ads

Jenis-jenis Komunikasi Yang Wajib Kamu Tahu, Ada Apa Aja Ya?

By Siska Dwyta - Wednesday, October 09, 2019

jenis-jenis komunikasi, jurusan komunikasi
Sumber gambar: pixabay

Mahasiswa jurusan komunikasi tentu tahu betul betapa komunikasi sangat penting dalam kehidupan. Untuk melakukan komunikasi, diperlukan media penyampaian pesan, pikiran, serta gagasan agar komunikasi tersebut bisa dipahami atau dimengerti. Akhir kegiatan komunikasi tentu saja untuk mendapatkan respon atau tanggapan serta reaksi dari orang yang diajak berkomunikasi.

Perkembangan media komunikasi saat ini sangat pesat, ada banyak jenis komunikasi yang bisa dilakukan dengan peralatan media. Penggolongan jenis komunikasi sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni:

Komunikasi Ke Bawah, Ke Atas, dan Ke Samping

Jenis komunikasi satu ini didasarkan pada aliran atau jalan informasi yang dilaksanakan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Biasanya pada perusahaan atau organisasi terdapat atasan, bawahan, atau teman sederajat. Tentunya untuk melakukan komunikasi di antara jenis-jenis tingkatan tersebut berbeda satu dengan lain. 

#Komunikasi ke bawah merupakan jenis komunikasi yang dilaksanakan oleh atasan terhadap bawahannya, baik dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Jenis komunikasi satu ini biasanya difungsikan sebagai pengarah,  penggerak, atau perintah. Biasanya, untuk komunikasi ke bawah sendiri menggunakan berbagai jenis sarana mulai dari telepon, intercom, memo, atau lainnya. 

#Komunikasi ke atas biasanya digunakan oleh karyawan yang ingin mengajukan usulan laporan pendapat atau pun penjelasan perihal pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan. Untuk jenis komunikasi ini biasanya kurang berfungsi atau kurang seimbang, pasalnya komunikasi lebih sering dilakukan dari atas/pimpinan ke bawah/ bawahan (komunikasi ke bawah). Jenis saluran yang digunakannya sendiri, umumnya setiap perusahaan mengadakan rapat tatap muka atau percakapan informal biasa.

#Komunikasi ke samping merupakan komunikasi yang terjadi dengan sendirinya, biasanya untuk anggota yang bekerja sama dalam sebuah tim atau memiliki kedudukan yang sama atau seimbang di perusahaan. Pada masa ini, jenis komunikasi sekutu ini merupakan sebuah hubungan yang sangat kritis. Jenis komunikasi ini bisa dilakukan dengan berbagai sarana, mulai dari telepon, komunikasi tatap muka, atau juga bisa menggunakan memo.

Selain universitas mercubuana, kamu juga bisa memilih Universitas lain yang ada. Ada cukup banyak kok tempat kuliah murah di Jakarta untuk jurusan satu ini. Khusus untuk karyawan, bisa memilih kuliah online untuk jurusan ini yang saat ini banyak tersedia di Universitas (seperti beberapa universitas di pintaria.com).

Komunikasi Formal dan Informal

Komunikasi formal merupakan jenis komunikasi yang berjalan sesuai dengan hierarki kewenangan organisasi, sehingga saluran komunikasi ini sendiri telah ditetapkan oleh sebuah organisasi tersebut. Karena jenis komunikasinya yang berdasar pada sistem organisasi, menjadikan sifat jenis komunikasi ini adalah struktural yang mana kalau komunikasinya harus berjalan sesuai dengan strukturnya.

Untuk jenis komunikasi informal sendiri, merupakan komunikasi yang biasanya berjalan secara bebas antar sesama pegawai tanpa memandang jabatan atau status atau pangkat. Jenis komunikasi ini kadang-kadang juga melahirkan pimpinan informal. Jenis komunikasi yang satu ini tidak memerdulikan sistem atau hierarki dari sebuah organisasi, karenanya sifat komunikasi ini tidak struktural yang mana dapat berjalan kapan saja dan bagaimana sesuai dengan kondisi yang ada.

Komunikasi Lisan dan Tertulis

Tanpa masuk jurusan komunikasi, tentu kamu sudah paham mengenai jenis komunikasi satu ini. Untuk jenis komunikasi satu ini, penggolonganya sendiri didasarkan pada jenis pesan yang akan disampaikan. Bentuk atau jenis komunikasi satu ini seringkali dilakukan oleh banyak orang, biasanya menjadi salah satu faktor timbulnya keakraban diantara orang-orang. 

Untuk menentukan jenis komunikasi apa yang akan digunakan (lisan atau tertulis), biasanya tergantung pada beberapa faktor seperti waktu, biaya, keterampilan komunikasi, dan lainnya. Bisa dikatakan penggunaan jenis komunikasi satu ini sangat penting dan luas, terbukti dengan banyaknya penyelenggaraan berbagai pelatihan untuk keterampilan berbicara atau sejenisnya.

Komunikasi Verbal dan Nonverbal

Ketika kamu mengutarakan atau menyampaikan perasaan kepada orang lain, komunikasi lisan merupakan jenis yang paling banyak digunakan pengucapan langsung serta bagaimana cara atau sikap ketika mengutarakan. Hal ini menyimpulkan bahwa kata-kata bisa diperjelas dengan nada suara, keras tidaknya suara yang diucapkan. 

Tidak hanya diucapkan lewat lisan saja, perasaan seseorang juga bisa dinyatakan dalam bentuk isyarat non verbal (contohnya seperti mimik wajah, nada suara, posisi duduk, getaran, gerakan badan, dan lainnya).

Untuk memiliki ilmu komunikasi yang baik, kamu bisa memilih jurusan ilmu komunikasi yang terjadi di berbagai Universitas salah satunya mercubuana atau universitas lainnya yang ada.

Komunikasi Satu Arah dan Dua Arah

Komunikasi satu arah berararti komunikasi tersebut menitikberatkan pada penyampaian pesan, tanpa harapan adanya umpan balik. Jenis komunikasi tes satu ini merupakan hal biasa dalam perkantoran, biasanya dalam bentuk instruksi atau perintah dari atasan. 

Jenis komunikasi ini bisa berlangsung secara cepat dan murah, hanya saja tidak memuaskan pasalnya penerima pesan tidak bisa mempertanyakan seputar informasi yang diterima. Contoh nyatanya seperti yang terjadi pada iklan, biasanya pemasang iklan menyampaikan beberapa informasi mengenai suatu barang tanpa adanya feedback.

Bentuk komunikasi dua arah sendiri memberikan kesempatan kepada lawan bicara untuk memberikan umpan balik. Tentunya dengan jenis komunikasi ini akan memberikan kepuasan kepada kedua belah pihak, hanya saja cukup lambat dan kurang efisien.

Untuk memahami dengan benar mengenai jenis komunikasi dan dapat menerapkannya di lini kehidupan maupun pekerjaan, kamu bisa memasuki jurusan komunikasi. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar banyak mengenai berbagai jenis komunikasi, termasuk bagaimana menerapkannya di lingkup kehidupan. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan jenis-jenis komunikasi itu ada apa-apa aja. Dan yang pastinya hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi ini penting banget. Banyak universitas yang menawarkan kuliah jurusan ini, bahkan untuk program kuliah karyawan online juga ada lho. Pasalnya komunikasi menjadi salah satu jurusan populer dan banyak tersedia di berbagai perguruan tinggi. Yah, siapa tahu saja kamu juga berminat kuliah di jurusan komunikasi?

Salam,

@siskadwyta


  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Wahhh bermanfaat banget nih artikelnya, terimakasih atas sharingnya mba.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.