Tips Merawat Kesehatan Kulit Ibu Hamil

by - 00:46

kesehatan kulit ibu hamil
Gambar : nakita.id
Salah satu momen terindah dalam hidup saya adalah hamil. Walau kehamilan yang saya jalani baik saat hamil anak pertama maupun anak kedua tidak lepas dari berbagai macam keluhan. 

Permasalahan kulit termasuk keluhan yang kerap saya alami semasa hamil. Tidak heran, ketika hamil wanita memang mengalami perubahan hormon dimana hormonnya menjadi tidak stabil. 

Naik turunnya hormon pada ibu hamil itulah yang menimbulkan beragam masalah kulit termasuk pada wajah, mulai dari munculnya jerawat, kulit kusam, flek hitam hingga mengalami strechmark.

Namun untuk mengatasi masalah kulit tersebut tentu ibu hamil harus berhati-hati. Tidak semua produk perawatan kulit cocok untuk ibu yang sedang mengandung karena bahan kimianya dapat mengancam keselamatan janin. 

Itu sebabnya saat hamil kemarin saya lebih suka melakukan perawatan kulit dengan bahan-bahan alami. Lebih aman saja sih, bukan berarti semua produk kecantikan yang dijual di pasaran berbahaya lho. 

Ada kok produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk ibu hamil jadi tinggal bumilnya saja yang harus selektif dalam memilih produk kecantikan untuk menjaga kesehatan kulit.

Tips mudah merawat kesehatan kulit ibu hamil di rumah

Sebelum memutuskan merawat kesehatan kulit dengan menggunakan produk khusus ibu hamil, tips jitu berikut juga bisa jadi solusi buat kamu yang ingin tetap punya kulit sehat saat hamil ;

Jangan sampai dehidrasi

Agar kulit kamu selalu cerah selama menjalani masa kehamilan pastikan kebutuhan mineralmu tercukupi setiap harinya. Dengan minum minimal 8 gelas hingga 10 gelas perhari kulit akan menjadi lembab.

Selain itu, ibu hamil memang dianjurkan banyak minum air putih karena bila sampai dehidrasi, janin di dalam perutnya juga akan mengalami hal serupa dan efeknya bisa membahayakan keduanya. Jadi ingat, jangan sampai dehidrasi saat hamil ya.

Jaga kebersihan kulit

Meski perubahan hormon pada ibu hamil dapat membuat kulit jadi jerawatan dan kusam namun kamu bisa mengatasinya dengan cara yang sangat mudah.

Pastikan saja kamu rajin menjaga kebersihan kulit dengan cara mencuci wajah setiap bangun pagi dan sebelum beranjak tidur, simple banget, kan?

Istirahat yang cukup

Hal yang tidak kalah penting dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil adalah istirahat yang cukup. Ya, tidur yang nyenyak juga ternyata dapat membuat kulit kita tampak lebih cerah dan segar sepanjang hari.

Cara ini mungkin tidak mudah mengingat ibu hamil kerap mengalami keluhan sulit tidur apalagi ketika perut sudah semakin buncit. Untuk itu pastikan saja kamu bisa beristirahat dengan cukup setiap harinya.

Konsumsi Makanan Sehat

Satu lagi, tips menjaga kesehatan kulit yang cukup ampuh. Ternyata makanan bergizi yang dikonsumsi wanita selama hamil tidak hanya baik untuk perkembangan janinnya tapi juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Berbagai makanan sehat, terutama dari sayur-sayuran dan buah-buahan dapat menjaga kelembaban kulit dan membuatnya tampak bersinar. Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan bahkan mampu melindungi kulit dari kerusakan.

Itulah beberapa tips merawat kesehatan kulit yang dapat kamu lakukan di rumah. Mudah banget, kan? Selanjutnya kita bahas yuk cara menjaga kesehatan kulit secara alami.

Tips merawat kesehatan kulit ibu hamil secara alami 

Seperti yang sudah saya singgung di atas, selama menjalani masa kehamilan saya lebih suka mengatasi permasalahan kulit dengan cara alami. 

Faktanya di sekitar kita ada banyak bahan-bahan herbal yang bisa digunakan untuk mencerahkan dan melembabkan kulit. Murah dan terjangkau pula. 

Yuk intip cara merawat kulit dengan bahan-bahan alami,

Jeruk nipis dan putih telur

Untuk membantu mencerahkan wajah kamu bisa membuat masker jeruk nipis yang dicampur dengan putih telur. Cara membuatnya cukup mudah, tinggal peras satu buah jeruk nipis lalu tuangkan putih telur pada air perasan tersebut kemudian aduk hingga tercampur rata. 

Selanjutnya kamu bisa langsung oles masker tersebut di wajah dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Alpukat, madu dan minyak zaitun

Kamu juga bisa buat masker dari campuran bahan alami alpukat, madu dan minyak zaitun lho. Masker ini mampu mengatasi masalah kulit kering. Gimana cara membuatnya? Gampang!

Langkah pertama, haluskan 1 buah alpukat atau secukupnya lalu masukkan 1 sendok teh minyak zaitun dan 1 sendok makan madu. Selanjutnya aduk hingga rata lalu oleskan permukaan kulit. Tunggu hingga 20 menit setelah itu bilaslah dengan air hangat.

Pepaya, susu dan madu

Masker lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering pada ibu hamil adalah campuran bahan alami dari pepaya, susu dan madu.

Pepaya sendiri kayaakan antioksidan sehingga bagus digunakan untuk perawatan kulit kering. Cara buatnya kamu tinggal haluskan setengah atau secukupnya buah pepaya masak lalu masukkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok teh susu cair. 

Selanjutnya oleskan masker tersebut ke permukaan kulit, tunggu hingga 20 menit lalu terakhir bilaslah dengan air hangat.

Susu

Kalau ingin yang lebih praktis kamu bisa buat masker dari susu saja lho. Caranya pun sangat mudah. Kamu cukup oleskan susu kental berwarna putih atau yang biasa dikenal dengan istilah creamer ke wajah.

Kalau menggunakan susu bubuk, kamu tinggal tambahkan 1 sendok teh madu lalu aduk hingga merata.

Cara pengaplikasiannya sama seperti masker lainnya, oleskan secara merata ke permukaan kulit lalu bilas dengan air hangat agar hasilnya lebih maksimal.

Madu

Atau kamu menggunakan madu saja? Boleh banget. Madu sendiri kaya akan antioksidan dan Vitamin E, jadi khasiatnya untuk kulit tidak diragukan lagi.

Kamu cukup oles madu pada wajah secara merata, tunggu selama 20-30 menit lalu bilaslah dengan merata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menjauhkan kamu dari jerawat, lakukanlah secara rutin.

Minyak zaitun

Khasiat dari minyak yang satu ini untuk permasalahan kulit juga tidak perlu diragukan. Kamu bisa gunakan minyak zaitun untuk menghilangkan strechmark yang biasa muncul saat hamil.

Cara penggunaannya kamu cukup oleskan minyak zaitun murni pada bagian tubuh yang memiliki stretchmark, pijat halus selama 5 hingga 15 menit sampai minyak zaitun menyerap pada kulit.

Itu dia beberapa bahan alami yang ada di sekitar kita dan dapat membantu mengatasi permasalahan kulit, terutama pada ibu hamil. Tentunya yang alami jauh lebih aman, kan?

Eits tapi bukan selama hamil wanita tidak boleh menggunakan produk kosmetik sama sekali. Boleh, asalkan berhati-hati. Untuk itu sebelum mengakhiri tulisan yang sudah lumayan panjang ini ada satu tips lagi yang ingin saya bagikan.

Tips memilih produk kosmetik untuk merawat kesehatan kulit ibu hamil

Saat hamil wanita memang tidak dianjurkan menggunakan sembarang produk kosmetik karena dapat membahayakan si jabang bayi. Namun seperti yang sudah disinggung tadi, tidak semua produk kosmetik berbahaya untuk ibu hamil.

Produk kosmetik yang wajib dihindari ibu hamil adalah yang mengandung bahan kimia terlalu keras di dalamnya, seperti :

  • Retinoid
  • Beta hydroxy Acid (BHA)
  • Kortikosteroid
  • Hydroquinone
  • Merkuri
  • Tetracycline
Jadi ketika hendak membeli produk kecantikan, cek dulu komposisisinya. Mengandung zat yang berbahaya atau nggak? Atau untuk lebih amannya sebaiknya pilih produk kecantikan yang memang dirancang khusus untuk ibu hamil.

Sekian sharing saya kali ini. Semoga bermanfaat. 

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.