5 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam

by - Sunday, March 01, 2020

Flek hitam, salah satu permasalahan kulit wajah yang kerap dialami wanita (gambar : womantalk.com) 
5 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam - Sekarang ini makin banyak produk kecantikan yang mengklaim bisa mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wanita. Para wanita pun berlomba-lomba menggunakan berbagai macam produk tersebut dengan harapan kulit wajah mereka bisa putih, mulus dan cerah merona. Namun perlu diperhatikan, setiap wanita punya jenis kulit masing-masing, itu artinya tidak semua produk kecantikan yang dijual di pasaran cocok dengan kulit wajahmu.

Alih-alih mendamba kulit wajah putih bersinar, salah menggunakan produk kecantikan justru bisa menambah permasalahan pada kulit wajah, entah itu jerawat, komedo maupun flek hitam. Jadi sebelum membeli skincare, tabir surya, dkk pastikan dulu produk tersebut cocok nggak dengan kulit wajah kita.

Bicara soal permasalahan kulit wajah, selain jerawat dan komedo wajah saya sering juga mengalami flek hitam. Flek hitam sendiri merupakan bercak, bintik, atau noda berwarna kegelapan yang disebabkan pigmentasi kulit secara berlebihan. Keberadaan si flek hitam ini jelas mengundang rasa tidak nyaman sekaligus nggak pede pada diri saya saat berada di luar rumah. I think, setiap wanita pasti merasakan hal serupa.

Nah, untuk mengatasinya saya biasa pakai bahan alami di sekitar yang mudah didapat sebelum menggunakan skincare khusus menghilangkan flek hitam yang cocok dengan kulit wajah saya yang cenderung berminyak ini.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi flek hitam ;

Putih Telur

Saya biasa menggunakan putih telur untuk menghilangkan komedo yang sering bersarang di wajah saya, terutama area hidung dan dagu. Putih telur juga dipercaya mampu menghilangkan jerawat lho. Tidak hanya itu, sebab bahan alami yang satu ini pun bisa jadi solusi buat kamu yang punya wajah bermasalah dengan flek hitam.

Cara menggunakannya cukup mudah kok. Kamu hanya perlu menyiapkan putih telur, lalu oleskan ke wajah yang terdapat flek hitam. Setelah itu diamkan selama 10-15 menit, lalu cuci muka dengan air bersih. Oya, karena putih telur berbau amis, kamu bisa menambahkan sedikit madu atau jeruk nipis untuk menyamarkan baunya.

Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan khasiat lidah buaya. Tanaman ini biasa digunakan untuk mengatasi masalah rambut, terutama yang punya masalah dengan rambut rontok. Selain itu, lidah buaya juga ternyata bisa lho membantu mengatasi kulit wajah karena gelnya mengandung polisakarida yang berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta dapat menyamarkan flek hitam. 

Untuk menggunakannya kamu cukup cuci bersih lidah buaya, lalu potong bagian sisi lidah dan ambil gelnya. Kemudian oleskan gel tersebut ke wajah yang terdapat bintik hitam. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukanlah dengan rutin untuk mendapatkan hasil maksimal dimana wajah kamu bakal bersih dari flek.

Madu

Khasiat dari madu tentu tidak diragukan lagi. Bahan alami yang berasal dari lebah ini tidak hanya baik untuk kesehatan namun bermanfaat juga untuk merawat kecantikan, termasuk mengatasi permasalahan kulit wajah seperti flek hitam.

Kamu bisa gunakan madu sebagai masker wajah. Diamkan saja selama 15- 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Jika rutin menggunakannya, itu akan sangat membantu membersihkan wajahmu dari flek hitam.

Kentang

Selain madu, kamu juga bisa menggunakan kentang untuk menghilangkan flek hitam karena bahan alami ini mengandung zat tepung dan enzim di dalamnya yang berfungsi untuk mengurangi pigmentasi pada kulit. 

Cara penggunaannya pun tidak sulit. Kamu bisa gunakan sebagai masker wajah dengan cara potong tipis-tipis kentang lalu letakkan potongan tersebut dipermukaan kulit wajahmu yang terdapat flek hitam. Diamkan selama beberapa menit, setelah itu cuci mukamu dengan air bersih.

Lemon

Satu lagi bahan alami yang cukup ampuh menghilangkan flek hitam. Yap, kamu juga bisa menghilangkan noda hitam di wajahmu dengan menggunakan lemon. Lemon sendiri mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam dengan lemon, yakni sebagai masker wajah atau mengonsumsi jusnya setiap hari.

Jika kamu ingin menggunakannya sebagai masker, cukup peras lemon lalu oleskan perasannya pada permukaan wajahmu yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin untuk hasil yang maksimal. Atau kalau kamu ingin menghilangkan flek hitam dengan cara mengonsumsinya sebagai jus tentu akan lebih nikmat ya. Lemonnya tinggal kamu buat jus saja dengan mencampurkan gula sesuai takaran yang diinginkan.

Itu dia cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami. Sementara untuk mengatasi noda yang berwarna gelap akibat pigmentasi kulit secara berlebihan ini dengan produk skincare saya prefer menggunakan rangkaian perawatan yang mmengandung ekstrak  lemon dari Garnier.

Rangkaian tersebut bisa dengan mudah didapatkan di situs resmi Garnier Indonesia atau toko kosmetik, supermarket, minimarket maupun toko-toko terdekat.

Kuy, kalau kamu biasa mengatasi flek hitam dengan cara apa? Share di kolom komentar yuk!

You May Also Like

19 komentar

  1. Sy klo pake lemon mlh iritasi
    Perih bngett

    ReplyDelete
  2. Aku dulu suka pakai putih telur mba. Jadi selain menghikangkan noda hitam hisa juga buat ngangkat komedo di aku hahaha. Dan keliatan banget ikh hasilnya. Seneng aku. Cuma sejak punya anak, jrang banget masker pake putih telur lagi. Suka ga sempet hiks

    ReplyDelete
  3. Makasih tipdnya mba. Padahal bahannya mudah didapat ya dan kadang aa di. Rumah tp ko suka males ya huhu

    ReplyDelete
  4. Penting banget nih mom tipsnya. Masuk usia tak lagi muda kan harus perhatikan kulit wajah . Sejauh ini belum terlihat ada tanda flek hitam sih

    ReplyDelete
  5. Mba Siska, aku dulu pernah pake kentang .saat masih duduk di SMP. Alhamdulillah beneran hilang loh. asal rajin aja tiap malam digosok pake getah kentang..

    ReplyDelete
  6. Kalau saya biasanya pake putih telur atau madu, Mbak. Selain menghilangkan flek, bisa bikin wajah jadi mulus dan kenyal juga :)

    ReplyDelete
  7. di umurku yang belum 30-an ini juga sudah aware sama yg namanya bintik-bintik hitam ini mba. Dan semua bahan tadi, mudah ditemukan ya cuman bebikinannya ini yg rada ribet wkwk, aku sih pengen coba putih telur

    ReplyDelete
  8. Lemon juga salah satu yang bisa menghilangkan flek hitam ya .... Karena flek hitam sangat mengganggu penampilan loh

    ReplyDelete
  9. Bisa nggak mengombinasikan bahan-bahan yang disebutkan tadi jadi satu produk? Tapi praktisnya pake produk jadi aja ya hehee.

    ReplyDelete
  10. Saya suka maskeran dengan lidah buaya. Selain itu saya juga suka maskeran dengan kopi, khasiatnya juga bisa menghilangkan noda hitam.

    ReplyDelete
  11. Semasa sekolah dulu, pernah suatu ketika saya dibilangin oleh Mba ART yang menjaga saya di rumah, kalau masker putih telur nggak disarankan untuk diaplikasikan di kulit remaja atau kulit sensitif. Benar nggak ya?

    ReplyDelete
  12. Wah enak pakai bahan bahan alami ya mbak..
    Aku slama ini sih uda nyoba yg pake putih telur

    ReplyDelete
  13. Aku juga punya flek hitam yang bandel banget, karena udah ada sejak sma, jadi susah banget ngilanginnya. Sekarang lagi nyoba pake day cream. Next aku juga mau praktekin fios dari mbak diatas. Semoga aja bisa agak samar flekku.

    ReplyDelete
  14. Terimakasih mom jadi tahu ternyata lemon , madu , dan lidah buaya banyak banget manfaat nya buat hilangin flek .

    ReplyDelete
  15. Wah ternyata bahan alaminya juga sering dan ada yah ga susah dicari, mau infoin ah ke bibi yang banyak flek hitamnya

    ReplyDelete
  16. Belum pernah coba yang paket jeruk nipis, kayaknya bisa dicoba nih, selama ini aku lebih sering coba ilangin komedonya pakai masker telur, dan yang kupakai keseluruhan nya mba, gak cuma putihnya aja

    ReplyDelete
  17. baru tahu nih kentang bisa dijadiin masker. kalau saya dulu pernah pakai masker putih telur aja

    ReplyDelete
  18. informasinya sabgat bermanfaat ini biar bisa aku coba dirumah, maklum udah mulai kelihatan flek hitamnya

    ReplyDelete
  19. Thank you mbak infonya, aku nih banyak flek hitam sisa jerawat huhuhu. Nanti bakal dicoba satu-satu. Semoga ampuh :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.