Mudahnya Mengembangkan Dana di P2P Lending Akseleran

by - Wednesday, April 01, 2020

Mudahnya Mengembangkan Dana di P2P Lending Akseleran
Gambar : freepik
Mudahnya Mengembangkan Dana di P2P Lending Akseleran - Semasa masih lajang saya sama sekali nggak kepikiran mau berinvestasi. Ya gimana mau kepikiran kalau yang tertanam di otak saya saat itu hanya orang-orang berduit atau yang punya modal besar yang bisa berinvestasi. Anggapan yang sungguh keliru karena nyatanya hanya dengan modal Rp100 ribu saja kita sudah bisa berinvestasi lho!

Well saya baru tahu belakangan ini, investasi tidak melulu dengan modal besar. Jadinya saya agak sedikit menyesal, kenapa nggak dari dulu, saat masih bekerja dan punya penghasilan sendiri saya mulai berinvestasi. Kenapa baru sekarang, saat sudah menjadi seorang ibu dan tidak lagi bekerja di luar rumah baru tergerak ingin mengembangkan dana. Tapi ah sudahlah tak ada gunanya penyesalan itu. Lagipula masih lebih baik terlambat kan daripada tidak berinvestasi sama sekali.

Oya investasi yang saya maksud di sini adalah investasi jangka pendek. Investasi yang bisa dimulai dengan modal kecil ini memang cocok untuk pemula atau yang baru ingin mengenal lebih jauh tentang investasi. Termasuk kalau kamu ingin mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu singkat maka investasi jangka pendek bisa jadi pilihan yang tepat.

Investasi jangka pendek sendiri terdiri atas beberapa jenis seperti tabungan, deposito, saham maupun obligasi atau surat utang jangka pendek, termasuk juga Peer to Peer (P2P) Lending. Namun ulasan saya di postingan kali ini hanya berkaitan dengan P2P Lending.

Mengenal Peer to Peer (P2P) Lending

Gambar : freepik
Bagi saya yang masih pemula dalam dunia investasi maupun finansial, istilah P2P Lending tentu masih asing. Namun karena melihat banyak teman terutama yang berprofesi sama seperti saya (ibu rumah tangga, red) memilih investasi dengan jenis ini saya jadi tertarik dan mencari tahu lebih dalam terkait P2P Lending.

Dilansir dari situs wikipedia, P2P (peer to peer) Lending adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman (lender) dengan penerima pinjaman (borrower) dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Sederhananya, P2P Lending merupakan layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi. Atau agar lebih mudah dipahami, P2P Lending ini semacam marketplace. Pastinya kita sudah familiar dengan yang namanya marketplace ya. 

Bedanya marketplace mempertemukan antara penjual dan pembeli sehingga terjadilah transaksi jual beli secara online sedangkan P2P Lending mempertemukan antara lender dan borrower sehingga transaksi yang berlangsung adalah pinjam meminjam secara online.

Adapun transaksi pinjam meminjam di sini berkaitan dengan modal usaha. Si pemberi pinjaman disebut pendana (lender) sedangkan yang diberi pinjaman disebut pelaku usaha (borrower). Tentunya dengan adanya P2P Lending urusan pinjam meminjam antara lender dan borrower menjadi lebih praktis. 

Si pendana atau lender bisa langsung berinvestasi pendanaan atau meminjamkan modal dengan nominal dana minimal yang bervariatif. Sementara untuk si pelaku usaha atau peminjam modal (borrower) terutama Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bisa dengan mudah mengumpulkan dana yang ditargetkan untuk mengembangkan usahanya. Proses administrasi dalam P2P Lending pun tidak begitu rumit dan berlangsung cepat karena dilakukan secara online.

Yup semua proses transaksi termasuk pinjam-meminjam yang dilakukan secara online memang praktis ya. Seperti P2P Lending ini, hanya dengan mengandalkan gawai dan internet saja kita sudah bisa melakukan investasi pendanaan baik sebagai pendana maupun meminjam sebagai pelaku usaha. 

Namun yang jadi pertanyaan, apakah investasi online seperti P2P Lending aman dan terpercaya?

Sebagai orang yang masih awam dengan dunia investasi saya memang sempat ragu dan tidak percaya dengan jenis investasi berbasis teknologi ini, apalagi sudah banyak kasus penipuan dan investasi bedong.

Namun setelah mencari informasi dan membaca berbagai ulasan terkait P2P Lending barulah saya tahu layanan pinjam meminjam online ini aman dan terpercaya kok asal berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi kalau ingin berinvestasi melalui layanan teknologi yang dikenal dengan istilah financial technology (fintech) ini  pastikan dulu layanan yang kamu pilih itu berizin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum.

P2P Lending sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni P2P Lending konsumtif dan P2P Lending produktif. Untuk P2P Lending konsumtif pinjaman diberikan kepada konsumtif perorangan sedangkan P2P Lending pinjaman diberikan kepada para pelaku UKM.

For your info, saat ini saya sudah mencoba mengembangkan dana hanya dengan modal Rp100.000 saja di salah satu fintech P2P Lending produktif yang berizin di OJK, namanya Akseleran. Ada juga yang sudah pernah coba?

Sekilas Tentang Akseleran

Gambar : akseleran.co.id
Dari awal saya sudah singgung ya, hanya dengan modal Rp100 ribu doang kita sudah bisa mengembangkan dana. Intinya, mau mengembangkan dana di zaman sekarang mah gampang, selain prosesnya cepat dan praktis, tidak harus nunggu punya modal banyak dulu. Kalau kamu juga tertarik ingin berinvestasi pendanaan dengan modal Rp100 ribu, kamu bisa coba di Akseleran.

Perusahaan yang dinamai PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia atau lebih dikenal dengan nama Akseleran ini didirikan oleh orang-orang profesional dalam dunia finansial dan teknologi pada tanggal 2 Oktober 2017. Selain sudah berizin dan diawasi oleh OJK, Akseleran pun sudah tersertifikasi ISO27001 Full Scope dan dalam operasionalnya sangat menitikberatkan terhadap perlindungan kepada konsumen.

Sebagai P2P Lending, Akseleran yang merupakan platform marketplace ini menjadi platform yang menghubungkan antara pemilik dana (lender) dan calon peminjam (borrower). Karena Akseleran termasuk P2P Lending produktif sehingga pinjaman  yang diberikan hanya difokuskan kepada para pelaku UKM.

Dengan mengusung visi "Mewujudkan Inklusi Keuangan Menjadi Realitas" Akseleran berharap dapat mendorong pengembangan UKM di Indonesia yang menguntungkan pemilik usaha (borrower) dan kumpulan pemberi pinjaman (lender) yang mendukungnya.

Jadi di platform marketplace-nya Akseleran menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Akseleran kamu bisa akses di websitenya www.akseleran.co.id atau bisa juga melalui Aplikasi Mobile dari Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS).

Alasan Memilih Mengembangkan Dana di P2P Lending Akseleran

Gambar : akseleran.co.id
Saya baru tahu tentang Akseleran awal tahun ini sih. Dari membaca ulasan positif seorang teman yang juga merupakan seorang ibu rumah tangga di blognya terkait Akseleran. Bukan kebetulan juga saat itu saya memang lagi pengen belajar mengembangkan dana tapi dengan modal yang terjangkau. Makanya pas tahu ada platform fintech yang  memberi kesempatan konsumennya untuk mengembangkan dana mulai dari modal Rp100 ribu saya jadi tertarik pengen coba.

Nah, setelah coba menjadi pemberi pinjaman atau pendana (lender) di Akseleran saya mendapatkan pengalaman yang menarik. Setidaknya kalau ada yang nanya ke saya kenapa memilih investasi pendanaan di Akseleran, berikut ini jawaban saya ;

Registrasi Mudah dan Cepat

Untuk bisa bisa berinvestasi pendanaan atau mengembangkan dana di Akseleran tentunya kita harus registrasi dulu di website atau aplikasi Akseleran. Namanya juga registrasi secara online, mudah dan cepat. Kurang lebih sama lah kayak mau daftar buat akun facebook, hehe cuma registrasi di Akseleran ada beberapa perjanjian yang harus ditandatangani dan membutuhkan data identitas diri yang valid. Kalau pun bingung pada saat proses pendaftaran tidak perlu khawatir karena ada dari tim Akseleran yang siap membantu.

Berizin dan Diawasi Oleh OJK

Ini poin yang paling penting. Saya berani mengembangkan dana di Akseleran meski baru dengan modal dana minimal itu juga karena Akseleran sudah berizin dan diawasi oleh OJK. Coba kalau sebaliknya, mana mau saya berurusan dengan fintech illegal.

Akseleran sendiri sudah berizin dan diawasi di OJK dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019, jadi bisa dipastikan P2P Lending ini legal dan aman.

Modal yang diperlukan untuk mengembangkan dana terjangkau

Jujur ini alasan utama kenapa saya tertarik mengembangkan dana di Akseleran. Karena saya bisa memgembangkan dana dengan modal mulai dari Rp100 ribu saja dan bisa mendapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun. Menarik, kan?

Memiliki Manajemen Risiko yang Baik

Of course, tujuan saya mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran adalah untuk mendapat keuntungan. Yap, siapa juga yang pengen rugi. Namun saya menyadari bahwa yang namanya investasi termasuk pada fintech P2P Lending ini juga tidak lepas dari sisi risikonya.

Untuk itu sebelum memutuskan berinvestasi pendanaan kita sudah harus paham benar risikonya. Nah, menurut saya manajemen risiko di Akseleran ini sudah baik ya karena untuk mencegah terjadinya kerugian pada setiap lender Akseleran telah memfasilitasi dengan adanya credit scoring, pencairan agunan dan proteksi asuransi jaminan kredit, agunan, mediasi, transparansi dan lain sebagainya.

Termasuk P2P Lending Produktif

Setelah mengenal P2P Lending saya memang prefer berinvestasi pendanaan pada fintech yang fokus memberi pinjaman pada UKM. Setidaknya risikonya lebih rendah dibanding pinjaman yang ditujukan untuk konsumtif perorangan. 

Selain itu di Akseleran kita bebas memilih sektor industri mana yang akan kita berikan pinjaman dengan tenor mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Beberapa sektor industri yang ditawarkan diantaranya adalah kontraktor, distributor, agensi, logistik, dsb. Setiap sektor industri ada risikonya masing-masing jadi pintar-pintarnya kita saja memilih.

Cara Mengembangkan Dana di P2P Lending Akseleran

Gambar : freepik.com
Saya sudah coba mengembangkan dana di Akseleran dan caranya cukup mudah, Guys. Cukup dengan beberapa langkah ;

Buka Website atau Download/Unduh Aplikasi Akseleran

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengembangkan dana tentunya harus registrasi dulu dong. Karena kemarin saya registrasi menggunakan handphone Android, jadi saya mengunduh aplikasi Akseleran melalui Google Play Store (Android). Buat pengguna iPhone bisa unduh aplikasi Akseleran melalui Apple App Store (iOS) atau kalau kamu mau registrasi lewat web boleh juga, langsung saja kunjungi situs Akseleran.

Lakukan Registrasi

Setelah mengunduh Aplikasi atau buka situs Akseleran kamu bisa mulai registrasi dengan memasukkan email dan pasword lalu lengkapi profil. Untuk lebih mudah dalam pengisian data profil siapkan KTP, NPWP serta tabungan rekening pribadi. 
 Selain itu kamu juga akan diminta untuk melakukan tanda tangan digital untuk dokumen perjanjian anggota digital via PrivyId, ikuti saja langkah-langkah yang tertera pada aplikasi atau website.

Oya jangan lupa untuk memasukkan kode referral untuk mendapatkan free saldo senilai Rp100 ribu Kamu bisa menggunakan kode promo dari saya AKSLSISKA328216.

Mulai Mengembangkan Dana

Jika semua data pada proses registrasi sudah terverifikasi kamu sudah bisa mulai mengembangkan dana mulai dari modal Rp100 ribu. Apalagi setelah memasukkan kode referral AKSLSISKA328216 otomatis kamu sudah mendapatkan free saldo Rp100 ribu dan bisa segera melakukan mengembangkan dana dengan saldo tersebut.

Yang perlu diingat free saldo tersebut hanya berlaku selama 7 hari setelah registrasi jadi  segeralah lakukan pendanaan pada campaign yang sedang berlangsung. Karena campaign di Akseleran cepat sekali berakhir jadi sebaiknya kamu aktifkan fitur auto Lendingnya.

Cek Portofolio

Terakhir, untuk mengetahui danamu berhasil dipinjamkan atau tidak bisa kamu bisa cek pada fitur portofolio. Fitur tersebut akan menampilkan informasi terkait pinjaman dana yang sudah kamu berikan.

Itulah cara mengembangkan dana di Akseleran. Mudah sekali, kan? So, tunggu apalagi jika kamu tertarik dengan investasi jangka pendek dengan nominal mulai dari Rp100 ribu, coba kembangkan danamu di P2P Lending Akseleran. 

Kalau ingin dapatkan free saldo silakan pakai kode promo AKSLSISKA328216. Ingat, free saldo tersebut hanya berlaku seminggu ya. Sekilan ulasan saya kali ini, semoga bermanfaat

You May Also Like

15 comments

  1. Ternyata ada juga investasi dengan biaya yang terjangkau ya mbak. Selama ini berpikir harus punya dana besar baru bisa investasi. Thanks mbak

    ReplyDelete
  2. Starts from 100K aja, ringan banget cuyy!
    Wahh millenials wajib banget nih invest di Akseleran.
    Gampiiil dan menguntungkan ya

    ReplyDelete
  3. P2P Lending jadi bagian dari fintech yang tengah digemari ya, soalnya pernah dengar konsep ini tahun lalu dan konsepnya itu dipakai oleh Akseleran, yups jadinya banyak pilihan untuk masyarakat

    ReplyDelete
  4. Terimakasih informasinya sangat detail. Di artikel teman yg lain tidak disebutkan kalau masa berlaku modal seratus ribu dari menggunakan kode referal hanya seminggu. Sekarang jadi tahu deh. Harus segera sebelum hangus jadinya ya

    ReplyDelete
  5. nah ini masih banyak yang meragukan menggunakan peer to peer lending

    karena kultur kita juga apa gimana ya? mungkin memang perlu dibombardir informasi dulu yaaa baru pada ngerti

    ReplyDelete
  6. Pertama kali baca tertarik, trus takut, tapi ternyata ga usah kuatir, Akseleran terdaftar di OJK dan sudah tersertifikasi ISO27001
    Full
    Karena cukup Rp 100.000 , kita bisa berinvestasi, asyik banget

    ReplyDelete
  7. Dulu saya juga mikirnya gitu, Mbak. Investasi hanya punya mereka yang beruang. Tapi, sejak menikah, suami lumayan peduli soal ini. Akhirnya nyoba-nyoba juga beberapa.

    Btw, asyik banget kalau bisa investasi mulai dari 100 ribu. Nggak memberatkan banget kalau kayak gini, ya?

    ReplyDelete
  8. Dengan 100 ribu sudah bisa berinvestasi kekinian, memudahkan banget ya bagi yang pendapatannya tak terlalu besar, namun punya niat kuat untuk berinvestasi

    ReplyDelete
  9. Seiring kemajuan zaman, mau tak mau kita memang harus upgrade pengetahuan mengenai segala hal ya. Termasuk tentang investasi baik jangka pendek maupun jangka panjang.

    Sejauh ini saya pribadi masih investasi cara lama yaitu membeli properti dan emas. Belum berani investasi online.

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, ada jaminan kalau sudah terdaftar di OJK. Saya pernah baca ttg P2P ada yang sistemnya syariah. Jadi pengen tahu Akseleran ada syariahnya, tidak ya?

    ReplyDelete
  11. Zaman now, segala hal bisa dengan mudah kita lakukan ya, termasuk untuk finansial.

    ReplyDelete
  12. makasih loh informasi kodenya kak. sangag bermanfaat apalagi saat ini. Sekarang emang segala hal bisa dilakukanrapi tdk semua orng beruntung yah kak

    ReplyDelete
  13. Sy jg mnyesal knp tdk blajar invest dari dulu2 😫

    Barupi blkangan ini sy blajar2 tentang investasi juga. Nice review buat millenials kk artikelnyaa

    ReplyDelete
  14. Betul-betul zaman sekarang di, semua bisa diakses secepat tindisan jemari. Semoga proses alur dana di aplikasi ini halal dan jauh dari riba.

    ReplyDelete
  15. Download pertama bisa dapat saldo awal seratus ribu, sepertinya menggiurkan. Apalagi peer to per sekarang memang lagi hits yah. nice info

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.