Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

by - 01:36

Salah satu jenis kanker yang juga banyak menyerang manusia adalah penyakit kanker kelenjar getah bening. Kira-kira apa saja gejala dan penyebab munculnya kanker ini? Simak yuk ulasan berikut.

Penyakit kanker kelenjar getah bening
Gambar : Hallo Sehat
Kanker kelenjar getah bening adalah kanker yang menyerang sistem limfatik. Bagi yang belum tahu, sistem limfatik merupakan  bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi baik yang berasal dari bakteri maupun virus. Itulah sebabnya sistem ini memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh. 

Namun bagaimana jika sistem limfatik diserang oleh pertumbuhan sel yang abnormal? Tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh. Bahkan sama seperti penyakit kanker lainnya, kanker kelenjar getah bening juga termasuk penyakit ganas dan akan sangat sulit untuk diisembuhkan bila terlambat dideteksi.

Gejala penyakit kanker kelenjar getah bening

Seperti jenis kanker lainnya, kanker kelenjar getah bening biasa baru disadari penderitanya setelah memasuki stadium lanjut. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui gejala awal penyakit ini agar kita bisa melakukan deteksi dini.

Berikut ini beberapa gejala umum yang muncul ketika seseorang diserang kanker kelenjar getah bening;

Mudah merasa lelah

Umumnya orang yang menderita kanker ini akan sering merasa lelah akibat melemahnya sistem imun tubuh. Kelelahan itu ditandai dengan seringnya terengah-engah atau sesak napas padahal biasanya tidak terasa saat melakukan aktivitas normal. Kamu patut waspada jika mengalami hal serupa.

Ada pembengkakan di area kelenjar getah bening

Ini merupakan gejala khas dari penyakit kanker kelenjar getah bening. Terdapat pembengkakan di area sekitarnya seperti di ketiak, leher dan selangkangan.

Untuk mengenalinya kamu bisa mengecek sendiri dengan cara menekan benjolan tersebut. Jika setelah ditekan tidak terasa sakit dan benjolan seperti lebih dari satu atau bergerombol, bisa jadi itu adalah gejala kanker getah bening.

Berat badan turun drastis tanpa sebab yang jelas

Kamu juga patut curiga jika tiba-tiba mengalami penurun berat badan tanpa sebab yang jelas. Karena itu merupakan salah satu dari gejala kanker kelenjar getah bening.

Penurunan berat badan tersebut bisa terjadi karena sel-sel abnormal yang tumbuh akan terus menerus menggerogoti tubuh pengidapnya dengan cara mengambil berbagai nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Demam

Satu lagi gejala dari penyakit kanker yang satu ini. Bicara tentang demam, sebenarnya, ada banyak sekali penyakit yang mengakibatkan suhu tubuh naik. 

Namun pada pengidap kanker kelenjar getah bening, gejala demam yang ia alami biasanya tidak tidak lebih dari 38 derajat Celsius. Peningkatan suhu tubuh ini disebabkan oleh infeksi, akibat sel-sel kanker yang menyerang.

Itu dia beberapa gejala yang biasanya muncul pada orang yang terserang penyakit ganas ini. Selanjutnya penting juga untuk mengetahui penyebab dari penyakit ganas ini.

Penyebab penyakit kanker kelenjar getah bening

Penyebab kanker getah bening sendiri sebenarnya masih belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena penyakit ini.

Berikut faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang terserang kanker kelenjar getah bening ;

Daya tahan tubuh melemah

Orang dengan sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah akan memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker kelenjar getah bening. Dengan melemahnya imun, tubuh tidak mampu lagi untuk melindungi diri dari adanya serangan infeksi bakteri maupun virus.

Beberapa hal yang membuat tubuh seseorang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh seperti terserang infeksi virus HIV, adanya bawaan kelainan respon imun, serta mengonsumsi penggunaan obat yang digunakan untuk mencegah penolakan transplantasi organ. Orang yang terkena penyakit autoimun juga memiliki risiko terkena kanker kelenjar getah bening lebih besar.

Adanya Infeksi dalam tubuh

Beberapa infeksi tertentu dari virus dan bakteri yang menyerang tubuh memang bisa menjadi pemicu timbulnya kanker kelenjar getah bening. Apalagi terdapat beberapa virus yang mampu menginfeksi terjadinya limfoma secara langsung dan ada yang tidak. 

Bagi virus yang tidak menginfeksi langsung, mereka cenderung melakukannya dengan menstimulasi sistem kekebalan tubuh dalam waktu lama.

Sering terpapar bahan kimia

Kamu juga patut waspada bila sering terpapar bahan kimia. Sejumlah ahli menyatakan, beberapa bahan kimia bisa menjadi penyebab kanker kelenjar getah bening pada seseorang. 

Mereka memandang bahan kimia industri, pestisida bahkan hingga pewarna rambut yang memicu tumbuhnya sel kanker kelenjar getah bening menjadi aktif. 

Gaya hidup jauh dari kata sehat

Gaya hidup yang kita jalani sehari-hari bisa menjadi penyebab munculnya kanker ini. Bahkan sebenarnya bukan cuma kanker kelenjar getah bening, berbagai jenis kanker lainnya pun bisa muncul akibat pola gaya hidup yang jauh dari sehat.

Terutana jika kamu sering terpapar rokok baik sebagai perokok aktif maupun pasif. Nyatanya kebiasaan merokok tidak hanya menimbulkan penyakit kanker mulut dan tenggorokan saja, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan kamu menderita kanker kelenjar getah bening.

Riwayat penyakit kanker dan usia

Orang yang sebelumnya pernah terserang penyakit kanker juga patut waspada. Pasalnya meski sudah dinyatakan sembuh, pengaruh dari rangkaian pengobatan penyakit kanker seperti kemoterapi maupun radioterapi berisiko mengembangkan limfoma.

Selain itu, usia seseorang juga bisa mempengaruhi risiko terkena kanker ini. Kanker kelenjar getah bening cenderung menyerang seseorang yang sudah berusia lanjut. 

Hal ini karena tubuh telah mengalami mutasi gen atau perubahan dari waktu ke waktu. Apalagi sistem imun juga akan melemah seiring dengan semakin bertambahnya usia seseorang.

Itulah beberapa gejala faktor risiko yang bisa memicu munculnya penyakit kelenjar getah bening. Setidaknya dengan mengetahui gejala dan penyebab dari kanker ini bisa memotivasi kita untuk lebih waspada dan semangat menjalankan gaya hidup sehat.  

Salam,

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

Sponsor