Ketahuilah Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner (PJK)

by - Desember 03, 2019

gambar : halodoc.com
Ketahuilah Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner (PJK). Beberapa tahun terakhir ini saya sering mendapat kabar orang-orang di sekeliling saya yang kehilangan nyawa secara mendadak karena penyakit jantung. Penyakit yang rentan menyebabkan kematian ini bahkan bukan hanya diderita oleh orang yang berusia lanjut, orang yang masih berada di usia produktif pun bisa mengalaminya.

Sebagaimana yang kita ketahui, jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia. Jika jantung kita bermasalah, tentu dampaknya akan sangat fatal bagi keberlangsungan hidup kita. Tak heran jika penyakit jantung termasuk penyakit yang mematikan.

Penyakit jantung sendiri ada banyak jenisnya. Salah satu jenis penyakit jantung yang umum terjadi dan termasuk penyebab tingginya angka kematian di dunia adalah Penyakit Jantung Koroner atau biasa disebut PJK.

Apa itu Penyakit Jantung Koroner (PJK)?

gambar : p2ptm.kemkes.go.id
Penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyakit yang muncul akibat adanya penyempitan pembuluh darah di jantung karena lemak yang menumpuk dan plak yang mengeras.

PJK yang tidak segera ditangani akan menyebabkan otot jantung melemah sehingga menimbulkan komplikasi seperti gagal jantung dan gangguan irama jantung. Oleh sebab itu, penyakit ini tidak bisa dianggap sepele. Setidaknya kita harus tahu apa saja gejala dan penyebab PJK.

Apa Saja Gejala dan Penyebab Penyakit Jantung Koroner PJK)?

Adapun gejala PJK yang harus kita waspadai adalah ketika kita merasakan nyeri dada yang teramat sangat intens. Nyeri ini terjadi karena otot jantung kita tidak mendapat pasokan darah kaya oksigen. Rasa sakitnya seperti dada dicubit atau dada seperti ditindih benda berat.

Memang tidak semua nyeri dada termasuk gejala penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu gejala lain yang harus kita waspadai adalah keringat dingin dan sering merasakan mual. Sebab nyeri dada PJK sering disertai dengan gejala tersebut.

Hal lain yang patut diwaspadai adalah sesak napas. Jantung yang tidak berfungsi normal akan kesulitan memompa darah segar ke paru, akibatnya penderita PJK akan kesulitan bernapas.  Cairan yang berkumpul di paru-paru pun akan menyebabkan sesak napas bertambah parah. Sesak napas ini juga biasa terjadi bersamaan dengan nyeri dada.

PJK sendiri umumnya muncul disebabkan karena gaya hidup tidak sehat yang dijalankan, oleh seserorang, seperti  kecanduan merokok dan suka minum-minuman beralkohol, jarang olahraga, obesitas, sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, diabetes, kolestrol dan hipertensi termasuk faktor-faktor yang mengakibatkan seseorang dapat terserang penyakit ini.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner (PJK)?

Setelah mengetahui betapa berbahayanya penyakit jantung koroner yang bisa menyerang siapa saja baik orang dengan usia tua maupun muda maka ada baiknya kita melakukan pencegahan agar penyakit mematikan ini tidak menyerang diri kita dan keluarga.

Agar bisa terhindar dari PJK tentunya kita harus menjauhi penyebabnya. Tak dimungkiri, umumnya penyebab munculnya PJK karena gaya hidup yang tidak sehat. Oleh sebab itu yang harus kita lakukan adalah melindungi diri dari dalam dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti :

  • Rajin Olahraga
  • Tidak merokok dan minum minuman beralkohol
  • Makan teratur dan konsumsi makanan yang bergizi
  • Mengontrol kadar gula dan tekanan darah dalam batas normal
  • Mempertahankan berat badan agar tidak obesitas
Nah, selain melindungi diri dari dalam dengan menerapkan gaya hidup sehat, kita juga membutuhkan perlindungan diri dari luar yakni dengan memiliki asuransi. Kenapa asuransi itu perlu? Ya, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Meskipun kita sudah berusaha semaksimal mungkin melindungi diri dari dalam dengan menerapkan gaya hidup sehat bukan berarti kita bisa sepenuhnya terbebas dari kemungkinan terserang PJK. Apalagi jika ada anggota keluarga kita yang menderita penyakit jantung, otomatis risiko mengalami penyakit yang sama ini juga akan meningkat.

Bicara tentang asuransi, Prudential Indonesia melalui PRUCritical Hospital Cover telah melakukan perlindungan yang komprehensif. Asuransi ini memberikan perlindungan komprehensif atas Perawatan Kondisi Kritis dari sejak Evaluasi Medis hingga Pemulihan. Bahkan manfaat tahunannya hingga Rp 15 miliar. 

Selain itu, PRUCritical Hospital Cover juga memiliki enam manfaat khusus bagi pasien PJK. Manfaatnya antara lain, pemeriksaan, rawat jalan, rawat inap, pemulihan, pemantauan dan jaringan rumah sakit yang luas.

Demikian sharing saya terkait cara mencegah penyakit jantung koroner. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan ya dengan melindungi diri kita dan keluarga dengan perlindungan dari dalam maupun luar :)

Salam,


You May Also Like

20 komentar

  1. Nice post! pembahasan yang sangat mudah dicerna dan dipahami..

    BalasHapus
  2. saya paling takut itu sama penyakit yang disebabkan lemak. makanya saya rutin jalan meskipun terik panas matahari. itung-itung keluar keringat.

    BalasHapus
  3. Duku ada tetangga yang meninggal mendadak akibat PJK padahal usianya masih muda. arangkali rokok penyebabnya. Saya gemas pada suami dan berharap beliau berkena mengurangi merokok karena tidak baik bagi kesehatannya di masa mendatang. Padahal kami tidak punya perlindungan asuransi.
    Yah, asuransi zaman sekarang dibutuhkan karena ada saja masalah kesehatan yang bisa terjadi. Prudential termasuk bagus.

    BalasHapus
  4. Iya nih,penyakit tidak menular yang satu ini kaya siluman ya. Harus jadi CERDIK ya kak. Cek Kesehatan Berkala, Enyahkan asapa rokok,Rajin berolahraga, Diet sehat,Istirahat cukup,dan Krlila stress.

    BalasHapus
  5. Hal-hal yang ngga kepikiran sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya kak sudah berbagi tips:)

    BalasHapus
  6. Intinya menjagapola hidup sehat y kak... Makan teratur, olah raga Dan bebas stress y

    BalasHapus
  7. Aku jadi makin faham nih tentang penyebab penyakit jantung koroner, terimakasih infonya mbak

    BalasHapus
  8. Informatif sekali. Penting memang menjaga hati, fikiran, dan fisik agar tetap sehat.

    BalasHapus
  9. Artikelnya bermanfaat sekali mbak, Diantara poin penyebabnya.. saya termasuk yang jarang melakukan olah raga.. Padahal dengan olah ragalah kita dapat menerapkan gaya hidup lebih sehat. Dan yang penting dpt terhindar dr PJK..

    BalasHapus
  10. Katanya lelaki lebih rentan kena penyakit jantung koroner ini ya Mba. Makanya setelah menikah aku bilang stop merokok sama suamiku.
    Syukurlah Sekarang kami bebas asap rokok. Tinggal menjalani gaya hidup sehat dan tips darj Mba

    BalasHapus
  11. Innalillahi memang mengerikan yaa Mbak PJK ini.. beberapa teman dan tetangga juga meninggal akibat PJK. *Alfatihah*
    Intinya memnag menjaga Pola makanan dan Gaya hidup. Walau sulit tapi harus

    BalasHapus
  12. Gaya hidup sehat ngaruh banget ya ke penyakit ini. Investasi hidup sehat di masa muda

    BalasHapus
  13. Terimakasih tipsnya mbak..
    Memang yg namanya pola hidup sehat itu obat segala penyakit ya...

    BalasHapus
  14. Jaman sekarang memang sebaiknya sedia payung sebelum hujan yaa mba. Selain dengan mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh dengan pola hidup sehat, setuju banget untuk punya asuransi untuk berjaga-jaga. Aku salah satu yang aware sih untuk punya asuransi. Thanks for sharing mbak :)

    BalasHapus
  15. Terkadang suka lupa juga bila asyik makan yang banyak mengandung lemak, padahal PJK mengintai. Maka gaya hidup sehat harus menjadi resolusi yang pas ya di tahun ini

    BalasHapus
  16. penyakit jantung bikin nightmare... ku sekarang rajin olahraga .. salah satu sebabnya ogah kena penyakit jantung

    BalasHapus
  17. Penyakit kaya gini emang menguras tenaga, waktu, biaya dan juga emosi huhu. Penting banget punya asuransi kesehatan untuk mengcover semuanya yaa.

    BalasHapus
  18. Tuhkan bener...intinya tahun ini kudu rajin Olahraga biar bisa cegah Hal2 yg gk d inginkan. Apalagi PJK datangnya gk bida ditebak.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.