SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

5 Cara Ikut Lelang IBID

by - 29 Juni

Lelang online di IBID sekarang sudah berubah nama menjadi timed auction. Simak yuk cara lelang IBID dengan tipe timed action ini.

Cara ikut lelang IBID
Gambar : google play
Bagi kamu yang sudah sering ikut lelang kendaraan seperti motor atau mobil pasti tidak asing lagi dengan yang namanya IBID. Sebaliknya jika kamu belum pernah berpartipasi dalam lelang tersebut mungkin akan bertanya-tanya apa itu IBID?

IBID atau Balai Lelang Serasi adalah balai lelang yang awalnya hanya melelang produk-produk otomotif seperti kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat namun belakangan sudah membuka juga pelelangan untuk gadget dan alat-alat berat.

IBID sendiri merupakan anak perusahaan PT.Serasi Auto Raya yang bernaung dibawah bendera Grup Astra sejak tahun 2007. Selama 13 tahun atau tepatnya sejak didirikan IBID rutin mengadakan lelang setiap pekannya di lebih dari 10 kota besar dan hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 30 kota lelang di Indonesia.

Cara Mudah Ikut Lelang IBID 

Mengikuti perkembangan tren digital, IBID hadir dengan inovasi gaya lelang kekinian yang sebelumnya dikenal dengan nama Lelang Online. Namun kini Lelang Online di IBID sudah berubah nama menjadi "Timed Auction".

Sebenarnya selain timed action ada juga versi live auction yang merupakan versi virtual dari lelang onsite namun jadwalnya mengikut lelang onsite yang dilaksanakan secara reguler setiap minggunya di masing-masing cabang IBID di nusantara.

Sementara penawaran lelang pada timed auction hanya dapat dilakukan melalui aplikasi IBID saja. Jadwal keduanya juga berbeda. Timed auction memiliki periode lelang lebih panjang yaitu dua hari hingga seminggu. Sehingga jika memilih lelang tipw ini kamu bisa lebih leluasa dalam manajemen waktu.

Nah, jika kamu tertarik ikut lelang timed auction di IBID, caranya cukup mudah. Tidak ada syarat khusus untuk ikut lelang IBID karena siapa pun dapat berpartisipasi menjadi peserta dalam lelang, baik perusahaan maupun perorangan, dari pembelian skala besar hingga pembelian secara satuan.

Berikut ini cara ikut lelang timed auction di IBID :

1. Unduh aplikasi atau akses IBID lewat website

Silakan unduh aplikasi IBID lewat palystore atau app store atau kamu bisa juga bisabakses tanpa aplikasi lewat website IBID

2. Bukan dan cek objek lelang

Selanjutnya aplikasi atau website IBID lalu cek mobil bekas atau objek lelang lain yang akan mengikuti timed auction di IBID 

3. Lakukan pembelian NPL

Lakukan pembelian NPL dengan langkah sebagai berikut:

  • Pilih jenis objek lelang yang ingin kamu beli
  • Pilih tipe NPL Timed Auction 
  • Pilih lokasi dan tanggal lelang, serta jumlah NPL yang ingin dibeli. Ingat satu NPL hanya berlaku untuk satu objek lelang yang dimenangkan.
  • Cek detil pembelian NPL sebelum kamu melanjutkan ke pembayaran

4. Ikuti proses lelang sesuai jadwal

Setelah membeli NPL, kamu dapat mengikuti proses lelang pada jadwal timed auction yang telah dipilih.

5. Lakukan pelunasan jika menang

Jika menang, kamu dapat melakukan pelunasan melalui nomor virtual account yang dikirimkan melalui email atau bisa kamu lihat pada menu transaksi di profil kamu. Pelunasan dapat kamu lakukan selambatnya 5 hari kerja. 

Namun jika kalah, uang pembelian NPL akan segera dikembalikan ke rekeningmu yang terdaftar selambatnya 3 hari kerja.

Demikian cara ikut lelang IBID dengan metode timed auction. Dengan metode tersebut tentunya kamu bisa lelang dari mana saja tanpa harus datang ke cabang IBID terdekat. 

Selain itu kamu bisa mengecek kondisi objek lelang dengan membaca detail di setiap lot yang tersedia. Tidak perlu khawatir mengenai kondisi kendaraan karena setiap kendaraan yang masuk ke daftar lelang IBID sudah diperiksa dengan sistem inspeksi Astra Car Valuation (ACV) yaitu sistem inspeksi kendaraan saintifik yang dilakukan oleh tenaga ahli. 

Hasil pengecekannya tentu lebih akurat. Selain itu, laporan hasil inspeksi kendaraan juga dapat dilihat pada halaman detil kendaraan pada website maupun aplikasi IBID.

Sekian sharing saya kali ini dan semoga bisa membantu kamu yang butuh informasi seputar cara ikut lelang di IBID.

Salam,

Baca Juga

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.