Mengenal Marka Jalan dan Maknanya

by - 21:17

Marka jalan dan maknanya

Mengenal marka jalan dan maknanya -Mematuhi peraturan lalu lintas di jalan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap pengendara. Setidaknya dengan menaati aturan dalam berkendaraan kamu sudah turut membantu melancarkan arus lalu lintas di jalan raya. Selain itu, tentu kamu juga akan lebih aman dan terhindar dari risiko kecelakaan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menaati peraturan lalu lintas di jalan raya. Seperti, menggunakan helm ketika berkendara, memiliki surat izin mengemudi, menaati rambu lalu lintas yang ada, tidak menerobos lampu merah, dan masih banyak lainnya. 

Oya ada satu lagi cara berkendara dengan aman namun masih kerap diabaikan banyak pengendara. Yaitu dengan mengenal marka marka jalan dan maknanya.

Arti Marka Jalan

Dilansir dari wikipedia, Markah jalan atau (bentuk tidak baku: marka jalan) adalah suatu tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong, serta lambang yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas.

Makna dari Jenis-Jenis Marka Jalan

Seperti yang sudah disinggung di atas, penting sekali bagi para pengendara untuk mengetahui arti dan makna dari markah jalan. Sayangnya masih banyak pengendara baik roda dua maupun empat yang kurang memperhatikannya.

Padahal, salah satu fungsi marka jalan adalah untuk membuat arus lalu lintas menjadi lancar. Artinya, boleh dibilang salah satu penyebab kemacetan juga berasal dari pengendara yang kurang mengerti akan arti marka jalan yang mereka temui di jalan.

Nah, marka jalan sendiri sebenarnya memiliki beberapa jenis marka. Setiap jenis marka jalan pun juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Seperti yang sudah ditetapkan pada Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014, bahwa Menteri Perhubungan sudah menetapkan bahwa jenis-jenis marka jalan yang kamu temui di jalan raya memiliki arti yang berbeda. Ada marka jalan yang melintang, membujur, dan juga menyerong.

1.     Marka Jalan Membujur

Marka jalan yang satu ini memiliki bentuk yang membujur yang searah dengan sumbu jalan. Pada jalanan yang memiliki marka jalan membujur bertujuan untuk membuat arus lalu lintas menjadi lancar. 

Ada beberapa sub bagian dari marka membujur. Seperti garis putus-putus yang memiliki makna bahwa jalan tersebut dibagi menjadi 2 bagian. Selain itu, marka jalan putus-putus juga memiliki artian bahwa kamu boleh mendahului kendaraan lain.
Selain itu, ada marka jalan membujur dengan garis sambung atau utuh. 

Marka jalan yang satu ini bisa kamu temukan pada jalan yang memiliki resiko kecelakaan tinggi. Seperti pada turunan, tikungan, dan lain-lain. 

Marka jalan utuh juga memiliki arti bahwa kamu tidak boleh mendahului kendaraan lain karena jalanan yang memiliki resiko kecelakaan tinggi.

2.     Marka Jalan Melintang

Marka jalan melintang merupakan marka jalan yang memiliki garis melintang. Nah, salah satu contoh dari marka jalan melintang adalah zebra cross yang sering kamu temui di jalan. Marka jalan melintang memiliki garis yang melintang.

Kamu bisa menemukan marka jalan yang satu ini pada jalan yang memiliki persimpangan. Selain itu, marka jalan melintang juga bisa temukan pada penyebrangan atau zebra cross.

3.     Marka Jalan Lambang

Beberapa simbol tentu saja sering kita temui di jalan raya misalnya Simbol P, atau simbol garis ke atas. Simbol-simbol yang sering kita jumpai di sekitar jalan raya tersebut sering disebut dengan marka lambang. Arti dari marka lambang tersebut berupa perintah, peringatan dan juga larangan.

Selain simbol marka jalan huruf P, kamu juga pasti sudah sering menjumpai simbol marka jalan berupa orang menyeberang yang sering kita jumpai di sekitar kawasan sekolah. 

Tanda tersebut digunakan untuk menjadi peringatan supaya pengguna jalan lebih berhati-hati karena jalanan tersebut banyak sekali anak kecil yang melintas untuk menyeberang jalan.

4.     Marka Jalan Serong

Selain beberapa marka jalan di atas, pengendara jalan raya juga sering menemukan beberapa marka jalan berupa anak panah yang bercabang atau juga biasa disebut dengan marka serong. Berbeda dengan garis lainnya yang terdapat di jalan raya, marka jalan ini bukan menjadi penunjuk manakah area yang boleh dilewati pengendara.

Makna dari marka jalan serong ini ditujukan untuk peringatan kepada pengendara bahwa mereka akan melewati jalan yang bercabang. Selain itu marka serong juga berguna untuk memperingati tanda lalu lintas berikutnya.

Nah, sampai di sini sudah paham kan makna dari berbagai jenis marka jalan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menaati peraturan lalu lintas sehingga bisa berkendara dengan aman dan lancar di jalan raya.
Salam,


You May Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.