SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Tengah

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kiri

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

Kanan

Lorem Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Morbi enim nunc faucibus a.

5 Manfaat Bermain Bersama Anak

by - Tuesday, June 30, 2020

Daftar Isi [Tampil]
Tulisan saya kali ini sekaligus menjadi renungan untuk para orang tua terutama untuk diri saya pribadi. Ada banyak manfaat bermain bersama anak, lalu sudahkah kita bermain dengan mereka hari ini?

Manfaat bermain bersama anak
Gambar : zwitsal.co.id
Coba hitung berapa banyak waktu yang kita luangkan untuk bermain bersama anak? Apakah kita sering bermain bersama mereka atau hanya di waktu-waktu tertentu saja, asal lagi mood atau tidak capek, misalkan?

Atau mungkin kita termasuk tipe orang tua yang menganggap menemani anak bermain itu tidak penting. Buang-buang waktu saja. Sementara masih banyak kesibukan lain yang harus kita kerjakan.

Lagipula anak kan bisa bermain sendiri. Kita sudah membelikan mereka banyak mainan. Mahal-mahal pula, untuk apa lagi ditemani?

Atau jangan-jangan kita menganggap tugas kita sebagai seorang ibu cukup dengan menyusui, memberikan makanan bergizi, dan memandikan si kecil. Sebatas itu sehingga kita merasa tidak perlu untuk menemani anak bermain. 

Atau bisa juga, kita memang ada di sisi mereka saat bermain, tapi mata kita lebih asyik menatap layar gawai yang pun pikiran kita yang lebih sibuk dengan urusan lain ketimbang fokus ke anak.

Padahal apa sih susahnya meluangkan waktu dalam sehari untuk menemani anak bermain barang sejam atau dua jam? Bahkan sebenarnya waktu paling minimal untuk bermain bersama anak itu cuma sepuluh menit lho. Sepuluh menit kita luangkan untuk terlibat dalam aktivitas bermain anak, apa masih sulit?

So, bisa tidak kita jauh sebentar dari gawai atau aktivitas lain demi fokus membersamai anak bermain? Mau tidak kita memasukkan bermain bersama anak dalam agenda harian? Sungguh itu tidak akan merugikan kita sama sekali, yang ada malah sebaliknya, sebab bermain bersama anak memiliki sejuta manfaat.

Manfaat Bermain Bersama Anak

Jika kamu masih menganggap bermain bersama si kecil itu tidak penting, mari kita lihat apa saja manfaat yang bisa didapatkan ketika menemani anak bermain ;

Membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Nyatanya menemani dan atau memberi kesempatan anak bermain sama pentingnya dengan menyusui maupun menyajikan makanan yang bergizi seimbang untuknya. Lho kok bisa?

Ya iya karena bermain bagi anak sendiri memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya dapat menstimulasi perkembangan dan pertumbuhan otak,  memperbaiki kecerdasan, pemahaman dan daya ingat, memicu anak berpikir kreatif serta dapat pula meningkatkan kemampuan berbahasa, kosakata dan pemahaman maupun kemampuan anak dalam mengelola emosi. 

See! Banyak sekali manfaat yang didapatkan anak dari bermain, apalagi bagi si kecil yang masih berada dalam periode emas. Tentu aktivitas bermain dapat melatih perkembangan motorik kasar dan halusnya. 

Artinya apa? Dengan menemani atau memberi kesempatan anak untuk bermain berarti kita sedang membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak yang tidak hanya didapatkan dari makanan bergizi seimbang melainkan juga aktivitas fisik.

Mempererat bonding dengan anak

Ikatan batin atau lebih dikenal dengan istilah bonding sebenarnya sudah terbentuk sejak si kecil berada dalam kandungan. Ikatan ini nantinya akan semakin bertambah kuat seiring dengan kontak fisik dan psikis yang kita berikan kepada anak dalam setiap proses tumbuh kembangnya, termasuk ketika kita sering menemani anak bermain.

Tentunya ikatan batin yang kuat antara orang tua dan anak memiliki sejumlah manfaat seperti dapat memberikan rasa aman, membentuk kepercayaan diri si kecil bahkan berdasarkan hasil riset juga dapat mempengaruhi perkembangan kognitif dan sosial anak.

Jadi sudah menjadi tugas kita untuk membangun bonding yang kuat dengan anak setelah mereka lahir. Bukan cuma ibu, ayah pun dapat membangun bonding yang kuat dengan anak lewat permainan.

Mengawasi sekaligus memahami Anak

Daripada sekadar mengawasi mengapa tidak kita turut terlibat dan ikut bermain bersama anak? Si kecil yang masih berusia di bawah lima tahun memang masih perlu pengawasan dari orang tuanya, terutama bagi anak yang baru belajar berjalan.

Dengan bermain sambil mengawasi anak tentu akan menghindarkan anak dari bahaya terjatuh atau terbentur tembok. Selain itu seringnya interaksi kita dengan anak saat bermain juga dapat membantu kita untuk memahami anak lebih baik.

Menciptakan kenangan yang 'spesial'

Bermain adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Itulah sebabnya banyak momen bermain di masa kecil yang masih lekat dalam ingatan meski kita telah tumbuh dewasa.

Namun tentu, bagi seorang anak, kenangan saat ditemani bermain bersama orang tua akan terasa jauh lebih indah dan berkesan daripada bermain bersama saudara atau teman sebayanya.

Bahkan dibanding main sendiri dengan mainan mahal sekali pun, anak-anak akan lebih suka dan bahagia jika bisa bermain bersama orang tuanya. Begitulah, mereka lebih butuh kebersamaan dengan kita.

Meningkatkan Hormon Bahagia

Satu lagi manfaat yang bisa kata dapatkan ketika bermain  bersama anak. Ya, aktivitas bermain ternyata tidak hanya menyenangkan bagi si kecil, orang tua juga akan merasakan hal yang sama.

Dan disadari atau tidak, saat kita bermain lalu tertawa bersama si kecil, hormon oksitosin dalam diri kita akan meningkat yang tentu efeknya membuat kita bahagia dan jauh dari stres.

Itulah beberapa manfaat bermain bersama si kecil. Jadi siapa bilang bermain bersama anak tidak penting? Nah, kalau sudah tahu penting, ayo ajak anak bermain dan ciptakan momen bahagia bersama mereka.

Mudahnya Bermain Bersama Anak

Setelah mengetahui manfaatnya, saya rasa setiap orang tua juga harus tahu bahwa bermain bersama anak itu sama sekali tidak sulit. Kita tidak perlu harus selalu memberikan anak mainan baru. Anak juga tidak mesti punya mainan mahal.

Bahkan kita bisa lho bermain dengan si kecil tanpa mainan atau hanya dengan peralatan sederhana di rumah seperti selimut, cermin, galon kosong, botol bekas dan lain sebagainya. Kalau nggak percaya Coba deh intip Ide Main Bareng Bayi 0-6 Bulan yang dibagikan Mbak Lelly Fitriana di blognya.

Selain itu waktu bukanlah penghalang bagi kita untuk bisa menemani si kecil saat bermain. Sesibuk apapun pekerjaan kita setiap harinya, kita masih bisa kok bermain bersama mereka asal mau meluangkan waktu. Jadi jangan bilang tidak punya waktu, kitalah yang harus meluangkan waktu untuk main bareng si kecil.

Terakhir, sebelum menutup postingan kali ini, saya ingin mengutip pesan indah yang disampaikan  Psikolog anak Alfa Restu Mardhika, M.Psi lewat acara Cussons Bintang Kecil yang diadakan di Jakarta pada bulan September 2019 lalu.

Setiap hari usahakan setidaknya 10 menit saja bermain sama anak. Dengan bermain bersama anak, akan tercipta attachment. Ketika sudah mendapatkan attachment dan bonding, anak akan merasa dicintai, dan merasa dirinya berharga.

Menurut Alfa, anak-anak bisa bermain meski tanpa mainan karena yang paling ia butuhkan adalah perhatian dari orangtua. Bila anak dibiarkan bermain sendirian tanpa ditemani orangtua, ia akan merasa tidak dihargai dan disayangi. Dampaknya akan terasa ketika anak tumbuh dewasa.

Jadi intinya bermain bersama anak sangat penting. Manfaatnya banyak pula. Jangan sia-siakan waktu selagi kita masih bisa membersamai mereka karena pasti ada masanya kita tidak bisa lagi menemani mereka bermain.

Salam,


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Sponsor