Ini 5 Tips Mudah Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

by - Januari 17, 2020

tips menjaga daya tahan tubuh anak, daya tahan tubuh anak
Anak yang memilik daya tahan tubuh kuat, tidak gampang sakit
(Gambar : kesmas-id.com)
Ini 5 Tips Mudah Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak - Akhir-akhir ini cuaca di daerah tempat tinggal saya tidak menentu. Kadang bisa seharian panas, lalu malamnya turun hujan, begitu pula sebaliknya. Dengan cuaca yang berubah-ubah seperti itu biasanya virus penyakit semakin banyak dan mudah menyerang anak-anak. 

Sebagai ibu dari dua anak yang masih berusia 17 bulan dan 1 bulan, tentu saya harus waspada. Anak-anak rentan terkena penyakit seperti demam, batuk dan pilek saat cuaca tak menentu dan ini yang harus saya waspadai. Lagipula, tidak ada orang tua yang ingin anaknya sakit.

Oleh sebab itu, sudah menjadi tugas orang tua juga untuk memastikan anak-anaknya memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Anak-anak dengan imun yang kuat inilah yang tidak mudah terserang penyakit. 

Bagaimana caranya menjaga daya tahan tubuh anak? Yuk, simak tipsnya berikut ini ;

Biasakan anak menjalani pola hidup sehat

Salah satu tugas utama orang tua adalah mendidik anaknya dengan baik dan sudah seharusnya dilakukan sejak dini. Anak saya yang sulung meski masih berusia 1 tahun 5 bulan dan belum mengerti banyak hal namun dia sudah sangat pandai meniru apa-apa yang dia lihat.

Nah, cara mendidik anak yang tepat adalah dengan memberikan contoh atau teladan yang baik. Jika kita ingin anak-anak bisa dan terbiasa menjalani pola hidup sehat, kita yang harus lebih dulu memberi contoh. Misalnya, dengan rutin berolahraga. 

Jika anak-anak sering melihat orang tuanya olahraga, nantinya pun dia akan menyukai aktivitas olahraga. Anak-anak yang suka olahraga tentunya akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat ketimbang anak-anak yang jarang berolahraga.

Menjaga kebersihan anak

Kuman-kuman suka menempel di tempat-tempat yang kotor. Ini juga yang menjadi salah satu penyebab anak rentan terkena penyakit. Kurang terjaga kebersihannya.

Untuk itu, ajari anak menjaga kebersihannya sejak dini. Biasakan dia mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah makan atau setelah bermain di luar rumah. Jangan lupa, ajari juga anak cara mencuci tangan yang benar.

Memberikan anak makanan yang bergizi seimbang

Menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak juga patut menjadi perhatian orang tua terutama ibunya. Pastikan kita memberi anak makanan yang bergizi dan seimbang.

Setidaknya makanan tersebut memenuhi 4 bintang, yakni karbohidrat, lemak hewani & lemak nabati, vitamin dan mineral. Berikan juga anak lemak tambahan agar tidak mudah terkena sembelit. Dengan mengonsumsi makanan bergizi tentu anak akan tumbuh dengan sehat dan daya tahan tubuhnya pun terjaga.

Memberikan suplemen vitamin

Selain memberikan anak makanan yang bergizi seimbang, orang tua juga bisa memberikan suplemen vitamin atau multivitamin jika diperlukan.

Suplemen vitamin seperti penambah nafsu makan dan menjaga imun ini juga penting diberikan pada anak agar perlindungan tubuhnya semakin maksimal.

Membawa anak ke Puskesmas/Posyandu untuk diimunisasi

Last but not least, agar tubuh anak-anak kita tetap terjaga daya tahan tubuhnya , jangan lupa untuk rutin membawanya ke Puskesmas atau Posyandu terdekat untuk mendapatkan imunisasi.

Imunisasi ini penting lho, bahkan termasuk wajib. Manfaatnya banyak pula. Salah satunya menjaga daya tahan tubuh, sehingga anak-anak yang telah mendapatkan imunisasi (minimal imunisasi dasar) tidak mudah terserang penyakit. 

Itu dia tips mudah menjaga daya tahan tubuh anak. Penting bagi orang tua memastikan anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat karena jika tidak, anak akan rentan sakit dan itu bisa mengganggu tumbuh kembangnya. Jangan sampai, anak sakit karena kelalaian kita ya.

Salam,

You May Also Like

1 komentar

  1. Kelimanya penting banget ya, mba. Terutama tentang kebersihan dan makanannya. Saya dan anak2 suka kecolongan di dua hal itu, apalagi anak udah doyan jajan. Huhuhu..

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.