan harta bendamu mungkin menjadi salah satu alternatif pilihan. Akan tetapi, kini telah hadir fasilitas KTA BNI Fleksi sebagai alternatif yang lebih mudah dan aman bagi kamu yang berprofesi sebagai pegawai atau karyawan tetap.

Definisi dan Keuntungan dari KTA BNI 

Seperti telah disinggung sebelumnya, KTA adalah kredit yang diberikan pada karyawan. Jelasnya, Kredit Tanpa Agunan (KTA) BNI merupakan fasilitas pinjaman tanpa memerlukan agunan yang diberikan kepada karyawan atau pegawai aktif, baik perusahaan swasta maupun lembaga pemerintah. Pegawai atau karyawan ini harus mempunyai fixed income (penghasilan tetap) yang dibayarkan melalui BNI. 
Fasilitas pinjaman satu ini memberikan banyak keuntungan bagi peminjamnya, di antaranya:
  1. Maksimum plafond kredit hingga mencapai Rp 500 juta
  2. Tenor atau jangka waktu pembayaran mencapai hingga 15 tahun.
  3. Tidak memerlukan agunan apa pun.
  4. Dana pinjaman dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membayar biaya pengobatan, pendidikan, pembangunan atau renovasi rumah, pembelian kendaraan atau alat elektronik, dan lain sebagainya.
  5. Persyaratan mudah dan proses pencairan yang cepat, maksimal 14 hari kerja.

Syarat dan Ketentuan untuk Pengajuan Pinjaman KTA di BNI 


Untuk mengajukan sebuah pinjaman ke lembaga keuangan tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus diikuti. Begitupula ketika mengajukan pinjaman KTA di BNI, kamu harus memenuhi persyaratan dan melengkapi berkas yang dibutuhkan. Adapun persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman KTA BNI Fleksi adalah sebagai berikut:
  1. Karyawan tetap di perusahaan yang pembayaran gaji (payroll) menggunakan jasa BNI atau bank lainnya, dibuktikan dengan surat keterangan masa kerja dan identitas/kartu pengenal karyawan.
  2. Fotocopi e-KTP (KTP asli dibawa serta).
  3. Fotocopi NPWP atau SPT PPH 21 (dokumen asli dibawa serta).
  4. Fotocopi rekening tabungan 3 bulan terakhir (tak perlu dilampirkan jika pembayaran gaji dilakukan melalui BNI).
  5. Pas foto pemohon terbaru berukuran 4x6.
  6. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Tidak Akan Memindahkan pembayaran gaji ke bank lain sampai kredit lunas (khusus pemohon yang pembayaran gajinya melalui BNI).
  7. Mengisi formulir pengajuan pinjaman KTA BNI.
Selain mempersiapkan berkas-berkas di atas, kamu juga harus mempersiapkan biaya-biaya yang perlu dibayarkan saat pengajuan pinjaman. Biaya-biaya ini meliputi:
  1. Biaya administrasi Rp 100.000,-.
  2. Biaya provisi sebesar 1% dari kredit yang diajukan.
  3. Biaya penutupan rekening sebesar Rp 15.000,-.
  4. Biaya premi asuransi jiwa sesuai dengan plafon pinjaman, usia pemohon, dan jangka waktu pembayaran yang diambil.

Suku Bunga KTA BNI Fleksi

BNI menerapkan ketentuan suku bunga tetap untuk pinjaman KTA BNI. Suku bunga tetap berarti perhitungan bunga angsuran beserta cicilan pokok bersifat tetap setiap bulannya hingga pinjaman tersebut lunas. Bunga ditentukan berdasarkan tenor pinjaman yang kamu ajukan. Adapun bunga pinjaman yang ditetapkan BNI untuk KTA adalah sebagai berikut:
  • Untuk tenor 1 sampai 2 tahun, bunga 8,40%
  • Untuk tenor 3 sampai 5 tahun, bunga 9,36%
  • Untuk tenor 6 sampai 8 tahun, bunga 10,56%
  • Untuk tenor 9 sampai 10 tahun, bunga 10,90%
  • Untuk tenor 11 tahun, bunga 11,50%
  • Untuk tenor 12 tahun, bunga 11, 70%
  • Untuk tenor 13 tahun, bunga 11,80%
  • Untuk tenor 14 tahun, bunga 11,90%
  • Untuk tenor 15 tahun, bunga 12,00%
  • Semakin panjang tenor atau jangka waktu yang dipilih, maka bunga yang diberikan semakin besar. Namun, akan semakin kecil cicilannya.

Faktor yang Mempengaruhi Pinjaman KTA BNI Fleksi Diterima atau Tidak

Tentu saja, ketika mengajukan pinjaman kamu ingin proposalmu segera diterima. Untuk memuluskan pengajuan pinjaman agar secepatnya mendapat persetujuan, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Pertama, catatan rekening. Apabila kamu memiliki catatan rekening yang memperlihatkan bahwa kamu dapat mengatur keuangan dengan baik akan memberi peluang lebih pengajuan pinjaman diterima. 
Kedua, ajukan pinjaman yang sesuai dengan pendapatanmu. Jangan mematok pinjaman besar jika gaji bulananmu berada di angka minimal persyaratan pinjaman. Ketiga, pastikan kamu membayar pinjaman tepat waktu. Ini akan sangat berpengaruh apabila kamu ingin mengajukan pinjaman berikutnya. Keempat, pastikan semua persyaratan serta dokumen penunjang terpenuhi dan langkah-langkah pengajuan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
Nah, apabila kamu ingin mendapatkan informasi mengenai pengajuan KTA BNI yang lebih lengkap dan jelas, silakan kunjungi laman situs cekaja.com yang merupakan platform toko finansial online di link https://www.cekaja.com/banks/bni/pinjaman/kta-bni. Di cekaja.com kamu akan mendapatkan informasi lebih rinci mengenai KTA BNI Fleksi serta berbagai jenis KTA maupun pinjaman lain yang disediakan oleh BNI.

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Waaah harus pegawai tetap, yang ngontrak mending gausah :D hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak, bagusnya memang yang udah jadi pegawai tetap, kalau masih ngontrak mah berat.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.