Cara Membuat Highlight Cover Instagram Stories dengan Aplikasi PhotoLayers

by - Tuesday, November 26, 2019


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Cara Membuat Highlight Cover Instagram Stories dengan Aplikasi PhotoLayers. Menurut kamu bikin highlight cover di instagram stories penting nggak sih? Jawabannya mungkin tergantung ya. Bagi yang ingin punya tampilan profil instagram menarik, tentu pake highlight cover dengan tone seragam ini penting. Sebaliknya, bagi yang nggak terlalu peduli dengan tampilan profil instagramnya bakal cuek, mau pake highlight cover atau nggak sama saja. Nggak terlalu penting.

Sebenarnya saya juga nggak terlalu memperhatikan tampilan instagram sih. Tengok saja profil IG @siskadwyta, isinya nggak begitu rapi dan menarik, kan? Sudah gitu saya jarang update postingan terbaru baik di feed maupun insta story. Update postingan di instagram pun hanya sesekali, tergantung mood.

Eh tapi saya selalu suka liat profil teman-teman yang memakai highlight cover instagram. Tampak unik dan keren. That's why, saya juga tertarik pengen punya tampilan profil instagram seperti mereka, ada highlight covernya. 

Honestly, sudah lama saya ingin memakai highlight cover instagram stories. Sejak followers @siskadwyta belum mencapai 1K malah. Ya, kira-kira dari dua atau setahun lalu. Sayang, tidak segera terealisasi karena saya sendiri tidak tahu bagaimana cara buatnya, hehe. 

Mau minta tolong dibuatin covernya tapi minta  tolong ke siapa coba? Yoweslah, akhirnya keinginan tersebut terendap sampai beberapa waktu lalu saya menemukan postingan Mbak Carolina Ratri yang membahas tentang cara membuat cover highlight instagram.

Langsung saja saya kepoin postingan tersebut dan intip tutorialnya. Ternyata langkah-langkahnya mudah sekali hanya saja saya nggak punya aplikasi yang digunakan Mbak Carolina.  Memori hp juga sering full makanya saya jarang instal aplikasi baru.

Jadi untuk membuat cover highlight instagram, bisa menggunakan berbagai macam aplikasi seperti Canva, picsArt, Adobe Spark, etc. Mbak Carolina pakainya Adobe Spark. Di hp saya cuma ada Canva. Mau coba pakai aplikasi ini untuk buat cover highlight tapi pasti langkah-langkahnya tidak sama persis dengan menggunakan Adobe spark. Apalagi selama ini saya kalau pakai Canva tahunya edit desain yang sudah jadi doang, bikin desain baru belum pernah.

Well, saya coba googling dan cari cara lain untuk membuat cover highlight instagram. Akhirnya ketemu tutorial buat cover yang lebih simple di youtube.  Cara buatnya ini tidak menggunakan aplikasi Adobe Spark maupun Canva, pakainya aplikasi PhotoLayers.

Saya ingat saya pernah pakai aplikasi ini untuk buat background transparan, meski aplikasinya sempat saya unisntall.  Nah, karena kapasitas datanya juga nggak terlalu besar dibanding aplikasi edit foto seperti Adobe spark sehingga saya lebih memilih menginstal kembali aplikasi PhotoLayers.

So, bagaimana cara membuat highlight cover instagram stories dengan aplikasi PhotoLayers? Yuk, simak tutorialnya berikut ini ;

Instal Aplikasi Photo Layer

Seperti yang sudah saya singgung di atas. Untuk membuat highlight cover instagram bisa menggunakan berbagai macam aplikasi edit foto seperti Adobe Spark, Canva, PicsArt, dll.

Kalau kamu ingin menggunakan salah satu dari aplikasi tersebut untuk membuat highlight cover sah-sah saja tapi khusus postingan ini saya hanya bahas cara membuat highlight cover instagram menggunakan aplikasi PhotoLayers. Jadi pastikan aplikasi tersebut sudah terinstal di hp kamu ya.

Donwload Background dan Icon Sesuai Keinginan

Langkah selanjutnya silakan donwload background dan icon yang ingin kamu gunakan untuk highlight cover. Ada banyak bacground dan icon yang bisa kamu cari di google. Kamu tinggal googling dengan memasukkan kata kunci sesuai keinginan. Misal nih saya ingin cari background pastel pinterest. Ini hasil googlingnya


Sementara untuk icon,  misal saya ingin cari icon notes. Maka di kotak pencarian saya masukkan kata kunci icon notes png.


Sengaja saya sertakan kata png agar memudahkan saya menemukan icon notes dengan background transparan. Kalau tidak ketemu pun tidak masalah. Ini plusnya kalau kita  bikin cover highlight menggunakan aplikasi penghapus background seperti PhotoLayers. Dengan aplikasi ini kita bisa sendiri menghapus background icon yang sudah kita donwload.

Buka Aplikasi PhotoLayers

Selanjutnya buka aplikasi photolayers yang sudah kamu instal lalu tap Load a background image


Pilih background yang sudah kamu donwload


Klik done maka tampilannya akan seperti ini


Selanjutnya klik Add Photo lalu pilih salah satu icon yang sudah kamu donwload


Kalau icon yang kamu donwload backgroundnya  transparan kamu bisa langsung tap Save. Sebaliknya kalau tidak transparan, silakan kamu hilangkan dulu backgroundnya dengan cara tap Cut, selanjutnya tampilannya akan seperti ini


Untuk memudahkan menghilangkan background langsung pilih Auto lalu arahkan tanda tambah ke icon yang ingin kamu hilangkan latarnya. Hasilnya nanti akan seperti di bawah ini.


Kemudian tap done maka tampilan akan kembali ke laman semula dengan background icon yang sudah transparan


Tap save lalu ulangi langkah-langkah di atas (mulai dari add photo) untuk membuat highlight cover dengan icon yang berbeda.
Hasil highlight cover instagram stories yang saya bikin


Upload Highlight Cover ke Instagram Stories

Kalau highlight cover sudah siap, selanjutnya kamu tinggal upload ke instagram stories. Caranya sama seperti upload stories biasa hanya saja untuk sharenya sebaiknya kamu share ke closed friends saja, tapi kalau kamu mau share publik juga nggak masalah.

Selanjutnya tambahkan cover yang sudah kamu upload tadi ke highlight atau sorotan maka secara otomatis cover tersebut akan tersimpan menjadi highlight.

Meski cover tersebut sudah berada pada highlight pastikan kamu tidak menghapusnya ya. Biarkan cover tersebut hilang sendiri dari stories kamu setelah 24 jam karena bila kamu menghapusnya, cover yang sudah ada di highlight juga akan ikut terhapus.

Langkah selanjutnya kamu tinggal menjadikan semua cover yang berhasil kamu upload tersebut sebagai sampul highlight. Kurang lebih hasilnya nanti bakal seperti profil Instagram saya ini.


Bagaimana? Caranya mudah saja, kan? Dan yang lebih penting, dengan highlight cover ini tampilan profil instagram kita jadi terlihat lebih menarik, kan? Yah, setidaknya cara ini juga bisa mengundang pengunjung mengintip stories yang ada di highlight kita lho.

Ok, selamat mencoba😉

Salam,


You May Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.