SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Ketahui Efek Samping dari Penggunaan Listrik Secara Berlebihan

by - Monday, February 03, 2020

Daftar Isi [Tampil]
hemat listrik, lemari es hemat listrik, efek samping dari penggunaan listrik secara berlebihan
kemajuan teknologi tidak hanya berdampak positif
Ketahui Efek Samping dari Penggunaan Listrik Secara Berlebihan - Hari ini kita hidup di zaman teknologi yang semakin canggih. Banyak hal yang kemudian bisa kita lakukan dengan mudah, cepat, hemat dan praktis karena kemajuan teknologi. Memang diakui, teknologi punya andil besar dalam meningkatkan kehidupan manusia. Yah, meski kelihatannya bagus namun tak dimungkiri, ada juga kelemahan dari kemajuan ini. Ia dapat memengaruhi kehidupan kita, baik secara positif maupun negatif. 

Satu hal yang pasti, teknologi baru selalu mengubah hidup kita lebih banyak dan membawa perubahaan yang baru.  Bayangkan hidup kita sebelum adanya listrik, komputer, telepon, maupun kendaraan bermotor. 

Tapi lihatlah sekarang, berbagai hal bisa kita jangkau dengan mudah. Mulai dari bertukar informasi, berinteraksi lewat media sosial mendapat hiburan, berbelanja secara online hingga melakukan transaksi keuangan secara efisien. Semua itu bisa kita lakukan hanya dengan mengandalkan gawai seperti laptop, tablet maupun ponsel pintar.

Bahkan sekarang ini telah muncul pula teknologi berupa lemari es hemat listrik (https://www.panasonic.com/id/consumer/kitchen-appliances/refrigerators/2-door-series/nr-bb211q.html.%C2%A0) yang bisa dilihat di portal https://www.panasonic.com/id/consumer/kitchen-appliances/refrigerators/2-door-series/nr-bb211q.html. 

Ketika teknologi berkembang kita mulai menemukan banyak cara mudah untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari tanpa mengalami kesulitan. Itulah satu manfaat besar dari teknologi baru. 

Teknologi yang sebelumnya tak terbayangkaan itu telah membuka kunci kehidupan manusia. Kehidupan yang dulunya hanya ada dalam mimpi. Imajinasi masyarakat tercermin dalam teknologi untuk memecahkan masalah yang ada. Masalah-masalah itu mendorong manusia untuk mengubah ide-ide imajiner mereka menjadi inovasi teknologi yang sebagai hasilnya bisa kita nikmati sekarang. Kualitas hidup kita jauh lebih meningkat. 

Namun seperti yang sudah saya singgung di atas, kemajuan teknologi tidak lepas dari dampak negatif. Sebut saja listrik yang selama ini kita ketahui paling banyak manfaatnya ternyata punya efek samping lho.

Salah satu tenaga yang digunakan untuk pembangkit listrik adalah tenaga uap atau kita kenal dengan PLTU. Nah, efek samping dari PLTU ini adalah hasil gas buangnya yaitu CO2 merugikan manusia apabila dalam skala yang besar karena akan menyebabkan suhu bumi semakin meningkat akibat efek rumah kaca.  

Selain itu, gas NOX yang dikeluarkan dari pembangkit listrik tenaga uap juga akan menyebabkan hujan asam yang akan merusak vegetasi di sekitarnya serta manusia itu sendiri. Sangat berbahaya, bukan?

Bagaimanapun, listrik telah memberi kenyamanan bagi kehidupan manusia di bumi. Namun terlalu banyak ketergantungan pada listrik juga berdampak buruk. Jadi akan lebih baik jika kita bisa menghadapi efek sampingnya dengan bijak, yakni melakukan penghematan dalam penggunaan listrik. Hitung-hitung, itu juga bisa jadi salah satu bentuk kontribusi kita untuk menjaga bumi.

Sekian sharing saya kali ini. Semoga bermanfaat. 

You May Also Like

1 komentar

  1. Saya juga mulai menggunakan peralatan listrik yang hemat tarikan listriknya. Di samping IRIT juga RAMAH LINGKUNGAN. :D Sayangnya solar panel harganya masih mahal buanget yaaaak buat dibeli. Bumi sudah makin tua, harus makin disayang demi anak cucu nanti :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Sponsor