7 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil

By Siska Dwyta - Friday, October 04, 2019


Bismillaahirrahmaanirrahiim

7 Rekomendasi Aplikasi untuk Ibu Hamil - Berbeda dengan kehamilan pertama, pada kehamilan kedua ini saya lebih santai menjalaninya. Wajar sih, waktu hamil Zhafran kan saya belum ada pengalaman sama sekali. Masih awam banget dengan dunia kehamilan. Menghitung usia kehamilan dan menentukan Hari Perkiraan Lahir (HPL) saja saya nggak tahu kalau bukan tanpa bantuan aplikasi bumil, hehe.

Tak heran kalau waktu itu saya rajin banget mencari tahu dan membaca berbagai informasi seputar kehamilan. Termasuk mengoleksi berbagai macam aplikasi bumil di smartphone saya. Sampai-sampai suami sempat mengomentari, 

kok aplikasi bumilnya yang diinstal banyak banget. Cukup satu dua sajalah.

 Ya, nggak papa, mau-mau saya dong, haha.

Itu waktu kehamilan pertama saya ya, but now? satu pun aplikasi kehamilan nggak ada yang saya install. Eh ada sih, tapi tidak lama setelah install saya unisntall lagi karena memori hp full, wkwk. Jadinya sekarang saya cuma pake satu aplikasi bumil. Itupun aplikasinya saya install di smartphone suami😅

Ngomong-ngomong soal aplikasi, harus saya akui kehadiran berbagai macam aplikasi yang dirancang khusus untuk ibu hamil ini sangat memudahkan banget, terutama bagi ibu-ibu yang baru menjalani kehamilan pertamanya. 

Tentu saja, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari aplikasi bumil, diantaranya; kita dapat mengetahui HPL sesuai dengan HPL dari bidan secara otomatis,  hanya dengan memasukkan HPHT tanpa perlu menghitungnya, dapat memantau perkembangan janin tiap hari serta dengan mudah mendapatkan informasi-informasi atau artikel-artikel menarik, dsb.

So, menurut saya ibu hamil zaman now kudu banget punya aplikasi bumil, minimal ada satulah yang diinstall di smartphone Mom. Atau kalau memori hp Mom full, bolehlah ikuti cara saya, install di hp suami, hehe. Ini juga biar sekaligus si ayah bisa ikut memantau perkembangan anaknya yang masih dalam berada dalam perut si ibu lewat aplikasi tersebut.

Di play store ada banyak sekali berbagai aplikasi bumil yang bisa kita pilih sesuka hati. Mau aplikasi versi luar negeri atau dalam negeri, semua ada di sana. Tinggal pilih saja mau yang mana. Tapi kalau saya pribadi lebih suka pake aplikasi bumil versi Indonesia. Alasannya you knowlah, lebih mudah dipahami oleh bumil yang nggak pinter bahasa inggris ini, haha.

Nah, sebenarnya niat untuk menulis postingan terkait rekomendasi aplikasi bumil sudah ada sejak kehamilan pertama, apa daya saya baru sempat merealisasikan niat tersebut ketika kondisi saya saat ini tengah menjalani kehamilan kedua. But no problem ya, yang penting niatnya terealisasikan, hehe.

Baca juga Kehamilan Kedua


Setidaknya postingan ini juga bisa jadi referensi buat kamu yang lagi butuh rekomendasi aplikasi bumil.  Berikut ada 7 aplikasi untuk ibu hamil yang menurut saya recommended banget, 

Hawa



Pertama kali tahu Hawa waktu masih lajang. Yup, saya sudah install aplikasi ini di smartphone bahkan sebelum menikah. For what? Untuk memantau siklus haid saya setiap bulannya dong. Jadi aplikasi Hawa tidak dirancang hanya untuk ibu hamil saja ya. 

Kamu yang masih lajang maupun yang telah melepas masa lajang namun belum dikarunia momongan juga bisa banget menggunakan Hawa. Apalagi dengan menggunakan aplikasi buatan Kongko Digital ini kamu bisa terhubung dengan semua wanita Indonesia.

Aplikasi Hawa memang agak berbeda dengan aplikasi bumil lainnya. Lewat aplikasi ini kita tidak hanya dapat memantau kehamilan tapi juga bisa menemukan artikel-artikel bermanfaat seputar dunia wanita seperti tips menstruasi, tips hamil, fashion, kecantikan, kesehatan, diet sampai dengan asmara lewat fitur tips.

Selain itu, ada pula fitur kalender menstruasinya. Fitur ini tentunya sangat membantu kita yang ingin merencanakan atau menunda kehamilan. Plusnya lagi di Hawa ada fitur komunitas. Lewat fitur ini kita bisa berinteraksi dengan sahabat Hawa lainnya di seluruh Indonesia. Malah di fitur komunitasnya, ada semacam forum dimana para sahabat Hawa bisa bebas curcol, bertanya, saling sharing pun saling support satu sama lain.

Oya, di Hawa, kita juga bakal punya profil sendiri lho. Laman profilnya mirip dengan aplikasi media sosial lainnya. Dimana pada laman profil tersebut kita bisa share status sendiri baik dengan menggunakan nama terang maupun anonim. Pokoknya recommended bangetlah aplikasi yang satu ini.

Kalender Menstruasi



Selanjutnya ada aplikasi Kalender Menstruasi yang setelah diinstall nama aplikasinya menjadi Kalenderku dengan icon buku berwarna pink semacam buku agenda. Fyi, Kalender Menstruasi adalah aplikasi andalan saya lho di bulan-bulan pertama setelah menikah. Malah setelah akhirnya hamil pun saya masih tetap menggunakan apalikasi ini.

Sebenarnya di Hawa juga sudah tersedia fitur kalender menstruasi seperti aplikasi yang satu ini tapi jarang saya gunakan. Kalau di Hawa saya lebih sukanya buka fitur tips dan komunitas, sedang untuk menandai waktu haid dan memantau masa subur ya saya pakenya aplikasi ini.

Nah, tadinya saya kira aplikasi Kalender Menstruasi khusus sebagai pengingat haid dan masa subur saja ternyata tidak ding. Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh bumil. Jadi kalau kita hamil, tinggal di-set saja di pengaturannya. Maka secara otomatis tampilan kalendernya akan menandai hari-hari kehamilan yang kita jalani dengan warna yang berbeda. Jadi dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah mengetahui usia kehamilan kita dalam hitungan hari, minggu, maupun bulan.

Buku Hamil



Ini juga termasuk aplikasi favorit saya saat pertama kali menjalani masa kehamilan. Lewat Buku Bumil kita dapat menikmati berbagai fitur dengan manfaatnya masing-masing. Seperti fitur Kalkulator Kehamilan untuk menghitung usia kehamilan, Minggu Ini untuk memantau perkembangan janin setiap minggunya, Tips Kehamilan berisikan berbagai tips dan infomasi seputar kehamilan serta fitur Quran dan Musik Klasik.

Well, ini aplikasi bumil yang cukup sederhana dengan tampilannya tapi fitur-fiturnya tak kalah menarik dari aplikasi bumil lainnya. Kamu wajib coba deh. Suami saya juga sampai suka buka aplikasi ini karena ada fitur Quran dan Musik Klasiknya yang nggak ada di aplikasi bumil lainnya.

Seperti yang kita ketahui sejak dalam kandungan bayi sudah bisa mendengar. Sehingga memang bagus banget kalau aplikasi bumil juga dilengkapi dengan fitur yang dapat membantu perkembangan otak janin serta sebagai relaksasi untuk si ibu seperti fitur Quran dan Musik Klasik ini.

Apalagi bagi bumil yang beragama Islam, memang sangat dianjurkan untuk membiasakan anak mendengar ayat-ayat suci alquran sejak dalam kandungan. Dengan demikian, mudah-mudahan setelah si anak lahir bisa tumbuh menjadi anak yang mencintai Al-Quran, rajin membacanya, memahami, mengamalkan dan mampu menghapalkannya. 

Halo Bumil 



Dari Buku Bumil kita lanjut ke Hallo Bumil. Ngomong-ngomong soal aplikasi yang satu ini, saya jadi ingat pertama kali mengunduhnya di smartphone waktu saya belum hamil. Waktu itu saya kepo saja sih, pengen tahu isi aplikasinya kayak gimana soalnya kelihatan sangat menarik.

Sayangnya meski sudah diunduh saya tidak bisa 'masuk' ke aplikasi ini. Lho kenapa? Ya, karena Hallo Bumil memang dirancang khusus hanya untuk ibu hamil. Jadi pertama kali membuka Hallo Bumil kita akan langsung disambut dengan beberapa pertanyaan terkait status kehamilan kita.

Salah satu pertanyaannya seperti apakah mama sudah memastikan kehamilan ke dokter? Jawabannya hanya ada dua, sudah atau belum, tinggal kita pilih. Jika jawab sudah, kita bisa lanjut ke pertanyaan berikutnya, sebaliknya jika jawabannya belum maka akan disarankan periksa kehamilan ke dokter terlebih dahulu.

Seketat itu Hallo Bumil memastikan kehamilan penggunanya so saya sarankan kalau belum hamil nggak usah dulu install aplikasi ini kecuali kalau kamu mau kasih jawaban ngarang😅 tapi kalau sudah terbukti hamil, kudu banget deh kamu install aplikasi ini di hp kamu. Pasalnya dibanding dengan aplikasi bumil lainnya, Hallo Bumil terbilang cukup unik. 

Sebagai aplikasi pendamping kehamilan interaktif kita memang dapat merasakan, menggunakan aplikasi ini layaknya berbincang dengan sang buah hati. Selain itu, fitur-fitur yang tersedia di Hallo Bumil juga tak kalau menarik. Ada fitur timeline kehamilan untuk memantau perkembangan janin tiap pekannya, sedangkan fitur kontrol kehamilan untuk memantau kondisi bumil.

Hallo Bumil juga kaya akan berbagai tips dan informasi-informasi terkait kehamilan. Tak lupa fitur untuk mengabadikan momen semasa hamil lewat album foto  juga ada. Bahkan pasca melahirkan pun kita bisa tetap memantau perkembangan bayi kita dengan aplikasi yang bekerjasama dengan klikdokter.com ini lewat fitur Timenline Buah Hati.

Tssst, Hallo Bumil juga punya fitur Post Partum Depression untuk mengecek kondisi pasca melahirkan. Pokoknya aplikasi ini keren bangetlah makanya meski memory hp saya sudah full, saya tetap instal aplikasi ini di hp suami tapinya😅

Baca juga Mom Shaming dan Depresi Paska Melahirkan, Apa Hubungannya?

Teman Bumil



Selanjutnya ada Teman Bumil, seperti namanya aplikasi kehamilan yang satu ini juga bisa jadi teman kita selama menjalani masa kehamilan. Ada beragam fitur menarik yang bisa kita nikmati di Teman Bumil. Diantaranya ada fitur janin 360 dimana kita bisa melihat perkembangan janin dengan lebih dekat, fitur record mum dan janin untuk memantau perkembangan mums dan janin, album untuk menyimpan kenangan semasa hanil berupa foto maupun hasil USG, dan lain sebagainya. Tak lupa berbagai tips dan artikel seputar kehamilan juga bisa kita temukan dengan mudah di aplikasi ini.

Beidewei, saya pertama kali tahu Teman Bumil di postingan blog salah seorang blogger. Saya lupa blogger siapa yang pastinya saat saya hamil anak pertama Teman Bumil baru saja launching langsung saja dong saya kepo. Ternyata setelah diinstall aplikasinya memang keren banget.

Kehamilan+



Salah satu aplikasi bumil yang terkenal adalah pregnancy+, dan sepertinya Kehamilan+ ini merupakan aplikasi bumil versi Indonesianya deh. Well, saya baru install aplikasi yang konon sudah digunakan lebih dari 25 juta ibu hamil ini pada kehamilan kedua.

Kesan pertama saat menggunakan Kehamilan+ saya langsung terkesima dengan isinya. Boleh dibilang Kehamilan+ merupakan aplikasi paling lengkap dibanding aplikasi bumil lainnya. Lewat aplikasi Kehamilan+ kita akan mendapatkan berbagai informasi seputar kehamilan dengan mudah. Mulai dari info kehamilan harian hingga minggu ke minggu, info diet, olahraga dan persalinan serta berbagai info lainnya.

Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan banyak fitur menarik seperti Buku Harian Pribadi, Pemvisualisasi Ukuran Bayi, 1000 Nama Bayi, Penghitung Tendangan, Pengatur Waktu Kontraksi, dan masih banyak lagi. Namun tidak semua fitur dalam Kehamilan+ bisa kita nikmati secara gratis ya. Ada beberapa fitur yang memang baru bisa kita gunakan setelah beralih ke aplikasi Kehamilan+ versi premium.

Kontraksi Nyaman


Last but not least, ada aplikasi Kontraksi Nyaman dari Bidan Kita yang ownernya sendiri merupakan salah satu praktisi gentle birth di Indonesia. Namun berbeda dengan aplikasi bumil lainnya yang bisa kita install secara gratis di play store, Kontraksi Nyaman termasuk aplikasi berbayar sehingga untuk menginstalnya kita kudu beli.

Nah, seperti namanya, Kontraksi Nyaman merupakan aplikasi pencatatan kontraksi yang dilengkapi juga dengan fitur sugesti hypnobirthing agar kita dapat merasakan kontraksi dengan kondisi tetap nyaman dan rileks.

Aplikasi ini memang dirancang khusus agar kita dapat merasakan nyamannya menikmati masa kehamilan dan mendapatkan pengalaman persalinan yang indah dan minim trauma. Yap, siapa sih bumil yang nggak pengen melahirkan  dengan aman, nyaman, bebas dari rasa takut dan minim trauma?

Aplikasi ini cocok banget jadi teman kita baik dalam mempersiapkan atau tengah menghadapi kontraksi persalinan. Jadi tidak perlu tunggu kontraksi dulu ya baru mau install aplikasi ini. Kamu sudah bisa menginstall Kontraksi Nyaman dari trimester kedua atau awal trimester tiga kok.

Oke itulah rekomendasi tujuh aplikasi versi siskadwyta.com yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Setidaknya dengan menginstall aplikasi bumil, kita bisa memantau perkembangan janin setiap hari atau setiap pekannya. Plus mendapatkan berbagai informasi maupun tips seputar kehamilan yang dikemas secara menarik. Fitur-fitur yang ada pada aplikasi bumil juga memanjakan sekali.

So, dari tujuh aplikasi bumil yang saya sebutkan di atas kamu tertarik dengan yang mana nih. Share jawaban kamu di kolom komentar, yuk😉

Salam,

@siskadwyta

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.