SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Inilah Penyebab Seseorang Mengalami Diabetes

by - Thursday, December 12, 2019

Daftar Isi [Tampil]

Yuk, cari tahu penyebab penyakit diabetes
(gambar : diabetes.co.uk)
Inilah Penyebab Seseorang Mengalami Diabetes. Pastinya penyakit diabetes sudah tidak asing lagi di telinga kamu, kan? Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami diabetes. 

Diabetes sendiri adalah sebuah penyakit dimana abnormalnya kondisi metabolisme tubuh sehingga menyebabkan meningkatnya kadar glukosa di dalam darah dan urin yang diakibatkan oleh tidak adanya hormon insulin yang dihasilkan tubuh. 

Lalu sebenarnya apa saja yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami diabetes? Berikut beberapa penyebab diabetes diantaranya yaitu ;

Teh Manis

Minuman teh manis termasuk minuman yang dapat menjadi lenyebab timbulnya diabetes mellitus. Tingginya asupan gula pads minuman ini dapat menyebabkan melonjak tingginya kadar gula darah. 

Di dalam segelas teh manis ada sekitar 250 hingga 300 kalori yang terkandung di dalamnya atau bergantung kepada kepekatannya. Penyebab diabetes dari teh manis juga nantinya dapat mengakibatkan terjadinya obesitas. 

Gorengan 

Tidak banyak orang yang menyangka jika gorengan merupakan makanan yang bisa menyebabkan diabetes. Karena bentuk gorengan ini kecil sehingga kamu tidak akan cukup jika hanya memakannya satu saja. Padahal gorengan ini merupakan salah satu faktor yang beresiko tinggi memicu timbulnya berbagai penyakit , ternasuk salah satunya adalah diabetes.

Suka Mengemil

Suka mengemil juga dapat menimbulkan diabetes lho. Mungkin kamu mengira dengan membatasi makan siang atau malam dapat mengindarkan diri kamu dari obesitas dan penyebab diabetes. Karena membatasi makan sehingga kamu lebih memilih cemilan untuk mengisi kekosongan perutmu.

Misalnya saja dengan mengemil biskuit, keripik kentang, dan kue-kue manis lainnya yang mengandung hidrat arang tinggi tanpa adanya kandungan dan pangan yang memadai. Dimana semua makanan yang telah disebutkan tadi termasuk ke dalam makanan dengan glikemik indeks tinggi yang ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya diabetes. 

Kandungan gula dan tepung di dalamnya pun memiliki peranan untuk menaikkan kadar gula dalam darah yang berujung kepada munculnya diabetes mellitus.

Kurang Tidur

Ketika kamu kurang tidur maka kamu akan kehilangan kualitas tidur, sehingga menyebabkan terganggunya metabolisme. Adanya sebuah riset yang mengungkapkan jika kamu kurang tidur selama 3 hari maka akan dapat mengakibatkan menurun drastisnya kemampuan tubuh untuk memproses glukosa. Ini berarti akan meningkatnya resiko untuk terkena diabetes. 

Kurang tidur juga akan membuat sejenis hormone di dalam darahmu terangsang dan memicu nafsu makan. Penderita gangguan tidur yang didorong rasa lapar ini pastinya akan terpicu untuk menyantap makanan berkalori tinggi yang menyebabkan meningkatnya kadar gula darah. 

Malas Beraktivitas Fisik 

Dalam beberapa tahun belakangan ini telah meningkat secara berlipat ganda jumlah penderita diabetes di Hanoi dan Vietnam. Pasalnya kebanyakan masyarakat di kota tersebut lebih menyukai naik motor daripada sepeda. 

Intinya mereka yang sedikit melakukan aktivitas fisik memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena obesitas dibandingkan dengan mereka yang rajin bersepeda, jalan kaki, ataupun aktivitas lainnya. 

Sering Stres

Ketika kamu stres maka tubuh akan meningkatkan produksi hormone epinephrine dan kortisol yang dapat memicu naiknya gula darah dan adanya cadangan energi untuk melakukan aktivitas. 

Sebenarnya tubuh itu dirancang sedemikian rupa untuk maksud yang baik. Tetapi jika gula darah terus meningkat karena mengalami stres yang berkepanjangan tanpa ada solusinya, maka ini sama saja dengan perlahan lahan membunuh diri sendiri. 

Selain itu masih ada penyebab lain seseorang bisa mengalami diabetes seperti kecanduan rokok, menggunakan pil kontrasepsi, takut kulit menjadi hitam, dan keranjingan soda. 

Itulah beberapa penyebab seseorang dapat mengalami penyakit diabetes. Tentunya dengan mengetahui penyebabnya kita bisa dengan mudah menghindari penyakit berbahaya ini. So, tetap jaga kesehatan ya.

You May Also Like

5 komentar

  1. Waduh, saya baru tau kalau kurang tidur bisa meningkatkan resiko diabetes. Padahal beberapa minggu ini pola tidur saya benar-benar acak2an karena stress mikirin UAS.
    Sepertinya mulai besok harus bisa mengatur pola tidur lagi biar kembali normal seperti semula.
    Terima kasih, kak informasinya. Bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
  2. Wah, saya nggak nyangka loh kalau kurang tidur juga bisa jadi penyebab orang jadi kena penyakit ini, ngeri juga ya.

    ReplyDelete
  3. Waduh, hampir semua penyebab diatas itu aku alami. Bagaimana ya caranya, kalo tidak ngemil sama makan gorengan ngga sreg..😂

    ReplyDelete
  4. Ups gawat, beberapa itu termasuk kebiasaanku nih mbak. Apalagi namanya gorengan itu enak sekali disanding dengan Teh Manis dingin. Gimana donggg? Huwee...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Sponsor