Review tntnmom's Natural Toothpaste, Pasta Gigi Aman dan Nyaman untuk Ibu Hamil

By Siska Dwyta - Wednesday, September 11, 2019


Bismilaahirrahmaanirrahiim

Review tntnmoms Natural Toothpaste, Pasta Gigi Aman dan Nyaman untuk Ibu Hamil. Hola bumil! Ada yang punya pengalaman sama dengan saya nggak, malas menyikat gigi saat hamil? Ok, tadinya saya kira cuma saya saja yang mengalami masalah ini tapi setelah googling dan baca curcolan para bumil di forum online, ternyata saya tidak sendiri. Ada banyak bumil di luar sana yang juga punya pengalaman tidak mengenakkan dengan rutinitas menyikat gigi saat hamil.

Yup, menyikat gigi saat hamil kerap mengundang rasa mual dan muntah, terutama di trimester awal. Kalau yang saya alami malah lebih parah lagi, karena waktu hamil anak pertama hingga trimester akhir saya masih sering mual dan kadang muntah saat sikat gigi.

Di kehamilan kedua ini pun demikian. Walau nggak sampai mengalami morning sicness maupun ngidam parah di trimester awal seperti kehamilan anak pertama, tetap saja saat menyikat gigi saya masih sering dilanda mual.

Thats why, banyak bumil seperti saya yang ogah-ogahan menyikat gigi. Meskipun demikian, nggak mungkin juga kan saya nggak sikat gigi selama hamil. Bisa-bisa suami pingsan lagi karena tak tahan dengan bau mulut istrinya hehe. Apalagi menjaga kesehatan gigi selama hamil sangat penting bagi bumil, karena akan berdampak pada perkembangan janin.

So, untuk mengatasi masalah tersebut, saya biasanya menunda menyikat gigi saat baru bangun tidur maupun setelah makan. Setidaknya cara tersebut bisa menyelamatkan saya dari muntah, meski tidak dengan mual. Selain itu, saya juga
sempat beberapa kali mengganti sikat gigi dengan harapan setelah pakai sikat gigi baru saya tidak lagi mengalami mual muntah, etapi hasilnya sama saja.

Lantas kenapa tidak coba ganti pasta gigi?

Oh iya, waktu hamil anak pertama saya sama sekali nggak kepikiran mau ganti pasta gigi. Toh, waktu itu saya juga belum tahu, ternyata nggak semua pasti gigi itu aman lho untuk ibu hamil. Makanya saya asal saja pakai pasta gigi. Jelas, saya tidak ingin mengulangi kekeliruan yang sama di kehamilan kedua ini.

Pentingnya Memilih Pasta Gigi yang Aman dan Nyaman untuk Ibu Hamil


Baiklah, harus saya akui saya termasuk ibu hamil yang sempat menyepelekan masalah pemilihan pasta gigi. Itupun karena saya luput dari memperhatikan zat-zat yang terkandung dalam pasta gigi yang saya gunakan selama ini. Lebih tepatnya sih karena saya mengira semua pasta gigi sama saja. Malah di kehamilan kedua ini baru saya tahu, ternyata ada pasta gigi khusus yang dirancang untuk ibu hamil.

Mungkin kamu pun bertanya-tanya, kenapa sampai ada pasta gigi yang dirancang khusus untuk ibu hamil? Memang apa bedanya dengan pasta gigi biasa?

Berdasarkan beberapa referensi yang saya baca, ibu hamil memang tidak dianjurkan sembarang memilih pasta gigi. Kenapa? Karena pada umumnya pasta gigi yang beredar di pasar mengandung bahan-bahan kimia yang tidak aman untuk ibu hamil, seperti paraben, SLS , fluorida dan triclosan. Bahan-bahan kimia tersebut bila sampai masuk ke dalam tubuh atau tidak sengaja tertelan bisa membahayakan janin yang ada dalam kandungan.

Sebut saja paraben. Selain banyak terdapat pada produk skin care, zat kimia yang satu ini juga sering ditemukan pada pasta gigi. Fungsinya sebagai pengawet sekaligus mencegah timbulnya bakteri dan jamur. Namun tahukah moms, jika zat ini dibiarkan masuk ke dalam tubuh secara terus menerus bisa merusak endokrin dan menyebabkan ketidakstabilan hormon pada tubuh. Dampaknya tentu tidak hanya untuk ibu yang sedang mengandung, melainkan juga pada pertumbuhan janin. Rusaknya sistem hormon pada pertumbuhan janin bahkan bisa menyebabkan gender bias saat bayi lahir.

Selanjutnya ada SLS (sodium lauryl sulfate). Zat kimia ini berfungsi membersihkan melalui molekul-molekul busa. Namun jika zat ini terlalu banyak kontak dengan mulut, bisa menyebabkan iritasi dan mulut kering lho. Even penggunaan SLS dalam kadar tertentu masih diperbolehkan, akan tetapi SLS disarankan untuk dihindari saat hamil dan menyusui.

Efek dari fluoride pun tak kalah membahayakan. Zat yang paling sering ditemukan pada pasta gigi ini berfungsi melindungi enamel gigi agar tidak mudah berlubang. Namun siapa sangka, di luar fungsinya zat ini justru sangat berbahaya bila sering tertelan dan masuk ke dalam tubuh karena dapat menyebabkan rusaknya sel otak pada orang dewasa, dan juga menghambat pertumbuhan sel otak pada janin dan bayi. Bahkan efek terburuknya bisa menyebabkan kelahiran prematur atau bayi lahir dengan IQ rendah. Duh, ngeri banget ya.

Satu lagi zat kimia dalam pasta gigi yang sangat membahayakan, yakni triclosan. Dilansir dari situs hallogigi.com, triclosan merupakan salah satu jenis bahan kimia yang banyak ditemukan pada pasta gigi, sabun cuci piring, maupun sabun antiseptik. Zat kimia ini sendiri memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan plak dan juga mencegah peradangan pada gusi.

Namun rupanya bahan yang satu ini berbahaya bagi kesehatan janin yang dikandung oleh ibu hamil itu sendiri. Hal ini dikarenakan triclosan yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada janin, yaitu dengan menghambat aliran darah menuju rahim. Efek terparahnya adalah muncul kelainan pada otak janin karena terhambatnya sari-sari makanan menuju otak janin. Tentunya hal ini akan menghambat perkembangan janin dan juga otak janin.

Itulah beberapa zat yang biasa terkandung dalam pasta gigi dan memiliki efek yang berbahaya. Jadi memilih pasta gigi yang aman dan nyaman untuk bumil memang sangat penting. At least, pada saat hamil kita sebaiknya menggunakan pasta gigi yang bebas dari bahan-bahan bahaya tersebut.

Nah, senang sekali beberapa waktu lalu saya dapat kiriman produk berupa tntnmom's Natural paste yang merupakan pasta gigi khusus untuk wanita hamil. FYI, tntnmom's Natural Pastetooth yang saya dapatkan ini merupakan produk asli dari Korea ya dan juga dikirim langsung dari Korea.

Mengenal Produk tntnmom's Natural Toothpaste


dok pribadi

Mungkin masih banyak yang belum
familiar dengan tntnmom's Natural Toothpaste. Well, saya juga baru tahu produk pasta gigi yang aman untuk ibu hamil ini. Seperti yang sudah saya singgung di atas, tntnmoms Natural Toothpaste merupakan produk pasta gigi asli dari Korea dan termasuk pasta gigi dengan sertifikat GMP.

Produk in dirancang khusus untuk pregnant woment sehingga hanya mengandung bahan-bahan alami. Jadi bagi ibu hamil yang masih galau mencari pasta gigi aman dan nyaman, tntnmom Natural Toothpaste bisa jadi pilihan yang tepat

Review tntnmoms Natural Toothpaste

Kemasan

  • Kemasan luar dan dalam  tntnmoms Natural Toothpaste ini cukup simple dengan warna yang feminim. Paduan antara warna peach dan putih. Well, saya suka dengan warna packaging-nya, manis sekali.
  • Kemasan luarnya berupa kotak kardus persegi panjang dan disegel, begitupula dengan kemasan dalamnya. Oya awalnya saya sempat bingung gimana cara keluarin isi pasta giginya, padahal sudah saya pencet berkali-kali. Sampai mengira jangan-jangan isinya habis lagi, haha. Oalah ternyata kemasan dalamnya juga disegel. Saya baru tahu ada segel pada kemasan dalam setelah membuka penutupnya yang berwarna peach.
  • Uniknya, bentuk kemasan dalam  pasta gigi dari Korea ini berbeda dengan bentuk pasta gigi pada umumnya. Sampai-sampai saya sempat heran waktu pertama kali buka kemasan kartonnya, lha ini facial foam atau pasta gigi, hehe. Pasalnya bentuknya benar-benar sama dengan facial foam.
  • Baik pada kemasan luar maupun dalam, terdapat keterangan yang didominasi oleh bahasa Korea.
  • Untuk ukurannya sendiri lumayan panjang sih tapi nggak besar juga jadi tidak sulitlah dibawa bepergian.
Tekstur & Warna, Aroma, Isi
  • Tekstur tntnmom's toothpaste ini seperti gel dan lembut dengan warna yang tampak seperti putih bening tapi kalau menurut saya sih lebih ke putih tulang
  • Aromanya menyegarkan, rasa buah-buahan, terutama rasa grapefruit.
  • Isi 120 gr
Komposisi & Klaim




Berhubung keterangan yang terdapat pada kemasan tntnmom's Natural Toothpaste didominasi bahasa Korea jadi saya sama sekali tidak tahu baca tulisan apa yang tertera di sana. Syukurnya pas googling saya dapat info terkait produk ini baik mengenai komposisi maupun klaimnya.

Berikut komposisi Tntnmom's Natural Paste


gambar : m.indonesian.alibaba.com

Folic acid, vitamin B, xylitol, grapefruit seed extract mixture, green tea extract, chamomile extract, calendula extract, orange oil, lemon essence, spearmint and bluebery.

Dengan keunggulan yang tertera pada kemasan luarnya, bebas dari 10 bahan berbahaya berikut ini ;
  1. No paraben
  2. No SLS
  3. No CMIT/MIT
  4. No. Microplastic
  5. No Triclosan
  6. No fluoride
  7. No Animal origin
  8. No Artificial dyes
  9. No Emulsifier
  10. No Saccharin

gambar : m.indonesia.alibaba.com

Untuk klaimnya sendiri sesuai dengan keterangan yang terdapat pada gambar di atas. Tntnmoms Natural Toothpaste mengandung bahan-bahan alami (seperti yang tertera pada komposisi) sehingga akan membuat kita merasa kesegaran dan kelembutan saat sikat gigi. Selain itu, dapat mengurangi rasa mual terutama pada ibu hamil yang mengalami morning sicness pada kehamilan mudanya karena rasa dari pasta gigi alami ini, it's not spicy but good taste.

Cara Menggunakan tntnmom's Natural Paste



Sepertinya petunjuk cara menggunakan Tntnmom's Natural Toothpaste juga tertera pada kemasan. Namun karena menggunakan bahasa Korea dan saya nggak tahu bacanya jadi deh saya menggunakan pasta gigi tanpa zat paraben ini seperti cara menggunakan pasta gigi pada umumnya.

Kesan Penggunaan tntnmom's Natural Paste
Seketika saya langsung jatuh hati dengan aroma dan rasa dari tntnmom's natural paste. Benar-benar enak dan menyegarkan karena rasa buah-buahan terutama grapefuit yang kuat. Selain itu pasta giginya juga terasa lembut di mulut dan pastinya tidak pedis. Busanya pun sangat sedikit sehingga saat menggunakan pasta gigi ini saya tidak perlu sering-sering meludah.

So far, tidak hanya merasa aman karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya alami, pun merasa nyaman dengan kesegaran dan kelembutan yang saya dapatkan seat menyikat gigi dengan menggunakan tntnmom's Natural Toothpaste.

Lalu bagaimana testimoni saya terhadap klaimnya?

Yup, yang saya rasakan pun sesuai dengan klaim produk ini yang menyatakan dapat membuat bumil merasakan kesegaran dan kelembutan. Mengurangi rasa mual pun iya, namun untuk menghilangkan sepenuhnya tidak. Padahal ekspektasi saya, tntnmoms's Natural Toothpaste juga bisa menghilangkan mual yang masih sering saya rasakan saat sikat gigi dan ternyata tidak mempan. Padahal kehamilan saya saat ini sudah di penghujung trimester dua.

But no problem, setidaknya selama pemakaian kurang lebih sepekan saya sudah merasa nyaman dengan tntnmoms Natural Toothpaste. Apalagi produk pasta gigi ini mengandung bahan-bahan alami yang sudah tentu aman bagi ibu hamil.

Beli Dimana?
Tntnmoms Natural Toothpaste memang dirancang khusus untuk ibu hamil namun bisa juga lho digunakan oleh wanita pada umumnya. So, tertarik pengen dapat produk ini juga?

Ya, meskipun produk ini dikirim langsung dari Korea tapi untuk pesannya nggak susah kok. Kamu juga nggak perlu jauh-jauh ke Korea hanya untuk beli pasta gigi alami ini. Silakan pesan saja langsung di https://shopee.co.id/tntnmom's-Natural-Toothpaste-for-pregnant-Women-i.145207046.2217563922 .

Harganya Berapa?
Untuk harganya sendiri Rp152.000,- (tssst kalau kamu belinya sekarang dan di akun shopee yang linknya saya tautkan di atas, kamu bisa dapat diskon 20% lho) Memang harganya lumayan mahal sih bila dibanding dengan harga pasta gigi pada umumnya. Namun menurut saya cukup worth it lah dengan keunggulan dari tntnmom's Natural Toothpaste yang menggunakan bahan-bahan alami dan bebas dari zat-zat kimia yang dapat membahayakan bumil dan janinnya. Terlebih, produk ini asli dan dikirim langsung dari Korea.

Pross +++

  • Kemasannya bagus, suka pula dengan warnanya. Meski ukurannya nggak mungil tapi menurut saya masih friendly dibawa bepergian.
  • Nyaman dengan aroma dan rasa dari pasta gigi ini karena rasa buah-buahan. Sekalipun tak sengaja tertelan pun aman ya sebab tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya.

Cons ----

  • Keterangan yang pada kemasannya menggunakan bahasa Korea, saya nggak ngerti.
  • Karena ini produk dari Korea jadi nggak ada label MUInya walaupun sudah bersertifikat MGP. Tapi kalau dilihat dari komposisinya yang menggunakan bahan-bahan alami, in sya Allaah aman.
  • Meskipun rasa dan aromanya lembut dan menyegarkan tapi kalau di sayanya masih tetap nggak mempan menghilangkan mual. Hiks.
  • Mahal (eh kalau yang ini sih relatif, tapi wajar juga kalau harganya mahal karena produknya asli (bukan KW) dan dikirim langsung dari Korea.

Repurchase ???

Kalau saya sih yes, cuma kalau boleh jujur saya masih mikir-mikir juga soal harganya, hehe. Tapi kalau untuk rasa nyaman apalagi dengan amannya menggunakan produk ini saat hamil, harga mahal pun tak masalah. Ya kan?

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. seja pake ini alhamdulillah rasa mualku saat hamil berkurang, terbukti banget rasa grapefruitnya, rekomended deh pokoknya untuk ibu hamil

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.