SmgmMPcj7P3P6Iq3b9lFutQl5bwb5f2X0nL3ktD5

Cara Menangani Flu Singapura pada Anak

by - 29 Juni

Tidak ada obat atau vaksin untuk penyakit flu singapura. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menangani flu singapura pada anak?

Flu singapura pada anak

Pernah dengar flu singapura? Penyakit yang dikenal juga sebagai Hand-Footh-and-Mouth-Disease atau penyakit kaki, tangan dan mulut ini sering dialami  anak-anak walau bisa juga terjadi pada orang dewasa.

Jika kamu baru pertama kali mendapati si kecil mengalami flu singapura mungkin kamu akan menyangka ia terkena cacar air. Keduanya memang timbul karena virus dan memiliki gejala yang sama namun sebenarnya flu singapura dan cacar air adalah penyakit yang berbeda. 

Flu singapura disebabkan oleh virus yang bernama entovirus dan hanya menyerang bagian tangan, kaki atau mulut sementara cacar air terjadi karena virus Varicella dan menyerang seluruh bagian tubuh, mulai dari wajah hingga kaki.

Umumnya mereka yang terserang flu singapura akan mengalami demam, sakit pada tenggorokan hingga muncul ruam dan lepuhan di area tangan, kaki dan mulut. 

Menangani Flu Singapura pada Anak

Tidak ada obat atau vaksin untuk mengatasi penularan virus ini. Flu singapura akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu tujuh hingga sepuluh hari. Namun tentunya kamu tidak bisa menanganinya hanya dengan menunggu, bukan?

Apalagi jika penyakit ini menyerang anak-anak, pastinya mereka akan kesakitan, menjadi lebih rewel dan sulit makan. Jadi paling tidak kamu harus tahu cara meredakan sakit yang menyerang si kecil.

Berikut beberapa cara menangani flu singapura pada anak yang bisa kamu lakukan di rumah :

Berikan obat penurun demam

Salah satu gejala yang muncul ketika anak diserang flu singapura adalah demam. Demam ini merupakan gejala awal dari flu singapura yang muncul sebelum gejala lainnya seperti timbul lepuhan di area mulut, kaki dan tanggan hingga rasa tidak nyaman pada tenggorokan. 

Jika demam yang dialami si kecil cukup tinggi di atas 38 derajat dan membuatnya lebih rewel dari biasanya, kamu bisa menanganinya dengan memberikan obat penurun demam atau paracetamol.

Berikan minuman dingin

Gejala lain dari flu singapura adalah rasa tidak nyaman atau sakit di bagian tenggorokan. Oleb sebab itu, anak-anak yang terserang penyakit ini biasa mengalami GTM karena susah menelan makanan. 

Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi gejala ini dengan memberikan sesuatu yang dingin pada di kecil seperti air es atau es krim karena itu dapat membantu meredakan rasa sakit di tenggorokannya.

Berikan makanan yang lunak atau cair

Selain memberikan air dingin, makanan seperti bubur atau sup juga bisa kamu berikan pada si kecil untuk mengurangi sakit pada tenggorokannya saat menelan. 

Ajak anak berkumur dengan air garam

Rasa sakit pada tenggorokan akibat flu singapura juga sebenarnya bisa diatasi dengan berkumur dengan air garam. Jadi jika si kecil sudah bisa berkumur sendiri, ajaklah ia untuk berkumur dengan air garam karena itu dapat mengurangi rasa sakit yang ada pada area mulut dan tenggorokannya.

Oleskan krim anti gatal 

Dua atau tiga hari setelah deman akan muncul ruam pada tubuh si kecil yang terkena flu singapura. Ruam tersebut biasanya akan menimbulkan sensasi gatal.Untuk mengatasinya kamu bisa memberikan krim anti gatal pada bagian-bagian dimana ruam tersebut muncul. Setidaknya itu bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman yang dialami si kecil saat menderita flu singapura.

Demikian cara menangani flu singapura pada anak yang bisa kamu lakukan di rumah. Seperti yang disinggung di atas, penyakit ini tidak perlu penanganan yang spesifik karena akan sembuh dengan sendirinya.

Jadi ketika mendapati anak sakit dan menunjukkan gejala flu singapura jangan panik dan terburu-buru membawanya ke dokter atau ke rumah sakit. Cukup tangani flu singapura yang menyerang anak dengan membantu meringankan rasa sakitnya dengan cara di atas. 

Salam,

Baca Juga

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.