Mengenal 6 Jenis Motor di Indonesia, Nomor 2 Paling Favorit

by - Tuesday, March 03, 2020

Jenis motor, motor di Indonesia
Mengenal berbagai jenis motor di Indonesia, ada apa saja?
(gambar : mnc.com)
Mengenal 6 Jenis Motor di Indonesia, Nomor 2 Paling Favorit - Selama ini saya cuma tahu mengendarai motor, tapi kalau ditanya lebih jauh semisal apa saja jenis motor yang kamu ketahui? Paling yang saya tahu cuma motor bebek, matic dan kopling, hehe segitu dangkalnya pengetahuan saya terkait motor. 

Padahal jenis motor itu sebenarnya ada banyak lho. Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan otomotif yang berlomba-lomba mengeluarkan motor dengan teknologi terbarunya masing-masing. Ini baru saya tahu setelah googling dan melihat sendiri keluaran motor zaman sekarang memang makin canggih dan dengan tampilan yang lebih keren.

Nah, berikut beberapa jenis motor yang akhirnya saya ketahui setelah googling ke sana kemari ;

1. Cub

Cub atau lebih dikenal dengan nama motor bebek termasuk jenis motor yang paling umum digunakan di Indonesia. Dengan bentuknya yang compact dan mesinnya yang canggih membuat motor jenis ini diminati banyak orang meski tak dimungkiri kepopuleran motor bebek sudah mulai berkurang sejak hadirnya motor jenis matic.

Yup, motor bebek sekarang memang tidak sepopuler dulu, namun masih banyak juga kok yang menjadikannya sebagai motor andalan selain karena harganya yang lebih terjangkau, mesinnya juga dianggap lebih unggul ketimbang matic.

2. Skuter Matic

Jenis motor selanjutnya adalah skuter matic. Skuter matic. sendiri termasuk jenis motor yang menggunakan transmisi otomatis dalam melakukan perpindahan gigi. Itulah sebabnya cara mengendarainya sangat praktis. Pengendara hanya perlu memutar gas dan menekan rem saja. 

Mulanya skuter matic didesain khusus untuk pengendara wanita namun belakangan jenis motor ini juga banyak diminati kalangan pria. Maka tidak heran jika saat ini motor matic menjadi motor yang paling populer di Indonesia, mengalah kepopuleran motor bebek. Oya, motor matic sangat cocok untuk digunakan di jalanan yang sering mengalami kemacetan. 

3. Road Bike

Berikutnya adalah jenis motor yang sangat cocok untuk pengendara yang hobi touring atau sering melakukan perjalanan jauh maupun sekadar ingin tampil keren dalam berkendara. Motor dengan jenis ini dikenal sebagai road bike.

Sesuai dengan namanya, road bike memiliki performa yang tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk mobilitas sehari-hari maupun perjalanan panjang dalam menjelajahi suatu daerah. Motor jenis ini didesain dengan rangka bodi yang kuat, selain itu mesinnya juga cukup tangguh dan sudah pasti punya tenaga yang besar. 

4. Cruiser

Selanjutnya kita melangkah ke jenis motor yang hampir mirip dengan motor jenis road bike karena fungsinya sama-sama bisa digunakan untuk menempuh perjalanan panjang, namanya cruiser

Bedanya, motor jenis ini identik dengan CC torsi yang sangat besar, namun dengan horse power yang cenderung kecil. Bentuknya cukup ergonomis dan nyaman digunakan saat berkendara jarak jauh. Penampilannya pun tak kalah gagah dengan motor jenis bike road bike.

5. Sport

Buat para pecinta motor sekaligus suka dengan ajang balap, tentu jenis motor yang satu sangat digemari. Namanya sport, jenis motor yang memang didesain khusus untuk balapan dengan kecepatan.

Sport sengaja dirancang rendah sehingga jaraknya cukup dekat dengan tanah. Hal tersebut bertujuan untuk menambah unsur aerodinamis sepeda motor pada kecepatan tinggi di sirkuit. Itulah sebabnya pengendara motor sport akan cenderung membungkuk ke depan dan posisi kaki sedikit ke belakang.

6. Off Road

Satu lagi jenis motor yang tidak kalah keren dan cukup unik karena dirancang khusus untuk pengendara yang suka dengan tantangan melaju di jalanan yang penuh dengan medan berat.

Mau menanjaki gunung, lewati jalanan berbatu dan berlumpur pun tak masalah karena sepeda motor jenis ini memang dibuat dengan kontur ban kasar, menyerupai pacul/bergerigi kotak-kotak. Selain itu off road juga mempunyai torsi besar dan tahan banting. Apalagi boboknya relatif ringan. Ya, pokoknya ini jenis motor yang cocok banget buat kamu yang doyan membelah jalanan penuh rintangan*eaa.

Itu dia beberapa jenis motor yang ada di Indonesia. Jenis motor yang paling saya favoritin sih nomor dua, kalau kamu sukanya motor yang mana nih? Share di kolom komentar, yuk!

You May Also Like

0 comments

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.