Bukan Hanya untuk Menunjang Penampilan, Ini Manfaat dari Smartwatch yang Perlu Kamu Ketahui

by - Desember 21, 2019

Tak hanya menunjang penampilan, smartwatch memiliki segudang manfaat yang dapat mempermudah hidup kamu
(Gambar : bukalapak.com)
Kalau bicara jam tangan, siapa sih yang tidak berminat dengan smartwatch, gadget canggih yang tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu. Belakangan ini smartwatch memang lagi naik daun, terutama di kalangan generasi milenial. Sebagai generasi yang hidup di zaman serba digital ini, kehadiran smartwatch tentu memberi banyak kemudahan.

Smartwatch sendiri merupakan perangkat pendukung smartphone. Karena peran utamanya sebagai pendukung smartphone sehingga gadget canggih ini tidak bisa bekerja maksimal tanpa smartphone yang terhubung dengannya.

Nah, mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa perlu menggunakan smartwatch kalau fungsinya sebatas pendukung smartphone, bukankah menggunakan smartphone saja sudah cukup?

Eits jangan salah kira. Bagi kamu yang belum mengenal cara kerja smartwatch barangkali akan beranggapan orang yang membeli jam tangan cerdas ini paling hanya untuk gaya-gayaan, menunjang penampilan biar terlihat keren. Padahal kalau tahu fungsinya, kamu tidak akan beranggapan demikian karena smartwatch memiliki banyak fitur canggih dengan segudang manfaat yang bisa bikin hidup lebih mudah.

Berikut manfaat dan fungsi smartwatch (https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2019/10/ketahui-fungsi-dan-manfaat-smartwatch-sebelum-anda-membelinya) yang perlu kamu ketahui ;

Notifikasi

Sebagai perangkat pendukung smartphone, tentunya smartwatch memiliki kemampuan menghubungkan data dari smartphone. Itu artinya baik notifikasi panggilan, sms, chat maupun email bisa muncul di layar smartwatch.

Jadi dengan menggunakan smartwach kamu tidak perlu sering-sering mengecek smartphone, cukup melihatnya lewat jam tangan pintar yang melingkar di tanganmu. Sangat praktis bukan?

Fitness Tracker

Smartwacth juga cocok banget digunakan oleh kamu yang hobi fitness. Beberapa fiturnya memang sangat menunjang berbagai aktivitas olahraga.

Sebut saja fitur Heart-Rate Tracking. Dengan fitur ini kamu bisa mengukur detak jantung secara otomatis ketika digunakan untuk fitnes, lari, yoga dan kegiatan lainnya. 

Atau dengan fitur GPS, kamu tidak perlu lagi membawa smartphone saat berolahraga lari. Cukup gunakan GPS bawaan dari smartwatch untuk melacak jarak lari kamu bersamaan dengan mendengarkan musik yang sudah tersimpan di jam tangan. Sangat keren, bukan?

Travel Friendly

Selain cocok digunakan oleh para pecinta olahraga, jam tangan yang tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu ini juga recommended banget buat kamu yang hobi traveling. Pastinya smartwatch bisa jadi teman setia kamu dalam perjalanan.

Si jam tangan cerdas ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat menunjang aktivitas kamu ketika bepergian atau bertualang. Ingin naik gunung? Dengan menggunakan smartwatch kamu tak perlu khawatir bakal tersesat karena perangkat ini telah dilengkapi fitur haptic feedback GPS. Fitur tersebut bisa mengirim getaran berbeda untuk menunjukkan navigasi.

Selain itu smartwatch juga punya fitur anti air lho, atau lebih dikenal dengan fitur waterproof. Fitur yang bisa bikin perjalanan makin lancar tanpa perlu takut smartwatch yang kamu gunakan akan rusak karena terkena air. Apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan. Tentu, hujan bukan penghalang bagi kamu yang doyan traveling, kan?

Mengatur Pola Tidur

Kalau selama ini pola tidur kamu tidak teratur, mungkin kamu juga butuh gadget seperti smartwatch. Jam tangan cerdas ini bisa membantu mengatur pola tidur kamu dengan fitur sleep monitornya. Tidak hanya itu, smartwatch juga bisa memberikan solusi untuk pola tidur yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. 

Memantau Kesehatan Tubuh

Satu lagi fungsi smartwatch yang tidak kalah penting. Smartwatch juga punya fitur yang dapat mencatat tekanan darah dan detak jantung. Jika terdapat perubahan pada tekanan maupun detakan, smartwatch akan memberi peringatan kepada penggunanya.

Bahkan biasanya akan muncul notifikasi yang berisi anjuran untuk pergi ke dokter secepatnya. Oya selain masalah kesehatan tubuh, smartwatch juga bisa mengukur tingkat stres yang dialami penggunanya lho. Keren ya?

Itulah beberapa manfaat dari smartwatch, sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya, kamu bisa cari tahu sendiri. Nah, karena sudah tahu manfaatnya, jangan lagi berpikiran orang yang menggunakan smartwatch hanya buat gaya-gayaan ya. Apalagi karena manfaatnya yang banyak itu tak heran kalau smartwatch yang dijual di pasaran dibrandol dengan harga yang relatif mahal.

Sebagai sebuah gadget canggih dengan harga yang bisa dibilang tidak murah tentu kamu perlu merawat smartwatch dengan baik. Tidak ada salahnya bila kamu juga ingin memberi perlindungan pada smartwacth kamu dengan menggunakan layanan asuransi seperti layanan dari Zurich.

Zurich sendiri merupakan perusahaan asuransi umum yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tidak diragukan lagi keamanannya.

Oke, sekian dulu sharing saya kali ini. Semoga ulasan di atas bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu yang tertarik ingin membeli smartwatch tapi masih bimbang.

Salam,


You May Also Like

16 komentar

  1. Smartwatch ini paling oke buatku mbak, bener,aku juga suka banget karena membantu kita disiplin waktu ya kan

    BalasHapus
  2. Fitur canggih dan manfaat dari smart watch ini memang bisa menggoda iman ya hehehe. Saya juga pengen kalo ada yang mau kasih hadiah smart watch :D

    BalasHapus
  3. Jaman makin canggih ya. Waktu saya kecil, mana pernah saya ngebayangin kalau akan ada teknologi smartwatch yang bisa mendukung banyak aspek kehidupan kita.

    BalasHapus
  4. Aku pakai smartwatch untuk mendukung aktivitas olahragaku seperti lari. Tapi bukan lari dari kenyataan ya haha

    BalasHapus
  5. Sebagai salah satu pecinta jam tangan, smartwatch masuk dalam favorit saya juga karena praktisnya dan fungsinya yang banyak. Modelnya juga keren2 pula 😍

    BalasHapus
  6. Wahh keren juga ya. Kita beli barang memang sesuai kebutuhan. Dan info ini sangat ok buat referensi hehe

    BalasHapus
  7. Smart watch aku pakai untuk memantau aktivitas olahraga seperti berlari atau senam. Saat detak jantung sudah terlalu cepat, itu pertanda aku harus berhenti sejenak, mengambil napas, meneguk air, sebelum kembali berlari. Smart watch yang aku punya belum sekeren yang sekarang semakin ramai di pasaran, sih. Model dan modal lama soalnya, hahaha ... Tapi lumayan lah.

    BalasHapus
  8. Smartwatch sekarang jadi gaya hidup yah, rata - rata semua orang pakai smartwatch deh, saya sendiri pake ya buat travel juga dan paling bermanfaat sih buat notif panggilan kalau hp lagi ada didalam tas.

    BalasHapus
  9. Wah, saya biasanya hanya menggunakan jam tangan untuk lihat pukul berapa sekarang. Hehe.

    BalasHapus
  10. Bener juga ya
    Selama ini saya olah raga jalan pagi 60 menit dan itu ribet banget
    Pake smart watch jadi solusi ya?

    BalasHapus
  11. Wah...ternyata banyak banget manfaatnya ya..saya msh belum kepikiran buat punya selama harganya masih hampir sama dg smart phone sebab msh work on budget, hahaha

    BalasHapus
  12. waaahhh, kok jadi mupeng punya smartwatch yhaaa
    aku pengin memantau kesehatan tubuh dgn cara yg lebih gampiillll

    BalasHapus
  13. Wah banyak banget kelebihan smartwatch ini ya. Jadi penasaran deh. Emang kita perlu bisa memilih dan menggunakan gadget ya. Terutama untuk mengatur kehidupan lebih mudah pekerjaan kita, bukan melenakan dengan pakai gadget.

    BalasHapus
  14. Bermanfaat banget yaa smartwatch ini mbak. Selama ini saya pikir kalau fungsinya sama aja dengan jam biasa ya gak usah dibelilah. Eh ternyata memang beda..

    BalasHapus
  15. Waaah, banyak juga manfaat dari smartwatch ini, ya, Mba? Tampilannya pun kece, smart look and modern! Ku belum punya, nih. Hihi.

    BalasHapus
  16. Di kantor, para milenial memang sdh banyak yg pakai smartwatch ini mbak. Bisa buat mencatat tekanan darah dan detak jantung.
    Ehh tahu lengkap kegunaannya di sini. Mksh infonya mbak.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.