7 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang

by - July 27, 2020

Drama sakit gigi bukan hanya membuat seseorang kesulitan berbicara dan makan, tapi juga sangat mempengaruhi mood hingga bisa mengalami demam jika tidak diatasi sedini mungkin. 

Lantas, bagaimana cara menghilangkan sakit gigi berlubang? Let's check it out. 

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang
Masalah gigi berlubang merupakan momok bagi semua orang. Bukan hanya dialami oleh anak-anak, tapi juga kebanyakan orang dewasa, bahkan kalangan lansia. 

Sebenarnya sakit gigi itu apa sih?  Timbulnya lubang pada gigi disebabkan adanya pola hidup yang kurang sehat, salah satunya jarang menggosok gigi yang bisa menimbulkan plak. Jika plak gigi ini tidak ditangani secepat mungkin, maka akan menyebabkan gigi berlubang. 

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang di Rumah

Solusi terbaik jika kamu mengalami sakit gigi berlubang adalah berobat ke dokter gigi. Namun, umumnya dokter akan menyarankan untuk kembali lagi ketika rasa nyeri sudah reda atau sedang dalam kondisi yang butuh pertolongan darurat. Sembari menunggu jadwal berobat,  berikut cara rumahan untuk meredakan sakit gigi berlubang. 

‌1. Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu solusi untuk meredakan sakit gigi. Cara membuat air garam cukup mudah. Kamu tinggal siapkan air hangat secukupnya lalu larutkan garam 1-2 sdm, aduk hingga merata lalu berkumurlah dengan air tersebut selama 20-30 detik. 

Namun pastikan sebelum berkumur dengan air garam kamu sikat gigi dulu. Perlu juga diperhatikan, air garam harus dikeluarkan setelah digunakan berkumur. 

‌2. Kompres dengan air es

Sakit gigi biasanya akan membuat area pipi bengkak, maka kompres air es bisa menjadi terapi sementara sebelum kamu berkunjung ke dokter gigi. 

Cukup siapkan beberapa bongkahan es batu lalu dibungkus dengan handuk kemudian tempelkan ke area yang sakit sambil melakukan proses pijatan ringan jika dianggap perlu. 

‌3. Kunyah bawang merah

Kamu mungkin pernah mendengar tips pengobatan menggunakan bawang merah yang diletakkan di sudut ruangan atau irisan bawang merah dicampur minyak kelapa/zaitun kemudian dioleskan ke tubuh untuk mengobati demam? 

Metode pengobatan tersebut merupakan metode pengobatan tradisional yang memang bisa dijadikan alternatif awal sebelum berobat ke dokter. 

Sama halnya dengan sakit gigi, mengunyah bawang merah mentah bisa dijadikan salah satu alternatif sebelum berobat ke dokter. Namun, mengunyah bawang merah mentah, bukan perkara yang gampang lho, butuh perjuangan untuk menahan reaksinya. 

Nah, kalau tidak sanggup mengunyah, kamu cukup tempelkan saja potongan bawang merah ke gigi yang sakit .

‌4. Mengunyah bawang putih

Sama halnya dengan bawang merah, bawang putih dengan kandungan anti septik alaminya juga mampu meredakan nyeri pada gigi yang sakit. 

Bawang putih dipercaya mampu melepas allicien berupa kandungan minyak yang dapat melawan bakteri penyebab sakit gigi. Jadi, selain digunakan untuk bumbu masak saja, bawang putih juga bisa digunakan untuk mengatasi gigi berlubang

‌5. Konsumsi Daun jambu biji

Siapa yang tidak kenal jambu biji yang kaya akan vitamin C nya? Selain buahnya, daunnya pun berkhasiat sebagai obat diare hingga perawatan kecantikan. 

Daun jambu biji pun dapat digunakan sebagai salah satu alternatif obat pereda nyeri gigi berlubang sebelum kamu memutuskan ke dokter gigi. 

Cukup haluskan daun jambu biji lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih dan siap untuk digunakan berkumur. Selain itu, ada juga metode tanpa menghaluskan daunnya terlebih dahulu, cukup dimasukkan utuh ke dalam rebusan air hingga mendidih dan airnya digunakan untuk berkumur. Pastikan airnya sudah dingin sebelum digunakan berkumur ya.

‌7. Mengonsumsi obat pereda nyeri

Segeralah ke apotik terdekat bila dianggap perlu. Ada banyak jenis obat pereda nyeri yang dijual bebas tanpa resep dokter. Namun ingat, kamu harus baca dengan seksama petunjuk pemakaian sebelum mengonsumsi obat tersebut.

Perlu diingat, sebuah ungkapan "mencegah lebih baik daripada mengobati", sebaiknya harus ditanamkan sedini mungkin sehingga banyak hal yang perlu dilakukan agar gigi kamu tidak sakit lagi. 

Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi ;
  1. Sikat gigi teratur
  2. ‌Berkumur dengan Mouthwash
  3. ‌Gunakan dental flosh
  4. ‌Konsumsi makanan dan minuman yang aman untuk gigi
  5. Rutin check-up gigi ke dokter
Itulah beberapa alternatif pengobatan rumahan yang merupakan cara menghilangkan sakit gigi berlubang sembari menunggu waktu ke dokter gigi

Salam, 

You May Also Like

2 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.